wts : solenoid vtec P08

search / sell those under the hood, e.g: carbs, brake booster, alternator, coil, a/c compressor, cylinder head, gearbox, etc..
User avatar
krisnadew
GC Whore
GC Whore
Posts: 2370
Joined: Thu Jun 19, 2008 9:44 pm
Location: semarang-yogyakarta
Contact:

wts : solenoid vtec P08

Post by krisnadew » Sat Jan 12, 2013 8:30 am

misi.. om momod nunut jualan

as a subject wts solenoid vtec P08 kondisi maknyus :d
harg : 700rb aja, minat , call or sms : khrisna / 087833394111, maturnuwun

Image

User avatar
PapaEmy
GC Noob
GC Noob
Posts: 122
Joined: Mon Mar 07, 2011 1:59 am

Re: wts : solenoid vtec P08

Post by PapaEmy » Thu Jan 24, 2013 8:29 pm

trima kasih bnyk infonya ya mas Kris, nt kalo selenoidku bermasalah aku kabarin lg.. :)

salam vtec

~papaemy~

User avatar
krisnadew
GC Whore
GC Whore
Posts: 2370
Joined: Thu Jun 19, 2008 9:44 pm
Location: semarang-yogyakarta
Contact:

Re: wts : solenoid vtec P08

Post by krisnadew » Thu Jan 24, 2013 9:15 pm

Siap om,,smg proyeknya lancar jaya

User avatar
PapaEmy
GC Noob
GC Noob
Posts: 122
Joined: Mon Mar 07, 2011 1:59 am

Re: wts : solenoid vtec P08

Post by PapaEmy » Tue Jan 29, 2013 4:46 pm

krisnadew wrote:Siap om,,smg proyeknya lancar jaya
bukan solenoidku yg bermasalah ternyata om, tapi kelupaan nyabut oil jet yg posisinya di antara cyl no 2 & 3 di blok mesin.. :lol:
jadi kepaksa bongkar lg deh malem ini buat nyabut tuh oil jetnya... haaah.. capek juga yaa.. jd kurang tidur :ymsick:
untung gasketnya udah beli lg tadi he3x :mrgreen:

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: wts : solenoid vtec P08

Post by adeindra » Tue Jan 29, 2013 5:50 pm

mmaaf jadi OOT.... kenapa dicabut om? jadi penasaran. :D apa ada hubungannya dengan pake head vtec di blok yang awalnya non vtec ya?

User avatar
krisnadew
GC Whore
GC Whore
Posts: 2370
Joined: Thu Jun 19, 2008 9:44 pm
Location: semarang-yogyakarta
Contact:

Re: wts : solenoid vtec P08

Post by krisnadew » Tue Jan 29, 2013 8:04 pm

kalo gak salah seperti bentuk spt nozzle, pnyku dulu juga dilepas, aneh juga ya pdhl fungsi nozzle agar tekanan oli tambah kenceng,
wanda dehhh,, mmg setalah dilepas oli juga tambah kuenceng naek ke head

User avatar
PapaEmy
GC Noob
GC Noob
Posts: 122
Joined: Mon Mar 07, 2011 1:59 am

Re: wts : solenoid vtec P08

Post by PapaEmy » Wed Jan 30, 2013 11:27 am

adeindra wrote:mmaaf jadi OOT.... kenapa dicabut om? jadi penasaran. :D apa ada hubungannya dengan pake head vtec di blok yang awalnya non vtec ya?
krn utk semua blok mesin seri D yg non-VTEC mau diconvert mnjadi VTEC, supaya VTEC bisa bekerja secara ideal spt menggunakan blok mesin yg memang didesign dgn vtec head, oil jet di antara cyilinder 2 & 3 harus dilepas, krn ini vital, kl oil jet ngga dilepas, VTEC ngga akan kerja, kalo pun misalnya kerja krn solenoid udah buka salurannya supaya oli naek ke chamber vtecnya bisa membuat VTEC terlambat bekerjanya, misalnya harusnya VTEC engaged di rpm 4800, mungkin baru di rpm 7500 VTECnya engaged, kenapa?

karena pada saat soleniod hidup, utk VTEC kerja, butuh tekanan oli minimal 60 psi di chamber vtecnya, pada head P08 dirancang di sekitaran rpm 4600 tekanan oli sudah mencapai min 60 psi, pada saat ECU memerintah solenoid hidup di rpm 4800 maka VTEC otomatis engaged, pada blok mesin seri D non-vtec oil jet harus dibuka spy menghasilkan tekanan oli yg tinggi di range rpm 4600-4800 saat seharusnya VTEC kicked-in spt pada mesin D16Z6 asli bawaan P08nya.. :D

penyebab2 VTEC ngga kerja ato terlambat kerja pada modifikasi mini-me swap:

1. Solenoid ngga kerja
2. Putaran mesin ngga menghasilkan tekanan oli utk vtec dapat bekerja
3. Oli mesin kurang
4. Oil jet tidak dibuka yg menyebabkan putaran mesin tidak menghasilkan tekanan oli yg ideal pada vtec chamber di rpm yg seharusnya VTEC kicked in.

sumber:

http://www.4guk.co.uk/viewtopic.php?t=17211

http://www.angelfire.com/creep/minimeswap/

http://www.wonderbart.com/d16z6/

catatan: pada saat VTEC kicked-in suara mesin otomatis derungnya akan berubah mnjadi kasar, utk yg menggunakan system injeksi, vtec ngga jalan kalo hanya test diam posisi gigi netral krn program ECUnya, tp tidak demikian dengan system carbu+vtec krn pengaktifan solenoidnya bisa menjadi manual, pada saat mesin kemarin mesin dihidupkan sy pikir VTEC udah jalan krn rpm cepat sekali naiknya stlh melewati titik 4500 rpm, bahkan sampe rpm lewat dari daerah merah 8000,tp tidak terdengar suara derung vtecnya, ternyata yg membuat putaran mesin naik drastis bukan krn vtec bekerja, tp lebih dikarenakan ukuran diameter klep P08 yg +/- 0.5mm lebih besar dibanding klep std head PM3 bawaan nouva
Last edited by PapaEmy on Wed Jan 30, 2013 11:47 am, edited 1 time in total.

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: wts : solenoid vtec P08

Post by adeindra » Wed Jan 30, 2013 11:56 am

makasih pencerahnya om
mohon ijin penjelasan di atas nanti saya copas ke thread resources biar jadi ilmu bagi semua

makasih

yuk ayoo dibeli

User avatar
PapaEmy
GC Noob
GC Noob
Posts: 122
Joined: Mon Mar 07, 2011 1:59 am

Re: wts : solenoid vtec P08

Post by PapaEmy » Wed Jan 30, 2013 12:08 pm

siip.. silakan aja mas Ade :D

User avatar
krisnadew
GC Whore
GC Whore
Posts: 2370
Joined: Thu Jun 19, 2008 9:44 pm
Location: semarang-yogyakarta
Contact:

Re: wts : solenoid vtec P08

Post by krisnadew » Sat Feb 09, 2013 9:09 pm

Uppp,, serious buyer only

Locked