Timing Belt Replacement ( SHARE )
- feriferdian
- GC Noob
- Posts: 28
- Joined: Sun Oct 05, 2014 12:19 pm
- Location: Ciamis
Timing Belt Replacement ( SHARE )
Berawal dari kebut kebutan dijalan karena mengejar waktu, akhirnya timing belt putus juga..
Bukannya cepet ke tempat tujuan, malah telat berjam jam.. malem hari pula sekitar jam 10 an..
Terpaksa manggil temen buat nge-derek si merah sampe ke workshop biar besok nya bisa dioprasi..
Saya pikir, dari pada masukin ke bengkel mending kerjain sendiri, biaya lebih irit, ilmu dan pengalaman bertambah..
Malem itu langsung saya cari referensi di internet tentang bagaimana mengganti timing belt..
Akhirnya saya menemukan gambar yang jelas dan cukup mewakili niat saya mengganti sendiri timing belt nya..
Tools :
1. Timing Belt (Nouva 1988 - 1990, LX 1988 - 1990 sama saja).. Harga saya beli cukup murah.. 170 ribu saja..
2. Kunci pas / sock 10 - 17
3. Kunci T 17
4. Obeng min
5. Dongkrak 2 biji
6. Pipa Besi (untuk torsi)
7. Bensin secukupnya + kuas untuk bersih - bersih
8. Papan kayu sekitar 30cm x 30cm
9. WD40 atau semacamnya
10. Kopi, rokok, makanan, dan alat penunjang lainnya..
How To :
- Berdoa dulu biar oprasi nya lancar.
- Pindahkan bagian bagian yang bisa dipindahkan di sekitaran mesin sebelah kanan biar leluasa pada saat membongkar.
- Dongkrak mobil, lalu buka velg kanan depan.. 1 dongkrak mengangkat sasis, 1 dongkrak lagi menahan bak penampungan oli menggunakan bantuan papan kayu biar beban nya rata saat engine mounting di cabut.
- Buka engine mounting menggunakan kunci 17, lalu cabut dari tempatnya
- Kendorkan baut-baut alternator dan kompresor AC, sampai belt-beltnya bisa di lepas semua
- Buka baut yang menyangga kompresor power steering, lalu lepaskan dari dudukan power steering nya, nanti terlihat ada dudukan power steering nya, lalu cabut dudukannya menggunakan kunci 14, ada 3 baut yang menyangga dudukan power steering nya.
- Nanti akan terlihat baut yang mengunci upper cover dan lower cover timing belt nya. Buka saja baut nya pake kunci 10 lalu cabut upper cover nya. lower cover belum bisa dicabut sebelum crankshaft pulley di lepas.
- Lanjut kebagian inner fender yang velg nya dicabut. Liat ke dalamnya, nanti terlihat crankshaft pulley, buka crankshaft pulley menggunakan kunci sock 17, kalo bisa gunakan pemanjang kunci sock, biar ada tenaga saat memutar kunci sock nya. saya memanjangkan kunci sock nya sampai keluar fender biar lebih leluasa memutar kunci nya.
- Di crankshaft pulley ada lubang kecil untuk menahan pulley agar tidak ikut berputar saat membuka bautnya.. Gunakan kunci T untuk menahan crankshaft pulley, caranya tinggal masukan gagang kunci T ke lubang lalu kaitkan ke sayap velg. Putar baut berlawanan jarum jam sekuat mungkindan jangan lupa menggunakan pipa besi untuk alat bantu torsi nya.
- Setelah baut crankshaft pulley lepas, cabut crankshaft pulley nya.. goyang goyang saja sampai lepas, kalo sulit coba pake bantuan WD40
- Setelah crankshaft pulley terlepas, cabut lower cover timing belt nya, dan nanti akan terlihat timing belt beserta puley lainnya
- Minum dulu om biar ga stres..
- Lanjut . . . . . . . . Longgarkan baut tensioner belt nya, lalu lepaskan timing belt jadul nya..
- Setelah terlepas, jangan langsung memasang timing belt yang baru.. Liat dulu timing belt pulley nya.. Di sana harus memposisikan tulisan up pulley nya berada di atas. Caranya: putar baut yang mengunci pulley nya sampai posisi up nya di atas, begitu juga dengan crankshaft timing belt pulley, posisi up nya harus pas. Caranya: masukan baut crankshaft pulley sampai mengunci, lalu putar searah jarum jam sampai posisi up nya berada pas sesuai tanda panah.
- Setelah yakin kedua pulley tersebut berada pada posisi up yang benar, pasangkan timing belt yang baru. Pada saat memasang belt yang baru, jangan kendor antara crankshaft timing belt pulley dengan timing belt pulley nya.. Setelah itu kencangkan baut tensioner dan timing belt baru pun terpasang.
- Tahap selanjutnya, mengetest mesin mobil apakah bisa nyala apa tidak. Kenapa demikian ? Posisi UP timing belt pulley dan crankshaft timing belt pulley yang tidak tepat akan membuat mesin tidak nyala, kalaupun nyala akan terasa pincang seperti salah satu busi ada yang mati. Caranya: pasang crankshaft pulley beserta baut nya, lalu coba nyalakan mesin lalu tahan rpm diposisi 1000, apakah terasa normal atau tidak, jika tidak buka kembali lalu set Up kedua pulley tersebut.
- Setelah yakin mesin mobil normal, pasang kembali semua bagian bagian yg tadi dilepaskan.
Fact :
- Semua belt harus terlepas
- Timing belt pulley, crankshaft timing belt pulley, crankshaft pulley itu berbeda
- Posisi dongkrak penyangga bak penampungan oli >> Bak - Papan Kayu - Dongkrak
- Timing belt 170 ribu ori ? Menurut toko nya sih gitu
- Mempermudah memasukan baut engine mounting cukup menaikan atau menurunkan dongkrak yang menyangga bak penampungan oli
- Posisi TOP / UP tidak sesuai akan menimbulkan api yang keluar dari kabel busi tidak sempurna
- RPM harus di 1000 ? tidak harus
- Jangan terlalu lama mengetest mesin karena belt alternator / dinamo jalan sedang dilepas
Saya tidak menyarankan untuk mengganti sendiri timing belt nya, saya hanya sekedar berbagi informasi dari pengalaman saya yang mungkin patut untuk dicoba.. Mohon maaf apabila dalam sharing ini tidak disertai oleh photo asli, dikarenakan tangan saya yang terlalu kotor untuk memegang hp saya..
Bukannya cepet ke tempat tujuan, malah telat berjam jam.. malem hari pula sekitar jam 10 an..
Terpaksa manggil temen buat nge-derek si merah sampe ke workshop biar besok nya bisa dioprasi..
Saya pikir, dari pada masukin ke bengkel mending kerjain sendiri, biaya lebih irit, ilmu dan pengalaman bertambah..
Malem itu langsung saya cari referensi di internet tentang bagaimana mengganti timing belt..
Akhirnya saya menemukan gambar yang jelas dan cukup mewakili niat saya mengganti sendiri timing belt nya..
Tools :
1. Timing Belt (Nouva 1988 - 1990, LX 1988 - 1990 sama saja).. Harga saya beli cukup murah.. 170 ribu saja..
2. Kunci pas / sock 10 - 17
3. Kunci T 17
4. Obeng min
5. Dongkrak 2 biji
6. Pipa Besi (untuk torsi)
7. Bensin secukupnya + kuas untuk bersih - bersih
8. Papan kayu sekitar 30cm x 30cm
9. WD40 atau semacamnya
10. Kopi, rokok, makanan, dan alat penunjang lainnya..
How To :
- Berdoa dulu biar oprasi nya lancar.
- Pindahkan bagian bagian yang bisa dipindahkan di sekitaran mesin sebelah kanan biar leluasa pada saat membongkar.
- Dongkrak mobil, lalu buka velg kanan depan.. 1 dongkrak mengangkat sasis, 1 dongkrak lagi menahan bak penampungan oli menggunakan bantuan papan kayu biar beban nya rata saat engine mounting di cabut.
- Buka engine mounting menggunakan kunci 17, lalu cabut dari tempatnya
- Kendorkan baut-baut alternator dan kompresor AC, sampai belt-beltnya bisa di lepas semua
- Buka baut yang menyangga kompresor power steering, lalu lepaskan dari dudukan power steering nya, nanti terlihat ada dudukan power steering nya, lalu cabut dudukannya menggunakan kunci 14, ada 3 baut yang menyangga dudukan power steering nya.
- Nanti akan terlihat baut yang mengunci upper cover dan lower cover timing belt nya. Buka saja baut nya pake kunci 10 lalu cabut upper cover nya. lower cover belum bisa dicabut sebelum crankshaft pulley di lepas.
- Lanjut kebagian inner fender yang velg nya dicabut. Liat ke dalamnya, nanti terlihat crankshaft pulley, buka crankshaft pulley menggunakan kunci sock 17, kalo bisa gunakan pemanjang kunci sock, biar ada tenaga saat memutar kunci sock nya. saya memanjangkan kunci sock nya sampai keluar fender biar lebih leluasa memutar kunci nya.
- Di crankshaft pulley ada lubang kecil untuk menahan pulley agar tidak ikut berputar saat membuka bautnya.. Gunakan kunci T untuk menahan crankshaft pulley, caranya tinggal masukan gagang kunci T ke lubang lalu kaitkan ke sayap velg. Putar baut berlawanan jarum jam sekuat mungkindan jangan lupa menggunakan pipa besi untuk alat bantu torsi nya.
- Setelah baut crankshaft pulley lepas, cabut crankshaft pulley nya.. goyang goyang saja sampai lepas, kalo sulit coba pake bantuan WD40
- Setelah crankshaft pulley terlepas, cabut lower cover timing belt nya, dan nanti akan terlihat timing belt beserta puley lainnya
- Minum dulu om biar ga stres..
- Lanjut . . . . . . . . Longgarkan baut tensioner belt nya, lalu lepaskan timing belt jadul nya..
- Setelah terlepas, jangan langsung memasang timing belt yang baru.. Liat dulu timing belt pulley nya.. Di sana harus memposisikan tulisan up pulley nya berada di atas. Caranya: putar baut yang mengunci pulley nya sampai posisi up nya di atas, begitu juga dengan crankshaft timing belt pulley, posisi up nya harus pas. Caranya: masukan baut crankshaft pulley sampai mengunci, lalu putar searah jarum jam sampai posisi up nya berada pas sesuai tanda panah.
- Setelah yakin kedua pulley tersebut berada pada posisi up yang benar, pasangkan timing belt yang baru. Pada saat memasang belt yang baru, jangan kendor antara crankshaft timing belt pulley dengan timing belt pulley nya.. Setelah itu kencangkan baut tensioner dan timing belt baru pun terpasang.
- Tahap selanjutnya, mengetest mesin mobil apakah bisa nyala apa tidak. Kenapa demikian ? Posisi UP timing belt pulley dan crankshaft timing belt pulley yang tidak tepat akan membuat mesin tidak nyala, kalaupun nyala akan terasa pincang seperti salah satu busi ada yang mati. Caranya: pasang crankshaft pulley beserta baut nya, lalu coba nyalakan mesin lalu tahan rpm diposisi 1000, apakah terasa normal atau tidak, jika tidak buka kembali lalu set Up kedua pulley tersebut.
- Setelah yakin mesin mobil normal, pasang kembali semua bagian bagian yg tadi dilepaskan.
Fact :
- Semua belt harus terlepas
- Timing belt pulley, crankshaft timing belt pulley, crankshaft pulley itu berbeda
- Posisi dongkrak penyangga bak penampungan oli >> Bak - Papan Kayu - Dongkrak
- Timing belt 170 ribu ori ? Menurut toko nya sih gitu
- Mempermudah memasukan baut engine mounting cukup menaikan atau menurunkan dongkrak yang menyangga bak penampungan oli
- Posisi TOP / UP tidak sesuai akan menimbulkan api yang keluar dari kabel busi tidak sempurna
- RPM harus di 1000 ? tidak harus
- Jangan terlalu lama mengetest mesin karena belt alternator / dinamo jalan sedang dilepas
Saya tidak menyarankan untuk mengganti sendiri timing belt nya, saya hanya sekedar berbagi informasi dari pengalaman saya yang mungkin patut untuk dicoba.. Mohon maaf apabila dalam sharing ini tidak disertai oleh photo asli, dikarenakan tangan saya yang terlalu kotor untuk memegang hp saya..
SH3 RED 1990 | Z 1851 KC
Old Nouva Never Die, They Just Get Faster
0 8 1 2 1 0 0 0 4 2 8 7 | D 0 5 8 5 5 D 5
Old Nouva Never Die, They Just Get Faster
0 8 1 2 1 0 0 0 4 2 8 7 | D 0 5 8 5 5 D 5
- rezayolando
- GC Whore
- Posts: 3470
- Joined: Sun Nov 27, 2011 11:07 am
- Location: Bandung
- Contact:
Re: Timing Belt Replacement ( SHARE )
wuih keren.. mantab banget ilmunya.. mudah"an bermanfaat buat temen" yang lainnya.. ijin share ke grup facebook juga ya om. kalau ada yang mau belajar biar buka forum xixixixixi..
--- AERO SH 4 ' 89 ---
Re: Timing Belt Replacement ( SHARE )
Wih mantap om share nya. Makasih banyak om ferdian share nya
si BAGJA
D1255JL
D1255JL
Re: Timing Belt Replacement ( SHARE )
Manstab bgt om,bisa menghemat 259rb nih.mungkin bisa dimasukan ke diy.
Problemes d'erection www.viagrasansordonnancefr.com pharmacie francaise
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: Timing Belt Replacement ( SHARE )
Wehh...mantap ni D.I.Y nyaa..
Maap saya koreksi dikit ya om..., karena ga ada fotonya jadi bisa salah paham bacanya.
1. Pertama soal lepas velg kanan...?
maksutnya ini velg/roda kiri kan..?
2. Baut kompresor AC..?
Mungkin yg dimaksut baut tensioner AC.
Tidak ada penjelasan bagaimana melepas fan belt AC karena harus kendorkan baut tensioner pulley nya baru kendorkan tensioner dg kunci T10 dari celah dudukan power steering.
3. Lepas uper cover...
Tidak ada langkah melepas tutup head sebelum lepas uper cover.
4. Iner fender...?
Yg dimaksut mungkin tutup dek bawah kiri yg melindungi puley. Kalo iner fender yg di atas roda..ga perlu dilepas.
5. Sayap velg..??
Ga tau yg mana...kan velg udah dilepas..
Menahan pulley disarankan menggunakan alat khusus seperti pipa yg ada rantainya.
6. Timing belt pulley / camshaft pulley.
Tidak cukup hanya mengarahkan tulisan up di atas.
Pointer dan tdc mark harus ketemu.
7. Crankshaft timing belt pulley..
Tidak ada tulisan up di sini..
Adanya tanda titik yg harus ketemu tanda panah.
Makasih share nya om..., semangaatt..
Maap saya koreksi dikit ya om..., karena ga ada fotonya jadi bisa salah paham bacanya.
1. Pertama soal lepas velg kanan...?
maksutnya ini velg/roda kiri kan..?
2. Baut kompresor AC..?
Mungkin yg dimaksut baut tensioner AC.
Tidak ada penjelasan bagaimana melepas fan belt AC karena harus kendorkan baut tensioner pulley nya baru kendorkan tensioner dg kunci T10 dari celah dudukan power steering.
3. Lepas uper cover...
Tidak ada langkah melepas tutup head sebelum lepas uper cover.
4. Iner fender...?
Yg dimaksut mungkin tutup dek bawah kiri yg melindungi puley. Kalo iner fender yg di atas roda..ga perlu dilepas.
5. Sayap velg..??
Ga tau yg mana...kan velg udah dilepas..
Menahan pulley disarankan menggunakan alat khusus seperti pipa yg ada rantainya.
6. Timing belt pulley / camshaft pulley.
Tidak cukup hanya mengarahkan tulisan up di atas.
Pointer dan tdc mark harus ketemu.
7. Crankshaft timing belt pulley..
Tidak ada tulisan up di sini..
Adanya tanda titik yg harus ketemu tanda panah.
Makasih share nya om..., semangaatt..
Re: Timing Belt Replacement ( SHARE )
mantab banget nih...
untuk point 4.. mungkin maksudnya "splash guard" ya...
mantab bener nih om.... walau saya sendiri engga berani xixixi
btw, ada yang suka menyarankan kalo ganti timing belt harus sekalian dengan tensioner timing belt
sebenanrnya bagaimana sih tuh.. apakah bener sebaiknya diganti sekalian atau engga sih?
ditunggu om share nya tentang diy yang lain
untuk point 4.. mungkin maksudnya "splash guard" ya...
mantab bener nih om.... walau saya sendiri engga berani xixixi
btw, ada yang suka menyarankan kalo ganti timing belt harus sekalian dengan tensioner timing belt
sebenanrnya bagaimana sih tuh.. apakah bener sebaiknya diganti sekalian atau engga sih?
ditunggu om share nya tentang diy yang lain
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: Timing Belt Replacement ( SHARE )
Nahh itu...splash guard namanya..
Pendapat saya sih...ganti timing belt ga harus sekalian ganti tensioner..
Hanya saja karena pertimbangan menggatinya ga gampang..mumpung dibongkar bisa sekalian diganti.., jadi irit biaya pasang.
Namun kalo mikir gitu..., harusnya sekalian ganti water pump dg pertimbangan yg sama.., ya itu kerusakan laher yg berakibat berisik.
Pendapat saya sih...ganti timing belt ga harus sekalian ganti tensioner..
Hanya saja karena pertimbangan menggatinya ga gampang..mumpung dibongkar bisa sekalian diganti.., jadi irit biaya pasang.
Namun kalo mikir gitu..., harusnya sekalian ganti water pump dg pertimbangan yg sama.., ya itu kerusakan laher yg berakibat berisik.
- feriferdian
- GC Noob
- Posts: 28
- Joined: Sun Oct 05, 2014 12:19 pm
- Location: Ciamis
Re: Timing Belt Replacement ( SHARE )
hihihihi.. Silahkan om reza, mudah mudahan bermanfaat buat semua keluarga grandcivic.comrezayolando wrote:wuih keren.. mantab banget ilmunya.. mudah"an bermanfaat buat temen" yang lainnya.. ijin share ke grup facebook juga ya om. kalau ada yang mau belajar biar buka forum xixixixixi..
Siap sama sama om.. ayooo.. berani bongkar sendiri ga ?nugraha wrote:Wih mantap om share nya. Makasih banyak om ferdian share nya
Iya om.. Lebih irit biaya.. Biar bisa upgrade yang laen..guswija wrote:Manstab bgt om,bisa menghemat 259rb nih.mungkin bisa dimasukan ke diy.
Makasih koreksi nya Pa'De..Pa'de Gung wrote:Wehh...mantap ni D.I.Y nyaa..
Maap saya koreksi dikit ya om..., karena ga ada fotonya jadi bisa salah paham bacanya.
1. Pertama soal lepas velg kanan...?
maksutnya ini velg/roda kiri kan..?
2. Baut kompresor AC..?
Mungkin yg dimaksut baut tensioner AC.
Tidak ada penjelasan bagaimana melepas fan belt AC karena harus kendorkan baut tensioner pulley nya baru kendorkan tensioner dg kunci T10 dari celah dudukan power steering.
3. Lepas uper cover...
Tidak ada langkah melepas tutup head sebelum lepas uper cover.
4. Iner fender...?
Yg dimaksut mungkin tutup dek bawah kiri yg melindungi puley. Kalo iner fender yg di atas roda..ga perlu dilepas.
5. Sayap velg..??
Ga tau yg mana...kan velg udah dilepas..
Menahan pulley disarankan menggunakan alat khusus seperti pipa yg ada rantainya.
6. Timing belt pulley / camshaft pulley.
Tidak cukup hanya mengarahkan tulisan up di atas.
Pointer dan tdc mark harus ketemu.
7. Crankshaft timing belt pulley..
Tidak ada tulisan up di sini..
Adanya tanda titik yg harus ketemu tanda panah.
Makasih share nya om..., semangaatt..
Maklum Pa'De, hanya berbekal wawasan seadanya.. Cuman semangat pengen tau nya gede banget.. itulah saya.. hihihi..
Mengenai special tools, mungkin ga semua orang punya, saya hanya mempergunakan tools seadanya om, biar yang laen ga terlalu pusing mikirin tools nya yang ujung nya jadi ga berani bongkar sendiri.. hehe..
Makasih om ade..adeindra wrote:mantab banget nih...
untuk point 4.. mungkin maksudnya "splash guard" ya...
mantab bener nih om.... walau saya sendiri engga berani xixixi
btw, ada yang suka menyarankan kalo ganti timing belt harus sekalian dengan tensioner timing belt
sebenanrnya bagaimana sih tuh.. apakah bener sebaiknya diganti sekalian atau engga sih?
ditunggu om share nya tentang diy yang lain
Modal nekat aja gara gara kantong kering.. wkwkwkwk
Kalo masalah tensioner sih banyak orang yang emang bilang gitu, mungkin secara logika bener apa yang dikatakan Pa'De..
Masih ada sih DIY yang laen nya om.. saya pernah bikin add on lips bumper depan dan belakang, box audio, midrange pods, bikin spoiler ala JDM (blom kelar kelar ), chamber kit, dll..
Setuju om.. intinya balik lagi sama yang namanya biaya..Pa'de Gung wrote:Nahh itu...splash guard namanya..
Pendapat saya sih...ganti timing belt ga harus sekalian ganti tensioner..
Hanya saja karena pertimbangan menggatinya ga gampang..mumpung dibongkar bisa sekalian diganti.., jadi irit biaya pasang.
Namun kalo mikir gitu..., harusnya sekalian ganti water pump dg pertimbangan yg sama.., ya itu kerusakan laher yg berakibat berisik.
SH3 RED 1990 | Z 1851 KC
Old Nouva Never Die, They Just Get Faster
0 8 1 2 1 0 0 0 4 2 8 7 | D 0 5 8 5 5 D 5
Old Nouva Never Die, They Just Get Faster
0 8 1 2 1 0 0 0 4 2 8 7 | D 0 5 8 5 5 D 5
Re: Timing Belt Replacement ( SHARE )
maaf nubie, emang kalo timing belt putus gpp ya? bukannya klep bisa bengkok kena piston?