RPM INDIKATOR TIBA-TIBA MATI

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
Post Reply
User avatar
CHONG_LIE
GC Noob
GC Noob
Posts: 35
Joined: Wed Jul 09, 2008 9:02 am
Location: Solo~Tuban~Kudus
Contact:

RPM INDIKATOR TIBA-TIBA MATI

Post by CHONG_LIE » Mon Apr 13, 2009 8:38 am

Dear GC maniac....
Gue ada masalah nih...Indikator Rpm-ku tiba-tiba mati, matinya pas mobil enak-enak lagi jalan...
Memang sebelumnya sempat High temperature...karena selang radiator pecah.
Setelah gue ganti selang dan diisi lagi air ngak tahunya RPM indikator mati.
Gue nggak tahu RPM mati pas pergantian selang apa pas over heating mesin....

Ada yang pernah ngalamin ndak ya>>>??????
Apa itu pake sensor yang masuk ke mesin apa ada fuse yang putus.... #:-s

Mohon pencerahanya ya.........thanks before

User avatar
saitama
GC Whore
GC Whore
Posts: 4056
Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
Location: AKDP Surabaya-Madiun
Contact:

Re: RPM INDIKATOR TIBA-TIBA MATI

Post by saitama » Mon Apr 13, 2009 8:58 am

kalo rpm tiba2 mati tuh biasanya ada masalh di perkabelan jalurnya yang di batok spido meternya

kalo sensor tuh di ambilnya pembacaan rpm dari kutub negatip koil yang ada delco

coba cek aja jalur kabel yang ada di delco yang di soket nya itu ataw sekalian buka delco liat yang di cdi nya kan ada soket 4 biji tuh, nah cek aja ada yang kendor ga ataw ada yang lepas ga, ataw ada yang kotor.. tapi kalo ngelepas kabelnya jangan lupa jalurnya masuk yang mana nya soalnya itu kabelnya punya tanda n jalur sndiri2


kalo masih bermasalah juga coba cek di batok spidometernya ( tentunya harus copot spido ).... ada kabel yang ketarik ga soalnya model kabel nya cuma slot gitu ajah pake konektor plastik di lapisi tembaga



kalo msih ga nyala juga aku yang binun.. soalnya ga cara laen hehehehehe.......

User avatar
Patric_Star
GC Whore
GC Whore
Posts: 3923
Joined: Wed Apr 01, 2009 12:38 pm
Location: Malang - Yogyakarta - Jakarta
Contact:

Re: RPM INDIKATOR TIBA-TIBA MATI

Post by Patric_Star » Tue Apr 14, 2009 9:10 am

wah nasib nya sama tuh dgn saya...
lagi asik2nya kucing2an d jln,,, eh tau nya mati pet indikator RPM nya,,, ad ap kah gerangan???
masa hrs ganti indikator dasbor???
hehehehe

User avatar
CHONG_LIE
GC Noob
GC Noob
Posts: 35
Joined: Wed Jul 09, 2008 9:02 am
Location: Solo~Tuban~Kudus
Contact:

Re: RPM INDIKATOR TIBA-TIBA MATI

Post by CHONG_LIE » Thu Apr 16, 2009 1:28 pm

Bung Saitama.....
Terimakasih atas infonya.........
Kemarin Gue coba Check semua kabel yang ada di bathoknya spidometer, terus juga aku bongkar sendiri tuh "delko" tak kencengi soket kabel yangt ke CDI sama tak check semua fuse yang ada....
Hasilnya joss.......gandos...... :D :D :D

Gc gue sudah bagus lagi RPM nya kayaknya ada soketan yang masuk ke "CDI" yang kendor Mungkin kena waktu aku melepas delko saat mau pasang selang radiator, karena posisi selang pas di bawah "delko".
Terimakasih sekali lagi mas.........

User avatar
saitama
GC Whore
GC Whore
Posts: 4056
Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
Location: AKDP Surabaya-Madiun
Contact:

Re: RPM INDIKATOR TIBA-TIBA MATI

Post by saitama » Thu Apr 16, 2009 1:57 pm

alhamdulillaahh... ternyata manjur juga rumus sakti gwa huehehehehehehehee.......... ( jadi maluu...... )

monggo bung Patrick silahkan di coba cara dari saya siapa tau berhasil juga kayak punya om chong lie

arif8789
GC Noob
GC Noob
Posts: 31
Joined: Mon May 11, 2015 7:42 pm

Re: RPM INDIKATOR TIBA-TIBA MATI

Post by arif8789 » Tue Jul 17, 2018 2:25 am

Om om..ada kah yang bisa kasih screenshot soket yang ada di delco? Soalnya kasusnya sama om..habis pecah selang radiator...begitu d pasangin selang baru d bawah delco malah indikator rpm sma speed gak mau nyala..mohon bantuannya om.. :)

Post Reply