D. I . Y. Headlamp Versus Alumunium Foil Versi Irit

share about anything that you do-it-yourself...
User avatar
cutemaster
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 700
Joined: Thu May 20, 2010 2:45 pm
Location: Cibinong - Bogor - Jambi
Contact:

Re: D. I . Y. Headlamp Versus Alumunium Foil Versi Irit

Post by cutemaster » Tue Apr 17, 2012 10:54 am

fafaarif wrote:itu kalo pake kertas sticker ya om. kalo pake alfoil cepet burem lagi juga gak om? kalo pake kertas sticker dikasi lmpu std bisa tahan rapa lama om. paling mobil cuma kepake weekend n jarang pake malem2.

yang saya pake AF, masih kinclong sampe sekarang om.
aman :D
D I Y ...... Lebih Asik daripada hanya Sekedar Ganti :P

User avatar
mukti
GC Lover
GC Lover
Posts: 451
Joined: Sat Feb 26, 2011 7:08 pm
Location: Marabahan-Banjarmasin-Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Re: D. I . Y. Headlamp Versus Alumunium Foil Versi Irit

Post by mukti » Thu Apr 19, 2012 12:46 pm

masalah HL GC ini memang dilematis om-om semua :?

saya sudah melakukan DIY keduanya. baik menambal krom reflektor yang agak gosong dengan AF dan juga amplas permukaan mika HL sesuai petunjuk (bahkan pakai mesin poles segala). hasilnya sih bagus, mika jd bening lagi. tetapi inilah dilematis yang saya maksud : :

di satu sisi, kalau mau pencahayaannya terang, alternatifnya menambah watt dan mika harus benar2 bening dengan kondisi krom juga harus bagus, dengan konsekuensi mika daj krom reflektor akan cepat butek karena panas bohlamp #-o #-o

di sisi lain, kalo mau mika tetap bening, maka harus pakai watt yang standar2 aja, konsekuensinya pancahayaannya standar aja juga..... :-w :-w

memang masalah terang atau enggak itu relatif sih. menurut si om anu terang, tp belum tentu menurut om yang satunya terang. ;;) ;;). jadi semua kembali ke gaya, dan kebutuhan. yang paling susah adalah menyatukan keduanya. :-w :-w

User avatar
adeindra
Site Admin
Site Admin
Posts: 14009
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: D. I . Y. Headlamp Versus Alumunium Foil Versi Irit

Post by adeindra » Thu Apr 19, 2012 1:04 pm

ada dua cara lagi om kalo mau tetep pake bohlam dengan watt standar 55/50 namun pencahayaan lumayan nambah terang yaitu

1. pake bohlamp yang lebih mahalan yang wattnya sama namun intensitas cahayanya lebih terang
sebagai contoh, maaf pake bawa nama merek... biasa kita pake philips premium 55/60 watt yang satunya cuma 25rebu.. ganti deh dengan bohlamp phiplips xtreme vision yang juga sama kok watt nya 55/60... 2 kali lipat lebih terang dari philips premium... namun harganya lumayan bedaaaa jauuuuuh :D
Image

2. pake yang namanya boster lampu.... sama pencahayaan juga jadi lebih terang dengan bohlamp standar... kalo engga salah paling kelemahannya usia bohlamp jadi berkurang
ini salah satu contohnya
Image

fafaarif
GC Noob
GC Noob
Posts: 141
Joined: Thu Feb 09, 2012 10:48 am
Location: bantul yogyakarta

Re: D. I . Y. Headlamp Versus Alumunium Foil Versi Irit

Post by fafaarif » Tue Apr 24, 2012 6:09 pm

mukti wrote:masalah HL GC ini memang dilematis om-om semua :?

saya sudah melakukan DIY keduanya. baik menambal krom reflektor yang agak gosong dengan AF dan juga amplas permukaan mika HL sesuai petunjuk (bahkan pakai mesin poles segala). hasilnya sih bagus, mika jd bening lagi. tetapi inilah dilematis yang saya maksud : :

di satu sisi, kalau mau pencahayaannya terang, alternatifnya menambah watt dan mika harus benar2 bening dengan kondisi krom juga harus bagus, dengan konsekuensi mika daj krom reflektor akan cepat butek karena panas bohlamp #-o #-o

di sisi lain, kalo mau mika tetap bening, maka harus pakai watt yang standar2 aja, konsekuensinya pancahayaannya standar aja juga..... :-w :-w

memang masalah terang atau enggak itu relatif sih. menurut si om anu terang, tp belum tentu menurut om yang satunya terang. ;;) ;;). jadi semua kembali ke gaya, dan kebutuhan. yang paling susah adalah menyatukan keduanya. :-w :-w
bener deh om, sepakat banget sama anda. kemaren ane juga uda lakuin keduanya, pertama si ane coba di satu sisi HL ane. Alhmdllah hasilnya emang lebi terang lumayan telak dibanding sisi 1 nya yang ga di treatment. karna ada hasilnya jadi sisi lainya saya tambal juga pake alfoil plus di amplas juga mikanya. hasil si ada peningkatan yang cukup "wow" tapi tetep masi gelap di jalanan kota. hehe,,, palagi kalo ane pasang lampu std watt nya yah. tapi sukur deh uda ga buta2 banget lagi kalo malem. Pengan pasang foglamp yg projector ato ga yg foglamp led ada yg penah coba lum Om? gimana hasilnya

jackob1122
GC Noob
GC Noob
Posts: 44
Joined: Tue Jan 10, 2012 12:01 am

Re: D. I . Y. Headlamp Versus Alumunium Foil Versi Irit

Post by jackob1122 » Sun May 06, 2012 10:09 pm

kalau mika GC sudah kusam bagian dalam nya harus di beri obat khusus om,kalau cuma di amplas aj & di kompond tetap sama saja hasil nya ga beda jauh...itu pun klo amplasnya cuma sampai grid 2000 ya sama saja hasilnya masih kurang maximal&untuk reflektor klo memakai AF sinar lampu tidak bisa kluar maximal karena AF cling nya doff bukan cling kaya reflektor..kalau memang mau bagus ya di chroum ulang om...kalau mau lebih maximal lagi bawa saja tempat saya...peng amplasan sampai grid 5000...itu pun obatnya bukan pakai kompond biasa itu om ^_^ lihat dech hasil album foto saya di FB:jackob jackson
^_^

jackob1122
GC Noob
GC Noob
Posts: 44
Joined: Tue Jan 10, 2012 12:01 am

Re: D. I . Y. Headlamp Versus Alumunium Foil Versi Irit

Post by jackob1122 » Sun May 06, 2012 10:21 pm

tetap sama saja g bisa tahan lama om...yg paling bagus di chroum ulang om..agak mahal juga sich tapi daripada beli baru semakin ngeri om :D

ada alatnya koq om supaya lampu lebih terang tapi nggak panas di mika ataupun reflektor harga nya sekitaran 1,6...di jamin dech kalau HL nya masih putih pasti awet&tahan lama... sinar nya pun tetap terang benderang ^_^

User avatar
indra setyono
GC Noob
GC Noob
Posts: 89
Joined: Wed Mar 04, 2015 8:20 am

Re: D. I . Y. Headlamp Versus Alumunium Foil Versi Irit

Post by indra setyono » Sat Mar 28, 2015 6:20 pm

setelah membaca saya memberanikan diri membuka mika hl, untungnya cromnya masih bagus tinggal dicuci, trus mikannya diamplas kompon pake mesin poles , hasilnya lumayan bening, hehehe
nah kalo mau bikin mika depan dibikin bening polos itu gimna ya , ada yg pernah buat ngak?

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5903
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: D. I . Y. Headlamp Versus Alumunium Foil Versi Irit

Post by Pa'de Gung » Sun Mar 29, 2015 11:41 am

indra setyono wrote:setelah membaca saya memberanikan diri membuka mika hl, untungnya cromnya masih bagus tinggal dicuci, trus mikannya diamplas kompon pake mesin poles , hasilnya lumayan bening, hehehe
nah kalo mau bikin mika depan dibikin bening polos itu gimna ya , ada yg pernah buat ngak?
Harus ke tukang acrylic om, mika aslinya dipotong keliling, disambung dg acrylic bening.
Tp cahaya jadi kurang focus, kecuali ganti reflektornya juga yg nemang didesign untuk mika bening.

User avatar
indra setyono
GC Noob
GC Noob
Posts: 89
Joined: Wed Mar 04, 2015 8:20 am

Re: D. I . Y. Headlamp Versus Alumunium Foil Versi Irit

Post by indra setyono » Sun Mar 29, 2015 6:51 pm

iya nih om, saya baca'' ngak bisa fokus sinarnya, kalo mau ganti reflektor pake punya apa ya , apa plug n play gitu?
Acriliknya apa gak meleleh ya kena panas bolam, apa akrilik khusus?

joehanz
GC Lover
GC Lover
Posts: 303
Joined: Fri Oct 14, 2011 7:57 am

Re: D. I . Y. Headlamp Versus Alumunium Foil Versi Irit

Post by joehanz » Tue May 19, 2015 9:01 am

Masalah klasik lampu deket saya ga terang juga om jadi seringnya pake lampu jauh klo depan ga ada mobil..rencana juga mau pasangin sticker crom pada reflektornya..klo misal dibantu foglamp yg diganti pake lampu led motor yang terang banget itu gmn ya?adakah yg udah nyoba :)

Post Reply

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest