DIY: RELAY BY-PASSED FOR BETTER FIRE
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
DIY: RELAY BY-PASSED FOR BETTER FIRE
MOTTO: KALO BISA DIBIKIN BETTER KENAPA TIDAK...
Untuk Pengapian yang maknyoss biasanya listrik yang ada di CDI kalau bisa stabil atau sama dengan tegangan aki.
Nah GC kita itu berhubung sudah tua jadi tegangan yang sampai di kabel mau ke CDI turun 0.2V dari tegangan yang ada di aki.
Saya gak tahu efeknya seperti apa kalau turun jadi 0.2 V berhubung belum pernah diukur performance mesin.
Saya kepikiran untuk membuat tegangan di kabel itu sama dengan tegangan aki, jadi sesuai petunjuk Mbah Saitama untuk mem-by-pass kabel dengan menggunakan relay yang langsung terhubung ke aki.
Pertama-tama saya ukur kabel di kontak poin kuning delko, pengukuran dilakukan waktu kunci start di ON kan.
Hanya ada satu kabel dari 2 yang bertengangan.
CARA UKUR:
buka kontak(colokan) kuning, ambil tes pen(kalo gak punya tes pen bisa pakai bohlam dengan kabel yang terhubung. salah satu kabel ke kutub negatif dan kabel yang lain dihubungkan ke kontak poin salah satu kabel itu.
Biasanya kabel yang bertegangan adalah berwarna hitam-strip kuning.
lihat gambar:
Hasil pengukuran:
Sementara hasil pengukuran tegangan AKI adalah:
Kemudian siapkan relay, bagi yang belum biasa memasang relay sendiri bisa googling soal relay atau tanya montir.
Kabel dari colokan kuning ke delko yang pasangan kabel hitam-strip kuning dipotong dan dibelah (bukan di bedong) untuk dicabangkan ke relay tadi.
Setelah dipasang relay sekarang kita ukur kabel yang mengarah ke koil di dalam delko, sekarang pengukuran di situ dan pengukuran di aki sama besar.
Efek yang terasa ..............hmmmmm cobain diri deh ;)
Selamat mencoba
Untuk Pengapian yang maknyoss biasanya listrik yang ada di CDI kalau bisa stabil atau sama dengan tegangan aki.
Nah GC kita itu berhubung sudah tua jadi tegangan yang sampai di kabel mau ke CDI turun 0.2V dari tegangan yang ada di aki.
Saya gak tahu efeknya seperti apa kalau turun jadi 0.2 V berhubung belum pernah diukur performance mesin.
Saya kepikiran untuk membuat tegangan di kabel itu sama dengan tegangan aki, jadi sesuai petunjuk Mbah Saitama untuk mem-by-pass kabel dengan menggunakan relay yang langsung terhubung ke aki.
Pertama-tama saya ukur kabel di kontak poin kuning delko, pengukuran dilakukan waktu kunci start di ON kan.
Hanya ada satu kabel dari 2 yang bertengangan.
CARA UKUR:
buka kontak(colokan) kuning, ambil tes pen(kalo gak punya tes pen bisa pakai bohlam dengan kabel yang terhubung. salah satu kabel ke kutub negatif dan kabel yang lain dihubungkan ke kontak poin salah satu kabel itu.
Biasanya kabel yang bertegangan adalah berwarna hitam-strip kuning.
lihat gambar:
Hasil pengukuran:
Sementara hasil pengukuran tegangan AKI adalah:
Kemudian siapkan relay, bagi yang belum biasa memasang relay sendiri bisa googling soal relay atau tanya montir.
Kabel dari colokan kuning ke delko yang pasangan kabel hitam-strip kuning dipotong dan dibelah (bukan di bedong) untuk dicabangkan ke relay tadi.
Setelah dipasang relay sekarang kita ukur kabel yang mengarah ke koil di dalam delko, sekarang pengukuran di situ dan pengukuran di aki sama besar.
Efek yang terasa ..............hmmmmm cobain diri deh ;)
Selamat mencoba
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Grandcivic Kaca Gelap
Re: DIY: RELAY BY-PASSED FOR BETTER FIRE
coba relaynya diparalel lebih banyak om..hasilnya pasti lebih mangstab dan worthed...
gw ama angga_saitama dah pake 4 relay...si c_putra baru 2 relay...
gw pake hella ori om...knp hella?buat jaga2 ajah kalo sewaktu2 relay ngadat.hella masi tersedia banyak di kota2 kecil meskipun itu palsu (tapi susunan kaki2 tetep sama)...
coba pake merk lainnya..bosch gitu..kalo ngadat di kota kecil!?mana ada yg jual
gw ama angga_saitama dah pake 4 relay...si c_putra baru 2 relay...
gw pake hella ori om...knp hella?buat jaga2 ajah kalo sewaktu2 relay ngadat.hella masi tersedia banyak di kota2 kecil meskipun itu palsu (tapi susunan kaki2 tetep sama)...
coba pake merk lainnya..bosch gitu..kalo ngadat di kota kecil!?mana ada yg jual
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh....
heheheh.,...jadi curhat
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: DIY: RELAY BY-PASSED FOR BETTER FIRE
yup, kalau diparalel, relay itu bisa jadi backup untuk mengalirkan arus yang besar, pakai kabel yang gede. Lebih mantap lagi juga pasang capasitor bank di deket delko
Grandcivic Kaca Gelap
Re: DIY: RELAY BY-PASSED FOR BETTER FIRE
emang bisa om!?pauluspaska wrote:Lebih mantap lagi juga pasang capasitor bank di deket delko
yg model gede kek capbank audio gitu!?ada nganggur nih dirumah..mari kita karyaken
btw..pasang capbanknya bijimana tuh?hihihi...
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh....
heheheh.,...jadi curhat
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: DIY: RELAY BY-PASSED FOR BETTER FIRE
pasangna kayak masang aki om. Yang negatif ke kabel negatif atau ground dan yang positif diparalel ke kaki relay yang positif. Semakin deket ke delko semakin bagus.
Cap bank berguna untuk fast discharge apalagi untuk CDI
Lebih bagus itu pakai capasitor yang kecil-kecil dirangkai supaya pengisian bisa cepat dan releasenya juga cepat.
Tapi buat Nyonyah pake yang ada aja deeeeh.....
Cap bank berguna untuk fast discharge apalagi untuk CDI
Lebih bagus itu pakai capasitor yang kecil-kecil dirangkai supaya pengisian bisa cepat dan releasenya juga cepat.
Tapi buat Nyonyah pake yang ada aja deeeeh.....
Grandcivic Kaca Gelap
- dhemilencok
- GC Enthusiast
- Posts: 826
- Joined: Thu May 22, 2008 7:19 pm
- Location: naek angkot 1 kali turun depan rumah
- Contact:
Re: DIY: RELAY BY-PASSED FOR BETTER FIRE
efek nya dong om paul....???
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: DIY: RELAY BY-PASSED FOR BETTER FIRE
Untuk Efek..ehem...biar Nyonyah sama Om Angga yang kasih testi...mereka pakai lebih dari 2 relay tuh....pasti *greng deh.... ;)
Grandcivic Kaca Gelap
Re: DIY: RELAY BY-PASSED FOR BETTER FIRE
efeknya!?maknyus lah...secara setrum ke koil lebih besar dan stabil [otomatis setrum ke busi juga]...stater pagi juga lebih gampang,apalagi buat gw yg uda pake dualcarb tanpa choke
coba weelah pake satu dulu..langsung trasa ko bedanya...ntar kalo dah penasaran tambah enak..tambah lagi dah relaynya jadi 10
ingat...pastikan kabel busi anda masi baik dan gakda bocor ;)
coba weelah pake satu dulu..langsung trasa ko bedanya...ntar kalo dah penasaran tambah enak..tambah lagi dah relaynya jadi 10
ingat...pastikan kabel busi anda masi baik dan gakda bocor ;)
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh....
heheheh.,...jadi curhat
Re: DIY: RELAY BY-PASSED FOR BETTER FIRE
biar serem lagi, spy nda pake relay bisa ga klo langsung pake saklar kaya engine on/off gitu ???
kaya gini:
kaya gini: