Help.....seperti mesin kesedak...

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
Koboy
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 910
Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
Contact:

Re: Re:Help.....seperti mesin kesedak...

Post by Koboy » Thu Dec 16, 2010 2:40 am

onta wrote:dah dicek accelerator pumpnya?
Transisi ke 1500 sampe 2000 ada lubang kecil 3 biji pas di bibir koin throtle.
Jalur supplynya sama persis dgn supply idle.
Kalau spuyer idle kotor atau jalurnya masuk angin jd memble putaran bawah.
Bisa di cek dr baut setelan angin idle.
Posisi langsam tertinggi lebih dr 2.5 puteran buka, berarti idle sistem bermasalah.
Bisa karena air filter kotor, karbu buntu, atau intake bocor.
Bisa juga spuyer idle kekecilan
bentar om...tak catetnya dulu..... akselerator pump-nya udah dicek...dipencet2 keluar tuh bensinnya..... cuma saya ngomong ama org karbunya....kalo kita posisi akselerasi....kan pump-nya keluarin bensinnya kan tdk sekenceng kalo kita pencet donk...soalnya kalo kita main gas, kan pumpnya misalkan sedikit macet, ato seret, kan lain .....sedangkan kalo dipencet....kan lsg nyembur gitu bensinnya......tul gak om onta....

[Post made via Mobile Device] Image

Koboy
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 910
Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
Contact:

Re: Help.....seperti mesin kesedak...

Post by Koboy » Thu Dec 16, 2010 2:50 am

oya om...mo nanya nih...yg dimaksud 2,5 putaran itu gimana...? misalkan patokan 1 putaran itu brarti misalkan titik atas kita kasi tanda sampe muter titik atas lagi gitu kan...? ato kalo spuyer yg obengnya minus (-) kadang awal sblm muter posisi horizontal... itu hrsnya kan sampe posisi horizontal 2x baru dihitung 1x puteran kan om.... betul gak..? ato sy yg salah...?

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
cokgus
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 753
Joined: Fri Jan 15, 2010 11:01 am
Location: Gianyar-Bali
Contact:

Re: Help.....seperti mesin kesedak...

Post by cokgus » Thu Dec 16, 2010 7:10 am

Koboy wrote:oya om...mo nanya nih...yg dimaksud 2,5 putaran itu gimana...? misalkan patokan 1 putaran itu brarti misalkan titik atas kita kasi tanda sampe muter titik atas lagi gitu kan...? ato kalo spuyer yg obengnya minus (-) kadang awal sblm muter posisi horizontal... itu hrsnya kan sampe posisi horizontal 2x baru dihitung 1x puteran kan om.... betul gak..? ato sy yg salah...?

[Post made via Mobile Device] Image
1 putaran umpama dari titik atas sampai ke titik atas lagi om..

User avatar
cebong
GC Noob
GC Noob
Posts: 196
Joined: Fri Jan 29, 2010 12:20 am

Re: Help.....seperti mesin kesedak...

Post by cebong » Thu Dec 16, 2010 1:32 pm

Image

horizontal kan om..
tu kan ada patokan om..
di puter sampe ketemu patokannya tu 1 puteran.
maap klo jelek gambar nya. :D

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re:Help.....seperti mesin kesedak...

Post by onta » Thu Dec 16, 2010 7:19 pm

ditutup dulu sampe mentok trus dibuka 360derajat x 2.5.
Lihat jg warna kepala businya. Klo cenderung putih berarti pasokan bensin kurang, atau posisi engine break knalpot nembak2.

Ada lagi mekanisme buat nambah pasokan bbm, namanya power valve, nempel di tutup atas karburator di dalam mangkok bensin, yg ada pernya nekan klep kecil.
Ujung luarnya ada selang vacuum ke intake.
Tapi .............
Masalah idlenya diberesin dulu. Kayanya klo idle dah beres, ga kesedak lagi deh.

Posisi idle, throttle posisi hampir nutup.
Laju gerakan udara yg diisap jd minim, bensin ga keluar lewat sistem venturi.
Jadinya, bensin harus diisap manual pake vacuum intake.
Jumlahnya diatur oleh baut setelan angin/idle.
Kalau sampe ada yg bocor di body karburator, hasilnya mirip seperti pompa masuk angin.
Bocornya bisa dari gasket kepala karbu yg rusak atau karet seal di tengah body.
Bisa jg bocor dr perangkat vacuum seperti dashpot, vacuum membran, solenoid ac, vacuum delco.
Tambahan bocor bisa dr karet brake booster, plastik pembagi vacuum, pcv valve atau dr intake gasket.

Trus fungsinya spuyer idle untuk ngatur jumlah pasokan bensin di transition port sampe ke rpm 2000.
Ini baru penjelasan idle circuit.
Masalah vacuum ini harus jelas dulu, baru ngelirik ke pengapian.

Klo bisa pinjam vacuum meter, lebih enak diagnosanya.

Koboy
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 910
Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
Contact:

Re: Help.....seperti mesin kesedak...

Post by Koboy » Thu Dec 16, 2010 11:08 pm

> om cogus : thanks om atas infonya.

> om cebong : waduh.....sampe digambarin segala.....ngrepotin ya om.... thank u om...

> om onta : sekarang udah sembuh om dari kesedaknya..... sebabnya sih gak tau...cuma saya OH aja karbunya... setelah selesai beres..dah.... memang pompa akselerasi, spuyer2 idle, maupun yg high speed saya yakin bersih. dan sekarang dah sembuh.... tapi idle tetep belom om....

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
choElo98
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1620
Joined: Thu Jan 14, 2010 1:46 pm
Location: Padang-Pariaman-Bukittingi

Re: Help.....seperti mesin kesedak...

Post by choElo98 » Wed Jan 05, 2011 4:25 pm

Kurniawan dicky wrote:accelerator pump:
acc pump.JPG
carbu.JPG
kalo dari gambar karbu tsb, mana yg buat stelan anginnya?
trus yg baut plastik item bergerigi fungsinya apa?
trimssssssssss!!! :D
" ...ciek,,duo,,,tigo,,,gooooooooooo ... "


Mari Rame_in Forum

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: Help.....seperti mesin kesedak...

Post by pauluspaska » Wed Jan 05, 2011 4:42 pm

mengatur masukan angin (baut kecil itu) buat saya tidak bisa terpaku pada berapa putaran. Kenapa? sebab tiap karbu berbeda kondisi dan kondisi jarum baut itu sendiri. Ada yang 1,5 sudah berada dicampuran yang halus, ada yang 3 putaran, ada yang 5 putaran. Saya sendiri lupa berapa putaran tiap kali service karbu.
Yang paling mantap adalah membangun kemampuan merasakan putaran mesin dan pendengaran terhadap suara dari karbu.

Tips merasakan putaran mesin:
a. saat baut dibuka lebar perhatikan putaran mesin dan goyangan
b. Juga saat ditutup penuh perhatikan hal yang sama
c. lalu cari diantaranya dimana mesin berada di putaran yang paling halus.

Tips mendengarkan suara dari karbu:
saat baut dibuka lebar terdengar suara seperti 'whhhoooossss'
perlahan tutup baut sampai suara 'whhooosss' menghalus dan hilang, tutup terus sampai suara berubah. biasanya dibarengi dengan mesin seperti tercekik, putar balik baut sampai sebelum bunyi 'whhoosss' tadi.

[Post made via Mobile Device] Image

Koboy
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 910
Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
Contact:

Re: Help.....seperti mesin kesedak...

Post by Koboy » Thu Jan 06, 2011 12:43 am

om...onta ato om pp , yang dimaksud dashpot, vacum membran sama intake gasket itu posisi sama fungsinya apa sih....bisa minta tolong dijelasin donk.... burem nih....

[Post made via Mobile Device] Image

Koboy
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 910
Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
Contact:

Re: Help.....seperti mesin kesedak...

Post by Koboy » Thu Jan 06, 2011 12:46 am

choElo98 wrote: kalo dari gambar karbu tsb, mana yg buat stelan anginnya?
trus yg baut plastik item bergerigi fungsinya apa?
trimssssssssss!!! :D
gambarnya kok gak keluar ya om.... kalo item yg bergerigi itu sih setelan besar kecilin gas doank.... yg setelan angin kaga tau....hehehe...

[Post made via Mobile Device] Image

Post Reply