Page 1 of 4

WTA...RPM ga rata

Posted: Sun Aug 31, 2008 1:24 pm
by meneer
sesuai judul...
mulai kemaren sore ni GC gw RPM-nya ndak rata langsamnya naik turun (mobil brenti) dengan kisaran 200 RPM...
pagi ini gw dah bongkar karbu,coba bersihin...ternyata pas dipasang lagi, RPM tetap naik turun...
buka busi (warna kecoklatan = normal),delco (kering) dan preksa kelistrikan normal smuanya... :(

kira2 apa yah yg terjadi? Help oms2...om PP...om er...
blom ke bengkel siy...mekanik yang biasanya lagi mudik awal puasa...

Re: WTA...RPM ga rata

Posted: Sun Aug 31, 2008 6:02 pm
by Ctrl_Alt_Del
sama nih...
gw jg lg error rpm nya.. katanya stelan karbu.. tp gw blom sempet servis karbu..
parah nih.. jd boros bgt.. kmaren ngitung konsumsi bbm..
ngisi full, trus abis stelah 177km, ngisi 40liter..
gile.. 1 liter 4 kilo... :D



.

Re: WTA...RPM ga rata

Posted: Sun Aug 31, 2008 7:30 pm
by hzkia
uda dicek belum vakum2nya om?

Re: WTA...RPM ga rata

Posted: Sun Aug 31, 2008 10:53 pm
by dodon_nouva90
itu rpmnya naik turun gtu ya??
mungkin da yang brubah kali om stelan karbunya,..

Re: WTA...RPM ga rata

Posted: Sun Aug 31, 2008 11:27 pm
by *jarno*
filter bensin kotor kali?

Re: WTA...RPM ga rata

Posted: Mon Sep 01, 2008 12:36 am
by saitama
itu biasanya karena udah terlalu banyak kerak yang menumpuk jadinya kek gitu deeehhh

coba di carbon clean aja ataw di carbjet dengan waktu jumlah yang cukup banyak

insya allah bakal kerasa kurang kok

kalo masih membandel tuh kerak silahkan aja buat skur klep biasanya banyak menumpuk disana tuuhh para kerak membandelnya

Re: WTA...RPM ga rata

Posted: Mon Sep 01, 2008 8:39 am
by pauluspaska
Buat temen-temen yang RPMnya gak rata, saya coba bantu yaaa...

Biasanya ada 3 faktor yang menyebabkan RPM gak rata yang secara tiba-tiba:

1. Karbu yang kotor
2. Vacuum yang bocor
3. Pengapian yang lari....


Pemeriksaan:
1. Bersihkan karbu, Bisa dilakuken sendiri, lihat di DIY.
Pastikan Karbu bersih kembali. Cek Switch Slow Mixture...(solenoid) yang nempel di karbu atas. Periksa kabelnya...kalau putus, sambung lagi...
Cara cek karbu:
waktu RPM naik, coba kecilkan (tutup) skep utama karbu, putar skrup besar karbu ke kanan, supaya turun sampe ke RPM 700...kalau gak mau turun juga berarti bukan karbu.

Kalau lagi drop, ini bagi yang RPMnya drop sampe RPM 200 -300, putar skrup besar ke kiri supaya RPM naik ke 700, kalau saat memutar tidak ada pergerakan RPM naik, dan tiba-tiba ketika skrup udah buka besar RPM mendadak naik sampai RPM 1000 ini tanda bukan karbu yang bermasalah.

Ini ada kaitannya sama Delko. Waktu RPM tertentu, sentrifugal di delko mulai mengembang yang menyebabkan pengapian entah maju atau mundur, pokoke gak bener deh. Jadi mau diapain juga ntu karbu gak bakalan dapet settingan yang bener deh.

2. Cek vacuum.
Coba copot semua selang vacuum kecuali untuk yang ke karbu atas dan karbu bawah dan untuk Delko. Selang yang dicopot itu kudu ditutup sesuatu dan pastikan gak bocor. Nyalakan mesin, kalau masih naik turun berarti masuk ke bagian yang ke 3 yang sedikit horor...

3. Pengapian lari....
Ini yang selama ini jadi ganjelan mesin gw.
GW udah sampe hapal ntu karbu, bolak-balik bongkar karbu karena gw kira karbu yang jadi masalah, sampe kebawa mimpi, RPM tetep naik-turun sendiri. Vacuum juga udah gw pastiin gak bocor. bahkan semua packing gw cek gak bocor: packing karbu yang nempel ke intake gw semprot pake DCS untuk periksa sapa tahu ada yang bocor. Kenapa pake DCS, kalo ada yang bocor, ntu busa DCS pasti ke sedot, jadi ketahuan...tapi gak ada masalah sama vacuum....

ini pasti gara2 delko yang udah lemah.
Waktu bongkar delko kemarin, gw pelajari ada bagian spare part yang kalo udah kendor bikin pengapian lari-lari...
Contohnya Per yang menahan sentrifugal, kalo lemah bisa bikin as(rotor) delco bergerak tidak sesuai RPM. Jadi ada miss fire tapi dikit banget, walau dikit tapi bikin RPM jadi naik.

Nah GC gw lagi opname mulai sabtu kemarin, gak busa nyala sama sekali, padahal mau keluar kota. hiks hiks...

segala elmu karuhun udah dikeluarkan, sampe panggil montir.
Montir sampe bongkar timing belt, ngatur ulang dudukan TOP timing belt, masih gak mau nyala. Delko udah lari offset jauh banget waktu distart. itu pun masih belum nyangkut(nyala).

Bongkar delko lagi, Cek api, 2 busi apinya biru yang 2 lagi apinya merah,
Trus ganti koil, pake koil lama yang udah retak, masih gitu juga, trus ganti CDI, masih juga gak nyala.

Gw udah pusing tujuh keliling....montir sama gw udah sepakat ini pasti gara2 delko.

Padahal semua ini bermula dari ganti tutup delko hehehe jumat malem...tutup delko diganti soalna delko udah bocor, nyetrum melulu...ampe pegel tangan gw....tutup delko yang bukan ORI...

Ada yang punya delko masih bagus gak ya? yang copotan sing dari Dwa rotornya gak sama arahnya.

Re: WTA...RPM ga rata

Posted: Mon Sep 01, 2008 8:46 am
by pauluspaska
Ctrl_Alt_Del wrote:sama nih...
gw jg lg error rpm nya.. katanya stelan karbu.. tp gw blom sempet servis karbu..
parah nih.. jd boros bgt.. kmaren ngitung konsumsi bbm..
ngisi full, trus abis stelah 177km, ngisi 40liter..
gile.. 1 liter 4 kilo... :D

.
Wah kalo 1: 4 bikin nyesek dada nih Om... :o

Coba ambil action bersihin karbu dulu, ganti saringan udara yang kotor, kalo masih baru, cukup semprot pakai kompresor. selanjutnya tunggu berita dari Om lagi deh..

Re: WTA...RPM ga rata

Posted: Mon Sep 01, 2008 8:52 am
by pauluspaska
Buat Om Farid,
Itu udah mulai gejala penyakit yang sama kayak gw Om...Semua seems Okay, busi coklat terang, karbu bersih, listrik bagus, tapi RPM naik turun.

COba copot delko, putar as nya pakai tangan, rasakan apakah udah longgar atau masih seret, perksa ada bebunyian atau gak,
Tahan rotor dan tahan as belakang, putar rotor ke kiri- kanan kalau ada "spelling" (bener gak sih nyebutnya???) banyak dan gampang digerakin tanda-tanda delko yang udah lemah. Siap-siap cari delko baru untuk ganti.

Re: WTA...RPM ga rata

Posted: Mon Sep 01, 2008 2:34 pm
by onta
klo delco ada tuw di manual hal 16-55
tanpa vacuum advance di kisaran 2 derajat, klo pake vacuum di 18 derajat.