DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN
Untuk mendiagnosa mesin dan menyekolahkan kaki kanan ada cara yang lumayan efektif dan murah yaitu memasang vacuum meter di intake manipol.
Untuk diagnosa mesin nanti saya siapkan parameternya, sedangkan untuk sekolah kaki kanan maksudnya supaya kita bisa belajar irit secara alamiah dengan menjaga kevacuuman mesin terhadap bukaan throtle/gas, yang artinya kaki kanan kudu sekolah gitu.
1. SIAPKAN VACUUM METER
merek terserah, bisa pakai AUTO GAUGE, kisaran Rp. 250 K
2. PIPA CABANG BAWAAN VACUUM DIPASANG DENGAN MEMOTONG SALAH SATU SELANG VACUUM.
pipa ini kudu dipasang sebab dia yang mengontrol jarum penunjuk, jika tidak jarum akan bergerak cepat bolak-balik, jadi kita tidak bisa dapat good reading.
Cabang pipa yang mengontrol jarum adalah cabang yang mempunyai lubang kecil, saya sambungkan pakai selang bawaan vacuum itu ke alat penunjuk.
PARAMETER VACUUM
1. IDLE
Idle yang baik itu berkisar di 17 inHg. kalau ketinggian atau kerendahan coba periksa settingan timing, karbu, dan businya...
2. BERKENDARA
- kalau bisa menjaga vacuum diatas 15 inHg waktu berkendara, kita bisa ngirit banget. cruising bisa 17 inHg in ngirit banget!!
- 10 - 15 InHg ini dikatakan sebagai normal, biasanya kalau AC nyala ada dikisaran ini.
- di bawah 10 inHg kaki kanan kudu digampar tuh....boros....
Saat berkendara usahakan waktu mulai maju untuk mencapai kecepatan yang diinginkan dengan tidak terlalu terburu-buru, ini bisa kelihatan di meter. Kalau kaki kanan perlahan-lahan menginjak pedal gas, vacuum meter akan menunjukan pembacaan yang justru malah gak turun tapi naik. Berbeda kalau pedal mendadak dihajar habis, vacuum malah drop ke angka 3 InHg.
Ini tandanya katup karbu terbuka lebar, tekanan di dalam silinder dan di udara terbuka hampir sama, artinya bensin ngocor dahsyat!.
Kalau vacuum menunjukkan angka tinggi artinya katup karbu hanya terbuka sedikit sehingga bensin gak ngocor banyak.
Nanti dilanjut kembali ya....back to work dulu.
Lihat variasi penunjukan vacuum di bawah ini. Lihat RPM dan kecepatan.
A. Diam
B. IDLE (DINGIN)
C. JALAN
DIAGNOSA MESIN DENGAN VACUUM DIAMBIL DARI AUTOSPEED.COM.AU
Normal Engine at Idle
When the engine is healthy and working correctly, at idle the needle of the gauge should be steady and within the range of 17 – 22 inches of mercury.
Normal Engine when Throttle Snapped Open and Closed
Vacuum should drop to 3 and then momentarily climb to 25 – 28 before settling back at the previous value. This indicates that the valves and rings are OK.
Poor Rings or Oil at Idle
The needle will be steady but the reading will be lower than normal.
Poor Rings or Oil when Throttle Snapped Open and Closed
Vacuum will drop to near zero and then momentarily climb to about 22 before settling back to previous value.
Sticky Valve
The needle will drop occasionally about 4 inches of mercury from its normal idling reading.
Burnt Valve
The needle will regularly drop by a greater amount than with a sticky valve – eg 6 inches of mercury.
Leaky Valve
The needle rapidly drops two or more inches each time the valve should be closed. May also indicate a misfire.
Loose Valve Guides
Fast vibration of the needle between 14 and 19 inches of mercury.
Untuk diagnosa mesin nanti saya siapkan parameternya, sedangkan untuk sekolah kaki kanan maksudnya supaya kita bisa belajar irit secara alamiah dengan menjaga kevacuuman mesin terhadap bukaan throtle/gas, yang artinya kaki kanan kudu sekolah gitu.
1. SIAPKAN VACUUM METER
merek terserah, bisa pakai AUTO GAUGE, kisaran Rp. 250 K
2. PIPA CABANG BAWAAN VACUUM DIPASANG DENGAN MEMOTONG SALAH SATU SELANG VACUUM.
pipa ini kudu dipasang sebab dia yang mengontrol jarum penunjuk, jika tidak jarum akan bergerak cepat bolak-balik, jadi kita tidak bisa dapat good reading.
Cabang pipa yang mengontrol jarum adalah cabang yang mempunyai lubang kecil, saya sambungkan pakai selang bawaan vacuum itu ke alat penunjuk.
PARAMETER VACUUM
1. IDLE
Idle yang baik itu berkisar di 17 inHg. kalau ketinggian atau kerendahan coba periksa settingan timing, karbu, dan businya...
2. BERKENDARA
- kalau bisa menjaga vacuum diatas 15 inHg waktu berkendara, kita bisa ngirit banget. cruising bisa 17 inHg in ngirit banget!!
- 10 - 15 InHg ini dikatakan sebagai normal, biasanya kalau AC nyala ada dikisaran ini.
- di bawah 10 inHg kaki kanan kudu digampar tuh....boros....
Saat berkendara usahakan waktu mulai maju untuk mencapai kecepatan yang diinginkan dengan tidak terlalu terburu-buru, ini bisa kelihatan di meter. Kalau kaki kanan perlahan-lahan menginjak pedal gas, vacuum meter akan menunjukan pembacaan yang justru malah gak turun tapi naik. Berbeda kalau pedal mendadak dihajar habis, vacuum malah drop ke angka 3 InHg.
Ini tandanya katup karbu terbuka lebar, tekanan di dalam silinder dan di udara terbuka hampir sama, artinya bensin ngocor dahsyat!.
Kalau vacuum menunjukkan angka tinggi artinya katup karbu hanya terbuka sedikit sehingga bensin gak ngocor banyak.
Nanti dilanjut kembali ya....back to work dulu.
Lihat variasi penunjukan vacuum di bawah ini. Lihat RPM dan kecepatan.
A. Diam
B. IDLE (DINGIN)
C. JALAN
DIAGNOSA MESIN DENGAN VACUUM DIAMBIL DARI AUTOSPEED.COM.AU
Normal Engine at Idle
When the engine is healthy and working correctly, at idle the needle of the gauge should be steady and within the range of 17 – 22 inches of mercury.
Normal Engine when Throttle Snapped Open and Closed
Vacuum should drop to 3 and then momentarily climb to 25 – 28 before settling back at the previous value. This indicates that the valves and rings are OK.
Poor Rings or Oil at Idle
The needle will be steady but the reading will be lower than normal.
Poor Rings or Oil when Throttle Snapped Open and Closed
Vacuum will drop to near zero and then momentarily climb to about 22 before settling back to previous value.
Sticky Valve
The needle will drop occasionally about 4 inches of mercury from its normal idling reading.
Burnt Valve
The needle will regularly drop by a greater amount than with a sticky valve – eg 6 inches of mercury.
Leaky Valve
The needle rapidly drops two or more inches each time the valve should be closed. May also indicate a misfire.
Loose Valve Guides
Fast vibration of the needle between 14 and 19 inches of mercury.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by pauluspaska on Thu Nov 27, 2008 9:29 am, edited 3 times in total.
Grandcivic Kaca Gelap
- bisatyo
- GC Enthusiast
- Posts: 829
- Joined: Tue Jul 08, 2008 1:08 pm
- Location: Yogyakarta - Jakarta
- Contact:
Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN
manstab,,
klo ngikutin 17 InHg trus bs brp tu FC-na om,?
btw, speedony om PPP kok ada indikator posisi tuas matik y,? punya ane gak ada,, ntu uda diganti ato emank aslinya,? ato jgn2 beda tahun speedony beda y khusus matic,?
maap OOT
klo ngikutin 17 InHg trus bs brp tu FC-na om,?
btw, speedony om PPP kok ada indikator posisi tuas matik y,? punya ane gak ada,, ntu uda diganti ato emank aslinya,? ato jgn2 beda tahun speedony beda y khusus matic,?
maap OOT
Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN
pinjem om vacuummeternya
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh....
heheheh.,...jadi curhat
Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN
buat mesin injection bisa gak?
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN
Itu bawaan IDM om...Indonesian Domestik Marketbisatyo wrote:manstab,,
klo ngikutin 17 InHg trus bs brp tu FC-na om,?
btw, speedony om PPP kok ada indikator posisi tuas matik y,? punya ane gak ada,, ntu uda diganti ato emank aslinya,? ato jgn2 beda tahun speedony beda y khusus matic,?
maap OOT
FC tergantung mesin sodare-sodare....tapi akan lebih baik daripada kaki kanan gak kenal aturan hehehehe
Last edited by pauluspaska on Wed Nov 26, 2008 1:38 pm, edited 1 time in total.
Grandcivic Kaca Gelap
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN
Buat mengukur kekuatan 'sedotan' ya Nyah?....meneer wrote:pinjem om vacuummeternya
Grandcivic Kaca Gelap
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN
Bisa aja Om Arie...yang penting ada selang vacuum di throtle body, dicabang ke meter ini.arie aja wrote:buat mesin injection bisa gak?
Grandcivic Kaca Gelap
- bisatyo
- GC Enthusiast
- Posts: 829
- Joined: Tue Jul 08, 2008 1:08 pm
- Location: Yogyakarta - Jakarta
- Contact:
Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN
klo dulu pas sebelum pke HHO n kaki kanan kagak sekolah FC dalkot brpaan om,?pauluspaska wrote:
Itu bawaan IDM om...Indonesian Domestik Market
FC tergantung mesin sodare-sodare....tapi akan lebih baik daripada kaki kanan gak kenal aturan hehehehe
Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN
Mumpung ada gambarnya, mo tanya klo strip rpm sebelum angka 1 itu nunjukin berapa sih???
500rpm apa 750rpm sesuai spek??
500rpm apa 750rpm sesuai spek??
Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN
ya...ya...sedotan vacuum dual carbpauluspaska wrote:
Buat mengukur kekuatan 'sedotan' ya Nyah?....
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh....
heheheh.,...jadi curhat