MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)
-
- GC Noob
- Posts: 191
- Joined: Thu Nov 21, 2013 8:20 pm
- Location: situbondo
- Contact:
Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)
mhon pencerahannya om lx sya klo start awal normal rpm 900 tp jika maen lampu bwh dihidupin tuh rpm ngedrop kisaran 800 rpm apalg ditmbah ngidupin lampu dim ngedrop bs smpek 750 rpm..knpa ya om apa mkn membutuhkan strom yg besar sehingga pengaruh thd putran mesin ? mhon pncerahannya trima ksh
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)
Sebenarnya itu hal wajar om..., betul.., karena tambahan beban mesin jadi sedikit drop.
viewtopic.php?style=21&f=7&t=6764
Tapi seharusnya tidak sebanyak itu turunnya..., mungkin itu disebabkan alternator yg kurang bagus, ato seting mesin yg kurang pas sehingga kurang tenaga.
Mungkin bisa diceritakan sejak kapan kejadian begitu?
viewtopic.php?style=21&f=7&t=6764
Tapi seharusnya tidak sebanyak itu turunnya..., mungkin itu disebabkan alternator yg kurang bagus, ato seting mesin yg kurang pas sehingga kurang tenaga.
Mungkin bisa diceritakan sejak kapan kejadian begitu?
-
- GC Noob
- Posts: 191
- Joined: Thu Nov 21, 2013 8:20 pm
- Location: situbondo
- Contact:
Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)
mkn krn usia ya om..pkek lx udah lama om hmpir 5th an..bru nyadar aja om pas cb ngidupin lampu dim kok ngedrop..Pa'de Gung wrote:Sebenarnya itu hal wajar om..., betul.., karena tambahan beban mesin jadi sedikit drop.
viewtopic.php?style=21&f=7&t=6764
Tapi seharusnya tidak sebanyak itu turunnya..., mungkin itu disebabkan alternator yg kurang bagus, ato seting mesin yg kurang pas sehingga kurang tenaga.
Mungkin bisa diceritakan sejak kapan kejadian begitu?
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)
Coba tune up dulu om, mungkin power mesin yg sedikit menurun.
-
- GC Noob
- Posts: 191
- Joined: Thu Nov 21, 2013 8:20 pm
- Location: situbondo
- Contact:
Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)
udah tune up om kmren abis lebaran meliputi carbon cleaner,servis karburator plus carb cleanny disuntikkan lwt selang vakum,cek pengapian pkek timing light normal semua om bersihin busi..cm selama pegang ni mobil blum pernah stel klep..kta sibengkel gk perlu ktanya msih oke..biasany stel klep itu tiap brpa km om?Pa'de Gung wrote:Coba tune up dulu om, mungkin power mesin yg sedikit menurun.
Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)
kalo kayak saya pas tune up yah setahun sekali
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)
Kalo mesin oke brarti tinggal alternator aja kemunkinannya.., ato lampunya terlalu besar mungkin?
Kalo lampu dekat yg nyala..., drop sampai berapa?
Yg saya tau..., menyalakan lampu memang rpm jadi turun..., tp tidak banyak. (lampu low dan rpm diatas 500).
Menurunkan idle sampai dibawah 500, justru ga turun sama sekali.
Kalo lampu dekat yg nyala..., drop sampai berapa?
Yg saya tau..., menyalakan lampu memang rpm jadi turun..., tp tidak banyak. (lampu low dan rpm diatas 500).
Menurunkan idle sampai dibawah 500, justru ga turun sama sekali.
Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)
Pak de. Mau tanya kalo indikator aki nyala redup krnapa ya. Kejadian pas ngidupin lampu depan ato ngidupin ac
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)
Lampu chg menyala jika tegangan listrik dari alternator/dinamo ampere lebih rendah dari tegangan listrik aki.
Jadi pada saat indikator menyala, bisa dipastikan aki tidak di isi, tapi sedang digunakan.
Mungkin brush udah tipis, coba bawa ke tukang dinamo untuk dicek kondisinya.
Jadi pada saat indikator menyala, bisa dipastikan aki tidak di isi, tapi sedang digunakan.
Mungkin brush udah tipis, coba bawa ke tukang dinamo untuk dicek kondisinya.