Page 1 of 2

DIY Ganti Oli Persneling

Posted: Mon Dec 30, 2013 10:36 am
by alk
DIY GANTI OLI PERSNELING GRAND CIVIC

Menurut buku petunjuk servis, oli persneling harus diganti tiap 10.000 km, namun ada kalanya kita lupa menggantinya. Biasanya bengkel kita untuk memudahkan mengingat-ingat kapan harus ganti oli persneling dengan kalimat, “tiap 3 kali ganti oli mesin 1 kali ganti oli persneling”. Jadi kalau kita rutin ganti oli mesin tiap 3000 km, berarti kita juga ganti oli persneling tiap 9000 km.

Penggantian oli persneling ini sebenarnya mudah, asal ada kemauan dan niat. Memang sih lebih enak kalau kita bawa ke bengkel, bayar, dan beres. Tetapi tak ada salahnya jika kita mencoba untuk mengganti sendiri meskipun sedikit merepotkan. Kalau buat saya sih alasannya pengiritan dan memanfaatkan sisa penggantian oli mesin sebelumnya.

Sebelumnya kita cari referensinya dulu:

Buku Petunjuk Honda Civic
Image

Honda Civic Haynes Repair Manual
Image
Image

Manual Book Honda Civic
Image

ALAT-ALAT :
ImageImageImage
1. Dongkrak.
2. Kunci pas/kunci ring ukuran 17.
3. Tuas kunci shock yang bentuknya kotak, tanpa anak kunci shocknya karena yang kita butuhkan hanya besi kotak pengikat anak kunci shocknya.
4. Selang diameter 1 cm sepanjang kira-kira 1 meter.
5. Corong.
6. Wadah penampung oli.
7. Oli 2 liter.

URUTAN KERJA :
1. Mobil diangkat menggunakan dongkrak agar kita mudah maen di kolong.
Image

2. Buka baut pengisian oli persneling menggunakan kunci pas/ring 17.
Image

3. Letakkan wadah penampungan oli di bawah.
Image

4. Buka baut pembuangan oli persneling menggunakan kunci shock.
Image

5. Diamkan sampai tuntas.

6. Jika sudah tidak ada lagi oli yang menetes, tutup kembali baut pembuangan dan kencangkan.

7. Masukkan ujung selang ke lubang pengisian oli.
Image

8. Pada pangkal selang kita taruh corong agar memudahkan saat oli dituang.
Image

9. Tuangkan oli melalui corong sampai penuh, indikatornya jika sudah penuh adalah dari lubang pengisian oli persneling akan ada tetesan oli keluar. Biarkan sampai tetesan tersebut habis.

10. Tutup kembali baut pengisian oli persneling, kencangkan.

11. Terakhir, cek kembali apakah ada tetesan dari baut pembuangan oli persneling. Jika ada tetesan, mungkin baut kurang kencang. Jika tidak, maka proses penggantian oli persneling dinyatakan selesai.

Mohon maaf jika ada kesalahan cara, mohon koreksinya.

Re: DIY Ganti Oli Persneling

Posted: Mon Dec 30, 2013 1:15 pm
by adeindra
mantab om alk

pingin sekali sekali ngerjain sendiri tapi kok males banget ya hehehehe

btw, sorry oot... itu yang item kotak deket lubang pengisian oli kok kayaknya basah ama oli ya... apa seal rack powersteering elo bocor om?

Re: DIY Ganti Oli Persneling

Posted: Mon Dec 30, 2013 1:59 pm
by alk
hehehe iya om, lagi nggak karuan tuh sepertinya ada yang bocor power steeringnya berkurang olinya

Re: DIY Ganti Oli Persneling

Posted: Tue Dec 31, 2013 9:52 pm
by Ivankarim
wah mantheb om ALK.. ternyata jadi di praktekin to... aku malah belom pernah ngelakuin sendiriom hehehe..

Re: DIY Ganti Oli Persneling

Posted: Wed Jan 01, 2014 7:13 am
by kempoel888
Manteb om...nice inpo

Re: DIY Ganti Oli Persneling

Posted: Wed Jan 01, 2014 7:14 am
by kempoel888
Manteb om...nice inpo

Re: DIY Ganti Oli Persneling

Posted: Fri Feb 07, 2014 6:18 pm
by araafi23
kalo mobil saya agak rembes oli di sekitar pembuangan oli dan pengisian knapa yah...

Re: DIY Ganti Oli Persneling

Posted: Fri Feb 07, 2014 9:51 pm
by Kurniawan dicky
Mantab om..
Hati-hati dongkraknya amblas saat ngolong om.
Lebih aman tambahin pake jack stand

Re: DIY Ganti Oli Persneling

Posted: Sat Feb 08, 2014 2:05 am
by Pa'de Gung
Mantap om alk...

Kalo boleh nambahin dikit...
Pastikan ujung selang masuk cukup dalam. Ini untuk menghindari selang lepas saat oli dituang.

pernah ngalami soalnya...xixixi..

Re: DIY Ganti Oli Persneling

Posted: Sat Feb 08, 2014 10:07 am
by Ivankarim
Image
itu pake oli apa om kok warnanya merah gitu..