Masalah air radiator

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: Masalah air radiator

Post by Pa'de Gung » Fri Jun 01, 2012 6:29 pm

Nambahin ulasan om ctrl_alt_del...

Kalo jalanan lancar ga ada masalah.... sepetinya bukan AC yg jadi masalah om....
tapi perangkat pendingin mesin yg bermasalah.... daun kipas yg udah ga bagus bisa sangat mempengaruhi proses pendinginan.

ordinarydarkblue
GC Noob
GC Noob
Posts: 11
Joined: Mon Feb 06, 2012 1:05 pm

Re: Masalah air radiator

Post by ordinarydarkblue » Sat Jun 02, 2012 11:07 am

pa de, dan om semua

kan di depan ada 2 kipas, nah saya liat tuh kipas yang di sebelah kiri (saya menghadap mobil) berputar ke kiri, kipas yg sebelah kanan (yg lebih kecil) berputar ke kanan. nah itu bener apa nggak pa de? om?

Anox
GC Noob
GC Noob
Posts: 108
Joined: Fri May 21, 2010 11:48 am
Location: NGANJUK, JAWA TIMUR

Re: Masalah air radiator

Post by Anox » Sat Jun 02, 2012 12:20 pm

ordinarydarkblue wrote:pa de, dan om semua

kan di depan ada 2 kipas, nah saya liat tuh kipas yang di sebelah kiri (saya menghadap mobil) berputar ke kiri, kipas yg sebelah kanan (yg lebih kecil) berputar ke kanan. nah itu bener apa nggak pa de? om?
Kyaknya yg bner flow nya ke arah mesin om,jd nyedot angin dr depan!

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: Masalah air radiator

Post by Pa'de Gung » Sun Jun 03, 2012 12:05 am

Betul om anox...flow nya ke arah mesin....

Putaran kipas bisa berlawanan satu sama lain om, tergantung lengkung kipasnya.
Bandingkan lengkung kipas antara yg besar dan yg kecil.... kalo arah lengkungnya sama...arah putaran juga harus sama...

User avatar
bomberman
GC Lover
GC Lover
Posts: 402
Joined: Tue Nov 18, 2008 1:20 pm

Re: Masalah air radiator

Post by bomberman » Mon Jul 09, 2012 4:06 pm

maaf kalo ikut sharing disini.
kondisi mobil :
- radiator standar dengan isi cairan air aki tutup biru. lama gak ditengok sebulan an. kok pas dibuka tadi pagi banyak lumpur coklat karat. gara-gara air destilasikah?
- bagaimana kalo langsung diaplikasi radiator flush seperti iklan2 itu untuk gelontor karat?
- bagaimana efeknya jika air radiator sekarang di kuras terus mending diisi cairan apa? coolant, air aki tutup biru, ato pam?
bantuan om-om dibutuhkan, makasih.

karena masih sayang ama GC 90 Putih ......

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: Masalah air radiator

Post by Pa'de Gung » Tue Jul 10, 2012 11:55 am

Kalo pake air destilasi mestinya ga ada lumpur om, bisa jadi itu lumpur dari sebelum pakai air destilasi.
Aplikasi radiator flush atau coolant sebaiknya lihat kondisi radiator dulu om,
kalo sebagian kisi2 ada yg berkarat... biasanya radiator malah jadi bocor... karena kerak dan karat di kisi2 tadi ikut lepas.

Coba kuras aja dulu om, isi lagi dg air destilasi, kemudian lihat seberapa cepat lumpur terbentuk....

User avatar
bomberman
GC Lover
GC Lover
Posts: 402
Joined: Tue Nov 18, 2008 1:20 pm

Re: Masalah air radiator

Post by bomberman » Tue Jul 10, 2012 4:31 pm

Pa'de Gung wrote:Kalo pake air destilasi mestinya ga ada lumpur om, bisa jadi itu lumpur dari sebelum pakai air destilasi.
Aplikasi radiator flush atau coolant sebaiknya lihat kondisi radiator dulu om,
kalo sebagian kisi2 ada yg berkarat... biasanya radiator malah jadi bocor... karena kerak dan karat di kisi2 tadi ikut lepas.

Coba kuras aja dulu om, isi lagi dg air destilasi, kemudian lihat seberapa cepat lumpur terbentuk....
gitu yo pakde .. coba dulu deh ni wiken. update ditread sini bolehkah? ijin ma om TS yah. maturnuwun.

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14021
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: Masalah air radiator

Post by adeindra » Tue Jul 10, 2012 4:52 pm

boleeeeeeh

samir_AB4929
GC Noob
GC Noob
Posts: 11
Joined: Wed Apr 27, 2011 10:31 pm

Re: Masalah air radiator

Post by samir_AB4929 » Tue Aug 14, 2012 12:48 am

Numpang nanya sekalian, om2 senior GC, seputar Radiator,

GC saya kalo abis dipake jalan, kondisi mesin mati, beberapa waktu kemudian air di reservoir panas dan penuh, tapi ntar kalo panasnya dah turun, air di reservoir normal kembali (kayaknya airnya balik ke Radiator lagi), apakah ini normal (selama mesin nyala, temperature normal, AC mati atopun nyala)

O iya, kuras dan bersiin radiator terakhir 3 bulan lalu, apa sudah perlu di bersiin lagi atao ada masalah lain, mohon pencerahannya, soalnya mau bawa mudik nih GC

Hatur Nuhun

User avatar
zulindra
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1108
Joined: Tue Mar 02, 2010 8:16 pm
Contact:

Re: Masalah air radiator

Post by zulindra » Tue Aug 14, 2012 9:16 am

Gak normal om.. tekanan berlebih pada radiator.. normalnya kalo komponen saluran radiator sehat, tampungan reservoir gak berubah, kalopun nambah, dikit aja gak sampe penuh..

Post Reply