Ganti Rockerarm (Pelatuk)
Posted: Thu Aug 04, 2011 4:52 am
Salam teman2. ikut meramaikan lagi di bulan puasa ini. Mo keluar kota harus cek dulu valve,..berisik ngga, bunyi tek tek tek kayak tukang nasi goreng kagak.
Klo sdh kayak gitu, biar nyaman, mungkin harus cek pelatuknya,..barangkali sudah aus, atau ngga bisa di stel lagi seperti GC saya. Berikut DIY yg saya lakukan, semoga ada mangpaatnya.
-----------
Penggantian rocker arm disarankan untuk dilakukan ‘first thing in the morning’,..yaitu pagi sekali ketika mesin dalam keadaan dingin dan belum di hidupkan (CMIW..)., lagian juga ngapain mo buka cylinder machine dalam keadaan ‘hot’,..bisa-bisa tangan lu kena ‘jeletot’ panas.
1. Buka kap mesin. (maap pa paulus, gambarnya saya pinjam)
2. Buka tutup saringan dan saringannya biar ngga ngehalangin. Lalu buka busi dan buka tutup cylinder.
3. Buka tutup ‘upper cover’ yang menghalangi camshaft pulley, supaya bisa terlihat posisi ‘UP’ mark, sehingga piston tepat pada posisi TOP pada saat memutar crankshaft arah berlawanan jarum jam. (memutar crankshaft dilakukan pada saat men setel ulang klep/valve).
4. Buka semua baud penahan camshaft (camshaft holder), ada 16 baud. Lakukan pembukaan baud dengan cara silang, seperti urutan berikut ini. Pastikan pada saat pemasangan kembali nanti masing – masing baud kembali ke tempat asalnya, jangan saling tertukar.
5. Cabut or loosen rocker arm assy from cylinder. Sebelumnya anda sudah memeriksa rocker arm mana yang sudah aus atau mur baud nya yang sudah worn out atau ‘dol’ or ‘slek’. Anda bisa mengganti rocker arm sekaligus dengan mur baud nya dengan yang baru. Harga rocker arm baru lumayan mahal satu rocker arm (pelatuk) intake or exhaust harganya 150 ribu belum include mur dan baud nya. mur nya 20 ribu baudnya sendiri 30 ribu. ini semua harga yang original jepang.
Saya lebih memilih untuk membeli ‘rocker arms’ copotan singapura dan asli. harganya bisa setengahnya lebih murah tapi kondisinya masih 99% OK. harga 75 ribu sudah termasuk mur dan baudnya.
next, loosen the camshaft holder by pull off or hit gently with plastic hammer untill camshaft holder loose from its camshaft (sulingnya). Cabut rocker arms yang mau direplace. Setelah di pasang yang baru, pasang/tutup kembali camshaft holder ke tempat asalnya dan pastikan semua baud camshaft holder tidak ‘stuck’ dikarenakan celah sulingnya tidak pas untuk jalan keluar masuk baud tersebut. Mumpung camshaft sedang di bongkar, sekalian anda pasang ‘O’ ring nya (karet-karet), Bila karet ring tersebut sudah keras, saatnya harus di replace.
Sekalian juga ganti karet – karet lubang busi yang sudah aus pada cover cylinder supaya oli tidak merembes masuk ke lubang busi.
6. Pasang kembali camshaft ke blok cylindernya. kencangkan semua baud dengan urutan kebalikannya.pasang upper cover lalu pasang tutup cylinder. pasang kembali saringan. selesai.
silahkan dicoba.
source :from my blog.
Klo sdh kayak gitu, biar nyaman, mungkin harus cek pelatuknya,..barangkali sudah aus, atau ngga bisa di stel lagi seperti GC saya. Berikut DIY yg saya lakukan, semoga ada mangpaatnya.
-----------
Penggantian rocker arm disarankan untuk dilakukan ‘first thing in the morning’,..yaitu pagi sekali ketika mesin dalam keadaan dingin dan belum di hidupkan (CMIW..)., lagian juga ngapain mo buka cylinder machine dalam keadaan ‘hot’,..bisa-bisa tangan lu kena ‘jeletot’ panas.
1. Buka kap mesin. (maap pa paulus, gambarnya saya pinjam)
2. Buka tutup saringan dan saringannya biar ngga ngehalangin. Lalu buka busi dan buka tutup cylinder.
3. Buka tutup ‘upper cover’ yang menghalangi camshaft pulley, supaya bisa terlihat posisi ‘UP’ mark, sehingga piston tepat pada posisi TOP pada saat memutar crankshaft arah berlawanan jarum jam. (memutar crankshaft dilakukan pada saat men setel ulang klep/valve).
4. Buka semua baud penahan camshaft (camshaft holder), ada 16 baud. Lakukan pembukaan baud dengan cara silang, seperti urutan berikut ini. Pastikan pada saat pemasangan kembali nanti masing – masing baud kembali ke tempat asalnya, jangan saling tertukar.
5. Cabut or loosen rocker arm assy from cylinder. Sebelumnya anda sudah memeriksa rocker arm mana yang sudah aus atau mur baud nya yang sudah worn out atau ‘dol’ or ‘slek’. Anda bisa mengganti rocker arm sekaligus dengan mur baud nya dengan yang baru. Harga rocker arm baru lumayan mahal satu rocker arm (pelatuk) intake or exhaust harganya 150 ribu belum include mur dan baud nya. mur nya 20 ribu baudnya sendiri 30 ribu. ini semua harga yang original jepang.
Saya lebih memilih untuk membeli ‘rocker arms’ copotan singapura dan asli. harganya bisa setengahnya lebih murah tapi kondisinya masih 99% OK. harga 75 ribu sudah termasuk mur dan baudnya.
next, loosen the camshaft holder by pull off or hit gently with plastic hammer untill camshaft holder loose from its camshaft (sulingnya). Cabut rocker arms yang mau direplace. Setelah di pasang yang baru, pasang/tutup kembali camshaft holder ke tempat asalnya dan pastikan semua baud camshaft holder tidak ‘stuck’ dikarenakan celah sulingnya tidak pas untuk jalan keluar masuk baud tersebut. Mumpung camshaft sedang di bongkar, sekalian anda pasang ‘O’ ring nya (karet-karet), Bila karet ring tersebut sudah keras, saatnya harus di replace.
Sekalian juga ganti karet – karet lubang busi yang sudah aus pada cover cylinder supaya oli tidak merembes masuk ke lubang busi.
6. Pasang kembali camshaft ke blok cylindernya. kencangkan semua baud dengan urutan kebalikannya.pasang upper cover lalu pasang tutup cylinder. pasang kembali saringan. selesai.
silahkan dicoba.
source :from my blog.