Selintas Pelumas (hehe Cinta Buatan Dalam Negeri)

share and discuss about any products used in your car for the engine, interior, exterior, etc.. no promotion from a shop, sponsor or product retail/distributor..
User avatar
nanangsurya
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1836
Joined: Fri Jul 10, 2009 2:54 pm
Location: antar pulau - dalam provinsi
Contact:

Selintas Pelumas (hehe Cinta Buatan Dalam Negeri)

Post by nanangsurya » Sat Apr 21, 2012 10:49 am

SEMOGA BERMANFAAT :)

http://www.pertaminaracing.com/konsulta ... ai+Pelumas
Masa Pakai Pelumas

Saya mau tanya berapa km penggantian untuk Pertamina Prima XP 10-40, Fastron 10-40, Fastron 20-50, Fastron Diesel dan Meditran SX. Karena info yang saya cari di berbagai media tidak jelas dan tidak seragam.Terima kasih atas bantuannya.
Ali, Bandung - nrp9852@yahoo.com

Jawaban:Terima kasih atas perhatian Bapak Ali. Masa pakai pelumas sangat dipengaruhi oleh beberapa hal yang utama, yaitu :
* Kondisi operasi mesin (sempurna tidaknya pembakaran, baik tidaknya proses pendinginan/coolant, mesin sudah aus, dll)
* Kondisi kontaminasi (rutin/tidaknya penggantian filter oli/bbm, medan lintasnya berdebu, berair dll)
* Tata cara pemakaian (penggunaan ringan/berat, normal/tidak, dll)

Pada kondisi penggunaan yang normal maka masa pakai pelumas Pertamina sbb:
* Prima XP 20W-50 API SJ = 7.500 km
* Prima XP 10W-40 API SL = 10.000 km
* Fastron 10W-40 API SL = 15.000 km
* Fastron 20W-50 API SL = 15.000 km
* Meditran SX 15W-40 API CH-4 = 10.000 km

Adanya ketidaknormalan kondisi penggunaan kendaraan sebagaimana dijelaskan di atas, dapat menyebabkan tidak tercapai masa pakai pelumas tersebut. Semoga penjelasan ini bisa menjawab pertanyaan Pak Ali. Terima kasih.

Masa Pakai Prima XP

Dear Redaksi, Saya adalah pemakai oli pertamina Prima XP. Yang membuat saya bingung adalah di rubrik konsultasi ada rekan yang menanyakan umur pemakaian oli Prima XP. Yang mana ada pada jawaban pertama adalah 7500 km, sedangkan yang lain tidak. Jadi yang benar yang mana?
MITRA HPL, Ruko Poris Garden Blok A2 No.3B, Jalan Daan Mogot km 20-(mitrahpl@yahoo.co.id)

Jawaban: Dear Mitra HPL. Terima kasih atas pertanyaannya. Sebetulnya untuk pemakaian oli bukan hanya berdasarkan jarak tempuh semata, melainkan juga mempertimbangkan indikator yang lain, yaitu kondisi jalan yang ditempuh sehari-hari (apakah sering terkena macet atau tidak). Pasalnya biarpun macet dan odometer km tak berjalan, oli tetap bekerja melindungi mesin sehingga mempengaruhi usia pakainya. Nah, untuk Prima XP 20W-50, di lab bisa kita uji ribuan jam yang setara jarak 7.500 km, namun riilnya disarankan 3.000-5.000 km, sementara Prima XP 10W-40 bisa 10.000 km, namun untuk pemakaian normal di jalan raya disarankan tak melebihi 7.500 km. Sementara produk Fastron lebih unggul berkat aditif yang lebih lengkap seperti Nano Guards, sehingga mampu hingga 15.000 km, namun disarankan 10.000 km lebih. Salam



AE Mana Yang Terbaik?

Saya adalah pemilik bengkel dan sering mendapat pertanyaan dari pelanggan. Para pelanggan sering bertanya apa perbedaannya memakai Pelumas Pertamina yang ber-SAE 10W-40 atau 20W-50. Terlebih sekarang Prima XP maupun Fastron ada yang ber-SAE seperti yang saya sebutkan di atas. Terima kasih atas jawabannya.
Slamet Supari, Kepanjen Malang, Jawa Timur

Jawaban: Terima kasih atas kiriman pertanyaan dari Pak Slamet yang tetap setia mempromosikan Pelumas Pertamina kepada para pelanggan bengkelnya. Untuk lebih tepat memakai Pelumas Pertamina yang ber-SAE 10W-40 ataupun SAE 20W-50, maka bapak bisa memastikan dulu usia mobil pelanggan yang akan memakai produk pelumas dari Pertamina. Bila usia kendaraan masih dibawah 5 tahun, maka lebih baik memakai SAE 10W-40. Hal ini dikarenakan jarak clearance antara dinding silinder dan kepala piston masih berkisar antara 0,1-0,3 mm, sehingga memerlukan pelumas yang lebih encer, supaya kompresi mesin tetap terjaga optimal. Kalaupun usia kendaraan telah diatas 5 tahun, maka perlu pelumas yang lebih kental, atau ber-SAE 20W-50. Hal ini disebabkan jarak clearance dinding silinder dan kepala piston telah melebihi 0,5 mm. Jika konsumen memakai Prima XP, maka masa penggantian pelumas idealnya adalah 5.000 km, meski kami telah mengujinya di laboratorium bisa menempuh 10.000 km, sedangkan bila memilih Fastron maka bisa menempuh jarak hingga 7.500 km lebih, sementara di lab bisa hingga 15.000 km. Nah mengapa berbeda, karena sekarang jarak tempuh juga harus memperhatikan kondisi kemacetan atau stop & go. Kendati macet dan posisi odometer km tidak bertambah, tetapi oli mesin tetap bekerja. Bahkan kondisi stop & go merupakan beban terberat bagi oli mesin untuk memberikan perlindungan maksimal pada mesin, yang tentunya turut mengurangi usia pelumas. Semoga Pak Slamet bisa memberikan perbandingan keterangan kepada konsumen bengkelnya. Salam

Oli Diesel Untuk Mobil Bensin?

Redaksi Yth. Saya ingin menanyakan tentang penggunaan Oli Pertamina. Mobil saya Toyota Soluna th 2000, saya mulai pakai dari th. 2005. Sekitar 3 tahun terakhir ini saya pindah ke oli Meditran SX 15W-40 karena untuk spek seperti itu harganya paling murah, sementara performanya juga cukup baik. Pertanyaan saya adalah: 1. Adakah dampak/bahaya penggunaan oli diesel tersebut pada mesin bensin dalam jangka panjang? Untuk penggunaan di mobil bensin, oli pertamina apa yg setara kualitasnya dgn Meditran SX? 2. Dalam berapa KM saya harus mengganti Meditran SX pada mobil saya tersebut? Dulu mobil sering untuk luar kota (Semarang-Jakarta) tapi sekarang lebih banyak dalam kota. Selama ini saya ganti tiap 5000 km. 3. Apakah Fastron Diesel bisa dipakai untuk mobil saya? Berapa KM jarak penggantian olinya? 4. Untuk oli motor (saya pakai Enduro Racing utk Jupiter MX), tiap penggantian oli ada sisa 200 ml. Jika 4x ganti oli, sudah terkumpul 800 ml. Amankah jika oli tersebut dipakai untuk mengisi oli motor saya? Adakah kerusakan pada struktur molekul oli jika berada dalam kondisi botol sudah pernah terbuka/terkena O2? Terimakasih atas jawabannya.
M. Agung Wahyudi-(mas_agung_wahyudi@yahoo.com)

Jawaban: Terima kasih atas kepercayaan Mas Agung beralih ke produk pelumas Pertamina. Pada intinya oli mesin bensin maupun diesel bisa saling digunakan. Coba Mas Agus perhatikan, seringkali dalam kemasan pelumas ada pertanda API S.../C..., artinya oli tersebut dapat digunakan untuk mesin bensin dan diesel. Nah untuk Meditran SX, di laboratorium kami telah mengujinya hingga 10.000 km dan itu pun masih baik. Namun di pemakaian riil yang kemungkinan terkena macet, idealnya antara 5.000-7.000 km. Jika Fastron Diesel di lab mampu 15.000 km, riil hendaknya antara 10.000 km saja. Tentang oli sisa, pada intinya jika penyimpanannya baik dalam kondisi tertutup, oli akan tetap layak pakai. Salam




NB: Bagi Anda yang mengajukan pertanyaan bisa mengirimkan email ke redaksi@pertaminaracing.com, atau mengisi form di bawah ini.


http://groups.yahoo.com/group/mesin_pol ... 1622?var=1

Pelumas Pertamina Vs Competitors Topic List < Prev Topic | Next Topic >
Reply < Prev Message | Next Message >
Oli apakah yang anda pakai
Ischaq Sumartonohadji ME 88

Majalah Mobilmotor (MM)bekerja sama dengan BPPT Serpong di Balai
Termodinamika Motor dan Propulsi (BMTP) melakukan uji coba 22 jenis
pelumas yang mesin kendaraan yang beredar di Indonesia.
Sebagian hasil uji oli dari jenis semi sintetik dan sintetik.
Pelumas Semi Sintetik SAE 20W - 50
Ranking
1.Castrol GTX nilai total 72
2.Penzoil GT Performance+ nilai total 67
3.Pertamina Prima XP 62
4.Pertamina Fastron Semi 61
5.Top 1 Semi Synthetic 58
6.Global PA X'tra Sinergie 57
Pelumas Sintetik SAE 10W-40
Ranking
1.Pertamina Fastron Synthetic nilai total 66
2.Mobil Super nilai total 63
3.Fuch Titan carat nilai total 61
4.Shell Helix Plus nilai total 60
5.Global PA nilai total 58
6.Castrol GTX nilai total 56
7.Aral Basic Tronic nilai total 52
Kesimpulan hasil uji :
Berdasarkan uji laboratorium dan analisis unjuk kerja pelumasan
sampel pelumas uji dapat disimpulkan :
1.Pelumas mineral memiliki viskositas terlalu tinggi pada 100°C
(temperatur operasional) , hal ini dapat menurunkan efisiensi kerja.
2.Pelumas semi sintetik Top 1 Synthetic kandungan aditif anti
oksidan dan anti wear terlalu rendah, diprediksi usia pakai lebih
pendek.
3.Hasil analisis terhadap pelumas semi sintetik menunjukkan bahwa
kualitasnya tidak terlalu istimewa debanding pelumas mineral.
4.Pelumas sintetik Global Petro America dan Indomobil Super Syn
memiliki kandungan detergent terlalu rendah, sehingga usia pakai
pelumas diprediksi pendek.
5.Fastron Synthetic Oil 10W - 40 meduduki peringkat 1 dari semua
pelumas sintetik uji.
087851129898
http://www.facebook.com/nanang.surya.h
https://twitter.com/nanangsoerjah
...bukan hanya sekedar mobil yang bikin berat ninggalin ni EF.....tapi rasa persaudaraan disini yang lebih terasa memberatkan...

User avatar
choElo98
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1613
Joined: Thu Jan 14, 2010 1:46 pm
Location: Padang-Pariaman-Bukittingi

Re: Selintas Pelumas (hehe Cinta Buatan Dalam Negeri)

Post by choElo98 » Sun Apr 22, 2012 10:57 am

Saya pernah nanya ke bengkel, untuk civic wonder, grandcivic di sarankan pake mesran sae 40. Bgmn pendapat om2 semua?
" ...ciek,,duo,,,tigo,,,gooooooooooo ... "


Mari Rame_in Forum

User avatar
nanangsurya
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1836
Joined: Fri Jul 10, 2009 2:54 pm
Location: antar pulau - dalam provinsi
Contact:

Re: Selintas Pelumas (hehe Cinta Buatan Dalam Negeri)

Post by nanangsurya » Sun Apr 22, 2012 6:41 pm

choElo98 wrote:Saya pernah nanya ke bengkel, untuk civic wonder, grandcivic di sarankan pake mesran sae 40. Bgmn pendapat om2 semua?
wadohhhhhh.....itu mesran yg mana ya om 10/40 , 15/40, ato single grade sae 40 ajah.....secara prinsip ga masalh kok om....karena secara sifat klo pada suhu panas kekentalan oli cenderung sama. Yang membedakan adalah pada saat dingin...klo pake sae single grade 40....starna agak susah ajah, tapi klo kondisi mesin dah berat presisinya ya pake sae 40 hehehe ya ok ajah om......CMIIW
087851129898
http://www.facebook.com/nanang.surya.h
https://twitter.com/nanangsoerjah
...bukan hanya sekedar mobil yang bikin berat ninggalin ni EF.....tapi rasa persaudaraan disini yang lebih terasa memberatkan...

User avatar
Riky
GC Noob
GC Noob
Posts: 132
Joined: Thu May 24, 2012 9:54 pm
Location: Karawang - Bandung
Contact:

Re: Selintas Pelumas (hehe Cinta Buatan Dalam Negeri)

Post by Riky » Sat Jun 09, 2012 4:56 pm

Maksudnya angka2 di atas apa Om? Brarti untuk 20-50 castriol GTX bagus?
Riky Virdiana
D 1935 BN
88 Maroon Nouva

User avatar
nanangsurya
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1836
Joined: Fri Jul 10, 2009 2:54 pm
Location: antar pulau - dalam provinsi
Contact:

Re: Selintas Pelumas (hehe Cinta Buatan Dalam Negeri)

Post by nanangsurya » Sat Jun 09, 2012 9:12 pm

Riky wrote:Maksudnya angka2 di atas apa Om? Brarti untuk 20-50 castriol GTX bagus?
angka 20W/50, 20W menunjukin tingkat kekentalan olie pada suhu dingin -10 s/d -15 adalah sae 20 (w singkatan winter) dan angka 50 menunjukin pada suhu tinggi tingkat kekentalan
setara sae 50. Makin tinggi angka sae artinya semakin kental, sedang mutu pelumas di artikan dengan kode API SC, SD, SE, SF dst makin tingki kode huruf setelah S makin baik. Jadi di cek dulu om.....kode API nya apa.......klo masalah merk.......hehehehe.......bebas mau yg mana, klo saya biasae cari yang murah tapi berkualitas....
087851129898
http://www.facebook.com/nanang.surya.h
https://twitter.com/nanangsoerjah
...bukan hanya sekedar mobil yang bikin berat ninggalin ni EF.....tapi rasa persaudaraan disini yang lebih terasa memberatkan...

User avatar
Riky
GC Noob
GC Noob
Posts: 132
Joined: Thu May 24, 2012 9:54 pm
Location: Karawang - Bandung
Contact:

Re: Selintas Pelumas (hehe Cinta Buatan Dalam Negeri)

Post by Riky » Sun Jun 10, 2012 1:52 pm

Maksudnya castrol GTX dapet point 70 itu lho Om.. Nilai apa itu? Kalo ga salah penilaian ada beberapa.. Apa point makin gede makin baik?
Riky Virdiana
D 1935 BN
88 Maroon Nouva

User avatar
nanangsurya
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1836
Joined: Fri Jul 10, 2009 2:54 pm
Location: antar pulau - dalam provinsi
Contact:

Re: Selintas Pelumas (hehe Cinta Buatan Dalam Negeri)

Post by nanangsurya » Mon Jun 11, 2012 2:15 pm

Riky wrote:Maksudnya castrol GTX dapet point 70 itu lho Om.. Nilai apa itu? Kalo ga salah penilaian ada beberapa.. Apa point makin gede makin baik?
ohh itu penilaian laboratorium om...iya dia dapat nilai yg paling bagus untuk semi sintetic yang di uji
087851129898
http://www.facebook.com/nanang.surya.h
https://twitter.com/nanangsoerjah
...bukan hanya sekedar mobil yang bikin berat ninggalin ni EF.....tapi rasa persaudaraan disini yang lebih terasa memberatkan...

User avatar
Riky
GC Noob
GC Noob
Posts: 132
Joined: Thu May 24, 2012 9:54 pm
Location: Karawang - Bandung
Contact:

Re: Selintas Pelumas (hehe Cinta Buatan Dalam Negeri)

Post by Riky » Tue Jun 12, 2012 1:09 pm

Mesinku hari ini udah "perawan" lagi walaupun Oversize 50. Oli pertama 500km pake Prima XP.
Sebenernya GC lebih cocok 10W40 atau 15W50/20W50 sih?
Kalo Oli nggak rembes2/nguap banyak dan membuat mesin lebih terlindung mungkin lebih baik kubiasakan pake 10W40 HX7.. tapi kalo sebaliknya ya 10W50nya HX5 saja..
Buatku performa nomer 2, yang penting dia optimum melindungi mesin dari gesekan dan deterjennya bekerja baik :D ngga dipake balap, mau disayang2 banget mesinnya..
Karena aku pernah baca di tabloid luar komparasi (nggak tau netral apa enggak ya Oms), umumnya 20W50 lebih baik melindungi dari gesekan.. Sapa tau Om2 sekalian ada referensi lain..
Di majalah itu yang paling top melindungi dari gesekan kalo nggak salah oli Royal Purple, tapi lupa visconya berapa, udh lama juga sih :oops:

Thanks Oomm..
Riky Virdiana
D 1935 BN
88 Maroon Nouva

User avatar
nanangsurya
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1836
Joined: Fri Jul 10, 2009 2:54 pm
Location: antar pulau - dalam provinsi
Contact:

Re: Selintas Pelumas (hehe Cinta Buatan Dalam Negeri)

Post by nanangsurya » Tue Jun 12, 2012 2:12 pm

Riky wrote:Mesinku hari ini udah "perawan" lagi walaupun Oversize 50. Oli pertama 500km pake Prima XP.
Sebenernya GC lebih cocok 10W40 atau 15W50/20W50 sih?
Kalo Oli nggak rembes2/nguap banyak dan membuat mesin lebih terlindung mungkin lebih baik kubiasakan pake 10W40 HX7.. tapi kalo sebaliknya ya 10W50nya HX5 saja..
Buatku performa nomer 2, yang penting dia optimum melindungi mesin dari gesekan dan deterjennya bekerja baik :D ngga dipake balap, mau disayang2 banget mesinnya..
Karena aku pernah baca di tabloid luar komparasi (nggak tau netral apa enggak ya Oms), umumnya 20W50 lebih baik melindungi dari gesekan.. Sapa tau Om2 sekalian ada referensi lain..
Di majalah itu yang paling top melindungi dari gesekan kalo nggak salah oli Royal Purple, tapi lupa visconya berapa, udh lama juga sih :oops:

Thanks Oomm..
sekelas , seumur GC better pake 20/50 om, merk bebas lah klo bisa yang API servicenya tinggi
087851129898
http://www.facebook.com/nanang.surya.h
https://twitter.com/nanangsoerjah
...bukan hanya sekedar mobil yang bikin berat ninggalin ni EF.....tapi rasa persaudaraan disini yang lebih terasa memberatkan...

User avatar
way nugraha
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1389
Joined: Mon Jun 08, 2009 3:44 pm
Location: jakarta
Contact:

Re: Selintas Pelumas (hehe Cinta Buatan Dalam Negeri)

Post by way nugraha » Tue Jun 12, 2012 4:33 pm

Nice info.. Makin paham sepaham2nya.. :)
Way Nugraha
twitter: @waynugraha
email: waynugraha@grandcivic.com

go LOW or ga LAW

best i ever had:
viewtopic.php?f=11&t=3868

Post Reply