WTA:TEKNIK SLALOM, DRIFT N DRAG RACE

post any irrelevant topics here...
User avatar
civic_777
GC Noob
GC Noob
Posts: 59
Joined: Mon May 17, 2010 11:58 am
Location: denpasar
Contact:

Re: WTA:TEKNIK SLALOM, DRIFT N DRAG RACE

Post by civic_777 » Thu Jul 21, 2011 12:58 pm

thumbs up dah ,,muanteepp poll
GAASS PPPOOOLLLLL !!!!
REEEMM...PPOOLLLLL !!!!!

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: WTA:TEKNIK SLALOM, DRIFT N DRAG RACE

Post by adeindra » Thu Jul 21, 2011 1:19 pm

hiiiiii..... jijay aaaah :D

User avatar
nanangsurya
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1837
Joined: Fri Jul 10, 2009 2:54 pm
Location: antar pulau - dalam provinsi
Contact:

Re: WTA:TEKNIK SLALOM, DRIFT N DRAG RACE

Post by nanangsurya » Thu Jul 21, 2011 2:40 pm

civic_777 wrote:ikutan share juga om,,kebetulan ane lagi maenan slaloom..
A SLALOOM; ini teknik dasar dari semua blapan...ini juga penting untuk kita berkendara,,karena kita gak pernah tau apa yg akan terjadi di depan saat kita berkendara,,kalo sudah punya basic ini,,akan lebih mempermudah ""kita mengendalikan mobil..bukan kita yg dikendalikan mobil""

sebenrernya maen slaloom susah susah gampang,,intinya bukan cuma tarik handbrake and gas,, semua ada porsinya,,
bener kata om zarno,,setelah muterin kun jgn pernah injek pedal gas terlalu dalem krna it cuma akan menghambat laju mobil (sprint).untuk slaloom lebih enak kalo pake penggerak depan,,krena waktu gk trlalu banyak terbuang untuk sprint yg tdk perlu..klo untuk penggerak belakang biasanya untuk keindahan memutari kun nya,,
1. apa yang harus dilakukan sewaktu harus ngerem n ngepot deket kun (kek pake rem tangan atau rem kaki atau kombinasi)
: FFWD :untuk membuat U turn atau memutari kun posisikan mobil. kunci pertamanya,jangan terlalu ngebut untuk mengejar waktu ,krna itu sama aja ngebuang waktu,mobil akan terlalu jauh ngesotnya menjauhi kun,,posisikan mobil sedekat mungkin dengan kun,,sekitar 1 meter sebelum kun hentak rem depan bersamaan dengan tangan kanan memutar setir,,dihentak saja agar bobot mobil pindah ke depan sehinngga beban tertumpu di roda depan dan roda belakag sedikit melayang (kehilangan traksi).tahan gas sekitar 3-4 ribu rpm
saat pintu depan sejajar dengan kun,,segera tarik handbrake utk slide kecil aja setelah itu posisikan kembali mobil sejajar dengan kun..
:untukmembuat 8 putaran ini lebih sulit,,tetapi kalo sudah bisa melibas 8 turn maka semua rintangan di slalom pasti bisa diselesaikan dengan baik.. untuk melibas 8 turn,,tekniknya hampir sama dengan melibas U turn ,,posisikan mobil mendekati kun,,hentak rem depan agar ban belakang kehilangan traksi. putar setir di ikuti tangan kiri menarik tuas handbake,,begitu keluar kun pertama langsung posisikan kembali mobil untuk melibas kun yg di depan ,sama dengan teknik yg pertama..
lebih baik kaki kanan tetap berada di pedal gas, dan untuk menghentak rem gunakan kaki kiri,,
nb,: untuk FWD jangan pernah menginjak kopling,,karena mobil akan loose kontrol dan bisa merusak gigi transmisi,,makanya rpm mesin harus dijaga di atas 3 ribu rpm..
: RWD tekniknya tidak jauh beda,,kaki dan tangan tetap bekerja sesuai jobdesk masing masing hehehe,,bedanya saat akan melibas kun, ada dua tekniknya,,
1: saat posisi mobil mendekati kun,,hentak rem depan untuk menghilangkan traksi ban belakang.saat mobil condong ke depan segera tarik handbrake untuk mengunci ban belakang.putar setir mendekati kun,,untuk RWD posisikan sedekat mungkin dengan kun karena dengan penggerak belakang untuk memutari kun menggunakan sprint roda belakang..setelah mobil sedikit ngesot injak setengah kopling sambil memainkan gas,,jangan injak gas terlalu dalam,,cukup membuat ban belakang sprint sambil memutari kun..(pemula)
2.sama saja tekniknya dengan yang pertama ..namun jika sudah terbiasa, membuat mobil memutari kun tanpa bantuan handbrake,,sehingga akan mempersingkat waktu pengereman..

2. peranti apa aja yang harus diperhatikan (semisal rem, tekanan angin dll)
: untuk persiapan mobil gak terlalu banyak om,,yg pasti mesin harus sehat.. hatchback maupun sedan sama aja sebenarnya..konsentrasi dan feeling yang tepat sangat dibutuhkan,,karena semua tubuh kita mempunyai peranan dan fungsi masing2...hardware nya,,untuk slalom sangat terfokus di kaki kaki..ini kebutuhan utama slaloom,,mesin cukup standart..untuk kaki kaki bisa menggunakan shockbreaker asli yg sudah di modifikasi :suntik dengan oli kental dengan tekanan 90:90 bengkel kaki kaki pasti ngerti,ini untuk membuat kaki kaki mobil lebih rigid(kaku),,pernya bisa tetap menggunakan standart.ataukalo ada dana lebih bisa ganti dengan per carry.(buat shockbreaker semakin kaku semakin baik,,tpi harus tetap bisa main ya)...rem belakang lebih aik mengunakan teromol..kbanyakan mobil slaloom yg aslinya menggunakan cakram belakang akan diganti dengan teromol untuk mempermudah setingan dan teromol akan mempunyai daya cengkeram yg lebih baik dripada cakram di saat rem itu panas..biasana yg diincar para peslalom seh teromolnya ef hehehe,,,teromol ckup diatur jarak ulang mainnya,,dibersihkan dan kalo perlu selep bagian besi yg sudah aus atau ganti kampasnya..ujung tuas handbrake ditutup dengan solasi kertas,,ditekan dulu agar pengaitnya tidak mengunci,,jadi saat menurunkan tuas handbrake kita gak perllu lagi susah susah mencet tombolnya itu bisa membuat ban belakang mengunci dan konsentrasi jadi buyar..rem depan cuma perlu di cek kelayakannya.. kalo untuk belajar slalom itu saya rasa sudah cukup om,,kecuali kalo minat turun di event resmi ya mobil harus disiapkan sebaik mungkin dan harus modif sana sini,,oh iya ketinggalan,,untk tekanan ban.sesuai kan dengan jalur treknya,,kalo kering plus kerikil tekanan saya pake biasanya 40 psi,,kalo treknya huja atau bertanah diturunkan jadi 35 psi



untuk drift,, ane juga baru belajar aja,,basicnya hampir sama dengan slaloom..klo gakbisa slalom gak bakalan bisa ngedrift..cuma banyak banget aspekyg dibutuhin,,HP dan torque mesti besar..makanya kebanyakan mobil drift dipakein turbo. untuk FWD dan RWD sama sama menggunakan LS. tanpa LS gak bakalan bisa melintir jauh mobilnya..dan takutnya tuh mobil bkan ngesoot tapi malah kebalik hehehe...saat akan mendekati tikungan hentak rem depan sedikit saja untuk menghilangkan traksi ban belakang,,jika tikungan ke kiri puter setir mengikuti tikungan sambil pompa tuas handbrake agar ban belakang bisa sliding,,begitu ban belakang berusaha menyalip ban depan,,puter setir ke arah berlawanan sambil gas di injek sesuai ritme tkungan,,jangan terlalu cepat banting setirnya,,nbisa menyebabkan mobil jadi oleng..saat akan keluar tikungan kembalikan lagi posisi setir kembali normal dan turunkan tuas handbrake..tidak disarankan jika mobil masih dalam keadaan standart karena bsa berbahaya,,mesin dan kaki kaki harus sempurna karena akan terjadi body roll yg sangat kuat,,melebihi slalom..piranti tambahan seperti LS rollbar, strutbar dan re inforcebody itu wajib hukumnya,,dan usahan ban mobil bagian depan dibuat chamber negative,,agar saat tikungan ban depan menapak sempurna di aspal..gunakan ban yg ukuran nya lebih lebar di depan dan lebih kecil dbelakang krena mbil kita menggunakan penggerak depan,,biasanya basicnya mau main drift bisa di lapangan atau gravel..karena sangat berbahaya bagi pemula..


untuk drag,,ane cuma pernah drag liar om,,untuk drag resmi bru mau turun bulan depan .tapi petunjuk dri master2 drag START itu kunci utamanya..kesalahan waktu start sangat fatal akibatnya..dan perpindahan gigi yg tepat sangat wjib hukumnya,,makanya mata akan tertuju pada jarum rpm dan lampu Shift. untuk start kita harus tau torque mobil kita keluar pada RPM brpa?agar start tidak terlalu banyak sprint tetapi tenaga tetap ngisi dari pertama mbil brgkat...untuk urusin mesin ane kurang paham cuz biasanya cuma tinggal gas doank.yg ane tau cuma em biasanya diganti pake polyurethane ban depan lebih lebar kalo bisa slick,,dan suspensi kaku.karena 0.0000000001 detik sangat berharga di drag,slaloom maupun touring.
sementara itu dulu om,ane juga baru belajar jadi mau share aja bukan bermaksud menggurui,,karena om om disini tentunya lbih paham soal yg beginian,,ane kan anak baru kemarin sore hehehe...balapan ataupun laihan tetap harus safety om om sekalian,,gunakan helm dan sabuk pengaman.

hohohoho...BSC.... :ymhug:
087851129898
http://www.facebook.com/nanang.surya.h
https://twitter.com/nanangsoerjah
...bukan hanya sekedar mobil yang bikin berat ninggalin ni EF.....tapi rasa persaudaraan disini yang lebih terasa memberatkan...

User avatar
civic_777
GC Noob
GC Noob
Posts: 59
Joined: Mon May 17, 2010 11:58 am
Location: denpasar
Contact:

Re: WTA:TEKNIK SLALOM, DRIFT N DRAG RACE

Post by civic_777 » Thu Jul 21, 2011 7:37 pm

wah om nanang muncul juga akhirnya,,xixixixiii....tau aja si om BSC,,,
GAASS PPPOOOLLLLL !!!!
REEEMM...PPOOLLLLL !!!!!

Post Reply