DIY ganti per klep

share about anything that you do-it-yourself...
User avatar
Kurniawan dicky
GC Whore
GC Whore
Posts: 2237
Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
Location: Bdg-Ckr

DIY ganti per klep

Post by Kurniawan dicky » Tue Sep 29, 2009 5:45 pm

Bagi-bagi cerita DIY mengganti per klep GC….
Penomena yg dialami:
Sehabis turun mesin (dan skur klep tentunya), mesin pincang karena kompresi bosor, bunyi kletek-kletek di rpm rendah sampai tinggi, pernah terjadi juga mesin batuk2 saat idle tapi hilang kalo digas, sudah coba maju-mundurin timing tetep ra iso.
Secara tidak sengaja saat memeriksa kondisi klep (turun mesin setengah), saya tekan2 per klep dengan tangan, kok ternyata kekerasannya beda2 walo sama2 klep exhaust.
Akhirnya curiga biang kerok kompresi bocor itu karena klep lemah……
Dan dicoba ganjal per klep dengan ring setebal kira2 1 mm ternyata sembuh...
Setelah dapet per bekas yg masih keras, saya coba ganti per klep dengan tidak menurunkan head.

Alat dan bahan:
1. Spring compressor.
2. Kunci T 12 dan 10.
3. Kunci pas 10.
4. Magnet pen.
5. Sealer.
6. Jempol tangan untuk pencet2 klep.
Ini gambar hand made spring compressornya.... bikin asal jadi saja :D
P8300139.JPG
putar batang bautnya untuk menekan per...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

User avatar
Kurniawan dicky
GC Whore
GC Whore
Posts: 2237
Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
Location: Bdg-Ckr

Re: DIY ganti per klep

Post by Kurniawan dicky » Tue Sep 29, 2009 5:59 pm

Dan langkah2nya sbb:
Kondisi mesin dingin
1. Lepas head cover
2. Lepas timing belt cover
3. Posisikan cam pada TDC / tanda UP pada pulley.
4. Longgarkan baut valve clearance adjuster.
5. Lepas cam holder dengan melonggarkan baut secara bertahap dengan urutan crisscross.
urutan lepas baut.JPG
6. Angkat rocker arm assy, pastikan baut2 tidak saling tertukar.
7. Tekan2 valve retainer dengan tangan untuk memeriksa per klep yang lemah juga untuk melonggarkan valve keeper.
8. Pasangkan spring compressor pada per yg hendak diganti lalu putar batangnya untuk menekan per hingga kira2 memendek 5mm.
P8300136.JPG
9. Pastikan valve keeper terlepas dari valve nya lalu ambil dengan magnet pen.
10. Angkat per klep beserta spring compressornya.
11. Pasangkan per klep baru pada spring compressor beserta retainernya, putar batang untuk menekan per kira2 5mm. Posisi per klep yang rapat berada di bawah.
12. Tarik batang klep ke atas maksimal, dan masukan per perlahan2.
P8300138.JPG
13. Pasangkan valve keeper, jika sudah pas pada dudukannya longgarkan spring compressor. Pastikan valve keeper sudah terpasang dengan benar. Cek dengan ditekan jempol tangan. Hati2 valve keeper terjatuh ke lubang oli pada head.
14. Pasang kembali rocker arm assy, pastikan permukaan bawah bersih dan seal terpasang baik dan dowel pin masuk pada masing2 lubangnya, kencangkan baut secara bertahap dengan urutan crisscross.
urutan pasang baut.JPG

15. Jangan lupa Stel celah klep.
16. Pasang cover timing belt
17. Pasang head cover.

Oh ya per klep yg udah lemes terlihat sedikit lebih pendek kira2 0.5mm
P9090045.JPG
Kira2 begitu ceritanya bros…smoga bermanfaat
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

User avatar
Kurniawan dicky
GC Whore
GC Whore
Posts: 2237
Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
Location: Bdg-Ckr

Re: DIY ganti per klep

Post by Kurniawan dicky » Tue Sep 29, 2009 6:05 pm

Per yg udah lemes sebelah kanan...

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: DIY ganti per klep

Post by ariphrp » Tue Sep 29, 2009 11:11 pm

Mantap oom DIY-nya... salut. :D

Hasilnya gimana Oom? senyap bunyinya?

User avatar
Kuman
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 985
Joined: Fri Sep 05, 2008 4:33 pm
Location: Bandung

Re: DIY ganti per klep

Post by Kuman » Wed Sep 30, 2009 11:48 am

mantafffffff :-bd :-bd ^:)^
Honda Grandcivic '90

User avatar
Kurniawan dicky
GC Whore
GC Whore
Posts: 2237
Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
Location: Bdg-Ckr

Re: DIY ganti per klep

Post by Kurniawan dicky » Wed Sep 30, 2009 12:15 pm

Kuman wrote:mantafffffff :-bd :-bd ^:)^
ariphrp wrote:Mantap oom DIY-nya... salut. :D

Hasilnya gimana Oom? senyap bunyinya?
Tx Om.. :D
Sunyi senyap om.. tapi oli sementara pake 20/50 next mau coba pake 10/40 cap kerang..

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: DIY ganti per klep

Post by onta » Wed Sep 30, 2009 2:00 pm

Mantafff .....
Mobil dah tuwir emang seharusnya ganti semua per klep ya, biar marem :D

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
Fieldz
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1223
Joined: Thu Aug 28, 2008 9:52 am
Location: j.a.k.a.r.t.a
Contact:

Re: DIY ganti per klep

Post by Fieldz » Wed Sep 30, 2009 2:55 pm

mantap bnr D.I.Y-nya... :-bd
di rumah peralatan lengkap y om?
Image

User avatar
Kurniawan dicky
GC Whore
GC Whore
Posts: 2237
Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
Location: Bdg-Ckr

Re: DIY ganti per klep

Post by Kurniawan dicky » Wed Sep 30, 2009 6:55 pm

onta wrote:Mantafff .....
Mobil dah tuwir emang seharusnya ganti semua per klep ya, biar marem :D

[Post made via Mobile Device] Image
Tx Om.... Ya lama2 per bisa lemes juga dimakan usia...
Fieldz wrote:mantap bnr D.I.Y-nya... :-bd
di rumah peralatan lengkap y om?
Tx Om, peralatan seadanya, kadang nenteng pinjem dari tempat gawean.. :D

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: DIY ganti per klep

Post by ariphrp » Wed Sep 30, 2009 10:01 pm

Oom Dicky Punya bengkel keknya ya? indikasinya selain suka DIY yang rada berat, juga pake tools yang lengkap nih.. :D

Post Reply