Bantu ramein ya Om..
Kalo beli ban bekas, nomer satu pastiin yg dibeli itu "ban ori", bilang aja gitu. Bilang "saya ngga mau yg batikan". Ban batikan itu maksudnya, alur yang ada kan udah tipis, didalemin lagi sama pembuat ban dengan mencoak alurnya. Jadi tipis bannya. Kan ngeri tuh..
Nomer 2, liat kondisi.. Stuju sama Oms2 sebelumnya. Sebenernya ada indikator keausan kayak semacam tonjolan di dalem alur. Kalo kembang ban sudah rata (sama tinggi) dgn indikator tsb, kemampuan buang airnya udah minimal. *ban saya tipis dan ngalamin aquaplaning tadi di cipularang* hehehe!
Kalo bisa, memang jangan ban yg ada retak halus (apalagi retak gede).
Jangan yg banyak bekas tambalan, apalagi pernah bocor gede, bakal masalah..
Lalu liat taun pembuatan. Kalo bisa memang max taun 2008 (utk pemakaian darurat). 2010 (masih mayan agak sedikit kenyal komponnya nih).
Ganti ban disarankan 1 sumbu roda (2 biji). Sama merk, type dan ukuran. Alesannya ya pembuangan air, aero di roda, gigitan (grip) ke aspal kanan kiri, dll. Kalo alurnya beda pasti ada resiko ketika nabrak air.
Trus perhatikan apakah ada arah rotasi ban (tanda panah), itu mesti dipatuhi Om, bahaya kalo nabrak air. Perhatikan jg apakah ada inside-outside label di ban. Outside menghadap sisi luar mobil, inside di dalem.
Terakhir dari saya, habis pasang ban, balance lagi rodanya ya Om. Kadang beli ban second itu bannya sendiri udah nggak balance.
Panjang karena saya sering beli ban bekas, tp dipikir lagi mending beli baru, achilles/gt/dunlop cukup baik. Ada dana lebih, bridgestone dan yg lainnya. Lebih aman, kepakenya jg lebih lama