pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
Post Reply
User avatar
rezayolando
GC Whore
GC Whore
Posts: 3470
Joined: Sun Nov 27, 2011 11:07 am
Location: Bandung
Contact:

pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas

Post by rezayolando » Fri Jun 01, 2012 10:45 am

Assalamaualaikum Wr. Wb. salam berbagi om" semua,.
sedikit berbagi pengalaman dan keinginan untuk pasang DC di mesin STD. pada awal beli DC itu dari om lucky sangat murah :D.. (mksh om) mungkin om lucky pada saat itu kondisi mesin sudah berpower besar. alhasil DC utk settingan mesin STD tidak mumpuni.. pada awal di bongkar ke tukang service karbu. 4x bongkar pasang ganti pilot jet dan main jet tp blm ketemu terus( krn blm ngerti cara kerjanya dan bongkarnya).! sempet tanya sama Opa (Ade Indra) om ade menyaranin ke supernova.. tapi krn kondisi saya di bandung. dan sudah ingin pasang DC dng iming" kata Opa(Ade) kl sudah ketemu settingannya pasti irit :-o ,...sudah 4x bongkar sama tukang service karbu hasilnya sudah jarak 10 kilo pasti busi mati dan hasilnya brebet..dan uang pun selalu melayang tiap setting karbu cukup besar biayanya,. mulai deh memberanikan diri sedikit pengalaman dari suka buka karbu motor :D,. tp mungkin mobil lbh rumit dr motor ya :-o ...
berikut hasil setingan awal dari pembelian karbu dari om lucky,..

1. awal dualcab
pilot jet = 55. main jet 175.. ( tenaga dasyat. mesin brat bret bort. jarak 10 kilo = busi mati (basah Hitam di busi) -tidak bisa peke filter saringan udara )
2. setting ulang lagi msh sama tukang service tukang karbu
pilot jet = 55. main jet 165.. ( tenaga dasyat. mesin msh brebet. jarak 15 kilo = busi mati (basah Hitam di busi) -tidak bisa peke filter saringan udara )
3. setting ulang lagi msh sama tukang service tukang karbu
pilot jet = 55. main jet 150 .. ( tenaga msh punya power. AC normal. langsang Normal. jarak 2 jam kira" mobil mati alhasil ganti busi lagi (basah Hitam di busi) -tidak bisa peke filter saringan udara...)
4. setting ulang lagi msh sama tukang service tukang karbu
pilot jet = 40.. main jet 150.. ( tenaga msh berpower. ac normal. langsam Normal. kondisi jalan saat itu berjarak 25 kilo + kena macet siang hari brebet lagi = busi KOID lagi om (basah Hitam di busi) -tidak bisa peke filter saringan udara :( ..) jengkelllLLL... (curhat) :D

sedikit pusing sama tukang service krn setiap service harus ngeluarin uang cukup banyak, hrs beli busi mulu akhirnya memberanikan bongkar sendiri.. karena dah 4x liat bongkar di contek dikit :D =)) ( curi" Ilmu) dan sedikit pengalaman waktu dulu suka bongkar motor.. dan eza hanya setting main jet nya aja (Spuyer) aja.. karena pilot jet waktu sudah dipasang leh tukang karbunya........!
hasil settingan sendiri :D :D
Estimasi biaya setting sendiri
Sepuyer di bandung spuyer (main jet harganya 5000 rupiah tinggal x 2 ya om setiap setting) spuyer dualcab ada 2 soalnya. :D...

1. pilot jet 40. main jet langsung pake 125 dari 150. putaran angin 4:4 masing"nya,. hasilnya ( mesin sudah mulai stabil langsamnya, busi sudah mulai kering tp msh hitam. AC normal. coba pakai filter hasilnya msh brebet lagi.
2. pilot jet 40. main jet 120. putaran angin 3:3 masing"nya,. hasilnya. AC normal. langsam Normal. filter sudah bisa di pakai. tenaga msh bisa di bentak di gigi 1 sampe seterusnya. tp 1 hari kemudian busi basah kembali, dan pembakaran dari lubang knalpot mkh pekat hitam dan menyengat,.
3. pilot jet 40, main jet 115 putaran angin 3:3 masing"nya,. hasilnya. Ac normal. langsam normal. filter di pakai, mesin msh bisa di bentak.tapi 5 jam kemudian kembali brebet harus berenti dulu dan tahan gas di rpm 3000 smp busi kerasa kering lagi di dengerinnya gak ada brat bret brot dr lubang knalpotnya..
4. pilot jet 40, main jet 110 putaran angin 2:2 masing"nya,. hasilnya langsam normal. mesin langsam sudah spt STD kedengerannya. busi msh sedikit hitam pekat. AC normal. filter udara bisa di pakai. konsumsi bensin sudah agak irit di bandingkan sebelumnya dan sesudah setting sendiri. busi sudah mulai kering. tapi karena opa pernah bilang( za kalau settingan sudah pas bgt dualcab bisa enak di pakai dan irit loh.) bongkar kembali..... :D (krn pingin irit)..
5. pilot jet 40, main jet 105 putaran angin kembali 2:2 masing" karbunya.. hasil ( mesin bisa di bentak. AC normal. Langsam Normal. Filter bisa di pakai. tp setiap injek gas langsung msh keluar asap hitam pekat sesekali.. coba lagi turun deh spuyernya..
6. pilot jet 40, main jetnya 100. putaran angin kembali di stel 2:2. hasilnya tenaga pas. bensin irit. AC normal. Filter Udara di pakai. coba injek gas dari tol pasteur td pagi jam 7 tembus 170 di odometer eh sudah keburu masuk tol baros.. pingginya sih terusin tp mau kerja ke cimahi... xixixixixi :D (sukses deh) allhamdulillah..

ada sedikit cara bongkarnya Om" sekalian tp maap blm tau apa nama"nya yg di bongkar,. dan jng di bongkar dari manifuel karetnya om, karena rentan sobek sepertinya..

tahap 1
Image
tahap 2
Image
tahap 3
Image
tahap 4
Image
tahap 5
Image
tahap 6
Image
tahap 7
Image
tahap 8
Image
tahap 9
Image
tahap 10
Image
tahap 11
Image
tahap 12
Image
tahap 13
Image
tahap 14
Image
tahap 15
Image
tahap 16
Image
tahap 17 ( buka menggunakan obenk minus, maap petunjuknya obenk + :D
Image
tahap 18
Image
tahap 19
Image
pic di bawah jng sekali" di coba karena rentang sobek kalau main tarik
Image

maap om" bila ada kekurangan soal keterangan krn saya msh Newbie om :D,.. semoga bermanfaat om" semuanya..
Last edited by rezayolando on Fri Jun 01, 2012 9:19 pm, edited 3 times in total.
--- AERO SH 4 ' 89 ---

User avatar
max1704
GC Noob
GC Noob
Posts: 183
Joined: Tue Jan 04, 2011 10:26 am

Re: pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas

Post by max1704 » Fri Jun 01, 2012 11:21 am

Mantap om reza , memang kalo dapat settingan yang pas , akan terasa enak pula , dan lumayan DC saya kemarin di test jarak 300 KM ( Samarinda - Balikpapan PP + Dalkot ) menghabiskan bensin 22,22 Liter (100 ribu) , artinya FC lukot nya 1 : 15 , hampir sama dengan single carb , tapi tenaga lebih JEEEGGEEEERRRR :ymapplause: :ymapplause: ........ ( apalagi pasang turbo whistler :D :D , kayak pake turbo beneran.....xixixixixi )
Max LX
============
KT 1211 BH
JAGUAR LX

User avatar
rezayolando
GC Whore
GC Whore
Posts: 3470
Joined: Sun Nov 27, 2011 11:07 am
Location: Bandung
Contact:

Re: pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas

Post by rezayolando » Fri Jun 01, 2012 11:30 am

max1704 wrote:Mantap om reza , memang kalo dapat settingan yang pas , akan terasa enak pula , dan lumayan DC saya kemarin di test jarak 300 KM ( Samarinda - Balikpapan PP + Dalkot ) menghabiskan bensin 22,22 Liter (100 ribu) , artinya FC lukot nya 1 : 15 , hampir sama dengan single carb , tapi tenaga lebih JEEEGGEEEERRRR :ymapplause: :ymapplause: ........ ( apalagi pasang turbo whistler :D :D , kayak pake turbo beneran.....xixixixixi )
Om pasang turbo whistlernya Om? estimasi biaya berapa om? :D pemasangannya gampang gak?
--- AERO SH 4 ' 89 ---

User avatar
max1704
GC Noob
GC Noob
Posts: 183
Joined: Tue Jan 04, 2011 10:26 am

Re: pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas

Post by max1704 » Fri Jun 01, 2012 11:37 am

rezayolando25 wrote:
max1704 wrote:Mantap om reza , memang kalo dapat settingan yang pas , akan terasa enak pula , dan lumayan DC saya kemarin di test jarak 300 KM ( Samarinda - Balikpapan PP + Dalkot ) menghabiskan bensin 22,22 Liter (100 ribu) , artinya FC lukot nya 1 : 15 , hampir sama dengan single carb , tapi tenaga lebih JEEEGGEEEERRRR :ymapplause: :ymapplause: ........ ( apalagi pasang turbo whistler :D :D , kayak pake turbo beneran.....xixixixixi )
Om pasang turbo whistlernya Om? estimasi biaya berapa om? :D pemasangannya gampang gak?
Harga cuma 175 ribu om :D , pasang di knalpot , gampang banget kok ,xixixixixi..... :D :D :D

Image

ini link nya

http://www.indoforum.org/t361171/
Max LX
============
KT 1211 BH
JAGUAR LX

User avatar
*jarno*
GC Whore
GC Whore
Posts: 3276
Joined: Thu May 22, 2008 11:11 pm
Location: Bdg
Contact:

Re: pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas

Post by *jarno* » Fri Jun 01, 2012 11:54 am

om reza terima setting dong yaa..
ntar saya beli buat disetel ama om reza yaa, hahahahha
oldskool japanese warrior

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14021
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas

Post by adeindra » Fri Jun 01, 2012 12:47 pm

Alhamdulilah

Bener2 pencerahan yang mantaaab banget deh dari om reza

Makasih banyak om.. Semoga bisa menjadi acuan bagi temen2 yang pake DC dan suka otak atik sendiri.

Jujur sedih oi, saat eza nanya ke saya isi DC saya dan saya engga bisa jawab karena biasa terima beres aje dari yono karbu.

Sekali lagi: manteeeb om (two thums up)

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14021
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas

Post by adeindra » Fri Jun 01, 2012 12:49 pm

oh iya.. mungkin temen2 yang lain yang pake DC juga apal berapa ukuran pilot jet dan main jetnya bisa dishare disini?
settingan om luki itu gede karena pake head vtec kali ya..

eh nanya lagi, kalo beli tuh spuyer bilangnya spuyer buat karbu apa? katanya sama ama kijang ya?

mungkin bisa ditambah lagi modifnya tuh dc dengan yang dilakuin diki
viewtopic.php?f=12&t=4107&p=125887&hili ... rb#p125887
viewtopic.php?f=11&t=136&hilit=dual+carb&start=180

User avatar
dhimasp
GC Noob
GC Noob
Posts: 26
Joined: Mon May 28, 2012 9:48 am
Location: Karawaci, Tangerang
Contact:

Re: pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas

Post by dhimasp » Fri Jun 01, 2012 2:06 pm

MantabbbbbbbH....
Dhimas Palgunadi

Pin. 21D95B2C | +62 812 85 888 333 | +62 85 8888 78900 | dpalgunadi@sharpmapping.com |
http://www.sharpmapping.com | Geodetic GPS and Mapping Solutions |

User avatar
rezayolando
GC Whore
GC Whore
Posts: 3470
Joined: Sun Nov 27, 2011 11:07 am
Location: Bandung
Contact:

Re: pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas

Post by rezayolando » Fri Jun 01, 2012 8:57 pm

max1704 wrote:
rezayolando25 wrote:
max1704 wrote:Mantap om reza , memang kalo dapat settingan yang pas , akan terasa enak pula , dan lumayan DC saya kemarin di test jarak 300 KM ( Samarinda - Balikpapan PP + Dalkot ) menghabiskan bensin 22,22 Liter (100 ribu) , artinya FC lukot nya 1 : 15 , hampir sama dengan single carb , tapi tenaga lebih JEEEGGEEEERRRR :ymapplause: :ymapplause: ........ ( apalagi pasang turbo whistler :D :D , kayak pake turbo beneran.....xixixixixi )
Om pasang turbo whistlernya Om? estimasi biaya berapa om? :D pemasangannya gampang gak?
Harga cuma 175 ribu om :D , pasang di knalpot , gampang banget kok ,xixixixixi..... :D :D :D

Image keren om mksh infonya,..

ini link nya

http://www.indoforum.org/t361171/
--- AERO SH 4 ' 89 ---

User avatar
rezayolando
GC Whore
GC Whore
Posts: 3470
Joined: Sun Nov 27, 2011 11:07 am
Location: Bandung
Contact:

Re: pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas

Post by rezayolando » Fri Jun 01, 2012 8:59 pm

*jarno* wrote:om reza terima setting dong yaa..
ntar saya beli buat disetel ama om reza yaa, hahahahha
hihihihi ada master mau setting ke newbie,. ngeri ampun om jarno,.. :p
--- AERO SH 4 ' 89 ---

Post Reply