DIY Bersihkan Tromol Rem Belakang
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
DIY Bersihkan Tromol Rem Belakang
Rem belakang jarang sekali dapat perhatian kita oleh sebab bentuknya yang tertutup padahal fungsinya fatal.
Sebaiknya inspeksi dilakukan 6 bulan sekali atau minimal 1 tahun sekali untuk mengetahui ketebalan dan fungsi sistem.
Inspeksi berguna untuk menemukan kegagalan kaliper rem akibat tumpukan debu dan kegagalan material yang berakibat macetnya kaliper maupun bocornya minyak rem.
Langkah-langkah inspeksi:
1. Kendurkan baut roda
2. Angkat Bodi mobil
Kalau tidak punya jack stand, sangat disarankan untuk menaruh ban mobil yang dicopot di bagian bawah mobil untuk menahan kalau-kalau mobil jatuh
3. Siapkan baut 12 yang panjangnya cukup kira-kira 3 CM untuk membuka tromol. Oh ya jangan lupa rem tangan dilepas ya
4. Cari lubang baut
Di tromol terdapat 2 lubang bersebrangan untuk memasukan baut agar tromol dapat mudah keluar/copot
Pasang baut
5. Putar Baut dengan kunci sampai tromol terdorong keluar
6. Sesudahnya tromol terbuka dan copot periksa debu dan kondisi sistem rem dan ketebalan brake pad
7. Siapkan cairan pembersih debu.
SANGAT TIDAK DISARANKAN UNTUK MENIUP, MENYEMRPOT DENGAN UDARA ATAU MENYIKAT DEBU.
Partikel debu rem sangat berbahaya bagi paru-paru.
Saya gunakan pembersih karburator seperti ini
8. Bersihkan tromol dan sistem rem
Harus bersih dari debu. Ketika disemprot pembersih, kotoran akan larut dan jatuh sendiri.
9. Service Limit
Service limit brake pad adalah 2 mm, kalau sudah mencapai 2 mm, segera ganti brake pad
Service limit tromol adalah 1mm, Kalau tromol mempunyai marking 181mm artinya tromol standar mempunyai diameter dalam 180mm dan service limitnya adalah 1 mm
10. Bersihkan brake pad pakai sikat kawat dari debu yang menempel.
11. Atur rem tangan
untuk mengatur rem tangan dapat sekalian dilakukan saat tromol terbuka melalui mekanisme di sini:
Sebenarnya pengaturan rem tangan harus saat tromol terpasang untuk memastikan saat terkuncinya tromol
melalui lubang ini:
Lubang ini berada di belakang sisi atas backing plate dan harus ada penutup karetnya agar tidak ada air dan kotoran masuk
Jangan lakukan yang berikut:
1. Bongkar sistem rem kalau tidak punya peralatan yang memadai.
Memasang kembali brake pad (misalnya) bakal bikin keringetan dan sulit. Lagi pula ganti brake pad tidak dilakukan sering kok. Bawa saja ke bengkel. Kalau tidak salah kena 50 ribu per ban untuk service dan ganti brake pad.
Pada saat roda terbuka inspeksi bagian kaki kaki ya.
Bushing trailing Arm kudu diganti nih, pantesan jedag-jedug yang belakang kanan
Semoga bermanfaat
Sebaiknya inspeksi dilakukan 6 bulan sekali atau minimal 1 tahun sekali untuk mengetahui ketebalan dan fungsi sistem.
Inspeksi berguna untuk menemukan kegagalan kaliper rem akibat tumpukan debu dan kegagalan material yang berakibat macetnya kaliper maupun bocornya minyak rem.
Langkah-langkah inspeksi:
1. Kendurkan baut roda
2. Angkat Bodi mobil
Kalau tidak punya jack stand, sangat disarankan untuk menaruh ban mobil yang dicopot di bagian bawah mobil untuk menahan kalau-kalau mobil jatuh
3. Siapkan baut 12 yang panjangnya cukup kira-kira 3 CM untuk membuka tromol. Oh ya jangan lupa rem tangan dilepas ya
4. Cari lubang baut
Di tromol terdapat 2 lubang bersebrangan untuk memasukan baut agar tromol dapat mudah keluar/copot
Pasang baut
5. Putar Baut dengan kunci sampai tromol terdorong keluar
6. Sesudahnya tromol terbuka dan copot periksa debu dan kondisi sistem rem dan ketebalan brake pad
7. Siapkan cairan pembersih debu.
SANGAT TIDAK DISARANKAN UNTUK MENIUP, MENYEMRPOT DENGAN UDARA ATAU MENYIKAT DEBU.
Partikel debu rem sangat berbahaya bagi paru-paru.
Saya gunakan pembersih karburator seperti ini
8. Bersihkan tromol dan sistem rem
Harus bersih dari debu. Ketika disemprot pembersih, kotoran akan larut dan jatuh sendiri.
9. Service Limit
Service limit brake pad adalah 2 mm, kalau sudah mencapai 2 mm, segera ganti brake pad
Service limit tromol adalah 1mm, Kalau tromol mempunyai marking 181mm artinya tromol standar mempunyai diameter dalam 180mm dan service limitnya adalah 1 mm
10. Bersihkan brake pad pakai sikat kawat dari debu yang menempel.
11. Atur rem tangan
untuk mengatur rem tangan dapat sekalian dilakukan saat tromol terbuka melalui mekanisme di sini:
Sebenarnya pengaturan rem tangan harus saat tromol terpasang untuk memastikan saat terkuncinya tromol
melalui lubang ini:
Lubang ini berada di belakang sisi atas backing plate dan harus ada penutup karetnya agar tidak ada air dan kotoran masuk
Jangan lakukan yang berikut:
1. Bongkar sistem rem kalau tidak punya peralatan yang memadai.
Memasang kembali brake pad (misalnya) bakal bikin keringetan dan sulit. Lagi pula ganti brake pad tidak dilakukan sering kok. Bawa saja ke bengkel. Kalau tidak salah kena 50 ribu per ban untuk service dan ganti brake pad.
Pada saat roda terbuka inspeksi bagian kaki kaki ya.
Bushing trailing Arm kudu diganti nih, pantesan jedag-jedug yang belakang kanan
Semoga bermanfaat
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Grandcivic Kaca Gelap
Re: DIY Bersihkan Tromol Rem Belakang
mantab nih diy nya
bener ini suatu hal yang bisa dilakukan sendiri jika sedang free
walau kadang juga suka ada kesulitan memasang kembali tromol terutama jika tromolnya udah kemakan permukaannya
kalo kebetulan niat mau modal semprotannya pake brake cleaner juga bisa ya..
btw, laher roda belakang mengkilat amet... baru ganti ya om
bener ini suatu hal yang bisa dilakukan sendiri jika sedang free
walau kadang juga suka ada kesulitan memasang kembali tromol terutama jika tromolnya udah kemakan permukaannya
kalo kebetulan niat mau modal semprotannya pake brake cleaner juga bisa ya..
btw, laher roda belakang mengkilat amet... baru ganti ya om
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: DIY Bersihkan Tromol Rem Belakang
Saya cari brake cleaner di mang Ace gak ada euy, ya sudah kreatif saja pake yang ada.
Iya laher belakang baru ganti
Nah saya memang akan ganti tromol juga nih secara sudah terasa lebih dari 1 mm secara sudah 20 tahun lebih dipakai.
Ada yang tahu harga tromol baru? Katanya - denger-denger gak mahal
Iya laher belakang baru ganti
Nah saya memang akan ganti tromol juga nih secara sudah terasa lebih dari 1 mm secara sudah 20 tahun lebih dipakai.
Ada yang tahu harga tromol baru? Katanya - denger-denger gak mahal
Grandcivic Kaca Gelap
- kempoel888
- GC Maniac
- Posts: 1164
- Joined: Mon Sep 10, 2012 7:27 pm
Re: DIY Bersihkan Tromol Rem Belakang
Wah master diy beraksi ni....nice inpo om....segera dilaksanakan mumpung belom puasa...he he
-
- GC Noob
- Posts: 149
- Joined: Thu Oct 20, 2011 8:30 pm
Re: DIY Bersihkan Tromol Rem Belakang
Kalo kondisi darurat bersihin brake belakang pake air dicampur sabun trus dikuas boleh kan om??? Kira2 dust seal kaliper rem ada pantangannya ga dgn air sabun??
- saitama
- GC Whore
- Posts: 4056
- Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
- Location: AKDP Surabaya-Madiun
- Contact:
Re: DIY Bersihkan Tromol Rem Belakang
wuuuiiihhh..... keren infonya oomm....
Re: DIY Bersihkan Tromol Rem Belakang
Klo mau nyetel handbrake, baut stelannya itu ada di kedua sisi roda belakang ya?
http://www.grandcivic.com/viewtopic.php?t=5779 <<--- GreCi Narcism Thread
- saitama
- GC Whore
- Posts: 4056
- Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
- Location: AKDP Surabaya-Madiun
- Contact:
Re: DIY Bersihkan Tromol Rem Belakang
selain lewat baut setelan di bawah juga bisa lewat baut setelan di tuas handrem nya di bawah asbak belakang....
Re: DIY Bersihkan Tromol Rem Belakang
Mau sekalian bersih2 tromol om, sekalian stel handbrake nih
http://www.grandcivic.com/viewtopic.php?t=5779 <<--- GreCi Narcism Thread
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: DIY Bersihkan Tromol Rem Belakang
Maaf kalo boleh koreksi dikit......leon_pnj wrote:Mau sekalian bersih2 tromol om, sekalian stel handbrake nih
Sebetulnya ini bukan pengatur rem tangan, pengaturan rem tangan ada di belakang handel rem tangan...
Baut clevis ini funsinya untuk setel jarak antara kampas rem dan tromol... supaya injakan rem ga terlalu dalam...otomatis rem tangan juga jadi cekak.
Dan sebenarnya bagian ini tidak perlu disetel manual, karena bisa menyesuaikan sendiri saat injakan rem terlalu dalam.
Ini karenakan adanya adjuster lever...(Plat kuningan tepat di ujung obeng)
Namun bagian ini banyak yg tidak berfungsi dg baik, karena tidak dirawat.