DIY: RELAY BY-PASSED FOR BETTER FIRE
Posted: Tue Dec 09, 2008 9:20 am
MOTTO: KALO BISA DIBIKIN BETTER KENAPA TIDAK...
Untuk Pengapian yang maknyoss biasanya listrik yang ada di CDI kalau bisa stabil atau sama dengan tegangan aki.
Nah GC kita itu berhubung sudah tua jadi tegangan yang sampai di kabel mau ke CDI turun 0.2V dari tegangan yang ada di aki.
Saya gak tahu efeknya seperti apa kalau turun jadi 0.2 V berhubung belum pernah diukur performance mesin.
Saya kepikiran untuk membuat tegangan di kabel itu sama dengan tegangan aki, jadi sesuai petunjuk Mbah Saitama untuk mem-by-pass kabel dengan menggunakan relay yang langsung terhubung ke aki.
Pertama-tama saya ukur kabel di kontak poin kuning delko, pengukuran dilakukan waktu kunci start di ON kan.
Hanya ada satu kabel dari 2 yang bertengangan.
CARA UKUR:
buka kontak(colokan) kuning, ambil tes pen(kalo gak punya tes pen bisa pakai bohlam dengan kabel yang terhubung. salah satu kabel ke kutub negatif dan kabel yang lain dihubungkan ke kontak poin salah satu kabel itu.
Biasanya kabel yang bertegangan adalah berwarna hitam-strip kuning.
lihat gambar:
Hasil pengukuran:
Sementara hasil pengukuran tegangan AKI adalah:
Kemudian siapkan relay, bagi yang belum biasa memasang relay sendiri bisa googling soal relay atau tanya montir.
Kabel dari colokan kuning ke delko yang pasangan kabel hitam-strip kuning dipotong dan dibelah (bukan di bedong) untuk dicabangkan ke relay tadi.
Setelah dipasang relay sekarang kita ukur kabel yang mengarah ke koil di dalam delko, sekarang pengukuran di situ dan pengukuran di aki sama besar.
Efek yang terasa ..............hmmmmm cobain diri deh ;)
Selamat mencoba
Untuk Pengapian yang maknyoss biasanya listrik yang ada di CDI kalau bisa stabil atau sama dengan tegangan aki.
Nah GC kita itu berhubung sudah tua jadi tegangan yang sampai di kabel mau ke CDI turun 0.2V dari tegangan yang ada di aki.
Saya gak tahu efeknya seperti apa kalau turun jadi 0.2 V berhubung belum pernah diukur performance mesin.
Saya kepikiran untuk membuat tegangan di kabel itu sama dengan tegangan aki, jadi sesuai petunjuk Mbah Saitama untuk mem-by-pass kabel dengan menggunakan relay yang langsung terhubung ke aki.
Pertama-tama saya ukur kabel di kontak poin kuning delko, pengukuran dilakukan waktu kunci start di ON kan.
Hanya ada satu kabel dari 2 yang bertengangan.
CARA UKUR:
buka kontak(colokan) kuning, ambil tes pen(kalo gak punya tes pen bisa pakai bohlam dengan kabel yang terhubung. salah satu kabel ke kutub negatif dan kabel yang lain dihubungkan ke kontak poin salah satu kabel itu.
Biasanya kabel yang bertegangan adalah berwarna hitam-strip kuning.
lihat gambar:
Hasil pengukuran:
Sementara hasil pengukuran tegangan AKI adalah:
Kemudian siapkan relay, bagi yang belum biasa memasang relay sendiri bisa googling soal relay atau tanya montir.
Kabel dari colokan kuning ke delko yang pasangan kabel hitam-strip kuning dipotong dan dibelah (bukan di bedong) untuk dicabangkan ke relay tadi.
Setelah dipasang relay sekarang kita ukur kabel yang mengarah ke koil di dalam delko, sekarang pengukuran di situ dan pengukuran di aki sama besar.
Efek yang terasa ..............hmmmmm cobain diri deh ;)
Selamat mencoba