Tanya ttg delco
Tanya ttg delco
mas/mbak, om dan tante... suhunya GC... mo nanya boleh yach ?
1. Apa sih fungsi delco ?
2. Lx '88 ku dah 2 kali ganti delco ini, efeknya starter lebih enak, mesin stabil gak mati2x, manasin mobil pertama kali (bila lama gak dipake) lmyn lancar... kok life time-nya pendek ya ? kira2x gak sampe setaon dah ganti delco, benarkah begicu ? apa krn singapura'an ya ?
3. delco bekas dah gak berharga ya ? sapa tau msh bisa dipakai atau dioptimalin...
4. (oot ini) bigimana ya ngatasin asap yg masuk ke dlm ? pdhl dah dicek smua knalpot gak ada yg bocor/bolong, apa mungkin lewat saluran AC ? (AC gak fungsi dan sengaja saya matiin)
5. Tks berat atas atensi dan respon dari rekans skalian....
-arispra-
nb : blm brani ke bengkel sidosermo... om'nya blg sparepart lagi naik smua... hik hikss...
1. Apa sih fungsi delco ?
2. Lx '88 ku dah 2 kali ganti delco ini, efeknya starter lebih enak, mesin stabil gak mati2x, manasin mobil pertama kali (bila lama gak dipake) lmyn lancar... kok life time-nya pendek ya ? kira2x gak sampe setaon dah ganti delco, benarkah begicu ? apa krn singapura'an ya ?
3. delco bekas dah gak berharga ya ? sapa tau msh bisa dipakai atau dioptimalin...
4. (oot ini) bigimana ya ngatasin asap yg masuk ke dlm ? pdhl dah dicek smua knalpot gak ada yg bocor/bolong, apa mungkin lewat saluran AC ? (AC gak fungsi dan sengaja saya matiin)
5. Tks berat atas atensi dan respon dari rekans skalian....
-arispra-
nb : blm brani ke bengkel sidosermo... om'nya blg sparepart lagi naik smua... hik hikss...
Re: Tanya ttg delco
1. Fungsi delco yan nama teknisnya distributor : membagi (distribute) pengapian ke setiap busi sesuai firing ordernya.
2. Distributor sebenernya bukan part yang fastmoving kayak kampas rem yang kudu ganti rutin.. kalau cepat rusak bisa jadi barang pengganti (kalau rekondisi) memang sudah nggak bagus kondisinya.. atau ada masalah lain di sistem pengapian mobil.. ini mohon komen dari temen yang suka experimen.. Oom PP bisa bantu?
3. Rekondisi aja delco bekasnya Oom.. lumayan buat cadangan..
4. sambungan knalpot di header bisa jadi sumber bocor halus.. saya sih curiganya di bagian depan yang bocor (bisa sambungan bisa jadi pipa knalpot) karena bisa terhirup di kabin waktu berjalan, cek aja ke tukang knalpot Oom.. kalo nggak ada yang bocor karena karat paling banter betulin sambungan yang nggak rapat..
2. Distributor sebenernya bukan part yang fastmoving kayak kampas rem yang kudu ganti rutin.. kalau cepat rusak bisa jadi barang pengganti (kalau rekondisi) memang sudah nggak bagus kondisinya.. atau ada masalah lain di sistem pengapian mobil.. ini mohon komen dari temen yang suka experimen.. Oom PP bisa bantu?
3. Rekondisi aja delco bekasnya Oom.. lumayan buat cadangan..
4. sambungan knalpot di header bisa jadi sumber bocor halus.. saya sih curiganya di bagian depan yang bocor (bisa sambungan bisa jadi pipa knalpot) karena bisa terhirup di kabin waktu berjalan, cek aja ke tukang knalpot Oom.. kalo nggak ada yang bocor karena karat paling banter betulin sambungan yang nggak rapat..
Re: Tanya ttg delco
ndak papa om..mampir2 dulu kesana,sharing dan ngobrol2 dulu ama kita yg biasanya cangkrukan ga jelas disana untuk majibuarispra wrote: -arispra-
nb : blm brani ke bengkel sidosermo... om'nya blg sparepart lagi naik smua... hik hikss...
jgn lupa bawa ember atw pemadam kebakaran ya om..awas kompor berserakan di sana.wakakak
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh....
heheheh.,...jadi curhat
Re: Tanya ttg delco
skalian nanya maju-mundurnya delco tu buat ngatur timing pengapian ya? maksudnya gimana?
kmaren ngoprek di bengkel, buat ngakali metal yang uda kena, delco dimundurkan (pa maju ya), emang bener sih suara riuh rendah kluthuk-kluthuk ilang. bener gak nih
tapi ngefeknya kalo di-rpm rendah suka nyendal nyendal (pake bosch kaki 3, f7dtc kodena ), trus ganti denso k20pu setelan delco ga diubah-ubah udah gak nyendal2 lagi
montirnya uda njelasin, tapi ra mudeng pake basa indonsia dialeg tegal
kmaren ngoprek di bengkel, buat ngakali metal yang uda kena, delco dimundurkan (pa maju ya), emang bener sih suara riuh rendah kluthuk-kluthuk ilang. bener gak nih
tapi ngefeknya kalo di-rpm rendah suka nyendal nyendal (pake bosch kaki 3, f7dtc kodena ), trus ganti denso k20pu setelan delco ga diubah-ubah udah gak nyendal2 lagi
montirnya uda njelasin, tapi ra mudeng pake basa indonsia dialeg tegal
Re: Tanya ttg delco
bisa begitu ya Oom? baru tau sih.. lha itu metal jalan ato metal duduk yang dah kena jadi senyap karena apa ya?fasc wrote:skalian nanya maju-mundurnya delco tu buat ngatur timing pengapian ya? maksudnya gimana?
kmaren ngoprek di bengkel, buat ngakali metal yang uda kena, delco dimundurkan (pa maju ya), emang bener sih suara riuh rendah kluthuk-kluthuk ilang. bener gak nih
tapi ngefeknya kalo di-rpm rendah suka nyendal nyendal (pake bosch kaki 3, f7dtc kodena ), trus ganti denso k20pu setelan delco ga diubah-ubah udah gak nyendal2 lagi
montirnya uda njelasin, tapi ra mudeng pake basa indonsia dialeg tegal
sing ora budheng, kok nyendal Oom GCnya? nggak pake velg sama ban?
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: Tanya ttg delco
Ya Delko itu berguna untuk membagi pengapian. Di dalam delko ada komponen2 yang berkaitan dengan maju-mundur pengapian.
Kalau setelah ganti delko terasa lebih enak, maka delko sebelumnya sudah bocor. Listrik sudah menyebar di bagian dalam delko jadi Busi gak dapat pengapian bagus. Seharusnya listrik gak bocor gitu.
Biasanya yang nyebabkan bocor itu adanya uap air di dalem delko gara-gara suka mencuci mesin dan delko kena air juga.
Kalau bukan CDI atau koil yang kena, delko yang matot bisa hidup lagi kok, coba liat ada DIYnya.
Kalo delko lama CDI dan Koilnya masih bagus, mendingan di bersihkan, ada DIYnya atau kalo gak PD bawa ke tukang delko. Buat jaga-jaga waktu perjalanan jauh.
Oh ya, kalo emang bener metal yang kena mendingan solusinya jangan pake tipuan gitu, soalnya kalo metal udah tergores dan rusak bisa kena ke kruk as, nah ini berabe banget...
Kalo solusinya delko di majuin atawa dimundurin pasti ada yang dikorbanin, ya itu tadi 'nyendal' (Translate: 'pake sendal'). Mendingan turun mesin deh.
Kalau setelah ganti delko terasa lebih enak, maka delko sebelumnya sudah bocor. Listrik sudah menyebar di bagian dalam delko jadi Busi gak dapat pengapian bagus. Seharusnya listrik gak bocor gitu.
Biasanya yang nyebabkan bocor itu adanya uap air di dalem delko gara-gara suka mencuci mesin dan delko kena air juga.
Kalau bukan CDI atau koil yang kena, delko yang matot bisa hidup lagi kok, coba liat ada DIYnya.
Kalo delko lama CDI dan Koilnya masih bagus, mendingan di bersihkan, ada DIYnya atau kalo gak PD bawa ke tukang delko. Buat jaga-jaga waktu perjalanan jauh.
Oh ya, kalo emang bener metal yang kena mendingan solusinya jangan pake tipuan gitu, soalnya kalo metal udah tergores dan rusak bisa kena ke kruk as, nah ini berabe banget...
Kalo solusinya delko di majuin atawa dimundurin pasti ada yang dikorbanin, ya itu tadi 'nyendal' (Translate: 'pake sendal'). Mendingan turun mesin deh.
Grandcivic Kaca Gelap
-
- GC Enthusiast
- Posts: 509
- Joined: Sun Jan 18, 2009 10:22 pm
- Location: sengkaling_malang,jawa timur
- Contact:
Re: Tanya ttg delco
meneer wrote: ndak papa om..mampir2 dulu kesana,sharing dan ngobrol2 dulu ama kita yg biasanya cangkrukan ga jelas disana untuk majibu
jgn lupa bawa ember atw pemadam kebakaran ya om..awas kompor berserakan di sana.wakakak
atutttttt.....iso odol2 dompet e tonggo pisan yo om meneer gr2 kobongan???
now ONLY.. N 1277 GO
Re: Tanya ttg delco
ga tau om, njelasinnya pake basa tegal, ora mudheng, makanya nanya beneg ga ?ariphrp wrote:
bisa begitu ya Oom? baru tau sih.. lha itu metal jalan ato metal duduk yang dah kena jadi senyap karena apa ya?
sing ora budheng, kok nyendal Oom GCnya? nggak pake velg sama ban?
nyendal bukan basa indonesia ya? maksudnya "ndut-ndutan" om
Re: Tanya ttg delco
mang uda rencana, tapi ditakdirkan blom bole capek2 dulu, kalo turun disini montirnya aja kayak gitupauluspaska wrote: Oh ya, kalo emang bener metal yang kena mendingan solusinya jangan pake tipuan gitu, soalnya kalo metal udah tergores dan rusak bisa kena ke kruk as, nah ini berabe banget...
Kalo solusinya delko di majuin atawa dimundurin pasti ada yang dikorbanin, ya itu tadi 'nyendal' (Translate: 'pake sendal'). Mendingan turun mesin deh.
nyetting timing pengapian yang bener pake apa om?
kalo terlalu lambat pa terlalu cepet efeknya gimana si
Re: Tanya ttg delco
Nyetting timing sebenernya bisa dengan ambil TOP piston nomor 1 Oom, tapi pake insting juga bisa asal dah ahli..fasc wrote:
mang uda rencana, tapi ditakdirkan blom bole capek2 dulu, kalo turun disini montirnya aja kayak gitu
nyetting timing pengapian yang bener pake apa om?
kalo terlalu lambat pa terlalu cepet efeknya gimana si
efeknya kalau nggak knocking/ngelitik kalo terlalu mundur, ya mesin jadi panas kalau terlalu maju..