ASK : D16 on EF

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
PaSteL
GC Noob
GC Noob
Posts: 5
Joined: Wed Aug 15, 2012 12:30 am

Re: ASK : D16 on EF

Post by PaSteL » Sat Aug 18, 2012 5:00 pm

@wasikarya
Oh gitu, ok om. Di tampung dlu infonya, takitnya ntar slip, soalnya skrg pake ferio cuma di pnp pake kopling oem slip trus hehe

@peluritajam
Noted! Makasih om infonya untuk yg tentang tb-intake & ecu. Rencana nanti psg dastek belakangan. Makanya perlu tau konsumsi bensinnya nanti berapa hehe

@timbulllllll
Betulll hehe, apa kabar pak bos? Si putih udah diapain lagi? Katanya bakal ada project yg intakenya ngadep depan ya? :D

Subtitusi di dekrup sm kampasnya gmn bul? Apa kek ferio - gentilo yg misalnya ferio mau pake kopling set estilo mesti ganti flywheel gentilo juga? Mohon pencerahannya :D

Berat banget gak mbul pake kabel? Cityz gold kmrn kan kabel, kena macet di jakarta mau nangis saya hahaha. Soalnya mama saya pasti sering pake mobil, (biar sekalian di isiin bensin)

InsyaAllah proyek akhir tahun mbul, gara2 ngiler liat si putih dari dlu :)

User avatar
3lm3l3r
GC Lover
GC Lover
Posts: 366
Joined: Mon Sep 06, 2010 10:43 am

Re: ASK : D16 on EF

Post by 3lm3l3r » Thu Sep 06, 2012 11:18 am

ijin menyimak review juga ah :D
Situbondo - Lumajang (325477a6)
http://www.facebook.com/jenk.nova

mboel
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1424
Joined: Sun Jun 08, 2008 5:39 pm

Re: ASK : D16 on EF

Post by mboel » Thu Sep 06, 2012 7:32 pm

PaSteL wrote: @timbulllllll
Betulll hehe, apa kabar pak bos? Si putih udah diapain lagi? Katanya bakal ada project yg intakenya ngadep depan ya? :D

Subtitusi di dekrup sm kampasnya gmn bul? Apa kek ferio - gentilo yg misalnya ferio mau pake kopling set estilo mesti ganti flywheel gentilo juga? Mohon pencerahannya :D

Berat banget gak mbul pake kabel? Cityz gold kmrn kan kabel, kena macet di jakarta mau nangis saya hahaha. Soalnya mama saya pasti sering pake mobil, (biar sekalian di isiin bensin)

InsyaAllah proyek akhir tahun mbul, gara2 ngiler liat si putih dari dlu :)
Baik jok..
Apa kbar jg jok?
Udh ngga malah di stdrin smua :D
Utk kopling enaknya ga seribet ferio jdi bs lgsg plek"aja ke gearboks..
Ga enaknya dsitu jok emg agak keras koplingnya kl gearboks kabel cm kl hydro kdg"suka ngeloss sandy dlu sering bgt bgthu suka ngeloss koplingnya..
Ditunggu project HP 200++nya :D
Btw bangun dmana jok?

User avatar
PapaEmy
GC Noob
GC Noob
Posts: 122
Joined: Mon Mar 07, 2011 1:59 am

Re: ASK : D16 on EF

Post by PapaEmy » Wed Sep 26, 2012 11:39 am

wah kebetulan topiknya D13 D16 ini, mau ikutan nanya jg dong, apa bener crankshaft bawaannya genio/estilo (versi lokal sini) sama persis dgn yg dipake nouva std/D13? soalnya denger2 ada montir yg bilang sama, kalo bener iyaa sama, pertanyaan berikutnya lalu apa tinggi blok mesin genio/estilo std/D16 juga sama dgn tinggi blok mesin D13?

karena kalo ternyata crankshaft (kruk-as) dan tinggi blok mesinnya sama (krn sama2 berbasis seri D), teorinya harusnya D13nya nouva dgn ganti stang piston dan pistonnya punya genio/estilo bisa disulap jd D16 tnp hrs swap engine krn borenya sama2 75mm, lumayan kan dananya bisa dialokasiin utk yg laen jdnya plus ga perlu nenteng2 1 mesin sisanya

kalo dari pengalaman pribadi dulu, SH2/CRX pake block B18C disilang pake head B16A2 alhasil mentok ke kap mesin std kpaksa ganti yg custom carbon fiber hood, berarti tinggi blok mesin seri B (B16 ama B18) beda, takutnya demikian jg dgn D13 D 15 D16, kalo ada yg tau info tinggi blok mesin D13 vs D16 berikut spek masing2 crankshaftnya mohon dishare dong, trims sblumnya yaa.. :D

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: ASK : D16 on EF

Post by adeindra » Wed Sep 26, 2012 3:05 pm

hayo hayoo yang ngertiiiii

mboel
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1424
Joined: Sun Jun 08, 2008 5:39 pm

Re: ASK : D16 on EF

Post by mboel » Thu Sep 27, 2012 6:19 pm

PapaEmy wrote:wah kebetulan topiknya D13 D16 ini, mau ikutan nanya jg dong, apa bener crankshaft bawaannya genio/estilo (versi lokal sini) sama persis dgn yg dipake nouva std/D13? soalnya denger2 ada montir yg bilang sama, kalo bener iyaa sama, pertanyaan berikutnya lalu apa tinggi blok mesin genio/estilo std/D16 juga sama dgn tinggi blok mesin D13?

karena kalo ternyata crankshaft (kruk-as) dan tinggi blok mesinnya sama (krn sama2 berbasis seri D), teorinya harusnya D13nya nouva dgn ganti stang piston dan pistonnya punya genio/estilo bisa disulap jd D16 tnp hrs swap engine krn borenya sama2 75mm, lumayan kan dananya bisa dialokasiin utk yg laen jdnya plus ga perlu nenteng2 1 mesin sisanya

kalo dari pengalaman pribadi dulu, SH2/CRX pake block B18C disilang pake head B16A2 alhasil mentok ke kap mesin std kpaksa ganti yg custom carbon fiber hood, berarti tinggi blok mesin seri B (B16 ama B18) beda, takutnya demikian jg dgn D13 D 15 D16, kalo ada yg tau info tinggi blok mesin D13 vs D16 berikut spek masing2 crankshaftnya mohon dishare dong, trims sblumnya yaa.. :D
1.Chamsaft estilo/genio bs msk krn teknologi enginenya msh mirip yg membedakan cm injection dgn karburator..
2.Lebih tinggi sedikit om blok D16 drpda blok D16 trus yg ngebedain udh pasti jelas kruk assnya,,apakah kruk ass D16 bs msk ke D13?jujur sya krg tau tp mnurut logika sya dipastikan spertinya ga bs msk krn diameter kruk ass D16 psti lbih besar dimensinya drpda kruk ass D13 kl mw diakalin ya bs"aja tp tetep ada konsekuensinya
3.Swap engine franskestein Blok B18 head B16 mentok kap mesin?kok bs yaa..b'arti pemasangannya maap ngga bner om krn mbl saya franskestein blok B20 head B16 ga mentok kap mesin meskipun nyariss cuma beberapa cm dri kap mesin pas ditutup,,ada jg om heru bdg franskestein blok B18 head B16 ga mentok kap mesin jg..
paling susah emg pengukuran itung"an pda saat pemasangan mesin,,ngerubah engine mounting blkg,samping kiri(hadap mesin)kl custom trus ga presisi perhitungannya kmungkinan bs sperti kejadian yg om alami kcuali bli engine mountingnya yg aftermarket sperti merk hasport psti presisi
CMIIW
Mohon dikoreksi kl salah om :D

User avatar
PapaEmy
GC Noob
GC Noob
Posts: 122
Joined: Mon Mar 07, 2011 1:59 am

Re: ASK : D16 on EF

Post by PapaEmy » Fri Sep 28, 2012 10:24 am

mboel wrote:
PapaEmy wrote:wah kebetulan topiknya D13 D16 ini, mau ikutan nanya jg dong, apa bener crankshaft bawaannya genio/estilo (versi lokal sini) sama persis dgn yg dipake nouva std/D13? soalnya denger2 ada montir yg bilang sama, kalo bener iyaa sama, pertanyaan berikutnya lalu apa tinggi blok mesin genio/estilo std/D16 juga sama dgn tinggi blok mesin D13?

karena kalo ternyata crankshaft (kruk-as) dan tinggi blok mesinnya sama (krn sama2 berbasis seri D), teorinya harusnya D13nya nouva dgn ganti stang piston dan pistonnya punya genio/estilo bisa disulap jd D16 tnp hrs swap engine krn borenya sama2 75mm, lumayan kan dananya bisa dialokasiin utk yg laen jdnya plus ga perlu nenteng2 1 mesin sisanya

kalo dari pengalaman pribadi dulu, SH2/CRX pake block B18C disilang pake head B16A2 alhasil mentok ke kap mesin std kpaksa ganti yg custom carbon fiber hood, berarti tinggi blok mesin seri B (B16 ama B18) beda, takutnya demikian jg dgn D13 D 15 D16, kalo ada yg tau info tinggi blok mesin D13 vs D16 berikut spek masing2 crankshaftnya mohon dishare dong, trims sblumnya yaa.. :D
1.Chamsaft estilo/genio bs msk krn teknologi enginenya msh mirip yg membedakan cm injection dgn karburator..
2.Lebih tinggi sedikit om blok D16 drpda blok D16 trus yg ngebedain udh pasti jelas kruk assnya,,apakah kruk ass D16 bs msk ke D13?jujur sya krg tau tp mnurut logika sya dipastikan spertinya ga bs msk krn diameter kruk ass D16 psti lbih besar dimensinya drpda kruk ass D13 kl mw diakalin ya bs"aja tp tetep ada konsekuensinya
3.Swap engine franskestein Blok B18 head B16 mentok kap mesin?kok bs yaa..b'arti pemasangannya maap ngga bner om krn mbl saya franskestein blok B20 head B16 ga mentok kap mesin meskipun nyariss cuma beberapa cm dri kap mesin pas ditutup,,ada jg om heru bdg franskestein blok B18 head B16 ga mentok kap mesin jg..
paling susah emg pengukuran itung"an pda saat pemasangan mesin,,ngerubah engine mounting blkg,samping kiri(hadap mesin)kl custom trus ga presisi perhitungannya kmungkinan bs sperti kejadian yg om alami kcuali bli engine mountingnya yg aftermarket sperti merk hasport psti presisi
CMIIW
Mohon dikoreksi kl salah om :D

diameter ato bore D16 ama D13 sama2 75 mm, yg beda langkah (stroke)nya, D16 90 mm sedang D13 76mm, sumber http://en.wikipedia.org/wiki/Honda_D_engine#D13, itu makanya sy pengen tau.. siapa tau aja bisa diupgrade dalemannya tnp hrs ganti blok he3x, makanya sy pengen mastiin dimensi kruk-as ama blok mesinnya, kl ternyata bedanya cuma di stang piston sama pistonnya aja kan lumayan beda modalnya dibanding swap

kl pengalaman CRX yg pake B18c mentok, itu krn CRXnya th 88 yg kap mesinnya masih model celong ke dalem, mentoknya jg bukan ke mesin tp ke cantoran buat ngatrol mesin kl buat turun mesin, makanya cantolannya dicopot wkt itu tp buat safenya kapnya skalian ganti biar spacenya dpt ukuran idealnya, masangnya ga ada mslh wktu itu, dudukan mesin jg ga ada yg dirubah, cuma sebelumnya wkt msh pake blok B16, cantolannya ga mentok

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: ASK : D16 on EF

Post by adeindra » Fri Sep 28, 2012 9:31 pm

waaaaahh kalo hasil risetnya ditunggu nih
kalo berhasil mau ikuta

User avatar
leon_pnj
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 680
Joined: Fri Jul 22, 2011 5:34 pm

Re: ASK : D16 on EF

Post by leon_pnj » Sat Sep 29, 2012 1:19 am

adeindra wrote:waaaaahh kalo hasil risetnya ditunggu nih
kalo berhasil mau ikuta
Opa mah jgn ikutan yg ini, tp langsung aja pake mesin kebalik hehehe

User avatar
Sanggi
GC Noob
GC Noob
Posts: 193
Joined: Mon Feb 27, 2012 1:25 pm
Location: bandung

Re: ASK : D16 on EF

Post by Sanggi » Tue Nov 20, 2012 7:40 am

ijin nyimak.. turun mesin ato SWAP... denger cerita nya jadi ngiler,, :-?
Merahmaroon 2012
085659385104
2949B844

Post Reply