Selang bypass ( kesalahan yg sering dibiarkan)
Posted: Wed Mar 08, 2017 2:43 pm
Hampir semua grand civic yg saya temui, selang heater di bypass ke inlet water pump/ rumah thermostat.
seperti ini. Seharusnya selang tersebut masuk ke dalam kabin.
Seperti ini ada kran air pada selang yg masuk kabin, kran ini bisa dibuka dengan cara memutar pangatur suhu di panel AC kiri. Jika panel ini diputar ke kanan,..maka air panas akan mengalir dalam saluran udara AC untuk menghangatkan kabin.
Pemutusan saluran ini biasanya ini dilakukan oleh tukang AC yg menganggap heater (pemanas kabin) mengganggu kerja AC. Ini tidak benar, karena heater dilenkapi dg kran air dan tutup saluran udara. sehingga udara dingin tidak akan melalui saluran pemanas jika pengatur suhu diputar ke kiri penuh.
MASALAHNYA.., cara ini dianggap benar..!!
Benar bahwa tidak ada lagi air panas yg masuk/bocor ke heater. TAPI.., selang yg dihubungkan langsung /bypass pada inlet waterpump ini akan mengurangi fungsi radiator.
Air yg seharusnya melalui Radiator lalu masuk ke inlet.., justru dialirkan langsung tanpa melalui radiator.
untungnya selangnya agak kecil, sehingga masih cukup banyak yg masuk ke radiator.
Namun ini pasti akan mempengaruhi proses pendinginan mesin. Karena air yg sudah didinginkan memalui radiator dicampur air panas lagi dg air dari selang bypass tadi.
Tidak masalah jika meniadakan fungsi heater kabin, tapi seharusnya saluran ini ditutup, bukan dibypass.
Tidak sulit menutup saluran ini.., cukup menggunakan selang karet dan baut 12 ato 14.
masukkan baut pada lubang selang karet, lalu oleskan sealer pada selang dan masukkan ke lubang saluran, putar baut sampai masuk seluruhnya, sehingga selang membesar dan tetanam kuat di lubang saluran. Tutup kedua ujung saluran dengan begitu sirkulasi air seluruhnya akan melaui radiator.
somoga bermanfaat..
seperti ini. Seharusnya selang tersebut masuk ke dalam kabin.
Seperti ini ada kran air pada selang yg masuk kabin, kran ini bisa dibuka dengan cara memutar pangatur suhu di panel AC kiri. Jika panel ini diputar ke kanan,..maka air panas akan mengalir dalam saluran udara AC untuk menghangatkan kabin.
Pemutusan saluran ini biasanya ini dilakukan oleh tukang AC yg menganggap heater (pemanas kabin) mengganggu kerja AC. Ini tidak benar, karena heater dilenkapi dg kran air dan tutup saluran udara. sehingga udara dingin tidak akan melalui saluran pemanas jika pengatur suhu diputar ke kiri penuh.
MASALAHNYA.., cara ini dianggap benar..!!
Benar bahwa tidak ada lagi air panas yg masuk/bocor ke heater. TAPI.., selang yg dihubungkan langsung /bypass pada inlet waterpump ini akan mengurangi fungsi radiator.
Air yg seharusnya melalui Radiator lalu masuk ke inlet.., justru dialirkan langsung tanpa melalui radiator.
untungnya selangnya agak kecil, sehingga masih cukup banyak yg masuk ke radiator.
Namun ini pasti akan mempengaruhi proses pendinginan mesin. Karena air yg sudah didinginkan memalui radiator dicampur air panas lagi dg air dari selang bypass tadi.
Tidak masalah jika meniadakan fungsi heater kabin, tapi seharusnya saluran ini ditutup, bukan dibypass.
Tidak sulit menutup saluran ini.., cukup menggunakan selang karet dan baut 12 ato 14.
masukkan baut pada lubang selang karet, lalu oleskan sealer pada selang dan masukkan ke lubang saluran, putar baut sampai masuk seluruhnya, sehingga selang membesar dan tetanam kuat di lubang saluran. Tutup kedua ujung saluran dengan begitu sirkulasi air seluruhnya akan melaui radiator.
somoga bermanfaat..