DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

share about anything that you do-it-yourself...
User avatar
saitama
GC Whore
GC Whore
Posts: 4056
Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
Location: AKDP Surabaya-Madiun
Contact:

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Post by saitama » Thu Nov 27, 2008 9:50 pm

hebat nih om PPP salut ooomm aku malah binun mo cari boost meter yang ada vacum nya sekalian cari blow opp... buat mesin q aku pusiiiingggg.........


huaaaaaaaaaaaaa

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Post by onta » Fri Nov 28, 2008 8:19 am

pauluspaska wrote:gini Om, sebelumnya juga aku ampe pusying mikirin idle ku kok gak beres2....
setelah ganti delko, ganti busi ke ori(ternyata selama ini pake yang genio, lebih pendek radiator businya), dapet tuh di 700, ini setelah bongkar pasang karbu dulu ampe apal. dipriksa gak ada yang bocor dan lain sebagainya.
Sekarang setelah ganti aki(ganti gara2 HHO :mrgreen: ) ditambah grounding bagus, plus busi yang fresh, apinya juga bagus. Idle ku smooth di 700 kalo dingin....kalo panas naek dikit.

Baru deh ngerasain efek kalo api bagus itu waktu start mobil bisa ngacir...tapi lagi bingung nih, di putaran atas, mesin rasanya beda, gak responsive gitu. Agak kosong.
kayane abis gw ganti karbu blum sempet tune detail, abis waktunya ngakalin karbu. SAbtu ta coba dl bersihin jalur idle, baru rembet ke pengapian.

kamsia Om ...

User avatar
abah
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1756
Joined: Thu Oct 30, 2008 10:34 am
Location: bandung - Pekalongan

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Post by abah » Wed Dec 10, 2008 11:05 am

Baru deh ngerasain efek kalo api bagus itu waktu start mobil bisa ngacir...tapi lagi bingung nih, di putaran atas, mesin rasanya beda, gak responsive gitu. Agak kosong.


Om, saya juga ngerasain, kalo di putaran atas rada berat. apa mungkin setelan karbunya?? padahal udah coba pake pertamax, tetep aja kaya gitu.

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Post by pauluspaska » Wed Dec 10, 2008 5:07 pm

Sepertinya bukan karbu deh om.
Saya kemarin coba bersihin karbu lagi, setel ulang gak ada pengaruhnya, di atas masih kosong....

Saya curiga vacuum advancer yang ada di delko gak bekerja bagus.
nanti saya kasih reportnya.

Saya dapet dorongan kalo gas diinjek rada dalem yang mana itu rada gak lazim soalnya sebelum ganti delko gak perlu injek dalem.

saya curiga itu pengapian terlambat gara-gara tertahan sama vacuum advancer,jadi waktu gas cuma dibuka dikit pengapian masih beberapa derajat dibelakang....nah pas gas dibuka gede, vacuum di karbu kecil, vacuum advancer jadi lepas..baru deh pengapian maju.
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Post by meneer » Wed Dec 10, 2008 5:59 pm

pauluspaska wrote:Sepertinya bukan karbu deh om.
Saya kemarin coba bersihin karbu lagi, setel ulang gak ada pengaruhnya, di atas masih kosong....

Saya curiga vacuum advancer yang ada di delko gak bekerja bagus.
nanti saya kasih reportnya.

Saya dapet dorongan kalo gas diinjek rada dalem yang mana itu rada gak lazim soalnya sebelum ganti delko gak perlu injek dalem.

saya curiga itu pengapian terlambat gara-gara tertahan sama vacuum advancer,jadi waktu gas cuma dibuka dikit pengapian masih beberapa derajat dibelakang....nah pas gas dibuka gede, vacuum di karbu kecil, vacuum advancer jadi lepas..baru deh pengapian maju.
ganti dual carb eks matic...beresssssss :mrgreen:
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

User avatar
badooy
Site Admin
Site Admin
Posts: 10094
Joined: Fri May 23, 2008 8:34 pm
Location: Bintaro - Semanggi - Cicaheum
Contact:

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Post by badooy » Wed Dec 10, 2008 7:59 pm

bisa jg krn setelan top gak wutul

User avatar
bisatyo
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 829
Joined: Tue Jul 08, 2008 1:08 pm
Location: Yogyakarta - Jakarta
Contact:

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Post by bisatyo » Wed Dec 10, 2008 8:46 pm

meneer wrote: ganti dual carb eks matic...beresssssss :mrgreen:
lah,, emank dual card manual sm matic beda yah,??

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Post by meneer » Wed Dec 10, 2008 10:08 pm

bisatyo wrote: lah,, emank dual card manual sm matic beda yah,??
beda..dan sudah terbukti manjur :P :mrgreen:
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Post by onta » Thu Dec 11, 2008 8:43 am

pauluspaska wrote: saya curiga itu pengapian terlambat gara-gara tertahan sama vacuum advancer,jadi waktu gas cuma dibuka dikit pengapian masih beberapa derajat dibelakang....nah pas gas dibuka gede, vacuum di karbu kecil, vacuum advancer jadi lepas..baru deh pengapian maju.
ehem sepertinya rada keliru Om ...
vacuum advance=majuin pengapian lewat vacuum
throtle bukaan kecil (vacuum besar), bensinnya sedikit ngocor, bensin gampang terbakar, pengapian butuh dimajuin mendekati TMA.
Klo pas throtle bukaan besar (vacuum mendekati 0), bensin yg ngocor deres, butuh waktu agak lama untuk membakar, jadi timing perlu dimundurin menjahui TMA, spy semua bensin bisa terbakar.

Kemarin sempet setelah ganti karbu prestige pake spuyer GC, tarikan atas jd lemot, akhirnya gw ganti spuyer bawaan prestige yg mana idle jetnya naik 5 jadi 80, main jet turun 5 jadi 45. Langsung uenak tenan, sampe 6500rpm nda ada matinya.

yg perlu di lihat mungkin, vacuum advance macet ga?
biasanya klo macet (utk menghindari nglitik) delco disetel puteran atasnya boyo.
Klo vacuum advance nda macet, mungkin secondary throtle'nya yg macet/ vacuumnya bocor.
Taunya macet/bocor klo pas ditarik sampe 5000rpm, mesin kaya kehabisan bensin

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Post by pauluspaska » Thu Dec 11, 2008 9:28 am

sepertinya kudu bikin thread baru nih...tapi ya wis lah sekalian aja disini...

Spuyer yang mana yang diganti? kalo karbu kan cuma ada 1 spuyer yang bisa dicopot.

Secondary gak macet.

Biasanya(sebelum ganti delko) putaran atas (3000 - 3500) dengan kec 100 km/j vacuum bisa ditahan di 15 inHg....terus kalo melambat/rem saya pindahin dari D4 ke D3 supaya putaran gak turun, waktu mau tancap lagi masih ada isinya(bertenaga) gitu..sekaran setelah ganti delko, putaran bawah mantap benar, to'el dikit itu pedal gas mobil ngacir, mulai 90 km/j mobil jadi boyot, gas kudu diteken dalem.....pas di 100 km/j vacuum cuma dapet 12 inHg...diusahain dapet 15 susah bener.....(btw ini lagi jalan datar ya...) terus kalo lagi melambat di 100 km/j dipindah ke D3 mau tancap gas boyot nih.....
Grandcivic Kaca Gelap

Post Reply