WTA : Puteran bergerigi halus berwarna hitam
WTA : Puteran bergerigi halus berwarna hitam
Om2 yang baik hati dan budiman.... ane mo tanya nih, fungsi puteran bergerigi halus berwarna hitam +/- besarnya setengah jari telunjuk disisi belakang atas karbu untuk apa yah? coz pas ane puter ke arah kanan jarum jam rpm koq jadi tinggi, dan kalo diputer ke kiri rpm jadi turun. oiya mo tanya juga untuk penyetelan angin2 dan bensin di karbu GC disebelah mananya yah? harap maklum om, ane baru belajar soal permesinan GC. Terima kasih
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: WTA : Puteran bergerigi halus berwarna hitam
Yang om bilang bergerigi halus tu setelan idle om, memang fungsinya naik turunkan rpm, untuk menentukan rpm yg diinginkan saat pedal gas ga di injek.
setelan angin ga jauh dari situ, kira2 ke bawah dikit bagian tengah, ada baut minus kecil terbuat dari kuningan.
setelan angin ga jauh dari situ, kira2 ke bawah dikit bagian tengah, ada baut minus kecil terbuat dari kuningan.
Last edited by Pa'de Gung on Wed Feb 02, 2011 11:08 am, edited 1 time in total.
- pelurutajam
- GC Lover
- Posts: 342
- Joined: Tue Nov 16, 2010 9:35 am
- Location: surabaya
Re: WTA : Puteran bergerigi halus berwarna hitam
bener om..itu setelan rpm..tinggal diputar searah jarum jam, otomatis rpm akan naik. tinggal pengen di rpm berapa? kalau saya nyaman di rpm 500, kalau pakai AC di rpm 800.
Re: WTA : Puteran bergerigi halus berwarna hitam
berarti kalo puteran bergerigi halus diputer kekanan searah jarum jam itu, artinya rpm semakin tinggi apakah sama dengan bensin semakin boros ato sebaliknya. Om pa'de kalo yg ada baut minus kecil sebelah kanan sendiri menghadap ke depan itu utk setelan apaan yah?Pa'de Gung wrote:Yang om bilang bergerigi halus tu setelan idle om, memang fungsinya naik turunkan rpm, untuk menentukan rpm yg diinginkan saat pedal gas ga di injek.
setelan angin ga jauh dari situ, kira2 ke bawah dikit bagian tengah, ada baut minus kecil terbuat dari kuningan.
Re: WTA : Puteran bergerigi halus berwarna hitam
kalo gc saya idle disetel di rpm 500 (non ac) koq rasanya mesin & gc na koq bergetar seolah2 mau mati mesin na ya om? ada gejala apakah gerangan? (haiyah bosoku )pelurutajam wrote:bener om..itu setelan rpm..tinggal diputar searah jarum jam, otomatis rpm akan naik. tinggal pengen di rpm berapa? kalau saya nyaman di rpm 500, kalau pakai AC di rpm 800.
akhirnya saya setel idle di rpm 800 (non ac) dan rpm 900 (ac). tp begitu gc mulai jalan (masuk di D4) rpm turun dengan sendirinya di 600 (non ac) dan 700 (ac). getarannya alus bahkan hampir tidak berasa kalo mesin hidup
Re: WTA : Puteran bergerigi halus berwarna hitam
wedew... sepi amat yak? om2 yg laen pada kemana nech?
Re: WTA : Puteran bergerigi halus berwarna hitam
servis karbu aja om, sekalian ganti filter bensin.. kemaren saya belah karbu, didalemnya ada endapan kotoran dari bensin, parah banget kualitas bensin kita. kemungkinan karbu si om udah kotor juga jeroannya..
pilih bengkel karbu yang bagus sekalian, biar ga 2x kerja..
pilih bengkel karbu yang bagus sekalian, biar ga 2x kerja..
oldskool japanese warrior
Re: WTA : Puteran bergerigi halus berwarna hitam
hmm... begitu yah om? kalo di daerah sidoarjo / suroboyo dimana yah bengkel tempat servis karbu yg recommended???*jarno* wrote:servis karbu aja om, sekalian ganti filter bensin.. kemaren saya belah karbu, didalemnya ada endapan kotoran dari bensin, parah banget kualitas bensin kita. kemungkinan karbu si om udah kotor juga jeroannya..
pilih bengkel karbu yang bagus sekalian, biar ga 2x kerja..
[Post made via Mobile Device]
Re: WTA : Puteran bergerigi halus berwarna hitam
anak2 surabaya sih denger2 ngebengkel di xtrac om
oldskool japanese warrior
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: WTA : Puteran bergerigi halus berwarna hitam
Betul om, tapi bukan berarti lebih boros saat dipakai, borosan karna mesih hidup aja RPM tinggi = BBM banyakskepter_v wrote:
berarti kalo puteran bergerigi halus diputer kekanan searah jarum jam itu, artinya rpm semakin tinggi apakah sama dengan bensin semakin boros ato sebaliknya. Om pa'de kalo yg ada baut minus kecil sebelah kanan sendiri menghadap ke depan itu utk setelan apaan yah?
Kanan anda apa kanan mobil ni.... kalo kanan (om menghadap karbu) itu idle up untuk AC (naikin RPM saat AC on)
Kalo kiri om, itu untuk bukaan karbu awal, supaya saat mesin di start seolah gas diinjak lalu di lepas saat mesin mulai hidup. intinya memudahkan start mesin.
Last edited by Pa'de Gung on Mon Feb 21, 2011 4:56 pm, edited 1 time in total.