Ceritanya hari ini tadi berangkat kerja pagi2...cuaca dingin jadi ngga pke AC, cuma menghangatkan suasana dalam perjalanan dengerin musik saja...
sesampai tempat kerja baru parkir 1 jam (jarak tempat kerja dari rumah skitar 45 km), eeehhhhhh....distarter setrum aki ngga ada lagi...padahal sdh dimatikan semua kelistrikannya...
wah terulang lagi ni kisah masa lalu dengan kondisi aki butut.(Aki LX dah lemeesss)...tapi anehnya yg sekarang kenapa pke aki baru ko kejadian terulang lagi...
untung deket tempat tukang setrum,katanya kurang setrum...ya disetrum lah tu aki.....jesssss mau idup tu mobil,tapi ngga mau langsam gasnya...tp saat plg td aman-aman z sih dijalan,walau hati deg-degan...
siangnya lgsg plg kerja,mampir lagi ketukang aki ditempat beli aki soalnya kata mas nya dlu aki barunya bergaransi (Beli tgl 1 juli kemaren)....minta cek lagi akinya ternyata ngga kenapa-kenapa...
kenapa ya om-om semua...ko aki baru bisa hilang setrum mendadak???
AKI per 1 Juli skrg sdh minta setrum?
- Aulia Rahman
- GC Noob
- Posts: 76
- Joined: Sat May 17, 2014 1:36 pm
- Location: Banjarmasin - Kalimantan Selatan
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: AKI per 1 Juli skrg sdh minta setrum?
Kalo akinya masih baru...jangan² alternator ga sehat om?
- Aulia Rahman
- GC Noob
- Posts: 76
- Joined: Sat May 17, 2014 1:36 pm
- Location: Banjarmasin - Kalimantan Selatan
Re: AKI per 1 Juli skrg sdh minta setrum?
iya ni pa'de,saya masih bingung knp bs gtu tu aki...klo lg jalan, ada ngga om gejala alternator mli ngga sehat
Re: AKI per 1 Juli skrg sdh minta setrum?
cek pengisian altenator deh om? akan keliatan apakah tuh altenator bener kerja bagus engga.
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: AKI per 1 Juli skrg sdh minta setrum?
Gejalanya kebanyakan ditunjukkan dg menyalanya lampu chg di dashboard.
Tp kalo masalahnya alternator drop ato colokan longgar.. lampu chg ga akan nyala...
Ato bisa coba pasang volt meter digital (model yg di lighter misalnya) jadi ketahuan saat tegangan drop...
Jika saat mesin hidup tegangan di kabin kurang dari 12,5 volt..bisa dipastikan alternator tidak mengisi...
Ato...coba cek klem aki dulu, kadang cuma longgar, terlalu tebal ganjelnya (kalo ada), biasanya karena klem kebesaran trus diisi plat tipis...
Tp kalo masalahnya alternator drop ato colokan longgar.. lampu chg ga akan nyala...
Ato bisa coba pasang volt meter digital (model yg di lighter misalnya) jadi ketahuan saat tegangan drop...
Jika saat mesin hidup tegangan di kabin kurang dari 12,5 volt..bisa dipastikan alternator tidak mengisi...
Ato...coba cek klem aki dulu, kadang cuma longgar, terlalu tebal ganjelnya (kalo ada), biasanya karena klem kebesaran trus diisi plat tipis...