Previous topic | Next topic
Page 1 of 2 [ 11 posts ]
Go to page 1, 2  Next
Post new topic Post a reply

Kata mekanik Pompa Oli...RUSAK.. :|

  » 
  YIM 

Post subject: Kata mekanik Pompa Oli...RUSAK.. :|
Waduh bingung nih, kta mekanik pompa oli aku rusak, ciri2nya gini, waktu mesin agk dingin mesin jalannya normal, trus jarum thermometer naek 1/4, tiba2 koq ada suara berisik dari mesin, ktek..ktek..ktek..
Gak lama indikator oli idup, ga lama bunyi srek..srek..srek..ahhh dari pada resiko langsung metiin mesin..ehh kecium bau gosong waaaaaa...ngeri ahh..!

Yang jadi pertanyan apakah harus turun mesin, trus partnya kira2 mahal gak yah??

Mohon bantuan inpo..inpona omz...!plz dah mau lebaran neh..!!!

:( :( :( :( :(
Last post

PostPosted: Sat Sep 13, 2008 8:05 am 



  » 
  WWW  YIM 

Post subject: Re: Kata mekanik Pompa Oli...RUSAK.. :|
kalo pompa oli lemah biasanya gejala awalnya tuh pas manasin mesin (start awal yah) terdengar suara berisik di seputaran head dan lampu indikator oli di dasbor lama matinya...tapi kalo mesin dah panas,maka indikator akan mati dan suara berisik akan hilang

info mengenai harga pompa oli ori baru (bulan lalu di surabaya) dikisaran 650K
kalo copotan kurleb 150K ajah
ongkos gantinya juga lumayan om...soalnya buka bak penampungan oli yg ada di bawah

;)

PostPosted: Sat Sep 13, 2008 8:11 am 



  » 
  YIM 

Post subject: Re: Kata mekanik Pompa Oli...RUSAK.. :|
meneer wrote
kalo pompa oli lemah biasanya gejala awalnya tuh pas manasin mesin (start awal yah) terdengar suara berisik di seputaran head dan lampu indikator oli di dasbor lama matinya...tapi kalo mesin dah panas,maka indikator akan mati dan suara berisik akan hilang

info mengenai harga pompa oli ori baru (bulan lalu di surabaya) dikisaran 650K
kalo copotan kurleb 150K ajah
ongkos gantinya juga lumayan om...soalnya buka bak penampungan oli yg ada di bawah

;)

gini om, pas ngidupin mobil pertama kali ga ada suara brisiknya, trus kalo dah dipake jalan agak lama dan jarum suhu mesin naek 1/4 baru lah terdengar suara2 brisik..trus lama klamaan makin keras om..srek...srek..trus matiin mesin kecium bau gosong om...!
Kalo lampu indikator mati om, dah agak lama dipake jalan aja baru lampu indikatornya idup.. gimana tuh om?

Apa emang bener tuh pompa oli yg rusak?

PostPosted: Sat Sep 13, 2008 8:32 am 



  » 
  WWW  YIM 

Post subject: Re: Kata mekanik Pompa Oli...RUSAK.. :|
asep_bonenkx wrote
gini om, pas ngidupin mobil pertama kali ga ada suara brisiknya, trus kalo dah dipake jalan agak lama dan jarum suhu mesin naek 1/4 baru lah terdengar suara2 brisik..trus lama klamaan makin keras om..srek...srek..trus matiin mesin kecium bau gosong om...!
Kalo lampu indikator mati om, dah agak lama dipake jalan aja baru lampu indikatornya idup.. gimana tuh om?

Apa emang bener tuh pompa oli yg rusak?

wah..kalo kasus seperti ini gw baru tau nih om...sepertinya sih begitu yah,jadi pompa oli rusak (mati) pada saat kondisi kendaraan lagi jalan.bahaya nih...

tapi pas kejadian itu om coba hidupin mesin lagi ga?
kalo suaranya masi kasar, brarti ya pompa olinya rusak om

PostPosted: Sat Sep 13, 2008 8:35 am 



  » 
  YIM 

Post subject: Re: Kata mekanik Pompa Oli...RUSAK.. :|
meneer wrote
wah..kalo kasus seperti ini gw baru tau nih om...sepertinya sih begitu yah,jadi pompa oli rusak (mati) pada saat kondisi kendaraan lagi jalan.bahaya nih...

tapi pas kejadian itu om coba hidupin mesin lagi ga?
kalo suaranya masi kasar, brarti ya pompa olinya rusak om

nah itu dia, kbetulan pas mau pulang nih dari rumah sakit, malam dan hujan pulak yakan, jadi udah kondisi mobilnya gitu, yah terpaksa harus berhenti2 gitu om, kalo dah bunyinya kasar ato lampu indikator idup n jarum amper panas naek 1/4 ya aku brenti om, trus nunggu 15 menit , trus idupin mesin lampu indikator mati (maklum dah d tunggu 15 menit supaya mesin dingin) trus jalan lagi, trus ngulang lagi kayak tadi..weee repot kan om.. ni skrng nunggu masukan dari kawan2 GC om, sambil nunggu mekaniknya dateng..
gitu om.. :cry:

PostPosted: Sat Sep 13, 2008 8:44 am 



  » 
  YIM 

Post subject: Re: Kata mekanik Pompa Oli...RUSAK.. :|
berdasarkan dari informasi yang saya terima bahwa pompa oli rusak bisa berakibat seperti itu

jadi dia ga lancar suplay oli nya

pas kondisi mesin panas dia ga mau kirim oli ke atas jadi ada suara kasar, tuh suara kasar dari gesekan besi2 ( piston sama rumahnya / klep )

langusng cek aja om jangan nunggu terus ntar keburu eror tuh kasian mesinnya

PostPosted: Sat Sep 13, 2008 7:54 pm 



  » 
  YIM 

Post subject: Re: Kata mekanik Pompa Oli...RUSAK.. :|
saitama wrote
berdasarkan dari informasi yang saya terima bahwa pompa oli rusak bisa berakibat seperti itu

jadi dia ga lancar suplay oli nya

pas kondisi mesin panas dia ga mau kirim oli ke atas jadi ada suara kasar, tuh suara kasar dari gesekan besi2 ( piston sama rumahnya / klep )

langusng cek aja om jangan nunggu terus ntar keburu eror tuh kasian mesinnya

udah om, noviku dah di opname minggu sore, trus mo nanya juga nih buat para om2, bener ga sih kalo mo ganti pompa oli harus turun mesin? ato cuman tempat penampung oli itu aja? soalna gila harga paking2na..huiii :o :o
Waah kalo gini caranya lebaran gak mampir ke rumah niy... :cry: :cry:

PostPosted: Mon Sep 15, 2008 7:55 am 



  » 
  WWW  YIM 

Post subject: Re: Kata mekanik Pompa Oli...RUSAK.. :|
asep_bonenkx wrote
udah om, noviku dah di opname minggu sore, trus mo nanya juga nih buat para om2, bener ga sih kalo mo ganti pompa oli harus turun mesin? ato cuman tempat penampung oli itu aja? soalna gila harga paking2na..huiii :o :o
Waah kalo gini caranya lebaran gak mampir ke rumah niy... :cry: :cry:

setau saya sih cuman buka bak penampung oli aja deh om...jadi ya dari bawah...

PostPosted: Mon Sep 15, 2008 7:58 am 



  » 
  YIM 

Post subject: Re: Kata mekanik Pompa Oli...RUSAK.. :|
meneer wrote
setau saya sih cuman buka bak penampung oli aja deh om...jadi ya dari bawah...

iya om, setauku juga dr bawah, tp kata mekaniknya, itu kalo rumah pompa olinya ga baret ato rusak dinding2nya, kalo rusak kepaksa harus turun, apa bener sih om?

PostPosted: Mon Sep 15, 2008 8:11 am 



  » 
 

Post subject: Re: Kata mekanik Pompa Oli...RUSAK.. :|
YUp kalo montir biasanya diagnosa sampe rumah pompa oli baret2 ato gk....
katana memang kudu turun.

Dulu waktu filter oli udah kotor mampat karena kotoran, indikator oli nyala setelah jalan lama.....

cara meriksa pompa oli masih bagus ato gak, waktu mesin panas, buka tutup pemasukan oli di cover head, tutup pakai koran, kalau ada semburan oli itu tandanya masih bagus...

Wah sedihnya punya mobil tua tuh gini ya.....lagi asik-asik jalan...taunya ngadat.....
Top

PostPosted: Mon Sep 15, 2008 9:40 am 

Post new topic  Post a reply
Go to page 1, 2  Next
Page 1 of 2 [ 11 posts ]
Previous topic | Next topic




Users browsing this forum: No registered users and 2 guests


Search for
Jump to