GrandCivic '91 Hitam -jogjakarta-

gc-ers ride, project logs & modification pics..
User avatar
arozi
GC Whore
GC Whore
Posts: 5239
Joined: Sun Nov 01, 2009 11:58 am
Location: Bandung

Re: GrandCivic '91 Hitam -jogjakarta-

Post by arozi » Wed Mar 12, 2014 10:32 am

makin edunnn mau diturboin pulak
salutttt
B J O

User avatar
rezayolando
GC Whore
GC Whore
Posts: 3470
Joined: Sun Nov 27, 2011 11:07 am
Location: Bandung
Contact:

Re: GrandCivic '91 Hitam -jogjakarta-

Post by rezayolando » Wed Mar 12, 2014 11:27 am

hoxs21 wrote:sundul ah, sekalian post diy.

setelah mencari beberapa lama, kemaren dapat speedo meter yang sudah sekalian ada speed sensor nya. setelah diterima, ternyata ketahuan ada beberapa jalur yang udah lepas. sekalian aja di pretelin buat dibersihkan dan di cek semuanya.

-gambar pretelan :
Image

-jalur yang putus :
Image

Karena ongkos mbenerin mahal, maka diberanikan diri buat nyolder sendiri. Mesti hati hati, soalnya kalau jalur tembaga kena solder langsung, bisa meleleh lapisan plastiknya. disambung bisa pakai kabel, kalau saya pake daleman kabel, saya lumuri pake tenol biar bisa keliatan rapi dan gampang ngrekatinnya.

-ini kabelnya :D :
Image

-jangan lupa dikerok dulu lapisan hijau, supaya tembaganya kelihatan dan bersih, lalu ditempeli tenol sedikit. gunanya untuk mempermudah nempelkan kabel tadi. gambar dibawah adalah contoh titik tenol dan menempelkan kabel sambungannya.
Image

-tadaaaa... sudah selesai semua, dan tinggal dirapikan dan diamankan dengan sticker/selotip. :D
Image

sekian apdetnya, terimakasih... :ymcowboy:

Mantab om.. Oh iya beli alat burning chipnya berapa ya om sama dimana? #tertarik
--- AERO SH 4 ' 89 ---

User avatar
hoxs21
GC Lover
GC Lover
Posts: 419
Joined: Thu Jul 17, 2008 2:48 pm
Location: ngayogyakarta hadiningrat
Contact:

Re: GrandCivic '91 Hitam -jogjakarta-

Post by hoxs21 » Thu Mar 13, 2014 12:46 pm

guswija wrote:Blm di up load juga om,gc turbo nya?
haddaw.. x_x
Ivankarim wrote:@-) :-? om hoxs ki emang joss DIY nya ora nyandak utekku hehe
lah mas, nyolder ae lho mas...
arozi wrote:makin edunnn mau diturboin pulak
salutttt
amiiiiin.... :p
rezayolando25 wrote: Mantab om.. Oh iya beli alat burning chipnya berapa ya om sama dimana? #tertarik
waktu itu harganya 1jtan... saya dapet di malang. lupa tokonya om.. nanti saya apdet om...

User avatar
nova isnanto
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1328
Joined: Tue Nov 09, 2010 9:15 am
Location: Bandung

Re: GrandCivic '91 Hitam -jogjakarta-

Post by nova isnanto » Fri Mar 14, 2014 2:02 pm

update nya ditunggu, om...

User avatar
hoxs21
GC Lover
GC Lover
Posts: 419
Joined: Thu Jul 17, 2008 2:48 pm
Location: ngayogyakarta hadiningrat
Contact:

Re: GrandCivic '91 Hitam -jogjakarta-

Post by hoxs21 » Fri Mar 21, 2014 12:50 am

------------------------------------------------------------------
oms tans, mempertimbangkan postingan saya ini ada beberapa foto yang ukurannya besar, mungkin akan lebih baik untuk tidak di hajar quote. kasihan para fakir bandwidth yang mesti ngos2an nge-load gambar yang sama berulang2.. jadi kalau mau di quote, diedit yang perlu2 aja... :)
------------------------------------------------------------------

Update ah,

Cara me-Remap (chipping) ECU odb 1 (hardware-howto)

Sebetulnya sudah banyak situs yang menulis tentang bagaimana melakukan chipping pada ecu, tetapi dengan semangat berbagi, dan pegel kalo nulis berulangkali di BB hehehe, saya memberanikan diri untuk menulis cara chipping ecu odb 1 versi yang saya lakukan, yang sedikit banyak juga sama dengan versi yang lain.
Sejauh yang saya tahu, aksi me-remap ecu bertujuan mengatur kembali map pada ecu untuk memenuhi kebutuhan mesin atau pengguna (tuning). Dengan remap, kita juga dapat mematikan berbagai sensor yang tidak kita butuhkan, atau rusak, atau malah tidak ada di dalam konfigurasi mesin kita. hal ini sering dijumpai pada pelaku konversi dari sistem karbu ke injeksi, yang biasanya tidak melengkapi sensor-sensor pada kendaraannya.

Untuk melakukan chipping, peralatan yang dibutuhkan adalah :

1. ECU. kalo tidak ada ecu, mustahil kita mau main beginian... :p
Spoiler for gambar ECU
Image
2. Solder, dan sedotan solder, serta tenol. usahakan untuk memiliki solder dengan kualitas yang lumayan, atau bahkan yang sudah bisa dua watt.
Spoiler for peralatan
Image
3. Bahan yang digunakan :
1uF kapasitor keramik (2bh),
1k resistor (1bh),
jumper atau kabel jumper, bisa menggunakan kabel biasa atau jumper copot.
IC 74HC373 dan dudukannya,
IC 27C256 untuk EPROM nya. sebagai alternatif bisa menggunakan 29C256 (EEPROM)
keunggulan menggunakan 29C256, bisa dihapus berkali2. tetapi saya pernah menemui
ECU yang tidak bisa menggunakan IC ini. atau bila kepepet, bisa menggunakan yang
kapasitasnya 512 (27C512 atau 29C512), hanya berbeda cara burn chip nya.
Spoiler for bahanbahan
Image

Cara melakukannya tidak lebih dari 30 menit. rekor saya sendiri untuk melakukan chipping ini tidak lebih dari 20 menit.

1. honda sebetulnya sudah berbaik hati dengan menandai bagian yang kita butuhkan untuk melakukan chipping ECU. Bisa dilihat pada gambar, bagian yang harus kita otak atik, sudah ditandai di dalam garis titik titik.
Pada tahap ini, silahkan men-desolder lubang2 pada ecu tersebut supaya tenol hilang, dan lubangnya dapat dimasuki oleh komponen yang telah disiapkan. lubang yang di hilangkan adalah pada sekeliling 27256, 74HC373, C51, C52, J1 (jumper), R54.
Spoiler for gambar bagian ecu yang di solder
Image
khusus yang ini, gambar diambil dari internet.. gakpunya dokumen yang ini soalnya :p
2. Setelah semua lubang terbuka seperti dalam gambar, silahkan memasang komponen yang diperlukan. untuk IC, saya menggunakan soket terlebih dahulu, karena memudahkan kita untuk mensolder dengan tidak merusak IC, dan juga memudahkan ketika kita ingin bongkar pasang IC EPROM tersebut.
Spoiler for progres pemasangan komponen
Image
3. Selesai. Penjelasan software apa saja yang bisa digunakan untuk me-remap ECU, akan di tulis kemudian... (capek, sudah malam :p) hehe..
Spoiler for selesai
Image
Bila dibandingkan dengan menggunakan hondata atau standalone ECU jelas aksi remap ini jauuh lebih murah, tapi juga jauuuuh lebih ribet. Tapi paling tidak, dengan penggunaan yang benar, sudah banyak cerita sukses yang bisa didapat di internet dari penggunaan teknik ini. saya sendiri juga masih kategori sugesti sukses, karena belum pernah membuktikan lewat dyno, tetapi hanya modal perasaan saja.. :p
sekian dulu apdetnya, nanti disambung lagi. :ymcowboy:

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: GrandCivic '91 Hitam -jogjakarta-

Post by Pa'de Gung » Fri Mar 21, 2014 11:48 am

Belum kesampean nyoba yg begini....
Setidaknya udah mulai ada gambaran...:D
Makasih om hox.... Pencerahan berharga banget buat saya...

Eh..itu solder maksutnya dual watt kan om?
Kalo dua watt ga panas dunk.. Xixixi..pisss.

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: GrandCivic '91 Hitam -jogjakarta-

Post by adeindra » Sat Mar 22, 2014 10:38 pm

edaaaaaan

User avatar
rezayolando
GC Whore
GC Whore
Posts: 3470
Joined: Sun Nov 27, 2011 11:07 am
Location: Bandung
Contact:

Re: GrandCivic '91 Hitam -jogjakarta-

Post by rezayolando » Sun Mar 23, 2014 12:56 am

Edannnn om.. Om ada ECU yang bagus.baik hati di bensin P28 kah? Yang remapnya buat harian..
--- AERO SH 4 ' 89 ---

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: GrandCivic '91 Hitam -jogjakarta-

Post by meneer » Mon Mar 24, 2014 8:39 pm

dosen edan...suk tulung garapke wae



wkwkwkwkwkw :p
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

kojang
GC Noob
GC Noob
Posts: 24
Joined: Tue Dec 13, 2011 9:07 pm

Re: GrandCivic '91 Hitam -jogjakarta-

Post by kojang » Fri Apr 25, 2014 12:48 pm

Om hox mau tanya donk, klo mau rubah ke injeksi sensornya yang dibutuhin apa aja? Miniimal biar mesinnya bisa nyala normal

Post Reply