Page 2 of 6

Re: Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)

Posted: Fri Mar 10, 2017 9:30 am
by Hary_R25
makasihh pakde Gung

lupa gc saya dibuntu atau bypass yak hehehe

Re: Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)

Posted: Fri Mar 10, 2017 9:46 am
by moch amien
Pa'de Gung wrote:
Thu Mar 09, 2017 1:38 pm
moch amien wrote:
Thu Mar 09, 2017 10:33 am
trimakasih buat artikelnya pakde gung,buat saya nie termasuk masukan...hehehe
soale xi gc saya problem kipas nyala belum teratasi,riwayat sblumnya ga pake thermostart,setelah saya belikan&pasang thermostart ketika suhu mesin sdah mencapai kipas mlai nyala,tetapi ga bisa mati2...
liat artikel ini coba sya praktekkan..hehehe
trims pa'degung..


itu riwayatnya dulu ga ternyata ga pakai thermostart..kipas ikut sistem bsa hidup otomatis,nyala&matinya cma cma sbntar..
trus kmren tak pasangin thermostart & ganti coolent(dulu pakai air biasa) malah wktu mesin
sdah ideal kipas nyala tapi ga mau mati2 padegung..hehhe..

sampai2 itu thermoswitch beli baru..

sipp..monggo dicoba dulu.., mudah²an bsa atasi masalahnya.

Re: Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)

Posted: Fri Mar 10, 2017 11:28 am
by sarkodot
:ymapplause:

Re: Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)

Posted: Fri Mar 10, 2017 11:41 am
by sarkodot
It bisa gak yaa kran nya sebagai penutup ?

Re: Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)

Posted: Fri Mar 10, 2017 1:30 pm
by Pa'de Gung
moch amien wrote:
Fri Mar 10, 2017 9:46 am
itu riwayatnya dulu ga ternyata ga pakai thermostart..kipas ikut sistem bsa hidup otomatis,nyala&matinya cma cma sbntar..
trus kmren tak pasangin thermostart & ganti coolent(dulu pakai air biasa) malah wktu mesin
sdah ideal kipas nyala tapi ga mau mati2 padegung..hehhe..

sampai2 itu thermoswitch beli baru..
sepertinya harus dicari dulu jumper kipasnya dari kabel mana. lepas dulu kabel thermoswitch, cari jumper sampai kipas behenti muter, lalu jumper kabel thermiswitch yg dilepas tadi ..kipas harus muter (kontak on).
kalo sudah gitu, pasang kabel thermoswitch dg benar, pasti kipas akan muter sesuai kerja thermoswitch.

Re: Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)

Posted: Fri Mar 10, 2017 1:33 pm
by Pa'de Gung
sarkodot wrote:
Fri Mar 10, 2017 11:41 am
It bisa gak yaa kran nya sebagai penutup ?
bisa om.., memang begitu aslinya, air ga mengalir karena kran ditutup.

biasanya kran dibuka karena suhu luar dingin..,kabin butuh hangat. mesin pun hampir ga butuh radiator.

Re: Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)

Posted: Fri Mar 10, 2017 3:09 pm
by goeh128
Maaf pa'de mau tanya untuk heater apa bisa dijalankan kembali? Elemen kaca belakang kabelnya sdh ga ada, apa itu termasuk perangkat heater? Mhon bantuannya mungkin pa'de pnya instalasi heater nya seperti apa biar bisa di urut..

Re: Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)

Posted: Fri Mar 10, 2017 3:44 pm
by Pa'de Gung
goeh128 wrote:
Fri Mar 10, 2017 3:09 pm
Maaf pa'de mau tanya untuk heater apa bisa dijalankan kembali? Elemen kaca belakang kabelnya sdh ga ada, apa itu termasuk perangkat heater? Mhon bantuannya mungkin pa'de pnya instalasi heater nya seperti apa biar bisa di urut..
defoger kaca belakang biasanya eleman kaca yg rusak, ga bisa diperbaiki.
soket kabel biasanya lepas, masuk di tutup pilar belakang.
fungsinya menghilangkan embun di kaca belakang. tombolnya di sebelah hazard kiri bawah speedo.

heater disini fungsinya penghangat ruangan/ kabin, udara panas keluar dari kisi AC.

Re: Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)

Posted: Fri Mar 10, 2017 4:08 pm
by choyreal
pak dhe....ikutan nanya dong,kalo selang yg dari inlet waterpump/rumah termostat masuk ke jalur bawah karburator fungsinya apa?

Re: Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)

Posted: Fri Mar 10, 2017 5:08 pm
by Pa'de Gung
choyreal wrote:
Fri Mar 10, 2017 4:08 pm
pak dhe....ikutan nanya dong,kalo selang yg dari inlet waterpump/rumah termostat masuk ke jalur bawah karburator fungsinya apa?
yg bener dari intake bawah karbu ke inlet water pump.
air pendingin masuk ke water pump masuk ke water jacket lalu keluar ke 3 arah :
1. ke radiator
2. ke heater
3. ke intake manifold.
semuanya kembali ke inlet/ rumah thermostat.

yg point 3 fungsinya :
1. memanaskan intake, untuk mengurangi genangan bensin yg terjebak di dinding manifold.
2. dialirkan ke rumah thermostat sebagai indikator/ memanaskan thermostat agar terbuka saat suhu mesin suduh cukup tinggi.

Note: kalo thermostat ga dipasang.., selang ini boleh dibuntu.