Page 1 of 1

Mobil susah distarter & RPM naik saat mesin panas

Posted: Sat Aug 12, 2017 9:58 am
by maarifmk46
Met pagi pa'de & suhu2 semua :)
Mau tanya ttg problematika Civic LX 88 pny saya. Ketika mesin dingin susah bgt distarter. Gas dikocok pun tetep susah. Tp ketika panas RPM naik bisa sampai 1000 rpm (tanpa AC).
Sebulan yg lalu sy bawa ke bengkel karbu. Permasalahan ada pada baut setelan angin yg udah diganti dg baut setelan (pny kijang klo ga salah) yg dratnya kasar. Sama bengkel karbu tsb di drat ulang & baut diganti dg baut bikinan sendiri dg bahan besi biasa (bukan kuningan spt bawaan). Seketika udah enak sih. Tp skrg setelan udah berubah lagi. Sama bengkel langganan saya, disaranin ganti karbu #-o :-s #:-s
Menurut agan2 suhu, apa ada solusi lain selain harus ganti karbu?
Makasih sblmnya atas infonya :)

Re: Mobil susah distarter & RPM naik saat mesin panas

Posted: Sat Aug 12, 2017 8:11 pm
by Pa'de Gung
Kalo cuma setelan gampang geser, coba seting lagi, trus kunci posisi setelan angin dengan sealer.

Re: Mobil susah distarter & RPM naik saat mesin panas

Posted: Sun Aug 13, 2017 10:31 am
by b2199nb
Klo pagi susah stater bisa jadi karena bensin cadangan di karbu bust bantu nyalain gak ada, jadi kudu di stater agak panjang biar bensin naek ke karbu, klo masalah pas panas rpm diatas 1000, coba stelnya jgn dlm kondisi mesin pas dingin, minimal sampai fan nyala sendiri, baru deh stel gasnya. Tp nyetel nya gak cuma setelan gas doangkan ya?

Re: Mobil susah distarter & RPM naik saat mesin panas

Posted: Mon Aug 14, 2017 8:34 am
by adeindra
dipasin deh setelah gas ama angin yak

coba disetel sampe posisi enak, lalu biar engga berubah lagi dikasih sealer deh itu bautnya

Re: Mobil susah distarter & RPM naik saat mesin panas

Posted: Mon Aug 21, 2017 1:39 pm
by Faiq_lukman
gc saya juga gitu lur, problemnya kalo diem sehari g dipake trus starterannya sulit, sampe dikocok gasnya juga g mau nyala mesinnya lur, trus udah bisa nyala dibeneri bengkel, tapi belum bisa stasioner gtu lur, katanya kemaren angin"nya udah g bisa disteli, kalo ganti karbu kira" habis brpa ya lur, apa ada saran lainnya mungkin lur.. mohon pencerahannya lur.. terimakasih..

Re: Mobil susah distarter & RPM naik saat mesin panas

Posted: Mon Aug 21, 2017 8:05 pm
by maarifmk46
Karbu 2nd ori yg bagus kisaran 600rb lur.. sy jg blom sempet nyari ke klithikan nih 😂

Re: Mobil susah distarter & RPM naik saat mesin panas

Posted: Mon Aug 21, 2017 10:50 pm
by Pa'de Gung
Faiq_lukman wrote:
Mon Aug 21, 2017 1:39 pm
gc saya juga gitu lur, problemnya kalo diem sehari g dipake trus starterannya sulit, sampe dikocok gasnya juga g mau nyala mesinnya lur, trus udah bisa nyala dibeneri bengkel, tapi belum bisa stasioner gtu lur, katanya kemaren angin"nya udah g bisa disteli, kalo ganti karbu kira" habis brpa ya lur, apa ada saran lainnya mungkin lur.. mohon pencerahannya lur.. terimakasih..
Gini om faiq, maap..disini punya ciri khas panggalinan om / tante, bukan lur ato gan..:)
Masalah angin2 ga bisa disetel bisa dikarenakan ada kebocoran pada vacum. Misalnya membran bocor, selang vacum bocor dll. Karena bocoran itu jadi terlalu banyak udara liar yg masuk, bahkan masih terlalu banyak meskipun setelan angin ditutup.

Masalah susah start saat pagi juga bisa dari masalah di atas. Ato bisa karena bocor pada mangkuk karbu, bensin pada mangkok habis..harus nunggu bensin naik baru bisa hidup. Masalah bisa makin parah kalo pompa bensin lemah, karena butuh waktu lama naikin bensin.

Coba dulu beli karbu kit, harganya 125rb.
Karbu 2nd sekitar 500an ato 700an komplit box filter dan intake.

Re: Mobil susah distarter & RPM naik saat mesin panas

Posted: Sat Aug 26, 2017 1:28 pm
by Faiq_lukman
iya maaf ya om, terima kasih sudah diingatkan om. mantaffff.. :-D
masih banyak dijual g om karbu kit itu? ato harus pake karbu kit mobil lain om?
ada foto untuk pemasangan selang vacum yang benar om? atau foto lubang yang di kasih selang vacum yang mana aja om.
kalo mangkok karbu bocor ada bensin yang netes pastinya ya om?
kadang kalo pagi" udah bisa gtu dari knalpot keluar asap hitam gtu om.. :((

Re: Mobil susah distarter & RPM naik saat mesin panas

Posted: Sat Aug 26, 2017 1:29 pm
by Faiq_lukman
maarifmk46 wrote:
Mon Aug 21, 2017 8:05 pm
Karbu 2nd ori yg bagus kisaran 600rb lur.. sy jg blom sempet nyari ke klithikan nih 😂
klithikan solo om? ngikut om kalo mau belanja biar lebih tahu om :-D

Re: Mobil susah distarter & RPM naik saat mesin panas

Posted: Mon Nov 20, 2017 11:05 am
by kjanner
ngikut nyimak aja yah om