[WTA] radiator
- tuan takur
- GC Enthusiast
- Posts: 723
- Joined: Thu Jul 31, 2008 4:35 pm
- Location: jakarta-cipularang-bandung
[WTA] radiator
mau nanya dong wahai para om-om
radiator grand civic ane kok suka bermasalah ya...
pernah suhunya naek ampe pol, lalu air radiatornya sering ketampung di tempat air radiator cadangan mendidih pula lagi
padahal thermostat udah pernah diganti
pernah kata bengkel, katanya tu mobil harus turun mesin setengah, tapi belom ane laksanain si, mahal soalnya+sayang...
hehehehe....
akhirnya radiator dikuras, dan gejalanya sempet ilang, tapi setelah dipake setaun begitu lagi
nah kalo begitu gejalanya kenapa ya om??
mohon bantuannya
-terima kasih-
radiator grand civic ane kok suka bermasalah ya...
pernah suhunya naek ampe pol, lalu air radiatornya sering ketampung di tempat air radiator cadangan mendidih pula lagi
padahal thermostat udah pernah diganti
pernah kata bengkel, katanya tu mobil harus turun mesin setengah, tapi belom ane laksanain si, mahal soalnya+sayang...
hehehehe....
akhirnya radiator dikuras, dan gejalanya sempet ilang, tapi setelah dipake setaun begitu lagi
nah kalo begitu gejalanya kenapa ya om??
mohon bantuannya
-terima kasih-
Re: [WTA] radiator
Permasalahan klasik GC nih.tuan takur wrote:mau nanya dong wahai para om-om
radiator grand civic ane kok suka bermasalah ya...
pernah suhunya naek ampe pol, lalu air radiatornya sering ketampung di tempat air radiator cadangan mendidih pula lagi
padahal thermostat udah pernah diganti
pernah kata bengkel, katanya tu mobil harus turun mesin setengah, tapi belom ane laksanain si, mahal soalnya+sayang...
hehehehe....
akhirnya radiator dikuras, dan gejalanya sempet ilang, tapi setelah dipake setaun begitu lagi
nah kalo begitu gejalanya kenapa ya om??
mohon bantuannya
-terima kasih-
Water pump udah dicek om? Kali aja water pump nya udah kurang bener.
LET'S MAKE OUR FORUM BETTER AND QUALIFIED !!!
--> Less OOT and give some usefull Information <--
--> Less OOT and give some usefull Information <--
Re: [WTA] radiator
Tul tuh kaya nya om iphoer, masalah nya di water pump, apa lagi dari biasanya pake air biasa trus di ganti pake cooland kadang suka gak kuat water pump nya, mungkin karena banyak kerak karat dan factor umur water pump nya yg udah uzurr
Re: [WTA] radiator
coba liad di aer radiatornya ada kaya genangan minyak klo misal ada yaaa kmungkinan cyl head mlenting.
Re: [WTA] radiator
[quote="tuan takur"]mau nanya dong wahai para om-om
radiator grand civic ane kok suka bermasalah ya...
pernah suhunya naek ampe pol, lalu air radiatornya sering ketampung di tempat air radiator cadangan mendidih pula lagi
--------air radiator yg panas tentu akan mengalir ke reservoir (tangki air) karena ruangan di radiator tidak mampu menampung volume air yg mendidih tsb (ya kaya kita lagi rebus air aja lah, kalo mendidih kan pasti luber tuh),
tetapi air tersebut akan terhisap kembali oleh kevakuman di radiator saat temperaturnya sudah "normal" (di bawah titik didih) kembali.
Masalah akan muncul apabila pegas di tutup radiator sudah lemah, karena air yg masuk ke reservoir tadi tdk mau masuk lagi ke radiator yg akibatnya air akan terus mengalir ke reservoir (saat mendidih) dan akan terbuang keluar.
Jadi musti ganti tutup radiatornya
Kalo ternyata tutup radiator tdk bermasalah musti dicek lagi apakah panasnya saat jalan kenceng atau saat kondisi macet.
padahal thermostat udah pernah diganti
-------thermostat fungsinya untuk mengontrol buka tutup klep untuk sirkulasi air yg tujuannya untuk menjaga temperatur mesin berada pada temperatur kerjanya yg optimal, jadi klep tsb akan tertutup saat mesin masih "dingin" dan akan terbuka saat mesin sudah mulai "panas".
pernah kata bengkel, katanya tu mobil harus turun mesin setengah, tapi belom ane laksanain si, mahal soalnya+sayang...
hehehehe....
--------turun setengah dilakukin apabila memang kerak di "water jacket" sudah parah dan apabila cylinder head sudah melenting.
tanda2 melenting yaitu air radiator tsb akan tercampur dgn oli mesin atau air radiator akan ikut terbakar di ruang mesin.
akhirnya radiator dikuras, dan gejalanya sempet ilang, tapi setelah dipake setaun begitu lagi
---------pastikan anda memakai cairan pendingin yg tepat, jangan pake air kran.......kalo gw pake prestone.
nah kalo begitu gejalanya kenapa ya om??
mohon bantuannya
---------semoga membantu......
CMIIW.....
radiator grand civic ane kok suka bermasalah ya...
pernah suhunya naek ampe pol, lalu air radiatornya sering ketampung di tempat air radiator cadangan mendidih pula lagi
--------air radiator yg panas tentu akan mengalir ke reservoir (tangki air) karena ruangan di radiator tidak mampu menampung volume air yg mendidih tsb (ya kaya kita lagi rebus air aja lah, kalo mendidih kan pasti luber tuh),
tetapi air tersebut akan terhisap kembali oleh kevakuman di radiator saat temperaturnya sudah "normal" (di bawah titik didih) kembali.
Masalah akan muncul apabila pegas di tutup radiator sudah lemah, karena air yg masuk ke reservoir tadi tdk mau masuk lagi ke radiator yg akibatnya air akan terus mengalir ke reservoir (saat mendidih) dan akan terbuang keluar.
Jadi musti ganti tutup radiatornya
Kalo ternyata tutup radiator tdk bermasalah musti dicek lagi apakah panasnya saat jalan kenceng atau saat kondisi macet.
padahal thermostat udah pernah diganti
-------thermostat fungsinya untuk mengontrol buka tutup klep untuk sirkulasi air yg tujuannya untuk menjaga temperatur mesin berada pada temperatur kerjanya yg optimal, jadi klep tsb akan tertutup saat mesin masih "dingin" dan akan terbuka saat mesin sudah mulai "panas".
pernah kata bengkel, katanya tu mobil harus turun mesin setengah, tapi belom ane laksanain si, mahal soalnya+sayang...
hehehehe....
--------turun setengah dilakukin apabila memang kerak di "water jacket" sudah parah dan apabila cylinder head sudah melenting.
tanda2 melenting yaitu air radiator tsb akan tercampur dgn oli mesin atau air radiator akan ikut terbakar di ruang mesin.
akhirnya radiator dikuras, dan gejalanya sempet ilang, tapi setelah dipake setaun begitu lagi
---------pastikan anda memakai cairan pendingin yg tepat, jangan pake air kran.......kalo gw pake prestone.
nah kalo begitu gejalanya kenapa ya om??
mohon bantuannya
---------semoga membantu......
CMIIW.....
- tuan takur
- GC Enthusiast
- Posts: 723
- Joined: Thu Jul 31, 2008 4:35 pm
- Location: jakarta-cipularang-bandung
Re: [WTA] radiator
wah mantep-mantep dah sarannya...
kayaknya si kalo GC ane gejalanya lebih ke waterpumpnya, benul seperti yang dikatakan oleh bung iphoer
soalnya kalo melihat gejalanya, belom ada oli yang kecampur sama air radiatornya si, trus gejala air gak mau nyedot alias masup ke radiatornya lagi setelah suhunya turun juga gak pernah, biasanya kalo suhunya udah turun, airnya kembali masuk lagi kedalem radiator...
oiya lupa, biasanya ni gejala munculnya kalo lagi dipake di rpm tinggi, biasanya 4000 keatasan...
tampaknya emang musti ganti waterpump baru ni
terima kasih ya buat semuanya ;)
kayaknya si kalo GC ane gejalanya lebih ke waterpumpnya, benul seperti yang dikatakan oleh bung iphoer
soalnya kalo melihat gejalanya, belom ada oli yang kecampur sama air radiatornya si, trus gejala air gak mau nyedot alias masup ke radiatornya lagi setelah suhunya turun juga gak pernah, biasanya kalo suhunya udah turun, airnya kembali masuk lagi kedalem radiator...
oiya lupa, biasanya ni gejala munculnya kalo lagi dipake di rpm tinggi, biasanya 4000 keatasan...
tampaknya emang musti ganti waterpump baru ni
terima kasih ya buat semuanya ;)
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: [WTA] radiator
WAH...head GC gw melenting dong ya? soalna air radiator mengandung minyak dipermukaannya.
Lucunya gak selalu bercampur minyak. Pernah kecampur, terus gw kuras, jadi bersih lagi, udah lama bersih, kemarin service ke Sudiono karna udah 1 tahun,
setelah dari Sudiono, kecampur minyak lagi....
Gw curiga sama pipa pendingin matik di dalem radiator bawah bocor halus.
BTW waktu PnP gak ada diagnosa melenting gitu sama bengkel.
ADa yang tahu kenapa?
Lucunya gak selalu bercampur minyak. Pernah kecampur, terus gw kuras, jadi bersih lagi, udah lama bersih, kemarin service ke Sudiono karna udah 1 tahun,
setelah dari Sudiono, kecampur minyak lagi....
Gw curiga sama pipa pendingin matik di dalem radiator bawah bocor halus.
BTW waktu PnP gak ada diagnosa melenting gitu sama bengkel.
ADa yang tahu kenapa?
Grandcivic Kaca Gelap
Re: [WTA] radiator
Wah mirip nih, ane juga kemaren abis skir klep, PnP dan ganti headder di Apit. Besokannya pas dibuat jalan di tol temperaturnya naik sampe hampir merah. Balik ke bengkel, ternyata kipasnya kebalik. Dibetulin, jalan lagi, naik lagi tempnya. Balik lagi, dibetulin lagi, tambah fan satu lagi. Buat jalan lagi, mendingan, tapi pas diajak jalan dari Pondok Gede ke Serpong, di Pondok Indah naik lagi tempnya. Dan sekarang si Apit lagi bingung mikirin tuh GC. Kondisi sekarang sih jadinya karena headdernya diganti, fan yang kecil pindah keluar dan tambah satu fan lagi di luar, jadinya di bagian luar ada 2 fan dan di dalam ada satu yang besar. Rencananya mau kuras ketukang radiator dulu, baru cek kalo masih masalah mau ganti water pump. Kalo masih bermasalah kudu gimana lagi yah?
Dah bingung berat nih guanya juga. Masak kudu ganti radiator yang alumunium sih?
Ada masukan dari om-om sekalian. Padahal konfigurasi kipas dan headdernya dah sama sama om Dewa, tapi kok Dewa gak apa-apa dan gua bermasalah yah?
Dah bingung berat nih guanya juga. Masak kudu ganti radiator yang alumunium sih?
Ada masukan dari om-om sekalian. Padahal konfigurasi kipas dan headdernya dah sama sama om Dewa, tapi kok Dewa gak apa-apa dan gua bermasalah yah?
- saitama
- GC Whore
- Posts: 4056
- Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
- Location: AKDP Surabaya-Madiun
- Contact:
Re: [WTA] radiator
fan radiator tuh ukuran std booozzzz
jangan di ganti lebih kecil ga baik buat kesehatan
kipas radiator tuh pake std nya ajah jangan di utek2 daaahhhh
kalo fan mati langsung ganti n harus sama ukurannya
punya ku pake header, PnP
ga ada masalah tuuhh
jangan di ganti lebih kecil ga baik buat kesehatan
kipas radiator tuh pake std nya ajah jangan di utek2 daaahhhh
kalo fan mati langsung ganti n harus sama ukurannya
punya ku pake header, PnP
ga ada masalah tuuhh
- badooy
- Site Admin
- Posts: 10094
- Joined: Fri May 23, 2008 8:34 pm
- Location: Bintaro - Semanggi - Cicaheum
- Contact:
Re: [WTA] radiator
trakhir kuras / korok kapan?hanggoroz wrote:Wah mirip nih, ane juga kemaren abis skir klep, PnP dan ganti headder di Apit. Besokannya pas dibuat jalan di tol temperaturnya naik sampe hampir merah. Balik ke bengkel, ternyata kipasnya kebalik. Dibetulin, jalan lagi, naik lagi tempnya. Balik lagi, dibetulin lagi, tambah fan satu lagi. Buat jalan lagi, mendingan, tapi pas diajak jalan dari Pondok Gede ke Serpong, di Pondok Indah naik lagi tempnya. Dan sekarang si Apit lagi bingung mikirin tuh GC. Kondisi sekarang sih jadinya karena headdernya diganti, fan yang kecil pindah keluar dan tambah satu fan lagi di luar, jadinya di bagian luar ada 2 fan dan di dalam ada satu yang besar. Rencananya mau kuras ketukang radiator dulu, baru cek kalo masih masalah mau ganti water pump. Kalo masih bermasalah kudu gimana lagi yah?
Dah bingung berat nih guanya juga. Masak kudu ganti radiator yang alumunium sih?
Ada masukan dari om-om sekalian. Padahal konfigurasi kipas dan headdernya dah sama sama om Dewa, tapi kok Dewa gak apa-apa dan gua bermasalah yah?
klo dah lewat dr setahun, cobain aja dulu korok ...