Informasi adanya email yang terindikasi penipuan

post any irrelevant topics here...
Post Reply
User avatar
badooy
Site Admin
Site Admin
Posts: 10094
Joined: Fri May 23, 2008 8:34 pm
Location: Bintaro - Semanggi - Cicaheum
Contact:

Informasi adanya email yang terindikasi penipuan

Post by badooy » Fri Aug 29, 2008 4:55 pm

Bapak/Ibu yang terhormat,

Kami telah menerima laporan bahwa ada pihak yang mengaku Bank Mandiri dan mengirimkan email kepada masyarakat dengan menggunakan metode tebar jaring . Isi email mengatakan Bank Mandiri sedang melakukan Upgrade Data Base dan oknum tersebut meminta nasabah Bank Mandiri menginformasikan User ID, Pin, Password, tanggal lahir, nomor rekening, dan saldo rekening. (contoh email terlampir)

Dengan ini kami tegaskan bahwa email tersebut bukan berasal dari Bank Mandiri dan terindikasi penipuan bermodus Phising. Phising, adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID, PIN, nomor rekening bank, nomor kartu kredit secara tidak sah. Informasi ini kemudian akan dimanfaatkan oleh pihak penipu untuk mengakses rekening, melakukan penipuan kartu kredit atau memandu nasabah untuk melakukan transfer ke rekening tertentu dengan iming-iming hadiah. Penjelasan lebih lengkap mengenai Phising dapat dibaca di http://www.bankmandiri.co.id" onclick="window.open(this.href);return false; pada bagian e-Banking info mengenai Penipuan bermodus Phising di Internet Banking.

Apabila Bapak/Ibu menerima email dimaksud kami sarankan untuk melakukan tindakan berikut:
1. Tidak memberitahukan data yang diminta oleh oknum tersebut
2. Menginformasikan kepada kami melalui Call Mandiri 14000 atau 021 52997777 atau melalui email: customer.care@bankmandiri.co.id atau ebanking@bankmandiri.co.id
3. Email dari kami ini dapat dijadikan pedoman apabila ada nasabah yang meminta konfirmasi, sampaikan bahwa petugas Bank tidak akan pernah menanyakan PIN kepada Nasabah.
4. Selalu mengingatkan nasabah untuk waspada agar terhindar dari penipuan.

Demikian kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Salam,
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.
Mass & Electronic Banking Group
E-Channel Business Dept


=============================


contoh email penipuan:



--- On Fri, 8/22/08, Customer Services <center_up_grade@bankmandiri.co.id> wrote:

From: Customer Services <center_up_grade@bankmandiri.co.id>
Subject: CONFIRM YOUR BANK MANDIRI ACCOUNT
To:
Date: Friday, August 22, 2008, 11:44 PM

Dear Bank Mandiri Login Owner,

This message is from http://www.bankmandiri.co.id" onclick="window.open(this.href);return false; ( Bank Mandiri ) messaging
center to all http://www.bankmandiri.co.id" onclick="window.open(this.href);return false; Login owners. We are currently
upgrading our data base and Login center. We are deleting all unused Login
account at http://www.bankmandiri.co.id" onclick="window.open(this.href);return false; (Bank Mandiri) to create more space for
new one.

To prevent your account from being closed down you will have to update it
below so that we will know that it's a present used account.

CONFIRM YOUR LOGIN ACCOUNT BELOW

LOGIN USER ID :................................................

LOGIN PIN : .......................................................

LOGIN PASSWORD:...........................................

Date of Birth : ....................................................

ACCOUNT NUMBER : .........................................

ACCOUNT BALANCE: .........................................

Warning!!! Login owner that refuses to update his or her Login,within
Seven days of receiving this warning will lose his or her Login
permanently.

Thanks,
http://www.bankmandiri.co.id" onclick="window.open(this.href);return false; Team
https://ib.bankmandiri.co.id/retail/Log ... lang=en_US" onclick="window.open(this.href);return false;
Bank Mandiri BETA.




Post Reply