Pa'de Gung wrote:Kompresi normalnya 12 kalo ga salah.. CMIIW
Kalo ga ada oli di knalpot cukup turun 1/2 mesin lalu skur klep, biaya relatif..tergantung dibengkel mana dan apa saja yg diganti. sedia 2000rb mungkin cukup.
Saya kira bukan kompresi masalahnya, dengan kompresi rendah mesin masih pasti bisa hidup dan relatif mudah..walaupun tidak segampang yg normal..
dilihat dari ceritanya...sebaiknya fokus ke masalah delko dulu om...pengapian lemah jelas bikin start jadi susah.
ada beberapa point yg bisa melemahkan pengapian...
tapi kalo masalah muncul hanya saat setelah berhenti...sepertinya memang coil dan cdi masalahnya..
Tadinya saya berpikir kalo masalah pengapian mestinya bisa terjadi kapan saja..bahkan saat jalan...
Setelah membaca cerita diatas, baru terpikir akan kemungkinan masalahnya..
- Saat suhu mesin panas, mungkin CDI dan/ato koil melemah.. Jadi kemungkinan sebelum mesin dimatikan pengapian sudah melemah..tapi tidak sampai membuat mesin mati, karena putaran mesin masih cukup tinggi.
- Setelah mesin dimatikan, pengapian masih lemah..,mesin susah hidup karena putaran dinamo stater tidak mencukupi untuk membuat mesin hidup dg kondisi api kecil. (mungkin bisa langsung hidup kalo didorong dg kecepatan cukup)
- Setelah setengan jam, suhu mesin turun kondisi pengapian membaik jadi gampang distat..
Coil dan CDI sama2 bisa jadi penyebab...
Kalo masalahnya dari Coil...biasanya CDI kena dampaknya.. efek dipaksa bekerja dg coil rusak.
Kalo masalahnya dari CDI ...coil biasanya aman...
terima kasih atas penjelasannya pa'de gung, membantu sekali dan kemungkinan yang pa'de jelaskan bisa dimengerti, karena kemarin koilnya pecah, mungkin cdinya kena dampaknya. karena saya kemarin hanya ganti koil saja, cdinya belum ganti. coba saya fokus ke pengapian dulu om..terima kasih