DIY: Service Karburator

share about anything that you do-it-yourself...
Post Reply
User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1527
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

DIY: Service Karburator

Post by pauluspaska » Tue Jun 10, 2008 1:49 pm

1. Buka tutup saringan
DSC00236.JPG
DSC00237.JPG
DSC00238.JPG
DSC00239.JPG
2. Bersihkan Saringan dengan blower
DSC00240.JPG
DSC00241.JPG
3. Buka Selang Bensin Ke Karbu dengan obeng minus kecil
DSC00244.JPG
4. Buka penjepit tuas ini
DSC00245.JPG
DSC00246.JPG
5. Copot Selang Vacuum Power Valve
DSC00247.JPG
6. Buka Baut cover(Bagian atas) Karbu
DSC00248.JPG
7. Angkat cover, lepaskan tuas untuk choke-nya
DSC00249.JPG
8. Ini adalah tampilan bawah dari cover atas Karbu
DSC00251.JPG
9. Ini adalah bagian dari badan Karbu. Banyak Lobang-lobang jalur BBM
DSC00252.JPG
10. Siapkan Pembersih Karbu. Saya siapkan dua jenis: 1 yang berbahan busa untuk membersihkan endapan yang membandel, yang satu lagi untuk menyemprot/bilas dengan tekanan tinggi.
DSC00253.JPG
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by pauluspaska on Tue Jun 10, 2008 5:32 pm, edited 5 times in total.
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
adeindra
Site Admin
Site Admin
Posts: 14009
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: DIY: Service Karburator

Post by adeindra » Tue Jun 10, 2008 4:39 pm

bikin account aje di photobucket.com om....
foto kita bisa diupload kesitu dan tersimpen selamanya...
gue udah tunggu2 banget nih DIY

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1527
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: DIY: Service Karburator

Post by pauluspaska » Tue Jun 10, 2008 5:48 pm

1. Entah namanya apa ini, tapi ini bagian yang harus sering dibersihkan, sering banyak kotoran didalamnya.
DSC00254.JPG
2. Buka pakai obeng minus kecil
DSC00255.JPG
3. Bentuknya seperti baut berlobang di tengahnya. Saya sempat jalan dari bandung ke jakarta tanpa benda ini. Tidak bisa lari di tol. Hanya bisa 80 km/j, gak bisa gas pol.
DSC00256.JPG
4. Semprot habis deh.
DSC00257.JPG
5. Semprot juga rumahnya dengan bahan Busa, terus bersihkan dengan yang cair, bersihkan juga dengan blower.
DSC00258.JPG
6. Semprot juga semua lobang yang ada.
DSC00259.JPG
7. Buka solenoid
DSC00260.JPG
8. Buka juga yang ini. Pakai obeng minus.
DSC00261.JPG
9. Semprot habis juga. Jangan pernah membersihkannya pakai sikat kawat karena bisa terkikis. Nanti bisa boros.
DSC00262.JPG
10. Semprot semua lobang.
DSC00263.JPG
11. Pasang Kembali.
DSC00265.JPG
12. Pasang semua kembali ke tempatnya.

13. Jangan lupa untuk memberi 4 WD 5 sempurna ke bagian- bagian mekanis Karbu luar supaya lancar.
DSC00266.JPG
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
badooy
Site Admin
Site Admin
Posts: 10093
Joined: Fri May 23, 2008 8:34 pm
Location: Bintaro - Semanggi - Cicaheum
Contact:

Re: DIY: Service Karburator

Post by badooy » Tue Jun 10, 2008 10:19 pm

nice post om... keep on DIY ing..

eniwei, mo nanya:
2. Bersihkan Saringan dengan blower
Image
blower na kok kyk yg buat kamera / HP? apa gak kekecilan tuh anginnya om??
thuz, AFAIK, niup kotoran saringan udara selalu dari arah dalam ke luar...
cmiiw... 8-)

User avatar
adeindra
Site Admin
Site Admin
Posts: 14009
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: DIY: Service Karburator

Post by adeindra » Wed Jun 11, 2008 7:35 am

top dah..akhirnya berhasil upload
thanks om paul

User avatar
badooy
Site Admin
Site Admin
Posts: 10093
Joined: Fri May 23, 2008 8:34 pm
Location: Bintaro - Semanggi - Cicaheum
Contact:

Re: DIY: Service Karburator

Post by badooy » Wed Jun 11, 2008 8:35 am

pauluspaska wrote: 3. Bentuknya seperti baut berlobang di tengahnya. Saya sempat jalan dari bandung ke jakarta tanpa benda ini. Tidak bisa lari di tol. Hanya bisa 80 km/j, gak bisa gas pol.
Image
iki spuyer om.. tempat lewatna bengsin..
jaman dulu org ngirit2 ganti spuyernya jd yg kecilan...
dicekek istilahnya.. tp ya ksiyan, jd nglitik trus malah rusak dah tu piston2..

waktu pake dual carb, gw beli spuyer kecilan ..
ternyata, sama banget dgn punyanya kijang..
yg di dualcarb gw klo ga salah 150, gw beli yg 120... (krn konsumsi bensin waktu itu klo geber2 bisa ampe 1:6, or 1:7)
eh, ama apit dilarang kekecilan, nanti takut mesinna panas katanya..
so dibor lg digedein, pake bor khusus spuyer, jd 130..

nah om mekel, klo kurang puas dgn efisiensi dualcarb skrg, mungkin bisa ganti spuyer kecilan dikit.. pake punya kijang, murah kok..
mustinya sih gocengan kalii ya.. tp gw beli di DMF Rp 18K u/ 2 biji

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1527
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: DIY: Service Karburator

Post by pauluspaska » Wed Jun 11, 2008 10:06 am

baduy001 wrote:nice post om... keep on DIY ing..

eniwei, mo nanya:
blower na kok kyk yg buat kamera / HP? apa gak kekecilan tuh anginnya om??
thuz, AFAIK, niup kotoran saringan udara selalu dari arah dalam ke luar...
cmiiw... 8-)
Hehehe...itu menggunakan sumber daya yang ada om, dari pada beli blower / generator cuma buat bersihin saringan. Lumayan kok om, buat meniup debu plus kotoran soalnya saya aplikasiin CAI, jadi banyak banget debunya.
Kalo ganti oli atawa ke bengkel suka curi-curi pake blower mereka..... :lol:
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1527
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: DIY: Service Karburator

Post by pauluspaska » Wed Jun 11, 2008 10:08 am

baduy001 wrote:
pauluspaska wrote:
iki spuyer om.. tempat lewatna bengsin..
jaman dulu org ngirit2 ganti spuyernya jd yg kecilan...
dicekek istilahnya.. tp ya ksiyan, jd nglitik trus malah rusak dah tu piston2..

waktu pake dual carb, gw beli spuyer kecilan ..
ternyata, sama banget dgn punyanya kijang..
yg di dualcarb gw klo ga salah 150, gw beli yg 120... (krn konsumsi bensin waktu itu klo geber2 bisa ampe 1:6, or 1:7)
eh, ama apit dilarang kekecilan, nanti takut mesinna panas katanya..
so dibor lg digedein, pake bor khusus spuyer, jd 130..

nah om mekel, klo kurang puas dgn efisiensi dualcarb skrg, mungkin bisa ganti spuyer kecilan dikit.. pake punya kijang, murah kok..
mustinya sih gocengan kalii ya.. tp gw beli di DMF Rp 18K u/ 2 biji
Om, gak boleh bilang spuyer loh, nanti dimarahin mbah Er, kudu scientifically proven bahasa inggerisnya. Kudu pake istilah yang bener...nanti di setrap....
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
badooy
Site Admin
Site Admin
Posts: 10093
Joined: Fri May 23, 2008 8:34 pm
Location: Bintaro - Semanggi - Cicaheum
Contact:

Re: DIY: Service Karburator

Post by badooy » Wed Jun 11, 2008 12:23 pm

psst.. om er cuti dulu, tgl 20an baru masuk..
ayo yg masih pake istilah jowo diganti londo.. :lol:

User avatar
yog134et
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1486
Joined: Thu May 22, 2008 10:53 am
Location: bogor
Contact:

Re: DIY: Service Karburator

Post by yog134et » Wed Jun 11, 2008 12:59 pm

wuihh... mantab neh om paul..udh gw tunggu2 neh

Post Reply

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest