Page 10 of 10

Re: Benerin vacum IDLE Up AC Rusak menggunakan Per Pulpen

Posted: Fri Dec 04, 2015 12:14 am
by andhikawijaya
Iya pakdhe ternyata jumper thermostatnya agak gak bener pakdhe, abis dibenerin temen udah oke...katanya harusnya ada termistor ato apa gitu namanya sebelum masuk thermostat..

Re: Benerin vacum IDLE Up AC Rusak menggunakan Per Pulpen

Posted: Fri Dec 04, 2015 1:38 am
by Pa'de Gung
Syukukurlah kalo udah beres...:)

Tp kok masalahnya ada di thermostat ya..???
Kalo masalahnya di sekitar thermostat...harusnya ga ada pengaruh dg speed blower 123&4.
Selain itu memang tidak ada thermistor pada gc, karena pengatur suhunya bukan electronic.

Susunan instalasinya serial... Kabel dari ground masuk ke suis 1234 >> tombol suis ac >> thermoswitch >> pressure switch lalu ke relay fan cooling dan delay modul.

Kalo benar kondisinya normal pada speed 1, kemudian bermasalah pada speed 3&4..
Bisa dipastikan masalahnya pada switch 1234 itu, tidak ada faktor lain.

Re: Benerin vacum IDLE Up AC Rusak menggunakan Per Pulpen

Posted: Sun Dec 27, 2015 6:52 pm
by andhikawijaya
Baru ol lagi pakdhe, jadi kemarin sya juga sempat ragu saya curiga di switch 1234nya itu, setelah di urut ternyata thermostat sring on/off mutus aliran sendiri padahal suhu di dalam evap dinginnya belum terpenuhi saat switch ada di nomer 3 dan 4. Jadi seperti ada yg konslet dari situ pakdhe,,

oh iya sekedar share aja tekanan di aliran ac jg berpengaruh pakdhe sebelum diservis tekanan aliran sekitar 50 (ndak liat satuannya apa) setting bukaan valve yg di evaporator dibuat sekitar 30 (katanya temen yg ideal segitu segala jenis mobil jepang)

Sekarang di nomer 1 aja udah dingin , walo kalo muatan full tetep pake 2 tapi hembusan lebih terasa dingin hehe...

Re: Benerin vacum IDLE Up AC Rusak menggunakan Per Pulpen

Posted: Mon Dec 28, 2015 12:13 pm
by Pa'de Gung
1. Switch blower 1234 secara teknis tidak mempengaruhi kinerja ac, kecuali hanya pada sisi waktu saja. Semakin tinggi kecepatan blower, semakin lama ac mencapai dingin, tapi sirkulasi udara dalam kabin lebih cepat.
2. Tekanan freon didalam tergantung pada kekuatan kompresor dan volume frein. Semakin tinggi tekanan semakin berat beban mesin.
3. Dalam hal kelistrikan, AC dan blower bekerja secara terpisah seperti kulkas dan kipas angin. Kecepatan kipas bisa dirubah tanpa mempengaruhi sistem kulkasnya. Hanya freezernya aja yg lama dingin karena ditiup kipas yg keceng.
Dan sepertinya belum ada solusi untuk masalah di posisi suis 3&4.

Re: Benerin vacum IDLE Up AC Rusak menggunakan Per Pulpen

Posted: Wed Jul 12, 2017 4:55 pm
by Om Bagor
Pakdhe dan para pakar di sini, saya udah sukses dengan teknologi per pulpen ini ... saat AC / kompresor AC mulai nyala dan berhenti, RPM kembali naik. Matur tengkyu ...
Tapi ... saat jeda (sekitar 2 detik) ... RPM anjlok dulu ke 400-an ... jadi getar hebat kayak hampir mati mesinnya, baru naik lagi ke 1000.
Bagaimana cara mengatasinya ya ? Mohon pencerahannya ...
Tentunya ini terjadi saat berhenti di lampu merah/macet.

Salam kedip lampu dan double klakson ... thin-thin ! ;;) :o)

Re: Benerin vacum IDLE Up AC Rusak menggunakan Per Pulpen

Posted: Wed Jul 12, 2017 10:36 pm
by Pa'de Gung
Sebenarnya ga ada pengaruh dg per pulpen ini., Kecuali ada masalah lain.
Idle up telat bisa karena beberapa masalah.
1. Modul AC rusak, modul ini yg mengatur supaya rpm naik dulu sebelum kompresor aktif.
2. Membran idle up bocor halus, sehingga nariknya lambat.
3. Saluran idle up (selang dan solenoid) agak buntu. Efeknya sama dg poin 2.

Re: Benerin vacum IDLE Up AC Rusak menggunakan Per Pulpen

Posted: Thu Jan 17, 2019 5:14 pm
by castello_maya
Baca postingan lama. Asek juga nih..
Lama juga gak absen di sini .