Review-> aki mo soak dikasih bodrex.

share about anything that you do-it-yourself...
User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: Review-> aki mo soak dikasih bodrex.

Post by Pa'de Gung » Wed Nov 17, 2010 10:46 pm

onta wrote:Aki bodrex yg kmrn sampe skrg masih jaya. Info sebelumnya dah dikasih edta

Sent from my E15i using Tapatalk
Wah... maap om..lupa permisi.... :-D
cuma nambain dikit kok om, tadinya kupikir aki bodrex hanya untuk aki yg mo soak, ternyata bisa juga untuk perawatan.
Jadi bisa nyoba ga perlu nunggu aki mriang...



piisss :mrgreen:

Koboy
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 910
Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
Contact:

Re: Review-> aki mo soak dikasih bodrex.

Post by Koboy » Tue Dec 07, 2010 9:22 pm

wah...baru tau nih....aki dikasi bodrex om..... abis diminumin bodrex dikerokin gak tuh om....? hahahahahaha......( kaborrrrrrrrrrrrrr )

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
3lm3l3r
GC Lover
GC Lover
Posts: 366
Joined: Mon Sep 06, 2010 10:43 am

Re: Review-> aki mo soak dikasih bodrex.

Post by 3lm3l3r » Fri Dec 31, 2010 4:29 pm

bodrek...EDTA.....cr EDTA dimane om ???? susah disini nee....:D
Situbondo - Lumajang (325477a6)
http://www.facebook.com/jenk.nova

User avatar
helmi17
GC Lover
GC Lover
Posts: 280
Joined: Fri Sep 17, 2010 9:37 pm
Contact:

Re: Review-> aki mo soak dikasih bodrex.

Post by helmi17 » Fri Dec 31, 2010 4:39 pm

Mau nanya dunk om
Klo buat cuaca panas seperti indramayu - cirebon bagusnya pake acu apa ya? (kering apa basah)!
Klo aki kering ada ga ya obatnya biar ga soak soalnya mobil sya akinya udh ga beres kayanya....
Cuman klo mau beli baru aki nya bener bisa di stater....
Minta pencerahannya ya om......

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: Review-> aki mo soak dikasih bodrex.

Post by ariphrp » Sat Jan 01, 2011 5:47 pm

accu GC ditinggal 3 hari kemarin pas balik ke Pontianak soak.. cekokin bodrex lagi.. jumper dari mobil bini.. nyala.. terus seger lagi dweeh... hahaha.. highlander nih acuu.. atau frankenstein ya? di setrum idup lagi.. :))

User avatar
choElo98
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1620
Joined: Thu Jan 14, 2010 1:46 pm
Location: Padang-Pariaman-Bukittingi

Re: Review-> aki mo soak dikasih bodrex.

Post by choElo98 » Thu Jan 06, 2011 5:17 pm

nice post deh....ntar dicoba secara dah masuk 3 taon akinya...(pan tinggal nyempungin bodrek ke dalam aki kan om?) :D
" ...ciek,,duo,,,tigo,,,gooooooooooo ... "


Mari Rame_in Forum

Koboy
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 910
Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
Contact:

Re: Review-> aki mo soak dikasih bodrex.

Post by Koboy » Mon Jan 10, 2011 10:16 pm

kayanya kesimpulannya.....meriang ato gak kesimpulannya untuk stamina minum bodrex nih....

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
idojp
GC Noob
GC Noob
Posts: 26
Joined: Sun Jun 13, 2010 11:08 pm
Location: Probolinggo-Purwosari-Lodoyo Blitar
Contact:

Re: Review-> aki mo soak dikasih bodrex.

Post by idojp » Mon May 02, 2011 6:27 pm

Ikut sharing juga
Ane pernah 2 kali tekor gara discharge trus (mksdnya lampu nyala trus pas mesin ga hidup tanpa ketauan, lha dibikin mainan anak hehehe...), akhire tekor.
Ada temen yang pernah bilang, kalo pgn nyegarkan aki yang lama gini caranya. Cek voltase sebelum ditindak(hehehe), avo menunjukkan 11.3 volt.
Kuras abis air aki, trus isi pake air panas di atas sedikit dari cell-nya (untuk menghilangkan kerak), dan rendam beberapa menit.
abis itu kuras lagi dan ulangi sampe dirasa cukup. Biasanya kurasan yang pertama keluar kotoran warna hitam gitu..
Kalo dah selesai nguras, diamkan supaya air tidak tersisa lagi sebelum diisi lagi dengan air accu zuur/cairan elektrolitnya. Bisa juga diangin-angini biar cepet kering
Isi accu yang kosong tadi dengan air accu zuur, beli di toko 1 liter seharga 6rebu, perlu 2 botol tergantung kapasitas accu-nya. Biasanya semakin besar kapasitas arus/ampere, isi air aki mengikuti.
Usahakan jangan melebihi upper level/batas atas, biar tidak tumpah pas di charge.
Setelah semua 6 cell terisi air zuur, tutup lubang nya dan segera di charge.
Kebetulan di rumah charger 5 A, kapasitas aki 45AH, jadi kira2 perlu waktu charge 45/5=9 jam.
Begitu seleasi charge, sempat ane ukur voltasenya, menunjukkan 13,8 volt, artinya siap untuk digunakan.
Dan begitu dipasang, buat stater dan lain2 jadi bisa. dan alhamdulillah sampe sekarang ga begitu drop, lumayan buat tambah waktu beli aki baru.

User avatar
BAYU_DAMASTA
GC Whore
GC Whore
Posts: 3365
Joined: Wed May 19, 2010 7:39 pm
Location: CILACAP - PURWOKERTO - JOGJA - SURABAYA

Re: Review-> aki mo soak dikasih bodrex.

Post by BAYU_DAMASTA » Tue May 03, 2011 9:32 pm

atau imi um.... baru dapet dari http://www.saft7.com moga bisa menambah wawasan

Accu (aki) mobil ataupun motor yang paling banyak digunakan adalah jenis accu basah. Accu basah yang dimaksud adalah Lead Acid Battery. Paling tidak sebulan sekali kita perlu melihat ketinggian air accu yang bisa dilihat dari body samping accu tersebut. Jangan sampai berada di bawah Level Minimumnya karena akan merusak sel accu itu sendiri. Umur pakai accu jenis ini berkisar sekitar 1.5-2.5 tahun tergantung kondisi mobil/motor yang menggunakannya.

Suatu accu mulai rusak ketika tidak bisa menyimpan arus listrik dengan baik atau tegangan (voltase) nya turun dari yang seharusnya. Biasanya ditandai dengan bunyi klakson tidak selantang biasanya, lampu tidak seterang biasanya, waktu starter mesin jadi lebih panjang.. bahkan lebih parah adalah tidak bisa starter mesin. Bahasa paling umum adalah “Aki Soak”.

Baik tidaknya kondisi accu bisa diukur dengan alat tes accu khusus, seperti simulasi pembebanan pada accu kemudian terukur seberapa kuat accu tersebut.

Alat tes yang lebih bagus lagi yang banyak digunakan oleh toko penjual accu seperti ini

Selain di tes dengan pembebanan arus, baik tidak accu juga dipengaruhi oleh kualitas air accu itu sendiri yang bisa diukur dengan Battery Hydrometer. Alat ini wajib bagi toko atau tukang service accu. Jika kita ingin mempunyai alat ini bisa saja.. ga ada ruginya.. karena bisa mengontrol kondisi ‘kesehatan’ air accu. Harganya berkisar mulai dari 25ribu rupiah. (tidak mahal, khan?)

Cara penggunaannya sangat sederhana, yaitu dengan menyedot air accu, kemudian melihat bandul penunjuknya memperlihatkan kondisi apa.

Jika permukaan air accu berada pada bidang Hijau, berarti kondisi air accu sangat baik.

Jika permukaan air accu berada pada bidang Putih, berarti kondisi air accu juga masih baik.

Jika permukaan air accu berada pada bidang Merah, berarti kondisi air accu butuh di recharge, atau sekaligus bisa juga menunjukkan ada masalah charging pada alternator (alternator bermasalah/rusak).

Perpanjang Masa Pakai Accu…

Seiring dengan masa/usia pakai accu basah pada kendaraan, lembar cell accu akan terlapis oleh deposit Sulfat. Semakin tebal deposit sulfat ini membuat accu semakin rendah performanya. Hingga saking tebalnya deposit tadi.. akhirnya membuat accu benar-benar mati / soak, tidak bisa diisi (recharge) lagi. Umumnya .. solusinya adalah harus mengganti dengan accu baru.

Kita bisa membuat langkah alternatif untuk memperpanjang masa pakai accu basah pada mobil atau motor kita.
Banyak informasi yang di dapat di Internet tentang bubuk EDTA ( ethylenediamine tetraacetic ) . Bubuk EDTA sendiri umumnya sering digunakan untuk pengawet makanan. Namun karena penggunaannya ternyata juga bermanfaat untuk merontokkan deposit sulfat pada cell accu, dibuat EDTA yang lebih khusus dengan kode Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) . Pada beberapa toko kimia menyebutnya sebagai “EDTA Teknis“. Saya mendapatkannya dengan harga 33ribu/kg.

Menurut pengalaman teman-teman dan referensi di Internet, khasiat Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) ini bisa membuat accu menjadi segar kembali, dan jika rutin menggunakan Na4-EDTA setiap bulannya, dapat membuat masa pakai accu bisa mencapai 2-3 kali lebih lama.. atau sekitar hingga 4-5 tahun!
Tentunya ini adalah solusi murah, hemat dan tepat guna.
Mari ber-EDTA…

Kita persiapkan terlebih dahulu adalah:
1. Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) atau (EDTA Teknis)
2. Air Destilasi (Air Aquadest), saya menggunakan air accu botol BIRU. (bukan air accu zuur!)
3. Sendok Teh
4. Gelas
5. Battery Hydrometer
6. Lap untuk bersih-bersih.

Sebelum membuat ‘vitamin’, lihat dulu kira-kira seberapa banyak diperlukan untuk menambahkannya pada accu, sehingga tidak mubazir jika berlebih.

Pastikan komposisinya terjaga:
Untuk ritual perawatan rutin accu, Siapkan 2-3 sendok teh Na4-EDTA untuk 1 liter air Aquadest
Untuk accu yang sudah soak, siapkan 4-6 sendok teh Na-EDTA untuk 1 liter air Aquadest

Na4-EDTA harus diaduk larut dengan air accu, untuk itu agar mudah, pengadukan dilakukan di luar accu.

Setelah semua siap, mari kita mendekati accu yang akan kita kasih ‘vitamin’ ini.

Setiap lubang / cell, kita lihat kondisinya dengan Hydrometer, saya menemukan ukuran yang berbeda-beda untuk tiap cell.
Cell yang terlihat lebih dekat ke ‘merah’ memerlukan ‘vitamin’ lebih banyak ketimbang Cell yang sehat (hijau).
Tapi tiap Cell tetap perlu dituangkan ‘vitamin’ setiap bulannya agar deposit sulfat bisa dirontokkan, sehingga performa accu tetap prima.

Tentunya juga.. jika air accu kurang dari level yang dianjurkan, segera tambahkan juga dengan air accu berbotol BIRU.

http://www.saft7.com

Wah ternyata rekan saya ada yang accu motornya soak.
Ketika diukur, ternyata menunjukkan voltase dibawah 1 volt!

Nah segeralah accu basah motor ini di-EDTA kan..

Untuk accu yang soak, setelah ditambahkan ‘vitamin’ tersebut, memerlukan ReCharging (di charge ulang). Dan untuk perawatan bulanan, kendaraan digunakan seperti biasa saja.

Motor yang accu nya soak sedang di ReCharging… perlahan-lahan nilai voltase accu berangsur naik.

CATATAN:
Tips ini hanya untuk accu berjenis Accu Basah, dengan ciri-ciri ada baut untuk mengisi air accu pada tiap Cell nya. 6 baut Cell untuk accu 12volt, dan 3 baut Cell untuk accu 6volt.
Accu jenis MF (Maintenance Free) tidak dapat memanfaatkan tips ini, karena konstruksi MF tidak memungkinkan kita menambahkan air accu kecuali dengan cara khusus (misalnya dengan cara disuntik, dsb).
Accu jenis Gell atau Spiral Gel juga tidak dapat memanfaatkan tips ini.
Tidak semua accu basah yang soak bisa di’hidup’kan kembali karena beberapa sebab, antara lain korslet (short circuit) di dalam Cell, Cell sudah rusak parah, dsb.

Semoga bermanfaat, Salam hemat!
Image

THE VERY WORSE PARTS OF YOU...... IT'S ME..... (LP lyryc)

E-MAIL : efciviclovers@gmail.com
CP : 088804902500

White GC '90 Napi Cilacap <---- http://www.grandcivic.com/viewtopic.php?f=11&t=2585

User avatar
arozi
GC Whore
GC Whore
Posts: 5239
Joined: Sun Nov 01, 2009 11:58 am
Location: Bandung

Re: Review-> aki mo soak dikasih bodrex.

Post by arozi » Thu May 05, 2011 1:44 pm

kemaren liat mobil abah
aki katanya drop dan rusak
bengkel disuruh kasih bodreks tiap lubang

:))
B J O

Post Reply