SH4 1991 M/T sebut saja Si Kerduz [my neverending project]
- fachrulramadhan
- GC Noob
- Posts: 98
- Joined: Thu May 02, 2013 11:42 pm
SH4 1991 M/T sebut saja Si Kerduz [my neverending project]
Assalammualaikum wr. wb.
Perkenalkan tunggangan gue Si Kerduz yang udah nemenin kurang lebih 2,5 tahun.
Setelah sekian lama daftar jd member dan mantau grandcivic.com, eehhh baru skrg buat thread narcissm.
Kacau emang tuh ownernya Si Kerduz, Bahlul emang
Langsung aja:
Awal mula pas kuliah cita2 pengen punya mobil dari uang sendiri. Bermodalkan seadanya terpilih lah Grand Civic dan karena modelnya memang tak lekang oleh waktu *tsaaaahhh*
Jadilah dulu hunting GC selama kurang lebih 3 bulan. dari Februari 2013 sampe akhirnya ketemu di penghujung April 2013.
Dan bertemulah dengan mobil ini. List atapnya masih wajar dan list kaca masih bagus. Cuma ada sealer sebesar satu ruas jari diujung belakang list atap kanan-kiri. Karatnya juga masih sedikit.
Pertama kali mobil diambil:
Gak lama setelah dibeli, langsung coba tes Bandung tapi gak dicek-cek dulu cuma ganti oli aja modal nekat. Huehehehehe.
Alhamdulillah bisa balik lg ke Jakarta dengan selamat meski AC nya panas-dingin (kalo siang panas kalo malem dingin)
Gak lama berselang ada temen yang kebetulan punya nouva mau jual velg GC tahun 90 murah meriah ama ban2nya.
Langsung aja sikat deh daripada belang gak karuan velgnya meskipun gak sesuai sama tahunnya yang keluaran 91.
Oiya, mobil ini pernah overheat pas lagi dibawa ke kantor. Hahahahaha
Kebetulan fotonya gak ada karena kejadiannya malam.
Penyakit GC seperti biasa, yang akhirnya masuk bengkel turun setengah dan sekalian kuras radiator.
Kabar gaenak juga dititipin bengkel, katanya blok bawah udah mulai kropos dan gak mungkin bertahan lama. Mungkin 6-9 bulan
Berhubung uang pas2an ya terpaksa dikerjain seadanya dan berdoa ga ada kejadian apa2 setelahnya
Ada sedikit rezeki mulai rapih2 bemper yang bopak-bopak sama karat di tangki bensin.
Tepat sebelum lebaran 2014, mobil dah rapih.
Modal sol bemper murah meriah dan poles mobil dikerjain berdua sm bokap di garasi rumah.
Dan ini hasilnya: Oiya, itu dibemper belakang kanan bawah ada baret mayan panjang karena kebodohan gue sendiri.
Masih kinyis-kinyis eh pas mundur nabrak trotoar. AAMMPYAAAARRRRR!!!
Untung ga ada yang ancur cuma copot dr dudukannya. Hahahahahaha
Beberapa bulan setelah lebaran, mesin yang dulu di wanti2 sm bengkel kalau sudah kropos ternyata mulai menunjukkan tajinya.
Setelah diinget2, ternyata sudah 1 tahun sejak kejadian overheat baru muncul lagi ini penyakit.
Lumayan bertahan juga ini Si Kerduz untuk ukuran mobil harian yang jalannya kurleb 80km setiap hari.
Dia sungguh kuat *apasih ini* *abaikan*
Air radiator masuk ruang pembakaran, oli juga ikut2an. Akhirnya masuk lah ke bengkel untuk di cek kondisinya.
Kondisinya mengenaskan: Nginep di bengkel kurang lebih 2 minggu Akhirnya ambil keputusan untuk ganti head dan blok sekaligus dengan copotan.
Karena mobilnya mau dipake terus dan gak kepikiran mau jual.
Terlanjur cinta
Akhirnya siap naik: Alhamdulillah sejak naik mesin sampai sekarang belum pernah ada masalah berarti lagi.
Ya paling-paling cuma perawatan aja dan cuma ganti engine mounting.
Ada kejadian yang cukup bikin sedih sih, dek penumpang sebelah kiri penyok gara2 ngehajar entah balok atau batu di jalan tol jagorawi waktu balik ngantor.
Alhasil ada penyok dari depan ke belakang yang gak enak buat diliat dan belum dibenerin ampe sekarang. Hahahaha
Foto pas mobil diangkat:
Ada rejeki setelah itu, beli delco buat spare. Kata para suhu GC ini adalah barang penting yang kudu ada di bagasi.
Beli deh dari Om Anu di cibinong Sekalian ngetes maka dicoba pasang sendiri dibantu temen2 yang biasa nongkrong di gusgarage (rumahnya om guswija).
Fotonya gak ada hahahaha.
Alhamdulillah normal sampe sekarang dan dipake terus deh. Yg bawaan mobil malah taro bagasi. Xixixixi
Selang beberapa minggu ada rejeki lagi hasil tabungan jerih payah yang emang udah diniatin sih, saatnya restorasi kaki-kaki gc!!!
Awal mula bongkar di cibubur point dan dikasih harga bersahabat berkat om anu yang udah wejang ke penjual sparepartnya (sebut saja om anu yg punya showroom di cibubur *makasih ya om hahaha*)
Tapi ternyata ada beberapa part yang dia ga sediain. Yasudahlah yang ada aja bongkar dulu ya. Abisan suara audio udah ga bisa nahan suara berisik kaki2 lagi huahahahahahahahah.
Beberapa dokumentasinya: Hampir semua bagian belakang diganti. Bushing trailing arm, bushing2 kecil, tulang anjing, karet2 segala macem deh kecuali ada 4 bushing kecil di bagian "gagang telfon" (kata abangnya gitu) yang belum diganti krn barangnya ga ada.
Bagian depan ganti bushing arm bawah dalem dan luar, ganti boot as roda luar dan dalem, karet stabilizer. Upper arm, tierod + long dan joint bawah katanya masih bagus. Katanyaaaaaaaaaa......
Maka diikuti lah katanya ituuuuu.....
Kelar deh tuh dari cibubur dan pulang hati riaanngg~~~
Gak riang juga sih, mahal juga kaki2nya
Eeeehhhh pas dijalan pulang kompresor ac ga mau nyalaaaaa. Jadi mutus terus kaya kepanasan.
Mampir lah ke tukang ac dan ditemukan magnetnya udah jelek, pada retak.
Sung lah ganti mau gak mau daripada mateng didalem mobil. Jajan lagiiiiii
Gak lama setelahnya pas awal puasa 2015, ada rejeki lalu ganti Engine Mounting kanan-kiri yang mayan yah harganya. Hahahahaha
Sekalian deh ganti gantungan knalpot yang karet2 dah pada getas.
Ada kejadian lucu juga sih waktu dibengkel Om Sutan (Double S). Ketika udah kelar semuanya dan udah lumayan malem tuh, ternyata selang rem kanan depan bocor. Wakakakakaka.
Alhasil modal lem korea sm ban dalem motor, ditambal dah tuh biar sampe rumah aja dengan selamat.
Udah kemaleman gaenak ngelemburin Om Sutan sama si Boim padahal itu malem minggu. Wakakakakakaka
Gak sempet terdokumentasi nih kejadiannya padahal kocak.
Laluuuu suatu hari cuma bermodalkan niat nyamperin salah satu mimin yang ada disini yg lagi benerin mobilnya di Corn Per, berangkatlah gue kesana.
Cuuusssss..............
Sampe sana karena penasaran ada bunyi2 di suspensi kiri depan, minta bongkar sekalian.
Walhasil tierod + long, upper arm (joint atas), joint bawah yang katanyaaaaaaaa masih bagus ternyata udah oblak juga.
Mumpung masih ada rejeki yaudah ganti aja deh biar hati lebih tenang dan gak berisik mobilnya.
Niatnya nemenin malah jadi jajan bareengg. Sueeeeee hahahahahaha
Mungkin sekian cerita tentang Si Kerduz yang masih bisa terdokumentasi baik dalam ingatan maupun foto.
Sedikit tambahan gambar Si Kerduz sampai terakhir diambil gambarnya kemarin sore.
ENJOY!! *CHEERS*
Iseng-iseng pas spooring
JJS with Kerduz after lebaran dimana Jakarta masih sepi Foto kemarin sore iseng2 di parkiran kantor. Hehehehe
Perkenalkan tunggangan gue Si Kerduz yang udah nemenin kurang lebih 2,5 tahun.
Setelah sekian lama daftar jd member dan mantau grandcivic.com, eehhh baru skrg buat thread narcissm.
Kacau emang tuh ownernya Si Kerduz, Bahlul emang
Langsung aja:
Awal mula pas kuliah cita2 pengen punya mobil dari uang sendiri. Bermodalkan seadanya terpilih lah Grand Civic dan karena modelnya memang tak lekang oleh waktu *tsaaaahhh*
Jadilah dulu hunting GC selama kurang lebih 3 bulan. dari Februari 2013 sampe akhirnya ketemu di penghujung April 2013.
Dan bertemulah dengan mobil ini. List atapnya masih wajar dan list kaca masih bagus. Cuma ada sealer sebesar satu ruas jari diujung belakang list atap kanan-kiri. Karatnya juga masih sedikit.
Pertama kali mobil diambil:
Gak lama setelah dibeli, langsung coba tes Bandung tapi gak dicek-cek dulu cuma ganti oli aja modal nekat. Huehehehehe.
Alhamdulillah bisa balik lg ke Jakarta dengan selamat meski AC nya panas-dingin (kalo siang panas kalo malem dingin)
Gak lama berselang ada temen yang kebetulan punya nouva mau jual velg GC tahun 90 murah meriah ama ban2nya.
Langsung aja sikat deh daripada belang gak karuan velgnya meskipun gak sesuai sama tahunnya yang keluaran 91.
Oiya, mobil ini pernah overheat pas lagi dibawa ke kantor. Hahahahaha
Kebetulan fotonya gak ada karena kejadiannya malam.
Penyakit GC seperti biasa, yang akhirnya masuk bengkel turun setengah dan sekalian kuras radiator.
Kabar gaenak juga dititipin bengkel, katanya blok bawah udah mulai kropos dan gak mungkin bertahan lama. Mungkin 6-9 bulan
Berhubung uang pas2an ya terpaksa dikerjain seadanya dan berdoa ga ada kejadian apa2 setelahnya
Ada sedikit rezeki mulai rapih2 bemper yang bopak-bopak sama karat di tangki bensin.
Tepat sebelum lebaran 2014, mobil dah rapih.
Modal sol bemper murah meriah dan poles mobil dikerjain berdua sm bokap di garasi rumah.
Dan ini hasilnya: Oiya, itu dibemper belakang kanan bawah ada baret mayan panjang karena kebodohan gue sendiri.
Masih kinyis-kinyis eh pas mundur nabrak trotoar. AAMMPYAAAARRRRR!!!
Untung ga ada yang ancur cuma copot dr dudukannya. Hahahahahaha
Beberapa bulan setelah lebaran, mesin yang dulu di wanti2 sm bengkel kalau sudah kropos ternyata mulai menunjukkan tajinya.
Setelah diinget2, ternyata sudah 1 tahun sejak kejadian overheat baru muncul lagi ini penyakit.
Lumayan bertahan juga ini Si Kerduz untuk ukuran mobil harian yang jalannya kurleb 80km setiap hari.
Dia sungguh kuat *apasih ini* *abaikan*
Air radiator masuk ruang pembakaran, oli juga ikut2an. Akhirnya masuk lah ke bengkel untuk di cek kondisinya.
Kondisinya mengenaskan: Nginep di bengkel kurang lebih 2 minggu Akhirnya ambil keputusan untuk ganti head dan blok sekaligus dengan copotan.
Karena mobilnya mau dipake terus dan gak kepikiran mau jual.
Terlanjur cinta
Akhirnya siap naik: Alhamdulillah sejak naik mesin sampai sekarang belum pernah ada masalah berarti lagi.
Ya paling-paling cuma perawatan aja dan cuma ganti engine mounting.
Ada kejadian yang cukup bikin sedih sih, dek penumpang sebelah kiri penyok gara2 ngehajar entah balok atau batu di jalan tol jagorawi waktu balik ngantor.
Alhasil ada penyok dari depan ke belakang yang gak enak buat diliat dan belum dibenerin ampe sekarang. Hahahaha
Foto pas mobil diangkat:
Ada rejeki setelah itu, beli delco buat spare. Kata para suhu GC ini adalah barang penting yang kudu ada di bagasi.
Beli deh dari Om Anu di cibinong Sekalian ngetes maka dicoba pasang sendiri dibantu temen2 yang biasa nongkrong di gusgarage (rumahnya om guswija).
Fotonya gak ada hahahaha.
Alhamdulillah normal sampe sekarang dan dipake terus deh. Yg bawaan mobil malah taro bagasi. Xixixixi
Selang beberapa minggu ada rejeki lagi hasil tabungan jerih payah yang emang udah diniatin sih, saatnya restorasi kaki-kaki gc!!!
Awal mula bongkar di cibubur point dan dikasih harga bersahabat berkat om anu yang udah wejang ke penjual sparepartnya (sebut saja om anu yg punya showroom di cibubur *makasih ya om hahaha*)
Tapi ternyata ada beberapa part yang dia ga sediain. Yasudahlah yang ada aja bongkar dulu ya. Abisan suara audio udah ga bisa nahan suara berisik kaki2 lagi huahahahahahahahah.
Beberapa dokumentasinya: Hampir semua bagian belakang diganti. Bushing trailing arm, bushing2 kecil, tulang anjing, karet2 segala macem deh kecuali ada 4 bushing kecil di bagian "gagang telfon" (kata abangnya gitu) yang belum diganti krn barangnya ga ada.
Bagian depan ganti bushing arm bawah dalem dan luar, ganti boot as roda luar dan dalem, karet stabilizer. Upper arm, tierod + long dan joint bawah katanya masih bagus. Katanyaaaaaaaaaa......
Maka diikuti lah katanya ituuuuu.....
Kelar deh tuh dari cibubur dan pulang hati riaanngg~~~
Gak riang juga sih, mahal juga kaki2nya
Eeeehhhh pas dijalan pulang kompresor ac ga mau nyalaaaaa. Jadi mutus terus kaya kepanasan.
Mampir lah ke tukang ac dan ditemukan magnetnya udah jelek, pada retak.
Sung lah ganti mau gak mau daripada mateng didalem mobil. Jajan lagiiiiii
Gak lama setelahnya pas awal puasa 2015, ada rejeki lalu ganti Engine Mounting kanan-kiri yang mayan yah harganya. Hahahahaha
Sekalian deh ganti gantungan knalpot yang karet2 dah pada getas.
Ada kejadian lucu juga sih waktu dibengkel Om Sutan (Double S). Ketika udah kelar semuanya dan udah lumayan malem tuh, ternyata selang rem kanan depan bocor. Wakakakakaka.
Alhasil modal lem korea sm ban dalem motor, ditambal dah tuh biar sampe rumah aja dengan selamat.
Udah kemaleman gaenak ngelemburin Om Sutan sama si Boim padahal itu malem minggu. Wakakakakakaka
Gak sempet terdokumentasi nih kejadiannya padahal kocak.
Laluuuu suatu hari cuma bermodalkan niat nyamperin salah satu mimin yang ada disini yg lagi benerin mobilnya di Corn Per, berangkatlah gue kesana.
Cuuusssss..............
Sampe sana karena penasaran ada bunyi2 di suspensi kiri depan, minta bongkar sekalian.
Walhasil tierod + long, upper arm (joint atas), joint bawah yang katanyaaaaaaaa masih bagus ternyata udah oblak juga.
Mumpung masih ada rejeki yaudah ganti aja deh biar hati lebih tenang dan gak berisik mobilnya.
Niatnya nemenin malah jadi jajan bareengg. Sueeeeee hahahahahaha
Mungkin sekian cerita tentang Si Kerduz yang masih bisa terdokumentasi baik dalam ingatan maupun foto.
Sedikit tambahan gambar Si Kerduz sampai terakhir diambil gambarnya kemarin sore.
ENJOY!! *CHEERS*
Iseng-iseng pas spooring
JJS with Kerduz after lebaran dimana Jakarta masih sepi Foto kemarin sore iseng2 di parkiran kantor. Hehehehe
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
F 444 KK
Re: SH4 1991 M/T sebut saja Si Kerduz [my neverending projec
asikkkk
seneng liatnya standaran gini
mesinnya kincloong oiii... mantab dah restorasi total.... itu ZC ya om?
itu benerin kaki kaki total gitu pasti tembus 5 juta yak
usul:
- poles headlamp di jacob
- itu jok nos miring segera diisi... eeeh dibenerin
- cari center cap yang aseli bawaanm velgnya.. ada tuh di radin inten lah atau kalimalang
itu dulu dah
seneng liatnya standaran gini
mesinnya kincloong oiii... mantab dah restorasi total.... itu ZC ya om?
itu benerin kaki kaki total gitu pasti tembus 5 juta yak
usul:
- poles headlamp di jacob
- itu jok nos miring segera diisi... eeeh dibenerin
- cari center cap yang aseli bawaanm velgnya.. ada tuh di radin inten lah atau kalimalang
itu dulu dah
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: SH4 1991 M/T sebut saja Si Kerduz [my neverending projec
Mantebb..., setuju kinclongin lampuu..
- binuraditya_B2090MS
- GC Enthusiast
- Posts: 564
- Joined: Sun Dec 04, 2011 8:08 am
- Location: ciputat - cawang - jatibening - tendean
- Contact:
Re: SH4 1991 M/T sebut saja Si Kerduz [my neverending projec
Si kerduz mantaaappp...
" Oldies But Goodies "
- FleaFly
- GC Lover
- Posts: 436
- Joined: Sat Dec 25, 2010 6:59 pm
- Location: Kranggan - Cibubur - Bogor
- Contact:
Re: SH4 1991 M/T sebut saja Si Kerduz [my neverending projec
Jok kiri depan bebas debu nih...
Phone/WhatsApp : 0812-8(NOL)6-1(NOL)33
Email : adi.pranata@grandcivic.com
Twitter : @AdiPapaKafka
www.softwarepsr.com/kaf
>> Hobby dapet, keluarga nyaman ... <<
Email : adi.pranata@grandcivic.com
Twitter : @AdiPapaKafka
www.softwarepsr.com/kaf
>> Hobby dapet, keluarga nyaman ... <<
- fachrulramadhan
- GC Noob
- Posts: 98
- Joined: Thu May 02, 2013 11:42 pm
Re: SH4 1991 M/T sebut saja Si Kerduz [my neverending projec
adeindra wrote:asikkkk
seneng liatnya standaran gini
mesinnya kincloong oiii... mantab dah restorasi total.... itu ZC ya om?
itu benerin kaki kaki total gitu pasti tembus 5 juta yak
usul:
- poles headlamp di jacob
- itu jok nos miring segera diisi... eeeh dibenerin
- cari center cap yang aseli bawaanm velgnya.. ada tuh di radin inten lah atau kalimalang
itu dulu dah
makasi opa masukannya
ini mesin potong rumpuutttt
belum tembus segitu namun perlahan tapi pasti
nah niat awal emg mau jacob, tp rack steer bocor oi. kayanya budget lari kesana dulu.
eehhh perlu gue liatin jok kirinya nih???
maunya ni velg disimpen aja opa. naksir sama OEM audi dah hahahahahaha
F 444 KK
- fachrulramadhan
- GC Noob
- Posts: 98
- Joined: Thu May 02, 2013 11:42 pm
Re: SH4 1991 M/T sebut saja Si Kerduz [my neverending projec
makasih oommmyunistioG wrote:Mantap.....
F 444 KK
- fachrulramadhan
- GC Noob
- Posts: 98
- Joined: Thu May 02, 2013 11:42 pm
Re: SH4 1991 M/T sebut saja Si Kerduz [my neverending projec
segeraaa pakde guunngg hahahahahaPa'de Gung wrote:Mantebb..., setuju kinclongin lampuu..
F 444 KK
- fachrulramadhan
- GC Noob
- Posts: 98
- Joined: Thu May 02, 2013 11:42 pm
Re: SH4 1991 M/T sebut saja Si Kerduz [my neverending projec
si bala juga mantaaappppbinuraditya_B2090MS wrote:Si kerduz mantaaappp...
mantap balanyaaaaaaa
eeeehhhh
F 444 KK