WTA benda yang warna ijo ini posisi tepatnya dimana?

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: WTA benda yang warna ijo ini posisi tepatnya dimana?

Post by Pa'de Gung » Wed Aug 20, 2014 7:35 pm

Kurniawan dicky wrote:Iya rasanya gmna om? Apa lebih irit kalo dibalik... :)
adeindra wrote:selama terbalik kemaren om... rasanya bagaimana tuh? apa ada yang terasa saat start awal mesin atau saat gas dilepas engga?
Kalo kebalik efeknya srperti ga pake valve ini om...membran terlalu cepat narik.
Jadi saat start rpm cepet banget turun ke idle. Selanjutnya membran diem aja ga gerak lagi sampai mesin dimatikan.

Seharusnya saat gas dibuka membran turun ke posisi awal karena vacum rendah. Kemudian jika gas dilepas akan terganjal membran tadi sementara membran bergerak pelan sampai akhirnya throtle kembali ke posisi idle normal.

adangsudrajat
GC Noob
GC Noob
Posts: 42
Joined: Mon Dec 23, 2013 11:30 am
Location: jatibarang

Re: WTA benda yang warna ijo ini posisi tepatnya dimana?

Post by adangsudrajat » Thu Aug 21, 2014 10:17 am

sebetulnya masang kemarin ga terbalik cuma posisinya sama bengkel dipasang pas selang yg dari jalur vacum ke membran atau ke delco,efeknya start pagi susah banget kalaupun injek gas tiba2 mati,terus stasioner ada bletuk2nya dan ketika jalan terus lepas gas suara diknalpot blakbak blukbuk gitu kaya mau nembak pokoe mirip suara angkot lah..
betul kata pakde gung setelah di pindah enak startnya trs suara stasioner juga enak,blakbakblukbuk ilang kebetulan kemarin skalian stel karbu lagi sih..
thanks pa de pencerahannya
salam dari kota mangga(indramayu)

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: WTA benda yang warna ijo ini posisi tepatnya dimana?

Post by Pa'de Gung » Thu Aug 21, 2014 11:07 am

Iya...ternyata banyak juga yg salah pasang disitu...

Sama² om ...salam kembali... seneng bisa berbagi..:)

User avatar
wicaksonoardhee
GC Noob
GC Noob
Posts: 16
Joined: Fri Jul 04, 2014 11:12 am
Location: Yogyakarta
Contact:

Re: WTA benda yang warna ijo ini posisi tepatnya dimana?

Post by wicaksonoardhee » Wed Oct 29, 2014 1:08 pm

Wah ini ternyata masalahnya,
punya saya digeber terus lepas gas suka terjun langsung RPMnya hampir mati.
Btw nama umumnya apa ya om?, di bengkel spareparts pada gak ngerti kalo vacum dashpot.

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: WTA benda yang warna ijo ini posisi tepatnya dimana?

Post by Pa'de Gung » Wed Oct 29, 2014 10:51 pm

Dhaspot valve...ga tau nama lainnya..:D

Tunjukin potonya aja om...kebanyakan pada tau kok...karyawan baru mungkin..:D

User avatar
choElo98
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1615
Joined: Thu Jan 14, 2010 1:46 pm
Location: Padang-Pariaman-Bukittingi

Re: WTA benda yang warna ijo ini posisi tepatnya dimana?

Post by choElo98 » Fri Nov 07, 2014 4:07 pm

kalo ada yang punya lebih,,, pm saya ya om,,trims
" ...ciek,,duo,,,tigo,,,gooooooooooo ... "


Mari Rame_in Forum

User avatar
adhy_momere
GC Noob
GC Noob
Posts: 76
Joined: Sat May 16, 2015 1:58 am

Re: WTA benda yang warna ijo ini posisi tepatnya dimana?

Post by adhy_momere » Sat May 16, 2015 11:47 pm

mohon pencerahanya pak de.. :)
benda ijo ntu uda benar kah??
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
SALAM HORMAT dari MOMERE (NTT)
CP : 082359096555 / BB. 28D3CBEE.

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: WTA benda yang warna ijo ini posisi tepatnya dimana?

Post by Pa'de Gung » Sun May 17, 2015 2:21 am

Itu terbalik om adhy, tp kadang dipasang benar malah tidak bekerja / membran ga mau gerak karena dashpot sudah rusak / buntu.

User avatar
adhy_momere
GC Noob
GC Noob
Posts: 76
Joined: Sat May 16, 2015 1:58 am

Re: WTA benda yang warna ijo ini posisi tepatnya dimana?

Post by adhy_momere » Sun May 17, 2015 11:53 am

Pa'de Gung wrote:Itu terbalik om adhy, tp kadang dipasang benar malah tidak bekerja / membran ga mau gerak karena dashpot sudah rusak / buntu.
barusan uda sy benahin jalur vacum e sesuai dg manual book (pict dari pak de)
tarikan mobil jd berat pak de, delco nyanyi trus. mohon petunjuknya pak de
o iya, ntu barang yg ijo kayanya uda buntu klo dipasang yg bener. :) :)
di toko sparepat ada jual ya??
SALAM HORMAT dari MOMERE (NTT)
CP : 082359096555 / BB. 28D3CBEE.

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: WTA benda yang warna ijo ini posisi tepatnya dimana?

Post by Pa'de Gung » Sun May 17, 2015 1:11 pm

Memang tidak bisa langsung pas om..., harus stel ulang karbu..
viewtopic.php?style=21&f=7&t=7586&start=10

Vucum dashpot secara fungsi tidak terlalu vital, tanpa alat ini mesin tidak akan jadi berat.
Masalahnya adalah kebocoran pada membran daspot. Jika karbu di seting dg kondisi membran ini bocor..., pasti ga akan ketemu. Maka saat vacum ini di perbaiki /dibuntu..., seting karbu bisa jadi malah melenceng jauh...
Saran saya coba buntu saja selang itu(ato dibalik), lalu stel ulang setelan angin du karbu.

Oh ya..., selang jalur 1 ke arah mana itu..?

Post Reply