suhu naik saat macet
suhu naik saat macet
om mo nanya ya mohon masukannya
tadi saya kena macet dengan kondisi ac on,ternyata suhu sudah seperempat diatas garis tengah.trus ac saya off kan berangsur suhu turun normal.lalu jalan sudah lancar saya on ac lalu suhu naik lagi.air radiator masih penuh dan Tidak bocor.sebelumnya suhu normal trrus.
1.apakah ini radiator kotor ?
2.apakah fan radiator lemah?
3.ciri ciri fan radiator lemah?
tolong masukannya ya om.trimakasih
tadi saya kena macet dengan kondisi ac on,ternyata suhu sudah seperempat diatas garis tengah.trus ac saya off kan berangsur suhu turun normal.lalu jalan sudah lancar saya on ac lalu suhu naik lagi.air radiator masih penuh dan Tidak bocor.sebelumnya suhu normal trrus.
1.apakah ini radiator kotor ?
2.apakah fan radiator lemah?
3.ciri ciri fan radiator lemah?
tolong masukannya ya om.trimakasih
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: suhu naik saat macet
bisa dua2 nya om..
tapi coba cek dulu fan nya, apa 2 fan muter semua saat ac on. kalo fan dirasa normal, coba bersihkan radiator.
tapi coba cek dulu fan nya, apa 2 fan muter semua saat ac on. kalo fan dirasa normal, coba bersihkan radiator.
Re: suhu naik saat macet
kipas nyala om semua om klo keadaan panas.karena otomatis.
fan radiator sudah ngElitik alias oblak Apa bisa disebut sudAh lEmah om.?
raDiAtor ciRinya gmn om.kmarenen saya buka TuTup radiator Airnya masih full.dan mesin saya nyalakan, ac on.air jadi meluber kluar.iTu normal ga ?
fan radiator sudah ngElitik alias oblak Apa bisa disebut sudAh lEmah om.?
raDiAtor ciRinya gmn om.kmarenen saya buka TuTup radiator Airnya masih full.dan mesin saya nyalakan, ac on.air jadi meluber kluar.iTu normal ga ?
Re: suhu naik saat macet
Coba buka tutup radiator om lalu stater mesin ny om, kalau air nya nembak ke atas.. brti pak deksel kena om.. soal ny aku jga pernah kek gtu.. pas macet lalu overheat trus dehwidi wrote: ↑Sun May 07, 2017 5:56 amkipas nyala om semua om klo keadaan panas.karena otomatis.
fan radiator sudah ngElitik alias oblak Apa bisa disebut sudAh lEmah om.?
raDiAtor ciRinya gmn om.kmarenen saya buka TuTup radiator Airnya masih full.dan mesin saya nyalakan, ac on.air jadi meluber kluar.iTu normal ga ?
Re: suhu naik saat macet
nembak keatas kenceng ga om2.klo cUma melober kan bersikulasi sama tabung cadangan?pak deksel tu yg mana om?
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: suhu naik saat macet
Sepertinya radiator sudah mulai buntu. sirkulasi air yg masuk dari atas tidak segera turun karena kisi2 kotor, sehingga air meluap.
normalnya kelihatan aliran sirkulasi dan tidak meluber, karena air lancar turun ke bagian bawah radiator.
normalnya kelihatan aliran sirkulasi dan tidak meluber, karena air lancar turun ke bagian bawah radiator.
Re: suhu naik saat macet
umumnya berapa kali nGorok radiator om,,saya sudah hampir setqun ga di korok laGi.pakai air mineral.
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: suhu naik saat macet
Ga bisa dipastikan gitu om.., tergantung air yg dipake..
-air tanah = kapur dan mineral -> hasilnya kerak dan lumpur.
-air mineral = bebas kapur -> hasilnya lumpur mineral.
-aquades /air suling = bebas kapur dan mineral -> bersih tapi korosif, harus sering kuras.
-radiator coolant, lebih baik dari semua di atas.
-air tanah = kapur dan mineral -> hasilnya kerak dan lumpur.
-air mineral = bebas kapur -> hasilnya lumpur mineral.
-aquades /air suling = bebas kapur dan mineral -> bersih tapi korosif, harus sering kuras.
-radiator coolant, lebih baik dari semua di atas.
Re: suhu naik saat macet
barusan tanya sama bengkel katanya packing head kena.kalo air radiator masih penuh terus distart pake ac rpm 1000 air meluber.....hadeh bingung.disaranin korok radiator dulu
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: suhu naik saat macet
Ciri2 packing head (gasket) kena/bocor.
1. bocor kecil
- Tekanan/ kompresi dari ruang bakar masuk ke radiator, sehingga suhu dan tekanan radiator meningkat, air meluber ke tabung cadangan/ reservoir, sehingga reservoir jadi penuh/luber dan air radiator berkurang.
2. bocor besar
- Saat mesin di start air muncrat, bukan cuma luber. mesin pincang, karena air masuk ruang bakar, knalpot keluar banyak air.
dari point 1, kalo volume reservoir stabil, air di radiator ga berkurang berarti gasket aman.
kira2 begitu cara analisa kebocoran packing head..
bukan seperti yg dibilang bengkel diatas.
1. bocor kecil
- Tekanan/ kompresi dari ruang bakar masuk ke radiator, sehingga suhu dan tekanan radiator meningkat, air meluber ke tabung cadangan/ reservoir, sehingga reservoir jadi penuh/luber dan air radiator berkurang.
2. bocor besar
- Saat mesin di start air muncrat, bukan cuma luber. mesin pincang, karena air masuk ruang bakar, knalpot keluar banyak air.
dari point 1, kalo volume reservoir stabil, air di radiator ga berkurang berarti gasket aman.
kira2 begitu cara analisa kebocoran packing head..
bukan seperti yg dibilang bengkel diatas.