dear all,
sory nih orang awam mo nanya
klo bedanya carburator ma radiator apa? trus
cara perawatannya gmn biar awet? trus
tanda2 klo ke2 komponen itu rusak gimana?? ...ditunggu jwbnya..pls....
apa beda radiator ma carburator
Re: apa beda radiator ma carburator
Bantu jelasin ya Oom..
Radiator : Bagian penting di sistem pendingin mesin.. letaknya di paling depan karena selain mengandalkan electric fan juga hembusan angin saat mobil berjalan bisa mendinginkan kisi-kisi radiator.. efeknya air/radiator coolant bisa turun temperaturnya untuk kemudian disirkulasi oleh water pump kembali masuk ke water jacket (selubung air disekitar silinder blok mesin).
Perawatannya:
- Lakukan kuras radiator secara rutin.. kalau saya setiap 6 bulan diflush untuk ganti total radiator coolant.
- Kalau mengisi ulang jangan lupa membuang udara yang masih terjebak di saluran pendingin dengan membuka nipple di ujung selang radiator. Kalau masih ada udara terjebak bisa mengurangi kinerja sistem pendingin, parahnya ada tekanan udara berlebih yang bisa bikin selang pecah..
- Sebaiknya gunakan radiator coolant karena titik didihnya lebih rendah dari air biasa.
- Rutin check kisi-kisi radiator, kalau kotor bisa dibersihkan dengan semprot air bertekanan.. kalau kotor/terhambat aliran udara pendingin bisa pengaruh ke kinerja sistem pendingin.
- Electric fan juga check, jika putarannya melambat atau kurang kuat menghembus udara ke radiator baiknya di service motor electric fannya atau ganti kalau dah apkir betul.
Karburator: Bagian penting sistem supply bahan bakar dan berfungsi menjadikan BBM jadi kabut dengan campuran intake udara. hasil pengkabutan ini disupply ke ruang bakar melalui intake manifold dan dibakar/ignite jadi ledakan oleh busi (spark plug) untuk menggerakkan piston..
Perawatannya:
- Rutin check kebersihan karburator, filter udara juga harus rutin dibersihkan.. kalau dah kotor betul ganti yang baru.
- Pembersihan karburator bisa disemprot dengan carburator cleaner (spray) sambil digas-gas..
- rutin tune up juga bagian perawatannya..
- Beli bensin baiknya selalu di SPBU yang dipercaya nggak ngoplos.. bensin oplosan selain mengotori karburator dan menurunkan kinerjanya juga berdampak jelek ke kinerja mesin secara umum.. oktan yang rendah bikin mesin jadi ngelitik/knocking.. kalau dibiarkan terus, deposit karbon/kerak makin tebal bisa mengganggu kinerja klep/valve. akhirnya boros...
CMIIW
ada yang mau nambahin?
Radiator : Bagian penting di sistem pendingin mesin.. letaknya di paling depan karena selain mengandalkan electric fan juga hembusan angin saat mobil berjalan bisa mendinginkan kisi-kisi radiator.. efeknya air/radiator coolant bisa turun temperaturnya untuk kemudian disirkulasi oleh water pump kembali masuk ke water jacket (selubung air disekitar silinder blok mesin).
Perawatannya:
- Lakukan kuras radiator secara rutin.. kalau saya setiap 6 bulan diflush untuk ganti total radiator coolant.
- Kalau mengisi ulang jangan lupa membuang udara yang masih terjebak di saluran pendingin dengan membuka nipple di ujung selang radiator. Kalau masih ada udara terjebak bisa mengurangi kinerja sistem pendingin, parahnya ada tekanan udara berlebih yang bisa bikin selang pecah..
- Sebaiknya gunakan radiator coolant karena titik didihnya lebih rendah dari air biasa.
- Rutin check kisi-kisi radiator, kalau kotor bisa dibersihkan dengan semprot air bertekanan.. kalau kotor/terhambat aliran udara pendingin bisa pengaruh ke kinerja sistem pendingin.
- Electric fan juga check, jika putarannya melambat atau kurang kuat menghembus udara ke radiator baiknya di service motor electric fannya atau ganti kalau dah apkir betul.
Karburator: Bagian penting sistem supply bahan bakar dan berfungsi menjadikan BBM jadi kabut dengan campuran intake udara. hasil pengkabutan ini disupply ke ruang bakar melalui intake manifold dan dibakar/ignite jadi ledakan oleh busi (spark plug) untuk menggerakkan piston..
Perawatannya:
- Rutin check kebersihan karburator, filter udara juga harus rutin dibersihkan.. kalau dah kotor betul ganti yang baru.
- Pembersihan karburator bisa disemprot dengan carburator cleaner (spray) sambil digas-gas..
- rutin tune up juga bagian perawatannya..
- Beli bensin baiknya selalu di SPBU yang dipercaya nggak ngoplos.. bensin oplosan selain mengotori karburator dan menurunkan kinerjanya juga berdampak jelek ke kinerja mesin secara umum.. oktan yang rendah bikin mesin jadi ngelitik/knocking.. kalau dibiarkan terus, deposit karbon/kerak makin tebal bisa mengganggu kinerja klep/valve. akhirnya boros...
CMIIW
ada yang mau nambahin?
- badooy
- Site Admin
- Posts: 10094
- Joined: Fri May 23, 2008 8:34 pm
- Location: Bintaro - Semanggi - Cicaheum
- Contact:
Re: apa beda radiator ma carburator
nambahin:
rata2 radiator klo dah tuwir dah butuh di korok / overhaul / bersihin total di tukang radiator 1thn sekali.. dibongkar, membersihkan all part radiatornya dan kisi2nya..
klo karbu dah sering kena kotoran bensin, ada baiknya filter bensin diganti dan tanki dikuras... rutin lebih bagus misalnya 1thn sekali... klo kuras tanki kan rada ribet musti diturunin
rata2 radiator klo dah tuwir dah butuh di korok / overhaul / bersihin total di tukang radiator 1thn sekali.. dibongkar, membersihkan all part radiatornya dan kisi2nya..
klo karbu dah sering kena kotoran bensin, ada baiknya filter bensin diganti dan tanki dikuras... rutin lebih bagus misalnya 1thn sekali... klo kuras tanki kan rada ribet musti diturunin
Re: apa beda radiator ma carburator
ok thank om arif ma om baduuy...btw kalo harga buat perawatan keduanya brapa?maklum sy blum bisa ngerawat sendiri uy...
- tuan takur
- GC Enthusiast
- Posts: 723
- Joined: Thu Jul 31, 2008 4:35 pm
- Location: jakarta-cipularang-bandung
Re: apa beda radiator ma carburator
kalo radiator sekitar 100 sampe 150 ribu om, tergantung nawar-nawarnya aja sama tukangnya
itu dikuras total, radiator diangkat dari mobil trus dipretelin, dibersihin yang mampet-mampet supaya airnya gak tersumbat lagi
ntar di sealant lagi supaya rapet, trus dipasang lagi ke mobil
itu dikuras total, radiator diangkat dari mobil trus dipretelin, dibersihin yang mampet-mampet supaya airnya gak tersumbat lagi
ntar di sealant lagi supaya rapet, trus dipasang lagi ke mobil