kemaren iseng iseng DIY pasang shortshifter dibantu teman dan akhirnya terpasang dengan sempurana dan berfungsi baik, setelah itu coba tes jalan tapi pada saat stater mesin ga langsung hidup, stater beberapa kali baru idup disertai suara brebet diputaran bawah, padahal sebelumnya fine fine aja. begitu jalan putaran bawah masih brebet, lalu coba di ajak ngebut brebet langsung ilang, tapi begitu tutup gas nembak nembak, ah sudahlah mobil langsung masuk garasi lagi.
pagi ini coba panasin mesin, eh sama seperti kemaren susah idup dan brebet diputaran bawah, aga curiga nih knalpot bocor karna kemaren pas pasang shortshifter pipa knalpot sedikit ke tekan ke kanan dan ke kiri karena posisi tuas perseneleng tepat diatas pipa knalpot.
yang mau ditanyakan, apakah knalpot bocor dapat menyebabkan hal tersebut ?
Mesin susah hidup padahal sebelumnya cekgur aja.
Mesin susah hidup padahal sebelumnya cekgur aja.
~ I'm Not Speeding, Just Flyng Low~
- rezayolando
- GC Whore
- Posts: 3470
- Joined: Sun Nov 27, 2011 11:07 am
- Location: Bandung
- Contact:
Re: Mesin susah hidup padahal sebelumnya cekgur aja.
coba bantu ya om..
1. cek busi kalau bensin keborosan bisa di lihat hitam atau coklat untuk yang ideal.
2. cek pengapian delco. semburan delco bisa di lihat 1 per 1 pengapiannya dengan membuka busi di tempelin ke head atau dll.
3. knalpot bocor. biasanya knalpot bocor kompresi sedikit los karena tekanan udara out dr mesin kebuang berantakan. akibatnya sewaktu turun gas bisa nembak nembak. knalpot bocor terkadang ke cium bau ke dalam kabin. perih di kabin dan tenaga hilang. suara nambah berisik.
kalau pemasangan shortshifter biasanya merubah dudukan kontruksi knalpot dr lekukan dan bawahnya pipa. karena bandul shortshifter lebih kebawah dr aslinya. sehinga lekukan pipa knalpot bisa kena pas kita masukin gigi 1 sampe 5. tapi jarang sampe bocor spt itu. melainkan susah masukin gigi aja..
4. coba sesekali semprot karbu bagian atasnya menggunakan pembersih karbu.
semoga bermanfaat.. mungkin bawah saya bisa menjelaskan secara terperinci..
1. cek busi kalau bensin keborosan bisa di lihat hitam atau coklat untuk yang ideal.
2. cek pengapian delco. semburan delco bisa di lihat 1 per 1 pengapiannya dengan membuka busi di tempelin ke head atau dll.
3. knalpot bocor. biasanya knalpot bocor kompresi sedikit los karena tekanan udara out dr mesin kebuang berantakan. akibatnya sewaktu turun gas bisa nembak nembak. knalpot bocor terkadang ke cium bau ke dalam kabin. perih di kabin dan tenaga hilang. suara nambah berisik.
kalau pemasangan shortshifter biasanya merubah dudukan kontruksi knalpot dr lekukan dan bawahnya pipa. karena bandul shortshifter lebih kebawah dr aslinya. sehinga lekukan pipa knalpot bisa kena pas kita masukin gigi 1 sampe 5. tapi jarang sampe bocor spt itu. melainkan susah masukin gigi aja..
4. coba sesekali semprot karbu bagian atasnya menggunakan pembersih karbu.
semoga bermanfaat.. mungkin bawah saya bisa menjelaskan secara terperinci..
--- AERO SH 4 ' 89 ---
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: Mesin susah hidup padahal sebelumnya cekgur aja.
Bocor knalpot memang bisa nembak2 gitu om.., tp ga bikin brebet.
Selain itu bocor di knalpot gampang diketahui dari perubahan suaranya.
Brebet dibawah bisa karena karbu..., tapi kalo disertai nembak saat deselerasi..mungkin ada selang vacum yg lepas.
Selain itu bocor di knalpot gampang diketahui dari perubahan suaranya.
Brebet dibawah bisa karena karbu..., tapi kalo disertai nembak saat deselerasi..mungkin ada selang vacum yg lepas.
Re: Mesin susah hidup padahal sebelumnya cekgur aja.
setelah cek sana sini ternyata masalahnya sepele, selang vacum ada yang lepas. ampuuuuun dah.
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
- rezayolando
- GC Whore
- Posts: 3470
- Joined: Sun Nov 27, 2011 11:07 am
- Location: Bandung
- Contact:
Re: Mesin susah hidup padahal sebelumnya cekgur aja.
numpang nanya om...? GCku sedah hampir sebulan gak ketemu biangnya...saat deselerasi..knalpot nembak2.. tarikan masih ok ....waktu idle.. ada letupan2 kecil di knalpot..pcv valve tak tutp pakai jari... letupan hilang... tak bersihin pcv valve nya dan masih fungsi dengan baik ... pasang kembali letupan muncul lagi saat idle..., setelan udara mintanya bukanya banyak banget kalaou dikecilin malah brebet... mohon om pencerahaanya