D.I.Y SUPER MENUJU INJEKSI PADA SH3 91

share about anything that you do-it-yourself...
User avatar
baun
GC Noob
GC Noob
Posts: 84
Joined: Tue Oct 07, 2014 7:21 am

D.I.Y SUPER MENUJU INJEKSI PADA SH3 91

Post by baun » Fri Oct 28, 2016 4:55 pm

Assalamualaikum ww...

Huaaaaah... akhirnya bisa menulis juga biar menambah perbendaharaan DIY di forum...
penulisan ini semoga bermanfaat buat temen-temen, om-om dan tante-tante di seluruh indonesia, mohon maaf jika ada bahasa dan gaya tulisannya masih acak kadut.

ijin ya... om momod dan om mimin... mohon maaf ane tulis sejarahnya dulu ya... berikutnya lembar berikutnya langsung bisa dimulai.

Awalnya membeli nih boil (Nouva) di ramadhan 2014, langsung cintrong... targetnya si esmilo... tapi mana tahan... langka duitne...
jatuh cintah deh ma nih Yippie (akhirnya dikasih nama di pertengahan 2015), kayaknya tuh gajah bisa kawin didalam fender... guyonan tement2
yippie.JPG
Bangga juga bisa ngerawat nih boil... nah pas januari ikutan dah Gath Garut...
wuih berdebar2.... ternyata dibelakang Mere (om iik)... tadinya bangga boil gue cakep eh kalah pamor dah ma mere.... jauh dimana2...
02 mere.PNG
Pas tannjakan Ueedan... kuenceng... singkat cerita performance nggak puas pengen naek dah...

ngobrol2 ma om agus, kemudian ma om paijo.. atas saran mereka cobain dulu yang dual carb (DC) baru naek lagi...
eh masuk akal... kemudian berangkatlah Gath Bogor.... disini ketemu dengan om Reynaldy dia ngejual banyak barang2.... aseek...
gua ma blao (ian noubi) tertarik... ah gua sikat duluand ah.....

telp.. ma om reynaldy dan tawar menawar deal... ambil tuh DC ke rumahnya di cibinong bogor..... kemudian beberapa lama kemudian ke rumah om paijo
master DC untuk mengotak ngatik...
disini ane belajar ngakalinnya gimane "pokoknya jalan dulu om... mau bener saya yang setting" assekkkkkkk....
singkat cerita jadilah seri modif DC-nya
3 DC.PNG
gambar diatas hanya ilustrasi yah... bukan aslinya habis nggak di dokumentasikan.

seiring waktu setting sana sini... air fuel ratio dll... performance meningkat... tapi ane kenapa belum puas yah...
singkat cerita dibawa lah si Yippie ke bali sekalian ngetes DC.... alhamdulillah nyampe bali juga.
bali.jpg
special thanks to om terry dah nerima yippie di bali

Singkat cerita saya bisa membandingkan kedua sistem asupan bahan bakar DC dan SC. berikut saya gambarkan... bukan patokan yaa.... ini menurut saya... jika salah..... ya mohon maaf... (maaf tulisan tangan)
Velocity vs time.jpg
kemudian hari ke sekian mampir ke Jogjes.... disana ketemuya sama bapak dosen om hoxs.... tanya sana tanya sini... akhirnya menetapkan hati untuk ke injeksi... niatnya mah....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by baun on Thu Jan 26, 2017 4:04 pm, edited 2 times in total.

User avatar
baun
GC Noob
GC Noob
Posts: 84
Joined: Tue Oct 07, 2014 7:21 am

Re: D.I.Y SUPER MENUJU INJEKSI PADA SH3 91

Post by baun » Fri Oct 28, 2016 6:07 pm

Lanjutan;
Seluruh installasi dilakukan sendiri, tanpa bantuan orang lain (pede banget dah.... was2 juga sih... kalo salah or kebakar bawa ke om sutan dah ***dalam hati)
Kemudian pengumpulan bahan-bahan perang dimulai, maksudnya bahan-bahan untuk naek injeksi..
1. Manifold + TB + Sensor ==> Thanks to om renaldy bogor alhamdulillah lengkap semua sensor
2. ECU P28 ==> Thanks to om XXXX dari lithuania ane dapet mureh banget plus remap lagi...
3. Delco ==> thanks lagi tom om renaldy bogor
4. Socket ECU OBD1 ==> Thanks to om khrisna Semarang
5. Fuel Pump Genio ==> thanks to om khrisna semarang lagi
6. Water intake temperature sensor ==> Tokopedia.com
7. Cabel-cabel ==> Asam Reges.... lumayan murah nih kabel2
8. Speedometer (yg ada check engine-nye) ==> Thanks to om XXXX Lithuania memberikan 0 km nah yang ini terpaksa beli koper dah...
9. EEPROM IC ==> Ebay.com
10. Burning Tools ==> thanks to om hooxs infonya sehingga memberanikan diri untuk membeli sendiri

semua peralatan siap... mulai dah.... eh sebelum dimulai ane touring dulu ke kampung halamananya om edwin di lampung.... special thanks to om edwin juga karena dari jogjes di booooop...... boooooop....... boooooppp ma kenalpotnya sehingga penasaran untuk naek injeksi.


ntar lanjut yeeeeeee.....
Last edited by baun on Mon Oct 31, 2016 1:04 pm, edited 1 time in total.

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: D.I.Y SUPER MENUJU INJEKSI PADA SH3 91

Post by adeindra » Sat Oct 29, 2016 7:36 am

Aihhh ada ceritanyaa

Ayo ditunggu terus lanjutannyaa

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: D.I.Y SUPER MENUJU INJEKSI PADA SH3 91

Post by Pa'de Gung » Sat Oct 29, 2016 10:06 am

ikutan nunggu lanjutannya ...

rayhan
GC Noob
GC Noob
Posts: 15
Joined: Wed Aug 19, 2015 6:28 pm

Re: D.I.Y SUPER MENUJU INJEKSI PADA SH3 91

Post by rayhan » Sun Oct 30, 2016 1:12 pm

Pasti lagi ngetik nih lanjutannya................

User avatar
baun
GC Noob
GC Noob
Posts: 84
Joined: Tue Oct 07, 2014 7:21 am

Re: D.I.Y SUPER MENUJU INJEKSI PADA SH3 91

Post by baun » Mon Oct 31, 2016 6:10 am

Pa'de Gung wrote:ikutan nunggu lanjutannya ...
Hi Pa'de Gung...
Waktu pulang dari bali sempet mampir di daerah mana gitu (kayaknya wonogiri)... disambut temen2 ngawi + temen2 dari wonogiri...
sempet putu ma master hehehehehehe...
01 pak de gung.jpg
thanks to pa'de gung atas saran wiretuck-nya....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

User avatar
baun
GC Noob
GC Noob
Posts: 84
Joined: Tue Oct 07, 2014 7:21 am

Re: D.I.Y SUPER MENUJU INJEKSI PADA SH3 91

Post by baun » Mon Oct 31, 2016 12:08 pm

Engine Bay

Tadinya sih hanya naek injeksi tetapi dipikir2 kenapa kok jadi rame di raung mesin....
godaan selanjutnya berlangsung kenapa engga langsung engine bay or wire-tuck? ah beranikan diri untuk bongkar sendiri tanggung ***membathin..
tempelan.jpg
hanya pasang.jpg
Ini terinspirasi oleh Blacky (om edwin) dan Gidoy (Om Ginting) dimana engine-bay nya (daerah ruang mesin) rapih... mulai lah program tersebut....
satu-persatu di pretelin...
tatapi diingat setiap kabel yang dipotong or dilepas harus ditandai sehingga proses penyambungan nantinya bakalan bagus dan mudah

1. Radiator + fan ac dan fan radiator
2. Condensor ac
3. Engine starter
4. Dinamo Ampere
5. Power Steering (nah ini sampai sekarang dan mungkin seterusnya tidak akan dipasang)
6. Compressor ac
7. booster rem
8. jahe rem
9. Fuse U-Panel
10. DC manifold
11. header kenalpot
12. EM (nah yang ini harus bener2 yang paham, jika nggak berani mending jangan)

pokoknya tinggal mesin doang, kalo kuat ngakat sih gua angkat karena nggak kuat yah diganjel hanya sayang nggak ada documentasinya...

Lanjut mulai pembersihan body mesin... disini special thanks to om anwar yang telah memberikan tips jitu menggunakan cairan sangat super murah untuk membersihkan body mesin dari grease yaitu dengan menggunakan citrus (biasanya dikampung2 untuk detergent baju), murah kok hanya IDR1,000 rupiah perbungkus campur dengan air 1:250CC air semprotkan biarkan 1 menit... lalu kuas lah dengan sikat kawat
citric acid.PNG
stick kawat.jpg
alhamdulillah jadi bersih... nggak ada poto proses pembersihan mesin tetapi saya ambil contoh aja compressor ac
COMPRESSOR AC.PNG
nah untuk proses pembersihan mesin ini saya ambi gambar om anwar yang memberikan contoh dan membantu dalam pembersihannya.
ANWAR.jpg
beda karo mas yang satu ini ngguyu tok.... nggak bantuin.... wkwkwwkwkwkwk becande pa'de tarno.... thanks masukan untuk engine bay-nya...
P'DE TARNO.jpg
kemudian setelah bersih mulailah membeli plastic trush-bag yang cukup besar dan menutup bagian-bagian yang vital sehingga proses pengecetan ruang mesin bisa lebih lancar... tetapi sebelum di cat di hampelas dahulu sehingga oli2 yang menempel bisa luntur... thanks to om dimas joken yang memberikan sarannya.
Engine bay.jpg
pilihan warna sengaja solid sea blue dikarenakan ya itu yang ada hehehehehehehehehehehehehehe.....
untuk pengecetan ini saya sayang berterima kasih sekali sama om paijo karena telah memberikan couching clinic mengenai how to easy paint... dan terima kasih to om bernaz yang telah memberikan pinjaman air compressornya....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by baun on Mon Oct 31, 2016 1:23 pm, edited 3 times in total.

User avatar
baun
GC Noob
GC Noob
Posts: 84
Joined: Tue Oct 07, 2014 7:21 am

Re: D.I.Y SUPER MENUJU INJEKSI PADA SH3 91

Post by baun » Mon Oct 31, 2016 12:48 pm

Install Fuel Pump

Sambil menunggu ruang engine kering dari pada iseng saya mulai dah untuk install fuel pump... bingung instalnya naruh dimana? cari sana sini bongkar sana sini, nggak ketemu eh.. pas ada link di youtube untuk replace fuel pump saya ikuti dah... kemudian tanya lagi sama om khrisna di semarang ternyata fuel tank-nya harus di bolongin untuk install ini.... jiah udah kepalang tanggung dah bolongin.
berikut link-nya.

https://www.youtube.com/watch?v=hZMHlgVPJuU

untuk menurunkan tanki membutuhkan 2 buah donkrak tetapi sebelumnya fuelnya di kosongin dahulu ya.... pembongkaran ini dilaksanakan sendiri tanpa bantuan orang lain, sehingga membutuhkan waktu 1 hari full... sementara untuk install fuel pump hanya 1 jam-an (termasuk bolongin tanki-nya).
ketika ngebolongin bingung apakah pake gerinda or pake las.. karena masih ada uap dari bensin didalam tangki...
akhirnya diputuskan menggunakan bor... memang lama tapi relatif lebih aman.
tidak lupa juga memasang fuel filter, untuk fuel filter ini saya menggunakan fuel filter kepunyaan toyota kijang, lumayan murah IDR40rb-an. kemudian perlu dicatat bahwa hose-hosenya juga diganti (pengalaman bocor ketika ujicoba ke jogjes) wkwkwkwwkwk....
filter_bensin_innova.jpg
nah masalah timbul kembali untuk installasi fuel tank... bagaimana caranya... sama seperti penurunan-nya hanya saja membutuhkan dongkrak 3 buah dengan elevasi mendongkraknya harus sama... yah akhirnya berhasil.... alhamdulillah jam 5:30 sore (start dari jam 8:00 pagi).
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by baun on Fri Nov 04, 2016 1:19 pm, edited 1 time in total.

User avatar
baun
GC Noob
GC Noob
Posts: 84
Joined: Tue Oct 07, 2014 7:21 am

Re: D.I.Y SUPER MENUJU INJEKSI PADA SH3 91

Post by baun » Mon Oct 31, 2016 1:21 pm

REMOVE DASHBOARD

langkah selanjutnya adalah wiring pada injeksi tetapi bingung mulainya... ah coba check bawah dashboard.... dilihat lihat kesel ceksana sini...
berpikiran untuk cabut dashboard... inget ian blao... dia khan cabut dashboard.... akhirnya beranikan diri cabut dashboard....
tadaaaaaah.... berhasil... tapi karatnya ampun dah..... bongkar lagi biar karatnya dapat dikontrol...
dasbord deleted.PNG
akhirnya bongkar ac, bongkar, blower, bongkar climate control..... bongkar dah semua... untuk melihat karat.. ketemu karatnya.
Dashboard Dismantle.jpg
karena kagak ada duit dan kagak bisa dibawa ke tukang las akhirnya secara ada menggunakan rush removal kemudian setelah kering gunakan cat hamertone... lumayan dah bisa bertahan 3 taon kedepan... nah pas tiga taun dan duit terkumpul baru restorasi besar...
karat.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

User avatar
baun
GC Noob
GC Noob
Posts: 84
Joined: Tue Oct 07, 2014 7:21 am

Re: D.I.Y SUPER MENUJU INJEKSI PADA SH3 91

Post by baun » Mon Oct 31, 2016 2:17 pm

WIRING

Langkah selanjutnya mulai dah ke wairing, untuk wiring yang pertama saya lakukan mencari referensinya...
yang pertama saya otak atik adalah wiring diagramnya untuk fan condensor dan fan ac serta compressor ac... berikut wiring diagramnya.
wiring.jpg
sementara itu untuk wiring diagramnya saya ambil dari wiring diagram buat accord;

http://www.4shared.com/photo/-EgR9Y08ce ... ccord.html

nah karena belum bisa ngirimnya (soalnya filenya buram..) ntar ane lanjut lagi ye... pegel nih mikirnya...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

Post Reply