Page 3 of 4

Re: Premium Vs Pertalite

Posted: Tue Oct 06, 2015 7:54 am
by adeindra
unik juga ya jika bensin yang oktannya lebih tinggi malah bikin karat atau kotoran tanki kebawa

hmmmmm

Re: Premium Vs Pertalite

Posted: Tue Oct 06, 2015 2:09 pm
by H2150UH
adeindra wrote:unik juga ya jika bensin yang oktannya lebih tinggi malah bikin karat atau kotoran tanki kebawa

hmmmmm
Pernah sy coba pertalite n pertamax buat nyuci karat n korosi pada kabel..
hasilnya bersih..karat pada besi dan korosi pada socket bisa di hilangkan dengan mudah setelah di rendam..apalagi korosi socket..setelah di rendam trs di kocok2 di kaleng isi pertalite atau di pertamax langsung bersih sendiri..klo karat perlu sambil di lap2 setelah di rendam.

Re: Premium Vs Pertalite

Posted: Sun Oct 18, 2015 3:08 am
by prapt0
Tp om, di GC sy koq perasaan jd lebih boros BBM stelah pake pertalite ketimbang pake premium, aneh..

Re: Premium Vs Pertalite

Posted: Sun Oct 18, 2015 10:13 am
by Pa'de Gung
prapt0 wrote:Tp om, di GC sy koq perasaan jd lebih boros BBM stelah pake pertalite ketimbang pake premium, aneh..
Secara teori itu ga mungkin om...
Mungkin salah itung liternya..., banyak spbu nakal nyolong takaran..

Re: Premium Vs Pertalite

Posted: Wed Oct 28, 2015 9:50 am
by devha
bener tuh om kata om arozi ..saya juga merasakan pakai pertalite..tarikan lebih enteng...
trus klo pagi ngidupinnya lebih enak...soalnya GC saya paling susah klo di idupin pagi-pagi..
Untuk lebih yakin coba aja om pake pertalite... :D :)

Re: Premium Vs Pertalite

Posted: Sun Jan 24, 2016 12:44 am
by Redwings27
Izin komen oomm, kemaren pake pertalite (biasanya pake pertamax oplos premium 1:1)

Pertamax oplosan
Efeknya berasa banget oom, Biasanya kalau pake premium full tank, bisa pp depok grogol 4x , Waktu pake oplosan dapet 5,5x pp oom (pas pulang baru ngisi),Efek lainya tarikanya jadi lebih enteng, kalo pagi udah nggak rewel pas di stater, sama suara mesin jadi lebih halus. Selain ituu Harganyaa itu lhoo, lebih murah dari pertalite..

Namun (khusus mobil injeksi) tidak disarankan pake oplosan ini, karena premium memiliki kadar sulfur yang cukup tinggi dan dapat merusak fuel pump, fuel rail, dll. Walaupun dalam pertamax terdapat kandungan pembersih carbon, kandungan sulfur dalam premium akan tetap saja tinggi dan tidak berubah. Singkatnya Untuk memenuhi oktan minimum, pertamax oplosan bisa jadi solusi, tapi untuk membersihkan ruang pembakaran dan fuel system solusi tadi bisa menjadi pilihan yg buruk.

Pertalite
Efek yang dirasain sebenernya sama aja kayak pertamax oplosan, Dari tarikan yang lebih enteng, sampai suara mesin, namun range yg di hasilkan pun berbeda, kalo pake pertamax oplosan bisa dapet 5,5x PP depok grogol, pakai pertalite cuma dapet 5x . Menurut ane sih Mungkin ini efek dari harga bahan per liternya karena lebih murah pertamax oplosan (beda 200 rupiah kalo gasalah), Mungkin lhoo...

Re: Premium Vs Pertalite

Posted: Tue Aug 15, 2017 8:34 am
by ziqzaq
karena selisih pertalite & premium sekarang lumayan jauh nyaris seribu rupiah per liter .. ane telatenin berburu premium di spbu (krn agak susah gak sembarang spbu jual) .. luamayan ngirit

secara konsumsi sih sama saja dg pertalite
tp suara mesin jdi klitik2 .. tarikan terasa berat ...

kudu balik ke pertalite nih ...
klo pertamax blom pernah coba ..

Re: Premium Vs Pertalite

Posted: Tue Aug 15, 2017 8:56 pm
by Pa'de Gung
Sepertinya premium sudah diturunkan octanny, jadi suka ngelitik. Tapi kalo mesin kompresi rendah (turun) mungkin malah cocok.

Re: Premium Vs Pertalite

Posted: Wed Aug 16, 2017 8:06 am
by adeindra
gue udah engga pernah pake premium sejak ada pertalite

diniatin deh sisihin duit dikit untuk bensin xixixi

Re: Premium Vs Pertalite

Posted: Wed Aug 16, 2017 3:28 pm
by ziqzaq
Nahh .. itu ..
spertinya bener bang ade .. premium kualitas nya mmg beda dg premium jaman dulu ..
enek rego enek rupo ...

blm ada yg bahas pertalite vs pertamax ya ???/