DIY ganti per klep
- Kurniawan dicky
- GC Whore
- Posts: 2237
- Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
- Location: Bdg-Ckr
DIY ganti per klep
Bagi-bagi cerita DIY mengganti per klep GC….
Penomena yg dialami:
Sehabis turun mesin (dan skur klep tentunya), mesin pincang karena kompresi bosor, bunyi kletek-kletek di rpm rendah sampai tinggi, pernah terjadi juga mesin batuk2 saat idle tapi hilang kalo digas, sudah coba maju-mundurin timing tetep ra iso.
Secara tidak sengaja saat memeriksa kondisi klep (turun mesin setengah), saya tekan2 per klep dengan tangan, kok ternyata kekerasannya beda2 walo sama2 klep exhaust.
Akhirnya curiga biang kerok kompresi bocor itu karena klep lemah……
Dan dicoba ganjal per klep dengan ring setebal kira2 1 mm ternyata sembuh...
Setelah dapet per bekas yg masih keras, saya coba ganti per klep dengan tidak menurunkan head.
Alat dan bahan:
1. Spring compressor.
2. Kunci T 12 dan 10.
3. Kunci pas 10.
4. Magnet pen.
5. Sealer.
6. Jempol tangan untuk pencet2 klep.
Ini gambar hand made spring compressornya.... bikin asal jadi saja putar batang bautnya untuk menekan per...
Penomena yg dialami:
Sehabis turun mesin (dan skur klep tentunya), mesin pincang karena kompresi bosor, bunyi kletek-kletek di rpm rendah sampai tinggi, pernah terjadi juga mesin batuk2 saat idle tapi hilang kalo digas, sudah coba maju-mundurin timing tetep ra iso.
Secara tidak sengaja saat memeriksa kondisi klep (turun mesin setengah), saya tekan2 per klep dengan tangan, kok ternyata kekerasannya beda2 walo sama2 klep exhaust.
Akhirnya curiga biang kerok kompresi bocor itu karena klep lemah……
Dan dicoba ganjal per klep dengan ring setebal kira2 1 mm ternyata sembuh...
Setelah dapet per bekas yg masih keras, saya coba ganti per klep dengan tidak menurunkan head.
Alat dan bahan:
1. Spring compressor.
2. Kunci T 12 dan 10.
3. Kunci pas 10.
4. Magnet pen.
5. Sealer.
6. Jempol tangan untuk pencet2 klep.
Ini gambar hand made spring compressornya.... bikin asal jadi saja putar batang bautnya untuk menekan per...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
- Kurniawan dicky
- GC Whore
- Posts: 2237
- Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
- Location: Bdg-Ckr
Re: DIY ganti per klep
Dan langkah2nya sbb:
Kondisi mesin dingin
1. Lepas head cover
2. Lepas timing belt cover
3. Posisikan cam pada TDC / tanda UP pada pulley.
4. Longgarkan baut valve clearance adjuster.
5. Lepas cam holder dengan melonggarkan baut secara bertahap dengan urutan crisscross. 6. Angkat rocker arm assy, pastikan baut2 tidak saling tertukar.
7. Tekan2 valve retainer dengan tangan untuk memeriksa per klep yang lemah juga untuk melonggarkan valve keeper.
8. Pasangkan spring compressor pada per yg hendak diganti lalu putar batangnya untuk menekan per hingga kira2 memendek 5mm. 9. Pastikan valve keeper terlepas dari valve nya lalu ambil dengan magnet pen.
10. Angkat per klep beserta spring compressornya.
11. Pasangkan per klep baru pada spring compressor beserta retainernya, putar batang untuk menekan per kira2 5mm. Posisi per klep yang rapat berada di bawah.
12. Tarik batang klep ke atas maksimal, dan masukan per perlahan2. 13. Pasangkan valve keeper, jika sudah pas pada dudukannya longgarkan spring compressor. Pastikan valve keeper sudah terpasang dengan benar. Cek dengan ditekan jempol tangan. Hati2 valve keeper terjatuh ke lubang oli pada head.
14. Pasang kembali rocker arm assy, pastikan permukaan bawah bersih dan seal terpasang baik dan dowel pin masuk pada masing2 lubangnya, kencangkan baut secara bertahap dengan urutan crisscross.
15. Jangan lupa Stel celah klep.
16. Pasang cover timing belt
17. Pasang head cover.
Oh ya per klep yg udah lemes terlihat sedikit lebih pendek kira2 0.5mm Kira2 begitu ceritanya bros…smoga bermanfaat
Kondisi mesin dingin
1. Lepas head cover
2. Lepas timing belt cover
3. Posisikan cam pada TDC / tanda UP pada pulley.
4. Longgarkan baut valve clearance adjuster.
5. Lepas cam holder dengan melonggarkan baut secara bertahap dengan urutan crisscross. 6. Angkat rocker arm assy, pastikan baut2 tidak saling tertukar.
7. Tekan2 valve retainer dengan tangan untuk memeriksa per klep yang lemah juga untuk melonggarkan valve keeper.
8. Pasangkan spring compressor pada per yg hendak diganti lalu putar batangnya untuk menekan per hingga kira2 memendek 5mm. 9. Pastikan valve keeper terlepas dari valve nya lalu ambil dengan magnet pen.
10. Angkat per klep beserta spring compressornya.
11. Pasangkan per klep baru pada spring compressor beserta retainernya, putar batang untuk menekan per kira2 5mm. Posisi per klep yang rapat berada di bawah.
12. Tarik batang klep ke atas maksimal, dan masukan per perlahan2. 13. Pasangkan valve keeper, jika sudah pas pada dudukannya longgarkan spring compressor. Pastikan valve keeper sudah terpasang dengan benar. Cek dengan ditekan jempol tangan. Hati2 valve keeper terjatuh ke lubang oli pada head.
14. Pasang kembali rocker arm assy, pastikan permukaan bawah bersih dan seal terpasang baik dan dowel pin masuk pada masing2 lubangnya, kencangkan baut secara bertahap dengan urutan crisscross.
15. Jangan lupa Stel celah klep.
16. Pasang cover timing belt
17. Pasang head cover.
Oh ya per klep yg udah lemes terlihat sedikit lebih pendek kira2 0.5mm Kira2 begitu ceritanya bros…smoga bermanfaat
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
- Kurniawan dicky
- GC Whore
- Posts: 2237
- Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
- Location: Bdg-Ckr
Re: DIY ganti per klep
Per yg udah lemes sebelah kanan...
Re: DIY ganti per klep
Mantap oom DIY-nya... salut.
Hasilnya gimana Oom? senyap bunyinya?
Hasilnya gimana Oom? senyap bunyinya?
- Kurniawan dicky
- GC Whore
- Posts: 2237
- Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
- Location: Bdg-Ckr
Re: DIY ganti per klep
Kuman wrote:mantafffffff
Tx Om..ariphrp wrote:Mantap oom DIY-nya... salut.
Hasilnya gimana Oom? senyap bunyinya?
Sunyi senyap om.. tapi oli sementara pake 20/50 next mau coba pake 10/40 cap kerang..
Re: DIY ganti per klep
Mantafff .....
Mobil dah tuwir emang seharusnya ganti semua per klep ya, biar marem
[Post made via Mobile Device]
Mobil dah tuwir emang seharusnya ganti semua per klep ya, biar marem
[Post made via Mobile Device]
Re: DIY ganti per klep
mantap bnr D.I.Y-nya...
di rumah peralatan lengkap y om?
di rumah peralatan lengkap y om?
- Kurniawan dicky
- GC Whore
- Posts: 2237
- Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
- Location: Bdg-Ckr
Re: DIY ganti per klep
Tx Om.... Ya lama2 per bisa lemes juga dimakan usia...onta wrote:Mantafff .....
Mobil dah tuwir emang seharusnya ganti semua per klep ya, biar marem
[Post made via Mobile Device]
Tx Om, peralatan seadanya, kadang nenteng pinjem dari tempat gawean..Fieldz wrote:mantap bnr D.I.Y-nya...
di rumah peralatan lengkap y om?
Re: DIY ganti per klep
Oom Dicky Punya bengkel keknya ya? indikasinya selain suka DIY yang rada berat, juga pake tools yang lengkap nih..