10 Kebiasaan Pengemudi di Indonesia yang Salah Kaprah

post any irrelevant topics here...
User avatar
ecko mallibu
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1164
Joined: Tue Nov 08, 2011 10:58 pm
Location: Miami, FLORIDA

10 Kebiasaan Pengemudi di Indonesia yang Salah Kaprah

Post by ecko mallibu » Tue May 29, 2012 9:14 pm

Entah apa sebabnya, pengemudi di Indonesia kadang menggunakan fitur di dalam mobilnya dengan cara yang tidak tepat. Akibatnya jelas pengguna jalan lain justru dirugikan. Berikut daftar 10 kebiasaan pengemudi di Indonesia yang dinilai salah kaprah. semoga bermanfaat om......

1. Menyalakan lampu hazard ketika hujan deras

Image
Dalam kondisi hujan deras, jalanan terutama di jalan tol, seketika akan berubah menjadi pohon natal. Sebagian besar mobil-mobil yang melintas akan menyalakan lampu hazard (lampu sein yang menyala berbarengan sebelah kanan dan kiri, depan dan belakang).

Bukan suasana syahdu bulan Desember yang diperoleh. Tapi justru menyilaukan dan membahayakan bagi pengemudi kendaraan yang lain. Ketika pengemudi dituntut untuk lebih berkonsentrasi, malah diganggu oleh kelap-kelip lampu hazard yang menyilaukan mata.

Sesuai namanya, lampu “hazard” mustinya hanya digunakan dalam kondisi darurat, misalkan sedang mengganti ban kempes di bahu jalan, atau mobil mogok di bahu jalan, dan sebagainya.

Salah kaprah penggunaan lampu hazard bukan hanya saat hujan deras saja, tetapi juga pada waktu digunakan untuk konvoi atau iring-iringan kendaraan, digunakan saat masuk di terowongan yang mengharuskan memakai lampu, dan digunakan sebagai isyarat oleh kendaraan yang akan mengambil jalan lurus ketika berada di perempatan / persimpangan jalan. Pantas saja sekarang susah mencari kunang-kunang di sawah, ternyata sudah pada pindah ke jalanan rupanya.

2. Penggunaan wiper belakang

Image
Saat ini sebagian besar mobil MPV dan SUV, meskipun tipe termurah, sudah dilengkapi dengan fasilitas wiper di kaca belakang. Namun rupanya banyak pengemudi yang tidak memahami penggunaannya. Ketika sedang turun hujan, beberapa pengemudi segera memasang wiper belakang dalam posisi on sepanjang perjalanan. Padahal, wiper belakang dibuat untuk digunakan pada saat mobil hendak berjalan mundur, sehingga pengemudi bisa melihat kondisi di belakang mobil dengan jelas.

Untuk mobil buatan Eropa, dan sebagian mobil Jepang di kelas menengah ke atas, wiper belakang akan menyala otomatis ketika tuas transmisi masuk ke gigi “R”.

Ketika mengemudi, pandangan pengemudi semestinya lebih fokus ke arah depan, dan sesekali melihat kaca spion ketika hendak mendahului. Lalu apa gunanya wiper belakang dinyalakan terus-menerus? Mau lihat pengemudi di mobil belakang yang kebetulan cantik atau ganteng?

3. Goncangkan Mobil Saat Isi Bensin

Image
Pada saat antre mengisi BBM di SPBU, sering terlihat pengemudi mobil mengoncang-goncangkan bodi mobilnya saat sedang mengisi BBM.

Anggapannya, dengan melakukan tindakan tersebut, maka ia dapat mengisikan BBM ke tangki mobilnya dengan kapasitas lebih banyak/penuh. Yang kita tahu, BBM adalah cairan, dan sifat cairan adalah selalu mengisi dan mencari tempat yang lebih rendah. Jadi tidak perlu digundang-guncangkan agar lebih penuh. Emangnya kaleng kerupuk? Kalau BBM harganya jadi mahal, tindakan ini akan tetap sering terlihat gak ya?

4. Tambah Kecepatan Saat Lampu Kuning

Image
Ketika lampu lalu lintas menyala kuning, sebelum menjadi merah, banyak pengemudi kendaraan bermotor malah mempercepat laju kendaraannya. Padahal lampu kuning tersebut dimaksudkan agar pengemudi melambatkan dan mengurangi kecepatan kendaraan.

Dengan mempercepat laju kendaraan, akan sangat membahayakan pengguna jalan lain. Ketika lampu lalu lintas menyala merah, maka pengemudi dari arah kiri dan kanan mulai menjalankan kendaraannya. Bisa terjadi tabrakan fatal.

Jika tiba-tiba pengemudi rem mendadak, bisa ditabrak oleh kendaraan dari belakang. Makanya, lain kali kurangi kecepatan ya. Jangan seperti orang Melayu bilang ketika nekat ngebut saat lampu lalu lintas menyala kuning: “Kan, belum merah kaliii tuh bang....!?”

5. Mendahului dari Bahu Jalan

Image
Semua pengemudi pasti tahu bahwa fungsi bahu jalan digunakan saat kendaraan mogok, ganti ban, atau untuk akses mobil patroli jalan tol memberikan pertolongan dalam kondisi darurat.

Image
Namun, walaupun sudah berkali-kali diingatkan oleh pihak pengelola jalan tol melalui spanduk dan papan elektronik. Bahkan salah satu klub otomotif telah mencanangkan gerakan 'anti bahu jalan', tetap saja pelanggaran sering terjadi. Malah sekarang salah kaprah itu bertambah, bahu jalan adalah lajur khusus pejabat.

6. Jalan Pelan di Sebelah Kanan

Image
Jika melihat truk melintas di lajur kanan di sepanjang jalur pantura, itu sudah biasa. Ternyata, kebiasaan itu menular ke mobil-mobil pribadi di jalan tol.

Dengan enaknya mobil-mobil tadi berjalan pelan di lajur paling kanan. Ketika penulis hendak mendahului dan memberi tanda dengan klakson atau lampu dim, mobil tersebut malah menyalakan sein kanan.

Jadi, mobil yang lebih cepat disuruh mendahului dari kiri. Waduh padahal sudah dipasang banyak himbauan di jalan tol: “lajur kanan hanya untuk mendahului'.

7. Menekan Pedal Gas Sebelum Mematikan Mesin

Image
Banyak ditemui pengemudi akan menekan pedal gas mobil dalam-dalam sebelum memutar kunci kontak ke “off”. Mereka beranggapan dengan demikian maka accu mobil akan terisi, ruang pembakaran lebih bersih, sehingga mobil akan lebih mudah di-start.

Padahal dengan menekan pedal gas, maka pompa bahan bakar dan pelumas akan menghisap BBm dan oli. Jika kemudian tiba-tiba mesin dimatikan, maka sisa BBM yang tidak terbakar akan menumpuk di saluran pembakaran. Justru lebih baik mesin dibiarkan idle sekitar 10 sebelum dimatikan, sehingga kondisi ruang pembakaran dan pendinginan mesin lebih optimal.

8. Tidak Menyalakan Lampu Sein Saat Mendahului

Image
Banyak pengemudi tidak menyalakan sein saat berpindah jalur atau memotong jalur untuk mendahului kendaraan lain. Mereka beranggapan bahwa jika menyalakan lampu sein, justru tidak akan diberi kesempatan oleh kendaraan di belakangnya. Fenomena ini memang aneh, justru yang memberitahu dan meminta izin untuk memotong jalur dengan menyalakan lampu sein kok malah sering tidak diberi jalan.

9. Lampu Sein Hanya Untuk Belok Kanan

Image
Masih soal lampu sein, pengemudi di Indonesia terkenal irit menggunakannya. Lampu sein (atau lampu belok) hanya digunakan/dinyalakan saat kendaraan hendak belok kanan saja.

Itupun dengan syarat, benar-benar belok dengan sudut minimal 90 derajat. Jika belok kanan hanya serong sedikit (seperti huruf “Y”), tidak perlu lampu sein dinyalakan.

Sehingga sangat jamak ditemukan, mobil keluar di pintu tol tidak perlu lampu sein. Masuk ke rest area, tidak perlu nyalakan sein. Belok kiri di perempatan, tidak perlu lampu sein. Mobil mundur hendak masuk area parkir, tidak perlu sein, dan seterusnya

10. Jalanan = Tempat Sampah

Image
Pengemudi kita menganggap jalan raya adalah tempat sampah. Mulai dari sopir kendaraan umum, sampai pengemudi mobil mewah sering membuang sampah sembarangan.

Yang paling sering adalah abu serta puntung rokok yang masih menyala dibuang sembarangan.

Hingga tissu, kulit buah, botol minuman berenergi, dan sebagainya. Sampah terbesar yang pernah saya lihat di buang sembarangan di jalan tol adalah popok bayi. Bukan sembarang popok, karena dibuang lengkap dengan isinya. Bisa dibayangkan betapa kagetnya kendaraan di belakangnya dan indahnya pemandangan setelahnya.
arozi wrote:Ingattttt mau restorasi atau modifikasi nih?
Kalo restorasi, upayakan baca kitab yaaaaa
Kalo modifikasi, siap2x bertapa tuk nemu inspirasi
Intinya, yang paling hebat adalah yang memelihara gc nya ampe akhir hayat
Hahahahahahahaha

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: 10 Kebiasaan Pengemudi di Indonesia yang Salah Kaprah

Post by adeindra » Tue May 29, 2012 10:22 pm

asiiik ada LIKE THIS yaaa :D

menambahkan yang di no 1:

1. penggunaan lampu hazzard selain untuk keadaan emergency
* Digunakan untuk konvoi atau iring-iringan kendaraan
* Digunakan pada waktu hujan atau masuk di terowongan yang mengharuskan memakai lampu, tapi bukan lampu hazard
* Digunakan sebagai isyarat oleh kendaraan yang akan mengambil jalan lurus ketika berada di perempatan/persimpangan jalan
engga lah yaaaau!!!
UU No. 22 Thn 2009 tentang Lalu lintas dan angkutan Jalan
Pasal 121
(1) Setiap Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib memasang segitiga pengaman,
lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau Parkir
dalam keadaan darurat di Jalan.

Dari PP No. 44 Thn 1993 tentang Kendaraan dan Pengemudi
Pasal 29
(1) Setiap kendaraan bermotor harus dilengkapi dengan lampu-lampu dan alat pemantul cahaya yang meliputi : a. lampu utama dekat secara berpasangan; b. lampu utama jauh secara berpasangan, untuk kendaraan bermotor yang mampu mencapai kecepatan lebih dari 40 km per jam pada jalan datar; c. lampu penunjuk arah secara berpasangan di bagian depan dan bagian belakang kendaraan; d. lampu rem secara berpasangan; e. lampu posisi depan secara berpasangan; f. lampu posisi belakang secara berpasangan; g. lampu mundur; h. lampu penerangan tanda nomor kendaraan bermotor di bagian belakang kendaraan;
i. lampu isyarat peringatan bahaya; j. lampu tanda batas secara berpasangan, untuk kendaraan bermotor yang lebarnya lebih dari 2.100 milimeter; k. pemantul cahaya berwarna merah secara berpasangan dan tidak berbentuk segitiga.

Pasal 32
(1) Lampu penunjuk arah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29 huruf c berjumlah genap dan mempunyai
sinar kelap-kelip berwarna kuning tua dan dapat dilihat pada waktu siang atau malam hari oleh pemakai jalan lainnya.
(2) Lampu penunjuk arah sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dipasang pada ketinggian tidak melebihi 1.250 milimeter di samping kiri dan kanan bagian depan dan bagian belakang kendaraan.

Pasal 38
Lampu isyarat peringatan bahaya seperti dimaksud dalam Pasal 29 huruf i, menggunakan lampu penunjuk arah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 32 yang menyala secara bersamaan dengan sinar kelap-kelip.
konvoi cukup lampu besar saja menyalaa
Image

User avatar
irwans85
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 972
Joined: Mon Feb 16, 2009 10:32 am
Location: klaten,magelang

Re: 10 Kebiasaan Pengemudi di Indonesia yang Salah Kaprah

Post by irwans85 » Tue May 29, 2012 10:56 pm

dan kebetulan tadi sore ada rombongan mobil abege sok gawul cuma bertiga berjalan beriringan dengan pedenya menyalakan lampu hazard...kebetulan saya ada dibelakang ketiga mobil itu. saat 2 mobil didepan berhasil menyalip truk yang lagi balapan, mobil ketiga terjebak dibelakang truk dan alhasil disalip banyak mobil dari sisi kanan-kirinya...ta liat dispion dah jalan agak jauh belum bisa menghindari si truk..ha5. salah sendiri 2 sein nyala semua yang lain pada bingungkan mau ngambil jalan yang man...
GrayaxX n Ga3ul Lovers...Black Black Black Vorever

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: 10 Kebiasaan Pengemudi di Indonesia yang Salah Kaprah

Post by Pa'de Gung » Wed May 30, 2012 12:11 am

Kalo diperhatikan masih banyak salah kaprahnya, terutama di kota kecil...

Saat di lampu merah.
# Berhenti di sebelah kiri, padahal ada rambu belok kiri jalan terus...
# Behenti di lajur tengah...padahal mau belok kanan.... parahnya yg di lajur kanan malah ambil lurus...
# Mendahului dari lajur kanan di traffic light...

Pada ogah ngantri di belakang...

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: 10 Kebiasaan Pengemudi di Indonesia yang Salah Kaprah

Post by meneer » Wed May 30, 2012 3:59 am

kalo saya...jalur kiri di jalan tol adalah jalur kecepatan tinggi





















*kabuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuurrrrrrrrrrrrrrrrr
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

User avatar
ecko mallibu
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1164
Joined: Tue Nov 08, 2011 10:58 pm
Location: Miami, FLORIDA

Re: 10 Kebiasaan Pengemudi di Indonesia yang Salah Kaprah

Post by ecko mallibu » Wed May 30, 2012 7:04 am

meneer wrote:kalo saya...jalur kiri di jalan tol adalah jalur kecepatan tinggi


*kabuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuurrrrrrrrrrrrrrrrr
yihaaaa... sama kaya ane kl gtu om. :D :D :D
arozi wrote:Ingattttt mau restorasi atau modifikasi nih?
Kalo restorasi, upayakan baca kitab yaaaaa
Kalo modifikasi, siap2x bertapa tuk nemu inspirasi
Intinya, yang paling hebat adalah yang memelihara gc nya ampe akhir hayat
Hahahahahahahaha

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: 10 Kebiasaan Pengemudi di Indonesia yang Salah Kaprah

Post by adeindra » Wed May 30, 2012 7:40 am

Btw, yang paling mumet sebenarnnya kalo gue liat orang yang masuk ke perempatan tanpa lampu merah... Karena pingin lurus, malah menyalakan hazzard. Ilmu dari mana ya? Kenapa hazzard bisa diartikan kalo pingin lurus

User avatar
s7amsoel
GC Lover
GC Lover
Posts: 202
Joined: Tue Feb 28, 2012 9:08 pm
Location: Ponorogo
Contact:

Re: 10 Kebiasaan Pengemudi di Indonesia yang Salah Kaprah

Post by s7amsoel » Wed May 30, 2012 7:54 am

gini opa,
kalo sein kanan kan mo belok kanan, sein kiri mo belok kiri
nah karena lurus ya di nyalain kedua-duanya,





#ngelesmodeon.. :D
Si Merah Kusem
AE 801 T
085655715508

Image

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: 10 Kebiasaan Pengemudi di Indonesia yang Salah Kaprah

Post by meneer » Wed May 30, 2012 7:56 am

adeindra wrote:Btw, yang paling mumet sebenarnnya kalo gue liat orang yang masuk ke perempatan tanpa lampu merah... Karena pingin lurus, malah menyalakan hazzard. Ilmu dari mana ya? Kenapa hazzard bisa diartikan kalo pingin lurus
ILMU SOPIR TRAVEL DOOOOOOOOOOOOOOOOOONG :P
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: 10 Kebiasaan Pengemudi di Indonesia yang Salah Kaprah

Post by adeindra » Wed May 30, 2012 12:07 pm

tapi yang seru sebenarnya ada penggunaan sein yang juga rada unik terutama kalo lagi lewat pantura or pas lintas tengah sumatra

saat mau lewatin truck.. tuh truck ngasih sein kanan yang artinya kita jangan ngelewatin dulu karena kondisi jalan di depan dari arah berlawanan tidak memungkinan...
begitu die ngasih sein kiri, itu ngasih tau kita kalo... mongggo silahkan lewat jalan aman untuk kita balap die

membantu banget tuh bagi gue

Post Reply