GC-ku Kalau panas mesin gak stabil/mati
GC-ku Kalau panas mesin gak stabil/mati
Ada yang bisa bantu . . .
Honda GC-ku kalau ditempat panas dan kondisi jalan macet, mesin jadi gak stabil cenderung mati.
Sebelumnya pernah aku ganti Coil nya saja sedangkan Delco pakai yang lama.
Anehnya kalau di tempat lancar/gak macet semua ok, termasuk AC juga masih ckp dingin dan jalan terus.
Dengar2 info, kalau ganti Coil apa memang harus delconya sekalian ya ?
Salam,
Honda GC-ku kalau ditempat panas dan kondisi jalan macet, mesin jadi gak stabil cenderung mati.
Sebelumnya pernah aku ganti Coil nya saja sedangkan Delco pakai yang lama.
Anehnya kalau di tempat lancar/gak macet semua ok, termasuk AC juga masih ckp dingin dan jalan terus.
Dengar2 info, kalau ganti Coil apa memang harus delconya sekalian ya ?
Salam,
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: GC-ku Kalau panas mesin gak stabil/mati
Gak perlu om.
Wajar kok kalau suhu luar panas banget (Macet), mesin jadi gak stabil. Perpaduan antara karbu yang jadi panas sehingga campuran udara dan bensin ngaco, terus kualitas koil jadi menurun, Kipas radiator hanya menyedot udara sekitarnya yang panas juga. Jadi AC Juga gak dingin
Hal ini dapat dikurangi kalau kondisi pendinginan internal mesin bagus yaitu diantaranya:
1. Coba ganti thermostat, atau setidaknya karet sealnya.
2. Coba cairan radiatornya pakai coolant.
3. coba periksa apakah pembakaran mendekati ideal. Kalau pembakaran jelek, mesin juga cepat panas.
* Saya juga kalau panas banget dan macet, lebih memilih menepi dan istirahat. Selain mendinginkan panas mesin, juga mendinginkan emosi. Ngapain panas2 kejebak macet. buang-buang bensin
Wajar kok kalau suhu luar panas banget (Macet), mesin jadi gak stabil. Perpaduan antara karbu yang jadi panas sehingga campuran udara dan bensin ngaco, terus kualitas koil jadi menurun, Kipas radiator hanya menyedot udara sekitarnya yang panas juga. Jadi AC Juga gak dingin
Hal ini dapat dikurangi kalau kondisi pendinginan internal mesin bagus yaitu diantaranya:
1. Coba ganti thermostat, atau setidaknya karet sealnya.
2. Coba cairan radiatornya pakai coolant.
3. coba periksa apakah pembakaran mendekati ideal. Kalau pembakaran jelek, mesin juga cepat panas.
* Saya juga kalau panas banget dan macet, lebih memilih menepi dan istirahat. Selain mendinginkan panas mesin, juga mendinginkan emosi. Ngapain panas2 kejebak macet. buang-buang bensin
Grandcivic Kaca Gelap
-
- GC Lover
- Posts: 242
- Joined: Thu Sep 26, 2013 5:38 am
Re: GC-ku Kalau panas mesin gak stabil/mati
pauluspaska wrote:Gak perlu om.
Wajar kok kalau suhu luar panas banget (Macet), mesin jadi gak stabil. Perpaduan antara karbu yang jadi panas sehingga campuran udara dan bensin ngaco, terus kualitas koil jadi menurun, Kipas radiator hanya menyedot udara sekitarnya yang panas juga. Jadi AC Juga gak dingin
Hal ini dapat dikurangi kalau kondisi pendinginan internal mesin bagus yaitu diantaranya:
1. Coba ganti thermostat, atau setidaknya karet sealnya.
2. Coba cairan radiatornya pakai coolant.
3. coba periksa apakah pembakaran mendekati ideal. Kalau pembakaran jelek, mesin juga cepat panas.
* Saya juga kalau panas banget dan macet, lebih memilih menepi dan istirahat. Selain mendinginkan panas mesin, juga mendinginkan emosi. Ngapain panas2 kejebak macet. buang-buang bensin
Bener tuh,klo maacet ngapain ikut ngantri...??
Hehe....
Btw,tonjolan/sensor panas ƔªϞğ dibawah delco ƔªϞğ pake kabel tunggal itu bisa diakalin gak yaa...??? Soalnya klo kabelnya dipasang,indikator panas mesin malah ngaco...
Mohon pencerahan yaa...
Makasie....
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: GC-ku Kalau panas mesin gak stabil/mati
Indikatornya jadi ngaco gimana om?
Grandcivic Kaca Gelap
-
- GC Lover
- Posts: 242
- Joined: Thu Sep 26, 2013 5:38 am
Re: GC-ku Kalau panas mesin gak stabil/mati
pauluspaska wrote:Indikatornya jadi ngaco gimana om?
Jarum di panel temperatur bergerak gak tentu arah om...
äƱ diganti,†ªї Ъќ tau nama part itu apa...???
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: GC-ku Kalau panas mesin gak stabil/mati
kalau begitu, coba ganti kabel dari sensor suhu di bawah delco itu, sebisa mungkin ganti semuanya atau setidaknya sampai warna tembaga kabel aslinya berwarna kuning tembaga saat dikelupas
Grandcivic Kaca Gelap
-
- GC Noob
- Posts: 108
- Joined: Sat Feb 05, 2011 7:51 pm
- Location: sidoarjo-surabaya-malang
- Contact:
Re: GC-ku Kalau panas mesin gak stabil/mati
bener tuh kata om Grandcivic Kaca Gelap ,,hehehe kl macet mending menepi nyari warungh kopi,,, hehehe,,, GC ane kadang2 jg gt om, padahal sehat semua, tp kl macet agak ngadat,,
apa adanya aja, yang penting dompet tebal iman kuat,,hehehe
-
- GC Lover
- Posts: 242
- Joined: Thu Sep 26, 2013 5:38 am
Re: GC-ku Kalau panas mesin gak stabil/mati
pauluspaska wrote:kalau begitu, coba ganti kabel dari sensor suhu di bawah delco itu, sebisa mungkin ganti semuanya atau setidaknya sampai warna tembaga kabel aslinya berwarna kuning tembaga saat dikelupas
Thank's infonya om...
Tp,nampaknya kabel itu udah dirubah fungsi otomatis nya om...
Soalnya begitu kontak di posisi "on",kedua kipas di mesin hidup barengan.. Bikin aki gampang ngedrop jadinya nah....
Ada solusi alternatif kah om,biar balik ke fungsi semula.. Please...... ;(
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: GC-ku Kalau panas mesin gak stabil/mati
Yg dibawah delko itu untuk penunjuk teperatur om... Yg untuk kipas dibawah karbu...
-
- GC Lover
- Posts: 242
- Joined: Thu Sep 26, 2013 5:38 am
Re: GC-ku Kalau panas mesin gak stabil/mati
Pa'de Gung wrote:Yg dibawah delko itu untuk penunjuk teperatur om... Yg untuk kipas dibawah karbu...
Bisa bantu kasih pict nya via bbm kah,pakde...??
Bingung e sek'an...