GANTI BAUT RODA PANJANG + SPECER TEBAL

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to rims, brake, suspension, reinforcement, etc related..
User avatar
Jhon_iRachmad_i
GC Noob
GC Noob
Posts: 180
Joined: Wed Apr 23, 2014 3:40 pm
Location: Palembang
Contact:

GANTI BAUT RODA PANJANG + SPECER TEBAL

Post by Jhon_iRachmad_i » Wed Dec 10, 2014 2:52 am

Permisi om momod dan para om suhu... ^:)^
mohon masukany dan bimbingannya om2 sesepuh GC.COM
serta ditunggu shering pengalamanya... :YMPRAY:

langsung aja om, sy ada rencana mo ganti baut roda std GC (yg di tromol dan disk break) dengan baut roda yg panjangan sikit. Soale kl skrg (baut roda std GC) kl di pake spicer itu keliatan mur ( :-? baut yg cewek CMIIW) pengikat velg dgn tromol roda cm masuknya sedikit, takut gak kuat.
Yg jadi pertanyaan, kira2 berbahaya gak pakek baut panjang di roda trus di pasang spicer yg rada tebel? dan ada pengaruh dengan kesetabilan, kenyamanan dan kekuatan roda saat lari2 kecil?
pakek spicer yg agak tebel itu karena off set velg terlalu masuk k dlm fender, kl gak pakek spicer keliatan aneh, kyk besar bodi dr kaki. :-\
Pertanyaan kedua, lebih aman mana antara mengubah lubang baut PCD di velg atw ubah baut di tromol/disk break?

Makasih sebelumnya om2 dan suhu2...
Salam Kenal
to all CivicEF Lovers
BG 381 AS

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: GANTI BAUT RODA PANJANG + SPECER TEBAL

Post by Pa'de Gung » Wed Dec 10, 2014 12:33 pm

#Pertama:
Yg perlu di pertimbangkan saat pasang speacer tebal adalah, bahwa tumpuhan roda sepenuhnya ditanggung oleh 4 baut itu.
Sedangkan design aslinya...lubang tengah velg ngeplak lingkar poros nap roda. Sehingga tupuhan roda langsung ke nap itu.
Dgn begitu jelas bahwa ini akan mempengaruhi kenyamanan, walaupun tidak signifikan.
Dari segi keamanan jelas tanpa speacer lebih aman.

#kedua:
Baut roda mempunyai gerigi pada pangkalnya...ini sulit ditiru. Mungkin harus di las mati dg nap supaya ga ikut muter saat ngencangkan/ membuka baut roda.
Pertimbangan kedua...seberapa presisi lubang ato baut yg di buat/pindah. Tergantung kemampuan bengkel.

User avatar
Jhon_iRachmad_i
GC Noob
GC Noob
Posts: 180
Joined: Wed Apr 23, 2014 3:40 pm
Location: Palembang
Contact:

Re: GANTI BAUT RODA PANJANG + SPECER TEBAL

Post by Jhon_iRachmad_i » Wed Dec 10, 2014 7:27 pm

Pa'de Gung wrote:#Pertama:
Yg perlu di pertimbangkan saat pasang speacer tebal adalah, bahwa tumpuhan roda sepenuhnya ditanggung oleh 4 baut itu.
Sedangkan design aslinya...lubang tengah velg ngeplak lingkar poros nap roda. Sehingga tupuhan roda langsung ke nap itu.
Dgn begitu jelas bahwa ini akan mempengaruhi kenyamanan, walaupun tidak signifikan.
Dari segi keamanan jelas tanpa speacer lebih aman.

#kedua:
Baut roda mempunyai gerigi pada pangkalnya...ini sulit ditiru. Mungkin harus di las mati dg nap supaya ga ikut muter saat ngencangkan/ membuka baut roda.
Pertimbangan kedua...seberapa presisi lubang ato baut yg di buat/pindah. Tergantung kemampuan bengkel.
ya...ya... paham maksudnya. makasih suhu pakde pencerahanya...
Nambah satu lg pertanyaan boleh ya suhu,,,
misal salah drat/ulir di baut roda rusak atw dol, dan harus ganti baru tu baut. Gigi suri yang ada di topping baut itu sifanya universal gak, maksute dgn ukuran mur yg sama tp punya mbl jenis lain bisa pas gak ke GC untuk baut rodanya?
(masih tetep moganti baut roda yg lbh panjang) :D
Salam Kenal
to all CivicEF Lovers
BG 381 AS

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: GANTI BAUT RODA PANJANG + SPECER TEBAL

Post by Pa'de Gung » Wed Dec 10, 2014 11:38 pm

Setau saya universal om... Bisa saja ganti yg lebih panjang. Yg penting cari yg drat ulirnya sama. Gampangnya bawa satu mur buat nyoba cocok tidaknya drat itu.
Oh ya...untuk speacer, kalo mau lebih bagus bikin speacer sendiri yg lebih nyatu dengan velg dan ngeplak dg nap. Tp ini mungkin ga murah.

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: GANTI BAUT RODA PANJANG + SPECER TEBAL

Post by adeindra » Thu Dec 11, 2014 7:30 am

Boleh tau pake velg apa dan spek velg lebar dan offset om?

Kalo mau ganti baut yang panjangan ya emang harus yang bagus kualitasnya kayak baja gitu ya.. biar kaga mudah patah

Kalo mau pake spacer.. sebaiknya pake istilahnya spacer nok yang bikin dibtukang bubut jadi bukan spacer universal.. sehinga sesuai masukan dari pakdegung.. bener velg duduk dengan baik di poros nap roda

Googling deh gambar namanya spacer nok atau center ring nok.. biar kalo belum pernah liat jadi terbayang

Kemudian saya pernah dibilangin.. kalau sebaiknya baut masuk full ke mur.. kalo sampe baut hanya setengah or engga sampe seluruh mur masuk.. bahaya takut kekuatan berkurang

User avatar
Jhon_iRachmad_i
GC Noob
GC Noob
Posts: 180
Joined: Wed Apr 23, 2014 3:40 pm
Location: Palembang
Contact:

Re: GANTI BAUT RODA PANJANG + SPECER TEBAL

Post by Jhon_iRachmad_i » Sun Dec 14, 2014 6:20 pm

[quote="adeindra"]Boleh tau pake velg apa dan spek velg lebar dan offset om?

Cuma Pakek velg oem audi opa, ring 15 lebar kl gak salah 6,5. Udah di ubah pcd 4h100.
Kemaren sempet galau mo di ubah baut yg d nap roda jd 5 baut atw lubang baut d velg.

Siap pakde dan opa ade. Mo googling dl speacer nap itu gimana. Mudah2 tukang bubut langganan bisa buatnya....hee
Salam Kenal
to all CivicEF Lovers
BG 381 AS

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: GANTI BAUT RODA PANJANG + SPECER TEBAL

Post by adeindra » Mon Dec 15, 2014 11:34 am

naaah semakin butuh tuh spacer nok karena velgnya hasil redril kan.. pasti tidak akan sebagus pressinya kayak keluaran pabrikan

ini foto contohnya
Image

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: GANTI BAUT RODA PANJANG + SPECER TEBAL

Post by Pa'de Gung » Thu Dec 18, 2014 1:06 am

Nahh...jadi jelas...

User avatar
Ctrl_Alt_Del
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 547
Joined: Sun Jun 22, 2008 7:48 am
Location: Bogor

Re: GANTI BAUT RODA PANJANG + SPECER TEBAL

Post by Ctrl_Alt_Del » Thu Dec 18, 2014 11:26 am

Velg audi Baut 5 ?
Maksudnya adaptor kali?
Klo dari 4x100 mau jdi baut 5 cuma bisa ke 5x120..
Klo ke 114/112 ga bisa pake adaptor.. Krn bakal ada baut yg 'numpuk' di lobang yg sama..

Image

Baca ini
http://www.modifikasi.com/showthread.ph ... 2054815795



.

User avatar
Jhon_iRachmad_i
GC Noob
GC Noob
Posts: 180
Joined: Wed Apr 23, 2014 3:40 pm
Location: Palembang
Contact:

Re: GANTI BAUT RODA PANJANG + SPECER TEBAL

Post by Jhon_iRachmad_i » Thu Dec 18, 2014 3:41 pm

Ctrl_Alt_Del wrote:Velg audi Baut 5 ?
Maksudnya adaptor kali?
Klo dari 4x100 mau jdi baut 5 cuma bisa ke 5x120..
Klo ke 114/112 ga bisa pake adaptor.. Krn bakal ada baut yg 'numpuk' di lobang yg sama..


Baca ini
http://www.modifikasi.com/showthread.ph ... 2054815795.
Makasih om CAD
nice info
ya om velg audi baut 5 tp sdh saya modif tutup baut lama dan re-drill jadi baut 4 PCD 100
sempet jg sih kepikir pakek adaptor gitu tp pertimbanganya kl pakek adaptor velg bakal terlalu keluar dr fender dan setidaknya musti nyiapin ban serep yg baut 5 jg.
adeindra wrote:naaah semakin butuh tuh spacer nok karena velgnya hasil redril kan.. pasti tidak akan sebagus pressinya kayak keluaran pabrikan

ini foto contohnya
Image


Allahmdulillah td sdh diskusi sm ahli bubut,,,
kira2 kemahalan gak opa buat 1 specer nok di minta 100 rb tebal 10mm bahan besi??
Salam Kenal
to all CivicEF Lovers
BG 381 AS

Post Reply