suhu naik saat macet

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
widi
GC Noob
GC Noob
Posts: 96
Joined: Tue Apr 26, 2016 5:27 pm

suhu naik saat macet

Post by widi » Sat May 06, 2017 8:59 pm

om mo nanya ya mohon masukannya
tadi saya kena macet dengan kondisi ac on,ternyata suhu sudah seperempat diatas garis tengah.trus ac saya off kan berangsur suhu turun normal.lalu jalan sudah lancar saya on ac lalu suhu naik lagi.air radiator masih penuh dan Tidak bocor.sebelumnya suhu normal trrus.
1.apakah ini radiator kotor ?
2.apakah fan radiator lemah?
3.ciri ciri fan radiator lemah?
tolong masukannya ya om.trimakasih

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: suhu naik saat macet

Post by Pa'de Gung » Sat May 06, 2017 11:59 pm

bisa dua2 nya om..
tapi coba cek dulu fan nya, apa 2 fan muter semua saat ac on. kalo fan dirasa normal, coba bersihkan radiator.

widi
GC Noob
GC Noob
Posts: 96
Joined: Tue Apr 26, 2016 5:27 pm

Re: suhu naik saat macet

Post by widi » Sun May 07, 2017 5:56 am

kipas nyala om semua om klo keadaan panas.karena otomatis.
fan radiator sudah ngElitik alias oblak Apa bisa disebut sudAh lEmah om.?
raDiAtor ciRinya gmn om.kmarenen saya buka TuTup radiator Airnya masih full.dan mesin saya nyalakan, ac on.air jadi meluber kluar.iTu normal ga ? :(

obiezeni
GC Noob
GC Noob
Posts: 68
Joined: Tue Mar 28, 2017 11:20 pm

Re: suhu naik saat macet

Post by obiezeni » Sun May 07, 2017 9:35 am

widi wrote:
Sun May 07, 2017 5:56 am
kipas nyala om semua om klo keadaan panas.karena otomatis.
fan radiator sudah ngElitik alias oblak Apa bisa disebut sudAh lEmah om.?
raDiAtor ciRinya gmn om.kmarenen saya buka TuTup radiator Airnya masih full.dan mesin saya nyalakan, ac on.air jadi meluber kluar.iTu normal ga ? :(
Coba buka tutup radiator om lalu stater mesin ny om, kalau air nya nembak ke atas.. brti pak deksel kena om.. soal ny aku jga pernah kek gtu.. pas macet lalu overheat trus deh :D

widi
GC Noob
GC Noob
Posts: 96
Joined: Tue Apr 26, 2016 5:27 pm

Re: suhu naik saat macet

Post by widi » Sun May 07, 2017 9:42 am

nembak keatas kenceng ga om2.klo cUma melober kan bersikulasi sama tabung cadangan?pak deksel tu yg mana om?

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: suhu naik saat macet

Post by Pa'de Gung » Sun May 07, 2017 10:18 am

Sepertinya radiator sudah mulai buntu. sirkulasi air yg masuk dari atas tidak segera turun karena kisi2 kotor, sehingga air meluap.
normalnya kelihatan aliran sirkulasi dan tidak meluber, karena air lancar turun ke bagian bawah radiator.

widi
GC Noob
GC Noob
Posts: 96
Joined: Tue Apr 26, 2016 5:27 pm

Re: suhu naik saat macet

Post by widi » Sun May 07, 2017 10:58 am

umumnya berapa kali nGorok radiator om,,saya sudah hampir setqun ga di korok laGi.pakai air mineral.

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: suhu naik saat macet

Post by Pa'de Gung » Sun May 07, 2017 12:59 pm

Ga bisa dipastikan gitu om.., tergantung air yg dipake..
-air tanah = kapur dan mineral -> hasilnya kerak dan lumpur.
-air mineral = bebas kapur -> hasilnya lumpur mineral.
-aquades /air suling = bebas kapur dan mineral -> bersih tapi korosif, harus sering kuras.
-radiator coolant, lebih baik dari semua di atas.

widi
GC Noob
GC Noob
Posts: 96
Joined: Tue Apr 26, 2016 5:27 pm

Re: suhu naik saat macet

Post by widi » Sun May 07, 2017 1:10 pm

barusan tanya sama bengkel katanya packing head kena.kalo air radiator masih penuh terus distart pake ac rpm 1000 air meluber.....hadeh bingung.disaranin korok radiator dulu

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: suhu naik saat macet

Post by Pa'de Gung » Sun May 07, 2017 1:38 pm

Ciri2 packing head (gasket) kena/bocor.
1. bocor kecil
- Tekanan/ kompresi dari ruang bakar masuk ke radiator, sehingga suhu dan tekanan radiator meningkat, air meluber ke tabung cadangan/ reservoir, sehingga reservoir jadi penuh/luber dan air radiator berkurang.
2. bocor besar
- Saat mesin di start air muncrat, bukan cuma luber. mesin pincang, karena air masuk ruang bakar, knalpot keluar banyak air.

dari point 1, kalo volume reservoir stabil, air di radiator ga berkurang berarti gasket aman.

kira2 begitu cara analisa kebocoran packing head..
bukan seperti yg dibilang bengkel diatas.

Post Reply