Page 5 of 7

Re: ganti coil

Posted: Sun Jan 13, 2013 10:32 am
by baktitristadi
Share pengalaman saya.
Tanda-tanda awal RPM ga rata... stasioner ndut ndutan.. AC hidup tambah keliatan naik turunnya RPM..
Curiga karburator... semprot sendiri pakai karburator cleaner,, masih ndut ndutan.. ga da perubahan.. akhirnya masuk bengkel..
Tune up serpis karburator.. yang ambil kebetulan istri,, busi diagnti semua,, katanya ada yang mati.. ok gapaa.. sampai dirumah kok rasanya masih naek turun ya RPMnya..
wah wahh ada apa nih?
Setelah ubek ubek forum ini, jadi kepikiran delkonya kena...
Akhirnya malem malem .. nekat delko saya copot...
koil retak.jpg
ini kayakanya biangnya... koil retak , pengapian bocor kemana mana.. mobil jadi ndut ndutan.. ga karuan..

beli koil thok atau glondongan?... cari orisinil di Salatiga ga da,, taiwan,, 350K...

PASANG.. beres,, wuss ,, lancar lagi...
koil retak copotan.jpg

Re: share ganti cdi&coil

Posted: Sun Jan 13, 2013 11:49 am
by kempoel888
punya ane jg retak om...emang rpm naek turun pas ac off tp kl ac nyala stabil....wah siap2 digorok ni dompetnya...

Re: share ganti cdi&coil

Posted: Sun Jan 27, 2013 4:45 am
by Riky
Emang penyakitnya nih koil retak.. Koilku udh 2x problem, ikutin DIY GC.com bikin external coil, mantaps!

Re: share ganti cdi&coil

Posted: Tue Mar 19, 2013 10:51 pm
by ludi0612
waduh, ternyata banyak juga ya yang bermasalah dengan delco, ane mau curhat juga..nouvagembel masalah juga baru 2 hari yang lalu, tiba after parkir mobil ga mau nyala, langsung buka tutup karbu, di check bensin nya ada, penasaran buka busi terus di tempel ke massa sambil di stater ternyata ga ada stroom..akhirnya back to primbon manual book GC yang dikasih sama opa ade, ane check resistensi termjnal A dan B dikoil, terbaca 0,7 ohm nah yang ke sekundernya tuh tidak ada resistensi yang terbaca di ohm meter..ane simpulkan koil mati..pas ane bongkarvternyata retak..hadoh..hari gini jajan koil, telp ke mandala motor pindokcabe hargany 750 rb ori honda, kw nya 275rb..tapi akhirnya berlabuh ke copotan segelundung dapet di BTC harga 600 rb. Biar ga ke colongan ane check di engine elctronik BTC lt atas, setelah ditest ternyata hidup bagus..mudah2han awet..tapi kalo gitu lgi mending rubah ke koil external plus cdi pake punya BMW terus diremapping lagi, td ditawarin harga koil copotan 400 rb, cdi nya 600 rban..BMW punya..tapi mudah2an awet yang copotan ini

Re: share ganti cdi&coil

Posted: Wed Mar 20, 2013 7:47 am
by rezayolando
ludi0612 wrote:waduh, ternyata banyak juga ya yang bermasalah dengan delco, ane mau curhat juga..nouvagembel masalah juga baru 2 hari yang lalu, tiba after parkir mobil ga mau nyala, langsung buka tutup karbu, di check bensin nya ada, penasaran buka busi terus di tempel ke massa sambil di stater ternyata ga ada stroom..akhirnya back to primbon manual book GC yang dikasih sama opa ade, ane check resistensi termjnal A dan B dikoil, terbaca 0,7 ohm nah yang ke sekundernya tuh tidak ada resistensi yang terbaca di ohm meter..ane simpulkan koil mati..pas ane bongkarvternyata retak..hadoh..hari gini jajan koil, telp ke mandala motor pindokcabe hargany 750 rb ori honda, kw nya 275rb..tapi akhirnya berlabuh ke copotan segelundung dapet di BTC harga 600 rb. Biar ga ke colongan ane check di engine elctronik BTC lt atas, setelah ditest ternyata hidup bagus..mudah2han awet..tapi kalo gitu lgi mending rubah ke koil external plus cdi pake punya BMW terus diremapping lagi, td ditawarin harga koil copotan 400 rb, cdi nya 600 rban..BMW punya..tapi mudah2an awet yang copotan ini
Sedikit pertanyaanom.. Apa bisa CDInya pake BMW.?
Kl DIY bagi" infonya ya om..

Re: share ganti cdi&coil

Posted: Wed Mar 27, 2013 5:56 pm
by ludi0612
rezayolando25 wrote:
ludi0612 wrote:waduh, ternyata banyak juga ya yang bermasalah dengan delco, ane mau curhat juga..nouvagembel masalah juga baru 2 hari yang lalu, tiba after parkir mobil ga mau nyala, langsung buka tutup karbu, di check bensin nya ada, penasaran buka busi terus di tempel ke massa sambil di stater ternyata ga ada stroom..akhirnya back to primbon manual book GC yang dikasih sama opa ade, ane check resistensi termjnal A dan B dikoil, terbaca 0,7 ohm nah yang ke sekundernya tuh tidak ada resistensi yang terbaca di ohm meter..ane simpulkan koil mati..pas ane bongkarvternyata retak..hadoh..hari gini jajan koil, telp ke mandala motor pindokcabe hargany 750 rb ori honda, kw nya 275rb..tapi akhirnya berlabuh ke copotan segelundung dapet di BTC harga 600 rb. Biar ga ke colongan ane check di engine elctronik BTC lt atas, setelah ditest ternyata hidup bagus..mudah2han awet..tapi kalo gitu lgi mending rubah ke koil external plus cdi pake punya BMW terus diremapping lagi, td ditawarin harga koil copotan 400 rb, cdi nya 600 rban..BMW punya..tapi mudah2an awet yang copotan ini
Sedikit pertanyaanom.. Apa bisa CDInya pake BMW.?
Kl DIY bagi" infonya ya om..[/quo

kalo DIY aga sulit sepertinya om, soalnya harus remapping kurva pengapian , yang menyarankan dan bisa ngerjainnya sih bang irwan Engine Electronic BTC di lantai atas, cuma no hp nya ga punya sypa tau ada yang bisa share no telp nya?

Re: share ganti cdi&coil

Posted: Sun Jul 23, 2017 7:59 pm
by b2199nb
Sebetulnya delco yg isinya koil ama delco nih perlu perawatan gak sih...masa rusak ganti mulu sih? Klo dah gak ada barangnya bijimane? Klo pake delco injeksi apa masalahnya? Ya mungkin aja ada solusi selain dibikin external koil dan cdi

Re: share ganti cdi&coil

Posted: Sun Jul 23, 2017 8:23 pm
by Pa'de Gung
Hampir ga perlu perawatan om.., paling kalo ada oli masuk dalam delko aja segera ganti seal.
Delko injeksi beda dudukan dg karbu. Selain itu timing delco karbu diatur vacum, kalo injeksi diatur ecu.

Re: share ganti cdi&coil

Posted: Tue Jul 25, 2017 4:32 pm
by aroma
Pa'de Gung wrote:
Mon Jan 10, 2011 4:53 pm
Bantu jawab....
Karena delco berupa mekanik, kerusakan ya pasti fisik. misalnya advenc macet ato as rotor yg oblak sehingga distribusi pengapian tidak presisi.
Jarum RPM yg ga langsung naik sering kali dari RPM meternya sendiri, dg catatan tidak mati lagi saat sudah naik.
RPM saya dulu juga gitu (harus gas dikit baru naik), sembuh setelah saya semprot sedikit penetran pada as jarumnya.

nambahin tny dikit pakde, cairan penetran apaan ya? ap sejenis WD gt? gerakan rpm sy putus" (mirip goyang e anisa bahar) klo disemprot ap bs langsam ya ?

Re: share ganti cdi&coil

Posted: Tue Jul 25, 2017 7:19 pm
by Pa'de Gung
Iya betul.., penetran semacam WD dan sejenisnya.
Coba puter posisi delco dulu om.., kalo mau anteng berarti masalahnya memang dari situ. Kalo sama aja bisa jadi masalah lain.
Kalo vacum delko masih terpasang coba selangnya dibuntu dulu. Kalo membran bocor advancer akan goyang terus, rpm jg ikut goyang.