Masalah air radiator

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: Masalah air radiator

Post by adeindra » Thu May 24, 2012 10:33 am

@budi uban: tergantung karatnya di tuh head sih sebenarnnya.... Saya pernah ada karatnya dulu di gc, dikasih lem besi dulu yang model campuran itu... Baru deh head dipapas dikit diratain.. Karena kalo engga dikasih lem namun langsung dipapas belum tentu permukaannya bisa rata lagi...
Abis dipapas disarankan pake paking head genio yang lebih tebel dan lebih kuat dibanding punya standar gc biar kompresinya masih kayak standar

@alk: hubungi om budi uban deh om, kan kayaknya ada kipas bekasnya ochi tuh. Tau deh dah dibooked orang atau belum

User avatar
b2199nb
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1349
Joined: Mon Dec 28, 2009 7:28 pm

Re: Masalah air radiator

Post by b2199nb » Thu May 24, 2012 11:57 am

adeindra wrote:@budi uban: tergantung karatnya di tuh head sih sebenarnnya.... Saya pernah ada karatnya dulu di gc, dikasih lem besi dulu yang model campuran itu... Baru deh head dipapas dikit diratain.. Karena kalo engga dikasih lem namun langsung dipapas belum tentu permukaannya bisa rata lagi...
Abis dipapas disarankan pake paking head genio yang lebih tebel dan lebih kuat dibanding punya standar gc biar kompresinya masih kayak standar

@alk: hubungi om budi uban deh om, kan kayaknya ada kipas bekasnya ochi tuh. Tau deh dah dibooked orang atau belum
wkwkwkwkwkwk masa head gw dipapas lagi, mo jadi berapa tuh kompresinya, dah tunggu jadi 2 tak lagi aja deh, baru oprek mesin lagi, btw tujuan papas headnya buat apa dulu opa, klo buat ilangin karat iya pake head genio, klo ngejar kompresi pake alumunium foil aja malah lebih mangstabbbb kompresinya wkwkwkwkwkwkwk
mo selamat pelan - pelan, cari perawan cepet - cepet...GAAAASSS POOOOLLLL!!!!

User avatar
alk
GC Whore
GC Whore
Posts: 2124
Joined: Sun Jul 20, 2008 7:20 pm
Location: Purworejo~Magelang (PP)

Re: Masalah air radiator

Post by alk » Thu May 24, 2012 5:19 pm

b2199nb wrote:indikator temp lebih penting yak om dari indikator bensin??
dua-duanya penting kog om.... :D
b2199nb wrote:kyknya mati nih indikator bensinnya??
alhamdulillah, masih normal om indikatore ntu juga baru selesai jalan-jalan ngabisin bensin di tangki.... :D
b2199nb wrote:biar gak oot, btw pas turun setengah, head melenting, berarti head dipapas apa gak om?? di head ada karat gak om?? klo ada seberapa besar karatnya?? apakah di papas karatnya hilang??
nah itu dia om, saya nggak bisa mantau waktu headnya dicopot, karna saya tinggal ke luar kota dan tau2 head sudah dipasang jadi .... :(
GRAND CIVIC
Legenda Jalan Raya Negara Indonesia

hedi_muharam
GC Noob
GC Noob
Posts: 18
Joined: Tue Apr 24, 2012 4:05 pm

Re: Masalah air radiator

Post by hedi_muharam » Fri May 25, 2012 2:40 pm

misi om,,saya dari GC tasik mo mumpung lagi ngomongin masalah radiator. mo nanya nih om kalo jarum amper di posisi stengahnya dalam kondisi perjalanan jauh itu normal g om???

hedi_muharam
GC Noob
GC Noob
Posts: 18
Joined: Tue Apr 24, 2012 4:05 pm

Re: Masalah air radiator

Post by hedi_muharam » Fri May 25, 2012 2:44 pm

Trus om mo nanya soal kipas juga kalo lagi posisi panasin mesin jarum amper trus naek nah kalo mesin dh panas kipas suka nyala tp bentar nyalanya itu normal ato ngga om??? mksh infonya

ordinarydarkblue
GC Noob
GC Noob
Posts: 11
Joined: Mon Feb 06, 2012 1:05 pm

Re: Masalah air radiator

Post by ordinarydarkblue » Fri Jun 01, 2012 7:51 am

Om om senior, mo minta solusi lagi nih..
jadi kayaknya mesin overheat setiap saya nyalain ac dan kondisi jalan agak macet, apakah ini ada hubungannya dengan kompresor AC yg harus direcheck?
kipas udh di cek, ac nyala kipas nyala. putarannya juga udah Ok.

makasih om om semua

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: Masalah air radiator

Post by Pa'de Gung » Fri Jun 01, 2012 12:47 pm

hedi_muharam wrote:misi om,,saya dari GC tasik mo mumpung lagi ngomongin masalah radiator. mo nanya nih om kalo jarum amper di posisi stengahnya dalam kondisi perjalanan jauh itu normal g om???
hedi_muharam wrote:Trus om mo nanya soal kipas juga kalo lagi posisi panasin mesin jarum amper trus naek nah kalo mesin dh panas kipas suka nyala tp bentar nyalanya itu normal ato ngga om??? mksh infonya
Semuanya normal om....

Ga pengen kenalan dulu om...??
kenalan disini...http://www.grandcivic.com/viewforum.php?f=5 ...biar enak ngobrolnya...:)

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: Masalah air radiator

Post by Pa'de Gung » Fri Jun 01, 2012 1:18 pm

ordinarydarkblue wrote:Om om senior, mo minta solusi lagi nih..
jadi kayaknya mesin overheat setiap saya nyalain ac dan kondisi jalan agak macet, apakah ini ada hubungannya dengan kompresor AC yg harus direcheck?
kipas udh di cek, ac nyala kipas nyala. putarannya juga udah Ok.

makasih om om semua
Yg jelas bukan kompresor om.... sepertinya proses pendinginan mesin kurang optimal om.
Mungkin Radiator buntu ato water pump lemah, mungkin juga daun kipas udah ga berubah bentuk..

Saat AC on, panas dari kondensor menamabh panas di radiator. Apalagi saat jalan macet... udara di depan mobil udah panas oleh mobil didepan, dan lagi mobil relatif ga bergerak. Dalam kondisi seperti ini pendinginan radiator hanya tergantung pada kipas saja.

User avatar
Kelik Vhene
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1079
Joined: Tue Dec 08, 2009 8:17 am
Location: Karawang
Contact:

Re: Masalah air radiator

Post by Kelik Vhene » Fri Jun 01, 2012 2:05 pm

Pa'de Gung wrote:
ordinarydarkblue wrote:Om om senior, mo minta solusi lagi nih..
jadi kayaknya mesin overheat setiap saya nyalain ac dan kondisi jalan agak macet, apakah ini ada hubungannya dengan kompresor AC yg harus direcheck?
kipas udh di cek, ac nyala kipas nyala. putarannya juga udah Ok.

makasih om om semua
Yg jelas bukan kompresor om.... sepertinya proses pendinginan mesin kurang optimal om.
Mungkin Radiator buntu ato water pump lemah, mungkin juga daun kipas udah ga berubah bentuk..

Saat AC on, panas dari kondensor menamabh panas di radiator. Apalagi saat jalan macet... udara di depan mobil udah panas oleh mobil didepan, dan lagi mobil relatif ga bergerak. Dalam kondisi seperti ini pendinginan radiator hanya tergantung pada kipas saja.

hampir sama nich pade gung problemnya ama lx saya :-? ... kalo kondisi jalanannya macet pake AC temperatur naik perlahan, tapi kalo jalanan nya lancar jaya pake AC temperaturnya anteng ditempat :D
udah di cek ke bengkel katanya kondensor AC nya yang bermasalah.
bener nggak kondensor AC yg mengakibatkan temp naik.. thanks ....
LX item B 8956 OY
0 8 1 2 8 8 4 5 8 5 8

Kelik_endarto@yahoo.com
warehouse@mclassroff.com

User avatar
Ctrl_Alt_Del
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 547
Joined: Sun Jun 22, 2008 7:48 am
Location: Bogor

Re: Masalah air radiator

Post by Ctrl_Alt_Del » Fri Jun 01, 2012 2:36 pm

kalo kompresor bermasalah sampe mesin overheat, pasti kerasa ciri2nya tenaga nya mesin berkurang banyak,
jd pas jalan stabil trus kompresor aktif, power mesin lgsg drop.. brarti beban kompresor berat bgt..
tp klo pas kompresor aktif, tp power mesin cuma berkurang dikit, brarti beban kompresor jg dikit.

klo kondenser yg bermasalah, yg overheat justru kompresornya duluan, bukan mesin, klo ga salah kompresor jg ada switch overheatnya, (tp ga tau deh klo switchnya tulalit) kompresor ga akan aktif klo masih overheat..
jd pas kompresor overheat cuma relay ac aja yg aktif, rpm idle up jd loncat tinggi 1500an, tp kompresor ga nyala..

klo ga ada ciri2 spt diatas, kemungkinan sistem pendingin mesin yg bermasalah..

Post Reply