DIY: Service Karburator

share about anything that you do-it-yourself...
User avatar
badooy
Site Admin
Site Admin
Posts: 10094
Joined: Fri May 23, 2008 8:34 pm
Location: Bintaro - Semanggi - Cicaheum
Contact:

Re: DIY: Service Karburator

Post by badooy » Wed Jun 11, 2008 2:23 pm

pauluspaska wrote:
baduy001 wrote:nice post om... keep on DIY ing..

eniwei, mo nanya:
blower na kok kyk yg buat kamera / HP? apa gak kekecilan tuh anginnya om??
thuz, AFAIK, niup kotoran saringan udara selalu dari arah dalam ke luar...
cmiiw... 8-)
Hehehe...itu menggunakan sumber daya yang ada om, dari pada beli blower / generator cuma buat bersihin saringan. Lumayan kok om, buat meniup debu plus kotoran soalnya saya aplikasiin CAI, jadi banyak banget debunya.
Kalo ganti oli atawa ke bengkel suka curi-curi pake blower mereka..... :lol:
gimana kalo ngulik niupnya pake pompa kasur angin itu? gw ada loh...
atau pompa sapedah?? kan murah.. :D
atau mungkin vacum cleaner yg dibalik anginnya?
atau vacum cleaner yg ada sikatnya?? hihii.. tambah aneh...

btw, bikin di standard motor pake bahan yg permanen aja, dy bisa bikinin..
trus ntar perawatan pake pembersih dan olie K&N..
mantep neh.. gw jg dah pake..
Image

User avatar
badooy
Site Admin
Site Admin
Posts: 10094
Joined: Fri May 23, 2008 8:34 pm
Location: Bintaro - Semanggi - Cicaheum
Contact:

Re: DIY: Service Karburator

Post by badooy » Wed Jun 11, 2008 2:28 pm

pauluspaska wrote:
baduy001 wrote:
pauluspaska wrote:
iki spuyer om.. tempat lewatna bengsin..
jaman dulu org ngirit2 ganti spuyernya jd yg kecilan...
dicekek istilahnya.. tp ya ksiyan, jd nglitik trus malah rusak dah tu piston2..

waktu pake dual carb, gw beli spuyer kecilan ..
ternyata, sama banget dgn punyanya kijang..
yg di dualcarb gw klo ga salah 150, gw beli yg 120... (krn konsumsi bensin waktu itu klo geber2 bisa ampe 1:6, or 1:7)
eh, ama apit dilarang kekecilan, nanti takut mesinna panas katanya..
so dibor lg digedein, pake bor khusus spuyer, jd 130..

nah om mekel, klo kurang puas dgn efisiensi dualcarb skrg, mungkin bisa ganti spuyer kecilan dikit.. pake punya kijang, murah kok..
mustinya sih gocengan kalii ya.. tp gw beli di DMF Rp 18K u/ 2 biji
Om, gak boleh bilang spuyer loh, nanti dimarahin mbah Er, kudu scientifically proven bahasa inggerisnya. Kudu pake istilah yang bener...nanti di setrap....
carb jet.. weeee...

Image

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: DIY: Service Karburator

Post by pauluspaska » Wed Jun 11, 2008 6:16 pm

Akhirnya pake bahasa resmi.....Hihiihi...

Eh om itu yang pembersih Filter dari K&N itu dikasih oli juga? buat pa'an?
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
*jarno*
GC Whore
GC Whore
Posts: 3301
Joined: Thu May 22, 2008 11:11 pm
Location: Bdg
Contact:

Re: DIY: Service Karburator

Post by *jarno* » Wed Jun 11, 2008 6:25 pm

hwalah! mantap om PP!
ternyata gampang yah.. jadi penasaran..
oli K&N tu buat nangkep debunya om, kan pori2 filternya lebih gede dari yg standar, kalo ga pake oli itu masih ada partikel2 kecil yg lolos dari filternya.

eh baduy, bikin yg permanen pake bahan apaan? berapaan buat grand? tapi hoream euy ka PMK mah..
oldskool japanese warrior

User avatar
badooy
Site Admin
Site Admin
Posts: 10094
Joined: Fri May 23, 2008 8:34 pm
Location: Bintaro - Semanggi - Cicaheum
Contact:

Re: DIY: Service Karburator

Post by badooy » Wed Jun 11, 2008 7:04 pm

pauluspaska wrote:Akhirnya pake bahasa resmi.....Hihiihi...

Eh om itu yang pembersih Filter dari K&N itu dikasih oli juga? buat pa'an?
weee.e...

cleaner & oil beli kaleee.. mosok gretongksss..
115K, buat ngebagusin flow udara..
debu2 jg ketangkep ama olie nya..
dibersihin nya pun gampang, semprot cleaner, trus pake air..
gilee, kliatan bgt kotorannya kluar..
baru deh oles olie.. pake lagi..
lumayan kok irit.. bisa 3 rit lebih pakenya.. bisa diirit2 lah..

User avatar
badooy
Site Admin
Site Admin
Posts: 10094
Joined: Fri May 23, 2008 8:34 pm
Location: Bintaro - Semanggi - Cicaheum
Contact:

Re: DIY: Service Karburator

Post by badooy » Wed Jun 11, 2008 7:06 pm

*jarno* wrote:hwalah! mantap om PP!
ternyata gampang yah.. jadi penasaran..
oli K&N tu buat nangkep debunya om, kan pori2 filternya lebih gede dari yg standar, kalo ga pake oli itu masih ada partikel2 kecil yg lolos dari filternya.

eh baduy, bikin yg permanen pake bahan apaan? berapaan buat grand? tapi hoream euy ka PMK mah..
kalo gak salah bahanna kardus... eh...
teuing atuh.. kata si apiet mah ya kayak filter aftermarket itu lah..

mun hoream ka PMK, ka Ditech weh... :P

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: DIY: Service Karburator

Post by meneer » Thu Jun 12, 2008 11:28 am

norman wrote:Om PP... mantaf banget liputannya... 8-)
oia sekalian mau nanya tentang perkarburatoran dong...
pernah ganti karburator kit gak? kalo pernah...isinya apa aja siy...kalo bisa di foto dong...
sebab gw pernah dengar...kalo beli karb kit gak semuanya kepake...memang benarkah? thanks Om PP
Atau manteman yg lain ada pengalaman ganti karb kit?
lha gw selasa kemaren ganti karb kit (kotak warna oranye harga 90K)malah ada yang kurang&ga kepake tuh om...
yang kurang : sil bulet kecil2(kurang 4 biji),sil karet dg bentuk yg aneh buat plastik item tatakan karbu ke manipol,truz apa lagi ya lupa...
yang ga kepake : per kecil(gw pake ori karbu ajah),spuyer kecil...coz ukurannya malah lebih kecil...sempet gw pasang ternyata malah ga bisa lari...akhirnya balik ke spuyer lama...
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

Nawee
GC Whore
GC Whore
Posts: 2264
Joined: Mon May 26, 2008 3:43 pm
Location: Medan-Banten-Jakarta-Bandung

Re: DIY: Service Karburator

Post by Nawee » Thu Jun 12, 2008 3:37 pm

meneer wrote:
norman wrote:Om PP... mantaf banget liputannya... 8-)
oia sekalian mau nanya tentang perkarburatoran dong...
pernah ganti karburator kit gak? kalo pernah...isinya apa aja siy...kalo bisa di foto dong...
sebab gw pernah dengar...kalo beli karb kit gak semuanya kepake...memang benarkah? thanks Om PP
Atau manteman yg lain ada pengalaman ganti karb kit?
lha gw selasa kemaren ganti karb kit (kotak warna oranye harga 90K)malah ada yang kurang&ga kepake tuh om...
yang kurang : sil bulet kecil2(kurang 4 biji),sil karet dg bentuk yg aneh buat plastik item tatakan karbu ke manipol,truz apa lagi ya lupa...
yang ga kepake : per kecil(gw pake ori karbu ajah),spuyer kecil...coz ukurannya malah lebih kecil...sempet gw pasang ternyata malah ga bisa lari...akhirnya balik ke spuyer lama...
aseli hondakah karb kitnya om farid ?

User avatar
yog134et
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1486
Joined: Thu May 22, 2008 10:53 am
Location: bogor
Contact:

Re: DIY: Service Karburator

Post by yog134et » Thu Jun 12, 2008 8:11 pm

kalo gak salah yg 90 rb itu kw2 deh om,...
karna gw pernah ditawarin ada yg 90 rb ama 160 rb (skrg udh 180 rb ), trus gw beli yg 160 rb

User avatar
*jarno*
GC Whore
GC Whore
Posts: 3301
Joined: Thu May 22, 2008 11:11 pm
Location: Bdg
Contact:

Re: DIY: Service Karburator

Post by *jarno* » Thu Jun 12, 2008 8:20 pm

carb kit perasaan ga ada yg ori deh..
yg oranye 90rb merk keyster kalo ga salah.. kata toko sih spuyernya lebih gede dari ori, jadi lebih boros, makanya ga disaranin ganti. lebih bagus bikin spuyer custom aja katanya.

lah, nyonya meneer kok malah ga bisa lari ya? :?: :?:
oldskool japanese warrior

Post Reply