Survey HCS -> end result
- badooy
- Site Admin
- Posts: 10094
- Joined: Fri May 23, 2008 8:34 pm
- Location: Bintaro - Semanggi - Cicaheum
- Contact:
Re: Survey HCS -> end result
1. Onta + ok - blm ngefek dalkot
2. Arip berasa nambah belom irit.. sama aja
3. Ndaru ; Power OK dikit; blom nemu irite (blom setel karbu); air dari knalpot udah semburat
4. PP: Power OK, dalkot sama aja hehehe soalnya di jakarta sih, macet mulu. Udah pake dual sistem juga. Capek, dicopot dulu.
5. Yogawisnu : power OK, Irit : dikit. capek ngisi jerigen, sementara copot dulu
6. Fasc, power:tarikan trasa lebih enteng tapi cuma sugesti pa bukan gak dyno, irit: lumayan lah
btw, pake seminggu trus ta'lempar, sehabis pulkam bikin trouble, kalo ac on, rpm jadi drop, males ribetnya juga
7. Badooy: power enak, irit: mayan tergantung kaki kanan (ket. belum pasang HCS) *kabooorrrrr
2. Arip berasa nambah belom irit.. sama aja
3. Ndaru ; Power OK dikit; blom nemu irite (blom setel karbu); air dari knalpot udah semburat
4. PP: Power OK, dalkot sama aja hehehe soalnya di jakarta sih, macet mulu. Udah pake dual sistem juga. Capek, dicopot dulu.
5. Yogawisnu : power OK, Irit : dikit. capek ngisi jerigen, sementara copot dulu
6. Fasc, power:tarikan trasa lebih enteng tapi cuma sugesti pa bukan gak dyno, irit: lumayan lah
btw, pake seminggu trus ta'lempar, sehabis pulkam bikin trouble, kalo ac on, rpm jadi drop, males ribetnya juga
7. Badooy: power enak, irit: mayan tergantung kaki kanan (ket. belum pasang HCS) *kabooorrrrr
- AE 1201 SF
- GC Lover
- Posts: 458
- Joined: Tue Jan 19, 2010 8:33 pm
- Location: Ponorogo - Jawi Wetan
Re: Survey HCS -> end result
ini dalam rangka jg mo pasang apa survey pasar ya. hihihi.......( mode langsung offline )
Nafis R01han
Re: Survey HCS -> end result
Hahaha
benernya pingin tau kendala gc'ers yg sdh pernah pk hcs.
Intinya, tanpa merubah driving style, irit bisa tercapai.
Kmrn beli aerator pump dc, sayangnya kekecilan. Bluequetuq'e terlalu kecil.
Testi hcs rata2 dapet power, klo turunan pake gigi 4 serasa tambah liar
[Post made via Mobile Device]
benernya pingin tau kendala gc'ers yg sdh pernah pk hcs.
Intinya, tanpa merubah driving style, irit bisa tercapai.
Kmrn beli aerator pump dc, sayangnya kekecilan. Bluequetuq'e terlalu kecil.
Testi hcs rata2 dapet power, klo turunan pake gigi 4 serasa tambah liar
[Post made via Mobile Device]
- nanangsurya
- GC Maniac
- Posts: 1837
- Joined: Fri Jul 10, 2009 2:54 pm
- Location: antar pulau - dalam provinsi
- Contact:
Re: Survey HCS -> end result
Huuuaaaa...kok banyak yang ga berhasil.....
Sekedar masukan/wacana...
Kelebihan :
1. Bisa nambahin power....tapi keknya sugesti kali...karena ga pernah dyno.....yang jelas saya sekarang terbiasa pake gigi 5 untuk 60 kph
2. Bisa nambah irit...mesin standart secara mesin saya ga begitupaham...Lukot 1:12, dalkot 1:9-10 jadi Lukot 1:17-21 dalkot 1:13-17.5, Tol 1:35 kec 80 kph
Kekurangan
1. Ribet sering ngisi pertamax/premium tiap beberapa waktu karena hidrogen bakal habis walo cairan masih ada
2. Ga bisa sekali jadi, harus beberapa trial and error karena harus tahu kebiasaan tiap kendaraan
3. Kurang ngaruh iritnya di high speed dan drag driving style
Masukan
1. HCS ga cocok buat penganut pencari power & speed karena ga dapet irit, secara saya di Tol klo jalan 135 kph juga ga tembus 1:20
2. Untuk membantu stock hidrogen bisa memakai tabung besar....bikin dari jerigen oli
3. Harus di pilih cari power atau cari irit
4. Untuk pencari yang biasa high speed & drag drive style...mau ga mau harus lebih moderat ngedrivenya
5. Untuk membantu settingan :
* mulai dari buka kran udara samapi rpm naek.......atau di saat waktu di ajak narik tenaga hilang/berat, baru di buka kran tabung HCS
* hal ini untuk mengurangi pasokan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar dan akan di gantikan oleh hidrogen dari HCS
* untuk yang sudah dapat power tapi kurang dapat iritnya.....harus di pikirkan cara untuk mengurangi pasokan bahan bakar ke dalam ruang bakar sehingga tenaga tidak mubazir (untuk drive style moderat)
* intake yang paling bagus adalah dari PCV valve
* makin tinggi kevakuman hasilnya akan makin baik
Ini sedikit pengalaman saya memakai dan ikut memasarkan HCS.....semoga bisa membantu
Salam
Nanang Surya
Sekedar masukan/wacana...
Kelebihan :
1. Bisa nambahin power....tapi keknya sugesti kali...karena ga pernah dyno.....yang jelas saya sekarang terbiasa pake gigi 5 untuk 60 kph
2. Bisa nambah irit...mesin standart secara mesin saya ga begitupaham...Lukot 1:12, dalkot 1:9-10 jadi Lukot 1:17-21 dalkot 1:13-17.5, Tol 1:35 kec 80 kph
Kekurangan
1. Ribet sering ngisi pertamax/premium tiap beberapa waktu karena hidrogen bakal habis walo cairan masih ada
2. Ga bisa sekali jadi, harus beberapa trial and error karena harus tahu kebiasaan tiap kendaraan
3. Kurang ngaruh iritnya di high speed dan drag driving style
Masukan
1. HCS ga cocok buat penganut pencari power & speed karena ga dapet irit, secara saya di Tol klo jalan 135 kph juga ga tembus 1:20
2. Untuk membantu stock hidrogen bisa memakai tabung besar....bikin dari jerigen oli
3. Harus di pilih cari power atau cari irit
4. Untuk pencari yang biasa high speed & drag drive style...mau ga mau harus lebih moderat ngedrivenya
5. Untuk membantu settingan :
* mulai dari buka kran udara samapi rpm naek.......atau di saat waktu di ajak narik tenaga hilang/berat, baru di buka kran tabung HCS
* hal ini untuk mengurangi pasokan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar dan akan di gantikan oleh hidrogen dari HCS
* untuk yang sudah dapat power tapi kurang dapat iritnya.....harus di pikirkan cara untuk mengurangi pasokan bahan bakar ke dalam ruang bakar sehingga tenaga tidak mubazir (untuk drive style moderat)
* intake yang paling bagus adalah dari PCV valve
* makin tinggi kevakuman hasilnya akan makin baik
Ini sedikit pengalaman saya memakai dan ikut memasarkan HCS.....semoga bisa membantu
Salam
Nanang Surya
087851129898
http://www.facebook.com/nanang.surya.h
https://twitter.com/nanangsoerjah
...bukan hanya sekedar mobil yang bikin berat ninggalin ni EF.....tapi rasa persaudaraan disini yang lebih terasa memberatkan...
http://www.facebook.com/nanang.surya.h
https://twitter.com/nanangsoerjah
...bukan hanya sekedar mobil yang bikin berat ninggalin ni EF.....tapi rasa persaudaraan disini yang lebih terasa memberatkan...
Re: Survey HCS -> end result
kalo saya sih masih penasaran caranya nyetel kran HCS & air mix-nya, serta pengin tau gaya nyetirnya om Nanang kayak apa sih bisa sehemat itu... , tapi HCS tetep terpasang di GC kok....
GRAND CIVIC
Legenda Jalan Raya Negara Indonesia
Legenda Jalan Raya Negara Indonesia
Re: Survey HCS -> end result
1. Onta + ok - blm ngefek dalkot
2. Arip berasa nambah belom irit.. sama aja
3. Ndaru ; Power OK dikit; blom nemu irite (blom setel karbu); air dari knalpot udah semburat
4. PP: Power OK, dalkot sama aja hehehe soalnya di jakarta sih, macet mulu. Udah pake dual sistem juga. Capek, dicopot dulu.
5. Yogawisnu : power OK, Irit : dikit. capek ngisi jerigen, sementara copot dulu
6. Fasc, power:tarikan trasa lebih enteng tapi cuma sugesti pa bukan gak dyno, irit: lumayan lah
btw, pake seminggu trus ta'lempar, sehabis pulkam bikin trouble, kalo ac on, rpm jadi drop, males ribetnya juga
7. Badooy: power enak, irit: mayan tergantung kaki kanan (ket. belum pasang HCS) *kabooorrrrr
8. Cahyo : udah pasang. awalnya di vacuum master. tapi banyak masalah. yg terjadi yang bacaan vacuum gauge kacau idle ac susah. dll, dll. kemudian pindah pasang ke pipa pcv valve. sekalian ganti valvenya biar kompatibel sama pcv yg umum (punya kijang). hasil lumayan, sedotan maksimal. hihi 50 km habis 300 cc petramax (yg di HCS). sementara premiumnya kira2 20 ribu dapet +- 60 KM. masalahnya mungkin di ruang pembakaran yang gak pernah di bersihin. keraknya tuebel. klep atasnya rajin bunyi klik klik.. (saking kotornya) pengen turun setengah. kok gak kuat "kaget"nya. ya udah sementara pake redline si-1aja ini baru setengah tengki. lumayan udah kurang ngelitiknya. (omong2 kok malah curhat ya?).
9. 4rif : Sebelum pasang HCS tune up dulu, bersihin karburator, stel klep, ganti oli berikut saringannya. Tabung HCS diisi
pertamax 700 cc. isi bensin dari cianjur full tank, reset odometer, Langsung tancep jalan ke Bandung, perjalanan cianjur-
cipeuyeum kondisi jalan cenderung datar kecepatan rata2 40-60 km/Jam, jalan santai ga ugal-ugalan injek gas pelan diurut,
Perjalanan Cipeuyeum-Tagog Apu menanjak dan berkelok-kelok kecepatan rata-rata 40 km/jam,
perjalanan Tagog Apu-padalarang- Tol-keluar Pasteur cenderung datar( Berhenti 30 menit di Okeke padalarang ).
Kecepatan di tol dibejek ampe 120 km/jam. berenti Isi bensin kembali di Surya Sumantri deket kampus
maranata, odometer menunjukan 58km, kemudian isi bensin kembali ampe full 3.2 liter...jadi kalo diitung pake calculator
58/3.2=18.125 km/l. Sepanjang perjalanan gak terasa ada penambahan tenaga, malah perjalanan cipeuyeum-Tagog apu
menanjak cenderung berat..Cuma yang jadi pertanyaan..:
1. setelah nyampe di bandung tempat tujuan, kap mesin dibuka, mesin terasa begitu panas, padahal sepanjang perjalanan
temperatur terbaca normal
2. Reservoir Tank yang tadinya berisi 700 cc pertamax berkurang ampe dibawah garis batas yg bawah, +- sisa 20%
reservoir tank kenapa ya..
Test sebaliknya Bandung-cianjur belum dilakukan, karena keburu mangkat gawe...hikhikhik..
2. Arip berasa nambah belom irit.. sama aja
3. Ndaru ; Power OK dikit; blom nemu irite (blom setel karbu); air dari knalpot udah semburat
4. PP: Power OK, dalkot sama aja hehehe soalnya di jakarta sih, macet mulu. Udah pake dual sistem juga. Capek, dicopot dulu.
5. Yogawisnu : power OK, Irit : dikit. capek ngisi jerigen, sementara copot dulu
6. Fasc, power:tarikan trasa lebih enteng tapi cuma sugesti pa bukan gak dyno, irit: lumayan lah
btw, pake seminggu trus ta'lempar, sehabis pulkam bikin trouble, kalo ac on, rpm jadi drop, males ribetnya juga
7. Badooy: power enak, irit: mayan tergantung kaki kanan (ket. belum pasang HCS) *kabooorrrrr
8. Cahyo : udah pasang. awalnya di vacuum master. tapi banyak masalah. yg terjadi yang bacaan vacuum gauge kacau idle ac susah. dll, dll. kemudian pindah pasang ke pipa pcv valve. sekalian ganti valvenya biar kompatibel sama pcv yg umum (punya kijang). hasil lumayan, sedotan maksimal. hihi 50 km habis 300 cc petramax (yg di HCS). sementara premiumnya kira2 20 ribu dapet +- 60 KM. masalahnya mungkin di ruang pembakaran yang gak pernah di bersihin. keraknya tuebel. klep atasnya rajin bunyi klik klik.. (saking kotornya) pengen turun setengah. kok gak kuat "kaget"nya. ya udah sementara pake redline si-1aja ini baru setengah tengki. lumayan udah kurang ngelitiknya. (omong2 kok malah curhat ya?).
9. 4rif : Sebelum pasang HCS tune up dulu, bersihin karburator, stel klep, ganti oli berikut saringannya. Tabung HCS diisi
pertamax 700 cc. isi bensin dari cianjur full tank, reset odometer, Langsung tancep jalan ke Bandung, perjalanan cianjur-
cipeuyeum kondisi jalan cenderung datar kecepatan rata2 40-60 km/Jam, jalan santai ga ugal-ugalan injek gas pelan diurut,
Perjalanan Cipeuyeum-Tagog Apu menanjak dan berkelok-kelok kecepatan rata-rata 40 km/jam,
perjalanan Tagog Apu-padalarang- Tol-keluar Pasteur cenderung datar( Berhenti 30 menit di Okeke padalarang ).
Kecepatan di tol dibejek ampe 120 km/jam. berenti Isi bensin kembali di Surya Sumantri deket kampus
maranata, odometer menunjukan 58km, kemudian isi bensin kembali ampe full 3.2 liter...jadi kalo diitung pake calculator
58/3.2=18.125 km/l. Sepanjang perjalanan gak terasa ada penambahan tenaga, malah perjalanan cipeuyeum-Tagog apu
menanjak cenderung berat..Cuma yang jadi pertanyaan..:
1. setelah nyampe di bandung tempat tujuan, kap mesin dibuka, mesin terasa begitu panas, padahal sepanjang perjalanan
temperatur terbaca normal
2. Reservoir Tank yang tadinya berisi 700 cc pertamax berkurang ampe dibawah garis batas yg bawah, +- sisa 20%
reservoir tank kenapa ya..
Test sebaliknya Bandung-cianjur belum dilakukan, karena keburu mangkat gawe...hikhikhik..
D 1547 KD
Re: Survey HCS -> end result
yang nggak ngartinya nih.. sekarang mau pake pertamax ataupun nggak , powernya gak jauh beda..
- nanangsurya
- GC Maniac
- Posts: 1837
- Joined: Fri Jul 10, 2009 2:54 pm
- Location: antar pulau - dalam provinsi
- Contact:
Re: Survey HCS -> end result
om 4rif klo mesin lebih panas hrsna temp meter juga naik lalu penambahan tenaga kurang bisa jadi bukaan angin terlalu besar om jadinya kevakuman kecil jadi tenaga berkurang.....coba kran angin diputer dikit aja om,, trus yang untuk reservoir tabung....sebagai tes, di ujung buntut selang tolong di beri botol aqua bekas untuk ngeliat ada perta yang keluar dr buntut gak klo ada perta di botol berarti ada tekanan balik dari mesin dan harus di beri one way valve....klo ga ada perta di botol aqua...puteran kran reservoir di kecilin.....4rif wrote:1. Onta + ok - blm ngefek dalkot
2. Arip berasa nambah belom irit.. sama aja
3. Ndaru ; Power OK dikit; blom nemu irite (blom setel karbu); air dari knalpot udah semburat
4. PP: Power OK, dalkot sama aja hehehe soalnya di jakarta sih, macet mulu. Udah pake dual sistem juga. Capek, dicopot dulu.
5. Yogawisnu : power OK, Irit : dikit. capek ngisi jerigen, sementara copot dulu
6. Fasc, power:tarikan trasa lebih enteng tapi cuma sugesti pa bukan gak dyno, irit: lumayan lah
btw, pake seminggu trus ta'lempar, sehabis pulkam bikin trouble, kalo ac on, rpm jadi drop, males ribetnya juga
7. Badooy: power enak, irit: mayan tergantung kaki kanan (ket. belum pasang HCS) *kabooorrrrr
8. Cahyo : udah pasang. awalnya di vacuum master. tapi banyak masalah. yg terjadi yang bacaan vacuum gauge kacau idle ac susah. dll, dll. kemudian pindah pasang ke pipa pcv valve. sekalian ganti valvenya biar kompatibel sama pcv yg umum (punya kijang). hasil lumayan, sedotan maksimal. hihi 50 km habis 300 cc petramax (yg di HCS). sementara premiumnya kira2 20 ribu dapet +- 60 KM. masalahnya mungkin di ruang pembakaran yang gak pernah di bersihin. keraknya tuebel. klep atasnya rajin bunyi klik klik.. (saking kotornya) pengen turun setengah. kok gak kuat "kaget"nya. ya udah sementara pake redline si-1aja ini baru setengah tengki. lumayan udah kurang ngelitiknya. (omong2 kok malah curhat ya?).
9. 4rif : Sebelum pasang HCS tune up dulu, bersihin karburator, stel klep, ganti oli berikut saringannya. Tabung HCS diisi
pertamax 700 cc. isi bensin dari cianjur full tank, reset odometer, Langsung tancep jalan ke Bandung, perjalanan cianjur-
cipeuyeum kondisi jalan cenderung datar kecepatan rata2 40-60 km/Jam, jalan santai ga ugal-ugalan injek gas pelan diurut,
Perjalanan Cipeuyeum-Tagog Apu menanjak dan berkelok-kelok kecepatan rata-rata 40 km/jam,
perjalanan Tagog Apu-padalarang- Tol-keluar Pasteur cenderung datar( Berhenti 30 menit di Okeke padalarang ).
Kecepatan di tol dibejek ampe 120 km/jam. berenti Isi bensin kembali di Surya Sumantri deket kampus
maranata, odometer menunjukan 58km, kemudian isi bensin kembali ampe full 3.2 liter...jadi kalo diitung pake calculator
58/3.2=18.125 km/l. Sepanjang perjalanan gak terasa ada penambahan tenaga, malah perjalanan cipeuyeum-Tagog apu
menanjak cenderung berat..Cuma yang jadi pertanyaan..:
1. setelah nyampe di bandung tempat tujuan, kap mesin dibuka, mesin terasa begitu panas, padahal sepanjang perjalanan
temperatur terbaca normal
2. Reservoir Tank yang tadinya berisi 700 cc pertamax berkurang ampe dibawah garis batas yg bawah, +- sisa 20%
reservoir tank kenapa ya..
Test sebaliknya Bandung-cianjur belum dilakukan, karena keburu mangkat gawe...hikhikhik..
087851129898
http://www.facebook.com/nanang.surya.h
https://twitter.com/nanangsoerjah
...bukan hanya sekedar mobil yang bikin berat ninggalin ni EF.....tapi rasa persaudaraan disini yang lebih terasa memberatkan...
http://www.facebook.com/nanang.surya.h
https://twitter.com/nanangsoerjah
...bukan hanya sekedar mobil yang bikin berat ninggalin ni EF.....tapi rasa persaudaraan disini yang lebih terasa memberatkan...
- nanangsurya
- GC Maniac
- Posts: 1837
- Joined: Fri Jul 10, 2009 2:54 pm
- Location: antar pulau - dalam provinsi
- Contact:
Re: Survey HCS -> end result
om alk......penyetelan awal air mix di buka sampai rpm naik dan klo diajak lari mobil ga ada tenaganya/berat, baru di puter tuh kran HCS mpe tenaga normal......klo mesin panas bisa jadi airmix kebanyaken bukanya.....alk wrote:kalo saya sih masih penasaran caranya nyetel kran HCS & air mix-nya, serta pengin tau gaya nyetirnya om Nanang kayak apa sih bisa sehemat itu... , tapi HCS tetep terpasang di GC kok....
karena saya pencari irit .......sehari 80km klo tanpa HCS sehari bisa 40K sekarang bisa 15-20K paling jelek 25K jalanan surabaya, jadi ya sebisa mungkin kaki saya sekolahin bener2....sebagai ilustrasi di jalan tol 18km ditempuh 20 menit.......pagi hari banyak truk masuk kota
087851129898
http://www.facebook.com/nanang.surya.h
https://twitter.com/nanangsoerjah
...bukan hanya sekedar mobil yang bikin berat ninggalin ni EF.....tapi rasa persaudaraan disini yang lebih terasa memberatkan...
http://www.facebook.com/nanang.surya.h
https://twitter.com/nanangsoerjah
...bukan hanya sekedar mobil yang bikin berat ninggalin ni EF.....tapi rasa persaudaraan disini yang lebih terasa memberatkan...
- nanangsurya
- GC Maniac
- Posts: 1837
- Joined: Fri Jul 10, 2009 2:54 pm
- Location: antar pulau - dalam provinsi
- Contact:
Re: Survey HCS -> end result
untuk beda bensin ma pertamx...seharusna secara umum adalah lebih baik pertamx...tetapi hal itu juga tergantung kondisi tiap kendaraan....di awal saya pakai pertamx jauh lebih kerasa di irit dan tenaga...tetap setelah saya rubah pengapiannya.....saat ini torsi lebih enak bensin tetapi untuk masa pakai pertamax lebih lama......klo di itung2 masing ekonomis bensin udah sebulan ini saya ganti pakai bensin di tangki HCS nya....o..iya saya pakai tangki 4 literariphrp wrote:yang nggak ngartinya nih.. sekarang mau pake pertamax ataupun nggak , powernya gak jauh beda..
087851129898
http://www.facebook.com/nanang.surya.h
https://twitter.com/nanangsoerjah
...bukan hanya sekedar mobil yang bikin berat ninggalin ni EF.....tapi rasa persaudaraan disini yang lebih terasa memberatkan...
http://www.facebook.com/nanang.surya.h
https://twitter.com/nanangsoerjah
...bukan hanya sekedar mobil yang bikin berat ninggalin ni EF.....tapi rasa persaudaraan disini yang lebih terasa memberatkan...